Tips Kehamilan Sehat Untuk Cegah Stunting

tips kehamilan sehat bersama klinik kehamilan sehat
Tips kehamilan sehat bersama klinik Kehamilan Sehat

Menyiapkan generasi emas menjadi tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah namun juga swasta. Oleh karena itu Klinik Kehamilan Sehat atau Klinik KS yang berada di bawah naungan PT Kehamilan Sehat Sejahtera merasa turut terpanggil untuk melakukannya.

Banyak insight positif tentang tips kehamilan sehat untuk mencegah stunting yang saya dapatkan setelah mengikuti materi tentang Kehamilan Sehat di channel youtube Teh Indari pada tanggal 1 Juli 2022 lalu bersama narasumber Bapak Agus Jatmika Soegiarto selaku CEO dan beberapa dokter dan bidan dari Klinik Kehamilan Sehat. 

Materi yang disampaikan sangat runut dan mudah dipahami. Materi-materi ini sangat penting untuk diketahui oleh para ibu hamil dan yang sedang merencanakan kehamilan. Apa saja materi yang disampaikan,  berikut saya buat rangkumannya khusus untuk para pembaca blog cerryku.com.  

Tentang Klinik Kehamilan Sehat

Kehamilan Sehat (KS) merupakan sebuah klinik kehamilan yang berdiri sejak tahun 2016 dengan pelayanan terlengkap. Beberapa layanan yang disediakan meliputi persalinan, pemeriksaan kehamilan, program hamil, pemasangan IUD, dan layanan farmasi maupun cek laboratorium.

Klinik ini merupakan klinik pro normal, dengan standard Hospital Grade Service, serta menjadikan keselamatan Ibu dan bayi sebagai hal yang utama. Dalam paparannya, CEO dari Klinik Sehat Bapak Agus Jatmika Soegiarto yang dulunya merupakan sales alat-alat medis mengungkapkan latar belakang pendirian klinik Kehamilan Sehat. 

tips hamil sehat bersama narasumber dari Klinik Kehamilan Sehat
Para narasumber dari Klinik KS (sumber : Youtube Teh Indari)

Yakni ingin memberikan porsi yang seimbang antara klinik sebagai penyedia layanan kesehatan bagi ibu hamil dan juga sebagai bisnis. Oleh karena itu Klinik Kehamilan Sehat berupaya memberian layanan yang prima dengan bekerja sama dengan dokter ahli kandungan, dokter anak, dan para tenaga bidan yang kompeten serta menerapkan harga yang masuk akal dan terjangkau. 

Hal ini dimaksudkan agar bisnis tetap bisa berkelanjutan (suistanable) dan dapat melayani banyak kalangan. Di Klinik Kehamilan Sehat, hanya dengan biaya Rp. 200.000,00 pasien sudah memperoleh fasilitas berupa pemeriksaan, USG, dan konsultasi dokter. 

Dengan strategi yang diterapkan ini, Klinik Kehamilan Sehat berkembang dengan baik dan saat ini telah memiliki 15 cabang yang berlokasi di Surabaya (1), Bandung (1), Jabodetabek (11),  dan Palembang (2). 

Persoalan Kehamilan Di Indonesia

Dalam penjelasannya, Bapak Agus Jatmika Soegiarto menyampaikan, selama ini masalah kesehatan ibu hamil di Indonesia masih membutuhkan banyak perhatian. Hal ini ditunjukkan dengan masih tingginya angka stunting di Indonesia. 

Untuk itu perlu dilakukan edukasi agar para ibu dan calon ibu tahu bagaimana menjaga kehamilannya agar sehat.  Karena bayi yang sehat,  lahir dari kehamilan yang sehat.

Problem Kehamilan

Beberapa masalah di lapangan terkait kehamilan yang sering dijumpai adalah : 

1. Minimnya Literasi Kehamilan

Hal ini terutama dijumpai pada ibu-ibu muda yang baru akan memiliki anak pertama. Banyak yang masih percaya  dengan mitos-mitos atau mencari sumber referensi dari google. Padahal kehamilan untuk setiap orang itu unik.  Tidak bisa disamakan abtara satu dengan yang lain.

2. Malas Untuk Periksa

Masih banyak yang beranggapan kehamilan adalah suatu hal yang biasa. Sehingga jika tidak ada keluhan, enggan untuk memeriksakan diri. Padahal pemeriksaan bagi ibu hamil penting agar dapat dilakukan deteksi jika ditemukan kondisi seperti :
  • Pertumbuhan janin terlambat
  • Terjadi pre-eklamsia (tekanan darah tinggi)  pada ibu hamil yang dapat berisiko kematian ibu dan janin. 

Tips Saat Hamil Untuk Mencegah Stunting

Untuk mencegah terjadinya stunting dan gangguan kehamilan, ada beberapa tips saat hamil yang bisa dilakukan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Eko Setiawan, Sp.Og dari Klinik Kehamilan Sehat yang menyampaikan bahwa pencegahan stunting harus dilakukan sejak awal perencanaan kehamilan (prakonsepsi). Yaitu pada saat pasangan suami istri merencanakan untuk mempunyai keturunan.

tips hamil sehat untuk mencegah stunting
tips cegah stunting (sumber : materi zoominar)

Misalnya selama 3 bulan sebelum kehamilan, calon ibu harus banyak mengkonsumsi asam folat untuk mencegah bayi cacat lahir. Selain itu beberapa tips yang bisa dilakukan agar hamil sehat diantaranya adalah :

Rajin kontrol ke dokter atau klinik kandungan

Hal ini penting untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin. Idealnya paling sedikit pemeriksaan dilakukan sebanyak 4 kali. Yakni 1x saat trimester pertama, 1x saat trimester 2, dan 2x saat trimester 3. Dan saat periksa harus dilakukan USG untuk mengetahui kondisi janin.

USG di trimester 1 berguna untuk mengetahui kondisi janin berkembang atau tidak. Sedangkan USG di trimester 2 untuk mendeteksi adanya tidaknya kelainan pada janin. USG trimester 3 untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin agar dapat diberikan saran yang tepat agar saat dilahirkan ibu dan bayi sehat.

Menjaga Asupan Makanan 

Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan ibu dan janin. Pada kondisi tertentu ibu hamil perlu tambahan suplemen untuk mendukung pertumbuhan dan perkebangan janin. Dan pemberian suplementasi yang tepat perlu dilakukan dengan pengawasan dokter. 

Menjaga Agar Calon ibu Tidak Stress

Agar calon ibu tidak stress menghadapi proses persalinan, calon ibu dapat mengikuti senam kehamilan. Menurut Bidan Diah Kusuma W, A.Md. Keb, instruktur kehamilan dari Klinik Sehat senam hamil ini sangat penting dilakukan mulai usia kandungan 6 bulan.

Senam  hamil ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan, melatih peregangan otot dan juga melatih pernafasan. Dengan senam hamil beberapa keluhan seperti nyeri punggung, otot, maupun kaki pada ibu hamil dapat diatasi. 

Selain itu dengan senam hamil calon ibu juga dilatih bagaimana cara mengejan saat persalinan. Sehingga diharapkan ibu hamil lebih rileks dan santai sehingga persalinan berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. 

Senam hamil sebaiknya dilakukan bersama pasangan. Agar bonding antara pasangan lebih kuat dan calon ibu lebih bahagia. Klinik KS juga membuka layanan senam bagi ibu hamil dengan biaya Rp. 10.000,- per kedatangan.  Biaya dibuat cukup murah agar dapat menjangkau banyak kalangan. 

Melalui senam ini Klinik KS juga melakukan edukasi tentang kehamilan dengan  menyediakan dokter kandungan untuk memberikan konsultasi secara masal kepada para ibu hamil. Dalam kegiatan senam hamil ini, tidak jarang dibagikan juga hampers berupa susu hamil sebagai tambahan nutrisi bagi ibu hamil. 

Peran ASI Untuk Mencegah Stunting

Pencegahan stunting memang perjuangan panjang. Seribu hari pertama kehidupan adalah saat yang menentukan. Sehingga untuk mencegahnya, masa setelah melahirkan juga sangat urgen untuk diperhatikan. Karena seribu hari pertama kehidupan dimulai dari sejak masih dalam kandungan hingga usia 3 tahun. 

Dan ASI merupakan nutrisi utama dan paling penting bagi bayi mulai usia 0 - 6 bulan. Untuk itu edukasi tentang pentingnya ASI kepada ibu hamil sangat penting untuk dilakukan. Agar setelah melahirkan, proses pemberian ASI dapat berjalan lancar.

Di Klinik Kehamilan Sehat, layanan kontak konselor ASI juga diberikan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Adnina Hariningrum, CIMI selaku konselor ASI. Layanan ini diberikan kapanpun ibu perlu. Saat awal menyusui, pemberian MPASI, atau di saat menemukan kesulitan saat pemberian ASI kepada bayi.

program konselor ASI di Klinik Kehamilan Sehat
pentingnya konselor laktasi (sumber : materi zoominar)

Dengan layanan ini diharapkan anak akan memperoleh haknya memperoleh ASI Eksklusif hingga 6 bulan, dan terus mendapatkan ASI hingga usia 2 tahun. 

Pemantauan Tumbuh Kembang Anak

Setelah bayi dilahirkan, pemantauan tumbuh kembangnya sangat perlu dilakukan. Menurut dr. Yoga Yandika, Sp. A dalam memantau tumbuh kembang anak ada standar yang dijadikan acuan. Misalnya untuk pertumbuhan pada bayi yang diamati adalah kenaikan berat badan, lingkar kepala, dan tinggi badan. 

panduan pertumbuhan pada bayi dan anak
pertumbuhan pada bayi dan anak (sumber : materi zoominar)

Sedangkan untuk perkembangan lebih kepada kemampuan kognitif maupun fisik untuk untuk melakukan hal-hal tertentu sesuai tahapan usianya. Dan itu semua bisa menggunakan buku KIA sebagai panduan untuk mendeteksi adanya kelainan perkembangan pada anak. Untuk kemudian dilakukan intervensi untuk mengatasinya.

panduan pada KIA untuk mengetahui perkembangan anak
panduan perkembangan anak dengan buku KIA (sumber : materi Zoominar)

Nah itulah beberapa tips kehamilan sehat dan hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting dan mewujudkan generasi emas di negeri ini.  Semoga bermanfaat..

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter