Zinc, Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

zinc penting untuk ibu hamil
Zinc penting untuk ibu hamil (design by : canva)

Kehamilan adalah momen yang ditunggu oleh setiap perempuan yang sudah menikah. Meskipun merupakan sesuatu yang wajar dan alami, namun perempuan hamil harus memastikan kehamilannya sehat.

Salah satunya dengan memastikan semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan terpenuhi, terutama di seribu hari pertama kehidupan. Agar kesehatan ibu dan bayi yang tengah dikandung selalu terjaga.

Kekurangan nutrisi selama kehamilan sangat berbahaya. Karena dapat menyebabkan bayi lahir prematur, keguguran, atau mengalami cacat lahir. Apalagi jika ternyata ibu hamil mengalami anemia dan tekanan darah tinggi. 

Oleh karena itu pemeriksaan rutin selama kehamilan perlu dilakukan agar status kesehatan ibu hamil dapat terpantau dengan baik. Sehingga ibu dan bayi selalu sehat hingga persalinan nanti.  

ibu hamil harus periksa secara rutin ke dokter
Periksa rutin ke dokter bagi ibu hamil penting (sumber : pixabay)

Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah zinc atau seng. Meskipun termasuk mikronutrien yaitu nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil,  namun keberadaan zinc sangat penting. 

Bisa dikatakan zinc adalah mineral esensial bagi manusia yang memiliki beragam manfaat. Diantaranya berperan dalam proses penyembuhan luka, mempengaruhi bekerjanya indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem imun tubuh, dan membantu pertumbuhan sel. 

Manfaat Zinc Bagi Ibu Hamil

Bagi yang tengah mengandung, Zinc tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, namun juga bagi janin yang dikandungnya. Beberapa manfaat dari zinc diantaranya adalah :
  1. Membantu menjaga sistem imun tubuh ibu hamil menjadi kuat
  2. Mencegah terjadinya infeksi intra-uterus pada ibu hamil. 
  3. Membantu menyeimbangkan hormon pada ibu hamil.  
  4. Mendukung pembentukan plasenta.
  5. Berperan dalam pembentukan otak dan fungsi DNA pada janin. Seperti mempercepat pertumbuhan sel,  meningkatkan produksi dan fungsi DNA, serta memberi dukungan struktural pada protein yang membentuk sel.

Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc

Zinc termasuk mikronutrien yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Sehingga harus diperoleh dari makanan atau dengan mengkonsumsi suplemen.

Namun agar diperoleh dosis yang pas,  bagi ibu hamil yang ingin minum vitamin zinc harus berdasarkan petunjuk dokter. Salah satu penyedia suplemen zinc berkualitas adalah Natural Farm.  Produk-Produk yang disediakan beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang penting kita harus bijak menggunakan obat maupun suplemen. Karena semua ada takarannya.

Sedangkan untuk sumber zinc alami bisa kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi. Dan berikut berbagai makanan yang kaya kandungan zinc : 

makanan sumber zinc
makanan sumber zinc (sumber : hellosehat.com)

1. Daging sapi dan domba

Daging sapi dan domba adalah daging merah yang kaya protein dan zinc. Dalam 100 gram daging sapi atau domba mengandung 12,3mg zinc.  

Ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Namun khusus untuk daging merah harus dipastikan dimasak dengan sempurna untuk menghindari risiko penyakit lain seperti toksoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil.

2. Sea food

Sea food juga merupakan sumber zinc yang baik.  Namun harus dipastikan ikan yang dikonsumsi bebas dari merkuri.

Hindari kerang dan ikan besar yang hidup di air dalam. Pilih ikan dengan ukuran kecil dan kaya omega tiga seperti ikan teri, salmon, nila, dan sarden. Pastikan ikan diolah dengan baik dengan tingkat kematangan yang sempurna.  

3. Kacang lentil dan kacang merah

Lentil dan kacang merah juga merupakan sumber zinc terbaik. Pada kacang lentil terkandung banyak protein dan serat yang bagus untuk pencernaan. Kacang lentil banyak dijumpai di masakan Timur Tengah atau India.  

Sedangkan kacang merah selain mudah didapat dan murah, kacang merah juga memiliki manfaat mengatur kadar gula dalam darah. Memasukkan kacang lentil dan kacang merah dalam menu sehari-hari adalah pilihan yang bijak. 

4. Dark Chocolate

Berbeda dengan jenis coklat yang lain yang tinggi gula, dark chocolate memiliki kadar gula yang rendah dan kaya dengan zinc.  Sehingga makanan ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.  

5. Yogurt

Yogurt atau susu fermentasi sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, mengendalikan mood, dan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Yogurt juga kaya kandungan zinc. Dalam 1 cangkir yogurt terdapat 1,4 mg zinc sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. 

7. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral termasuk zinc. Dalam 100 gram bayam terkandung 0,8 miligram zinc.

Selain itu bayam dan sayur hijau lainnya merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan zinc dan nutrisi lainnya tercukupi.

Nah, itulah berbagai manfaat zinc bagi ibu hamil yang penting untuk diketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat... 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter