Tribelio Whatsapp Broadcast, Layanan Terbaru Dari Tribelio

layanan tribelio WA Broadcst
layanan dari Tribelio (sumber : IIDB)

Tribelio merupakan sebuah platform digital berbasis komunitas. Platform ini didirikan oleh Denny Santoso, seorang pakar digital marketing Indonesia.

Tribelio dirancang untuk membantu pertumbuhan bisnis dengan cepat dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital. 

User journey dari Tribelio adalah mengubah follower dari media sosial yang kita miliki menjadi customer dengan terlebih dahulu membuat list building menggunakan Tribelio Page.

user journey dari Tribelio
user journey tribelio (sumber : materi IIDB)

Tribelio page merupakan landing page yang disediakan Tribelio yang memiliki banyak keunggulan. Diantaranya mudah digunakan dan lengkap. 

Di Tribelio Page pengguna dapat memiliki data base dari member yang merupakan asset dalam melakukan digital marketing.

Dengan data tersebut, pengguna bisa mengirimkan email, pesan SMS, hingga push notification dengan marketing automation tools yang ada di Tribelio. 

Dalam perkembangannya Tribelio juga mengembangkan Whatsapp Broadcast sebagai layanan baru yang digunakan untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi.

Dengan layanan ini diharapkan pengguna Tribelio akan lebih mudah mengenalkan dan memasarkan produk-produknya. Kebetulan pada kelas Sarapan IIDB yang disiarkan melalui channel youtube Teh Indari di tanggal 18 Agustus 2022 lalu, Koh Denny Santoso didampingi Pak Dharma memberikan penjelasan tentang layanan Tribelio Whatsapp Broadcast.

Tentang Whatsapp Broadcast

Tidak bisa dimungkiri, saat ini whatsapp menjadi media komunikasi yang utama. Jarang dalam keseharian kita lupa membuka aplikasi whatsapp.

Selain sebagai media komunikasi, melalui whatsapp kita juga banyak memperoleh informasi. Bahkan tidak jarang melalui WA kita memperoleh penawaran berupa iklan. 

Inilah yang disebut dengan whatsapp broadcast. Jika dulu kita lebih mengenal email broadcast sebagai salah satu strategi pemasaran, saat ini WA broadcast juga mulai banyak digunakan.

WhatsApp broadcast adalah pesan yang dikirim secara massal ke banyak nomor sekaligus. Pesan yang disampaikan biasanya merupakan informasi atau penawaran suatu barang. 

Dengan cara ini kita hanya perlu membuat satu pesan, dan sistem secara otomatis akan mengirimkan ke banyak nomor. Beberapa kelebihan dari Whatsapp Broadcast diantaranya adalah :

Menjadi Media pemasaran yang efektif, efisien, dan hemat waktu

WA Broadcast menjadikan pemasaran menjadi efektif. Karena hanya dengan satu pesan kita bisa mengumumkan berbagi informasi dan promosi mengenai produk yang kita jual kepada banyak orang. 

Terlebih Whatsapp adalah aplikasi chat yang banyak digunakan orang. Sehingga kemungkinan pesan kita terbaca lebih besar banding kita menggunakan media lainnya.

Memungkinkan interaksi langsung dengan pelanggan

Dengan Broadcast WhatsApp akan memudahkan kita menjawab dan berinteraksi langsung kepada pelanggan. Sehingga kemungkinan kita memperoleh pelanggan yang loyal cukup besar.

Lebih ekonomis dan mudah

Membuat iklan melalui broadcast WA cukup mudah dan murah, seperti kita membuat pesan biasa. Mungkin kalimat dan kata-katanya saja yang harus disesuaikan. Dibuat menarik dan komunikatif, sehingga pelanggan merasa suka.

Bandingkan jika kita beriklan melalui media cetak, pamflet, atau yang lainnya. Tentu biaya yang harus kita siapkan lebih besar lagi.

Karena berbagai pertimbangan tersebut, maka kemudian Tribelio mengembangkan layanan Whatsapp Broadcast.

Meskipun demikian,  ada satu pesan dari Koh Denny Santoso yang harus diperhatikan. Mengirimkan Whatsapp Broadcast harus dilakukan penuh kehati-hatian. Karena jika dianggap mengganggu, nomor kita rentan diblokir atau dilaporkan sehingga terkena banned.

Oleh karena itu WA Broadcast sebaiknya dilakukan kepada seorang pelanggan yang sudah melakukan sesuatu. Misalnya saja telah mengikuti free kelas yang kita adakan. Sehingga broadcast yang kita lakukan merupakan sebuah layanan atau informasi lanjutan.

Langkah Menggunakan Tribelio Whatsapp Broadcast

Untuk dapat menggunakan layanan Tribelio Whatsapp Broadcast ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Hal ini di jelaskan oleh Chief Dharma dari Tribelio. 

Langkah tersebut dapat digambarkan lewat alur berikut ini :

alur untuk membuat whatsapp broadcast
alur membuat whatsapp broadcast (sumber : Materi IIDB)

Berdasarkan alur tersebut, untuk dapat menggunakan layanan Whatsapp broadcast di Tribelio, kita perlu terlebih dahulu membuat 2 landing page.

Landing page pertama digunakan sebagai lead megnet, tempat kita menawarkan berbagai produk dan membuat list building. Pada bagian ini, sertakan No WA sebagi data yang harus diisikan.

Sedangkan landing page ke dua merupakan landing page penawaran khusus atau one time offer yang kita adakan. Misalnya promo dalam rangka hari kemerdekaan, promo hari ibu atau yang lainnya. 

Pada bagian landing page kedua ini, arahkan konsumen untuk melakukan konfirmasi. Pada bagian ini kita letakkan link WA yang sudah kita  buat melalui aplikasi https://www.wasap.at/. 

Sehingga pada saat konsumen mengklik tombol konfirmasi, akan langsung masuk ke WA kita. Di bagian ini kita sudah membuat data base No WA yang akan kita kirimi broadcast melalui Tribelio. 

Adapun cara untuk membuat landing page, bisa langsung buka https://tribeliopage.com, dan ikuti tutorialnya.

membuat landing page di Tribelio
buat landing page di Tribelio (doc.pri)

Cara Menggunakan Tribelio Whatsapp Broadcast

Langkah untuk menggunakan fitur Whatsapp Broadcast pada Tribelio adalah sebagai berikut : 
  • Buka menu creator account, lalu klik menu broadcast. Selanjutnya klik “create now".
  • Masukkan judul campaign dan klik “create”
  • Pilih icon whatsapp dan klik activation, klik "add whatsapp" kemudian tulis nama dan nomor whatsapp yang akan digunakan. Lalu klik continue.
  • Selanjutnya scan kode QR yang muncul dengan aplikasi Whatsapp di HP kita, tunggu beberapa saat agar kedua device (laptop dan hp)  terkoneksi.
  • Jika sudah terkoneksi, kita dapat menghapus nomor terhubung dengan menekan tombol delete.
  • Kemudian kembali ke menu broadcast. Campaign yang tadi dibuat sudah tersimpan di draft. Kita bisa mengeditnya sesuai kebutuhan.
  • Di tahap ini kita sudah bisa melakukan broadcast dengan menggunakan channel whatsapp Tribelio. Kita tinggal memasukkan penerima dengan mengklik tombol add recipient, kemudian save.
  • Lakukan penjadwalan, dan Whatsapp broadcast siap dilakukan.
Itulah langkah-langkah untuk menggunakan layanan Tribelio whatsapp broadcast. Semoga bermanfaat..
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter