Inspirasi Rumah Tahan Gempa dan Gunakan 3 Semen Terbaik Ini

Sumber : pixabay

Tinggal di Jogja memang menyenangkan. Suasana tenang dan tentram dengan mudah dirasakan. Belum lagi banyaknya objek wisata dan aneka jajanan yang memanjakan. 

Namun di balik ketenangan dan ketentraman yang ditawarkan, Jogja merupakan wilayah yang rawan terjadinya bencana alam gempa bumi. Hal ini disebabkan karena wilayah Yogyakarta memiliki patahan di sepanjang sungai Opak. 

Selain itu Yogyakarta termasuk wilayah yang sejalur dengan daerah patahan yang merupakan pertemuan antara lempeng Eurasia dan Indo Australia. Akibatnya jika daerah tersebut terjadi pergerakan maka akan timbul gempa.

Saya sendiri pernah mengalami gempa yang luar biasa yang terjadi di tahun 2006. Selain banyak menimbulkan kerusakan, gempa tersebut juga banyak memakan korban jiwa. 

Saat itu saya masih tinggal bersama orang tua. Meskipun rumah saya berada jauh dari pusat gempa, namun nyatanya gempa yang saya rasakan lumayan besar. 

Dan meskipun tidak parah, rumah saya pun mengalami sejumlah kerusakan. Diantaranya eternit ruang tamu yang ambrol dan dinding bagian depan yang mengalami keretakan.

Yang jelas kejadian itu menimbulkan trauma yang mendalam dan mengingatkan seluruh warga Jogja akan potensi gempa bumi yang mungkin terjadi sewaktu-waktu Sehingga perlunya langkah antisipasi agar jika bencana gempa terjadi lagi korban jiwa maupun materi dapat diminimalisir. 

Karena berdasar kajian yang dilakukan, banyaknya korban jiwa saat gempa Jogja disebabkan oleh kualitas bangunan yang kurang dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang gempa bumi itu sendiri.

Contoh kerusakan akibat gempa (Sumber : pixabay)

Menyadari risiko bencana gempa di wilayah Yogyakarta, saya pun banyak mencari tahu langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk menghadapinya. Diantaranya dengan membangun hunian yang tahan terhadap getaran gempa. 

Karena tidak bisa dimungkiri, kebanyakan korban gempa disebabkan oleh runtuhan bangunan. Sehingga untuk menghindari risiko tersebut, maka saat kita membangun hunian, mutu bangunan harus benar-benar diperhatikan. 

Inspirasi Rumah Tahan Gempa

Bagi teman-teman yang mungkin juga tinggal di daerah yang rawan gempa, mungkin perlu inspirasi rumah tahan gempa. Namun sebelum kita bahas hal tersebut, teman-teman perlu mengetahui beberapa prinsip dasar bangunan tahan gempa yang dapat dijadikan acuan. Diantaranya :
  1. Memiliki denah dan struktur bangunan yang sederhana dan simetris.
  2. Tinggi dari bangunan tidak melebihi 4 kali lebar bangunan.
  3. Bangunan memiliki bobot dan volume yang ringan
  4. Dibangun secara monolit 
  5. Mempunyai pondasi bangunan yang kuat.
Adapun desain bangunan tahan gempa yang disarankan oleh BNPB ada beberapa macam. Kita dapat memilih tergantung selera. Dan berikut beberapa desain rumah tahan gempa yang dapat dijadikan rujukan :

Dome

Rumah ini didesain oleh Prof.Nizam, M.Sc Phd dan sudah diaplikasikan di dusun Nglepen Prambanan Kabupaten Sleman sebagai rumah mitigasi bencana. 

Rumah ini mempunyai ciri khas dinding dan atapnya yang menyatu. Konstruksi ini diyakini memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. 

Selain konstruksinya yang kokoh, rumah ini juga menggunakan material yang ringan sehingga tidak mudah goyah saat terjadi gempa bumi dan angina kencang.

Rumah Dome (sumber : outingjogja)

Growing House

Desain ini merupakan karya dari mahasiswa UGM. Selain tahan gempa, rumah ini juga dapat mengantisipasi datangnya banjir. 

Desain rumah ini berhasil memenangkan lomba desain rumah yang diadakan oleh negara Jepang. Konsep desain growing house dibagi dalam 3 tahap, yakni home for all, space for all, dan life for future

Desain bangunan ini bertujuan untuk secara bertahap menambah ruang di dalamnya tanpa mengurang fungsi utamanya. Bagian luar juga dimaksimalkan untuk aktivitas, seperti untuk berkebun, berolah raga, dan juga bermain.

Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat)

Desain rumah ini merupakan karya kementrian PUPR yang dibangun berdasar konsep bongkar pasang. Rumah ini dibangun dengan menggabungkan panel-panel beton dan baut. Di mana konstruksi dibuat secara pabrikan dengan kontruksi penyusun rumah berdasar ukuran modular.

Risha (sumber : DPU Kulon Progo)

Barrataga (Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa)

Desain Barrataga dirancang oleh Prof. Sarwidi, seorang pakar rekayasa kegempaan dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Rumah ini memiliki nuansa tradisional yang tahan gempa. Karena rangkanya terdiri dari beton kolom, balok tepi atas, balok bawah, dan balok lantai yang dihubungkan dengan simpul barrataga sehingga tidak patah saat terjadi gempa. 

Sumber : Barrataga.com

3 Semen Terbaik Untuk Membangun Rumah 

Yang penting untuk digarisbawahi, apapun desain rumah yang akan dipilih, kualitas bahan bangunan yang dipakai harus benar-benar diperhatikan.  Salah satunya adalah pemilihan jenis semen yang akan digunakan. 

Karena untuk membangun pondasi dan beton  rumah yang kokoh dan awet dibutuhkan semen dengan kualitas yang tinggi. Dan berikut 3 produk semen terbaik yang bisa digunakan.  

1. Semen Gresik PCC 50 kg

Kualitas dari Semen Gresik tidak perlu diragukan lagi. Apalagi semen ini telah mengantongi  sertiļ¬kasi ISO 14001 sebagai produk semen yang ramah lingkungan. Karena kualitasnya, semen ini banyak digunakan untuk membangun berbagai landmark dan bangunan monumental yang kokoh dan kuat. 

2. Semen Padang PCC 50 Kg

Semen padang merupakan semen perama dan tertua di Indonesia. Bahan baku yang di gunakan di pabrik semen Padang yang terletak di Indarung, Sumatera Barat menggunakan bahan baku yang terbaik. Sehingga semen padang memiliki kualitas yang tinggi dan banyak digunakan hingga saat ini.  

3. Semen SCG PCC 50 kg

Semen SCG PCC 50 kg merupakan semen serbaguna berstandar SNI. Semen ini merupakan inovasi terbaru dari semen SCG yang diformulasikan secara khusus untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan.

Keunggulan dari semen ini adalah memiliki tekstur semen yang halus dan rendah penyusutan, dan mempunyai daya rekat yang tinggi, yang memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan plesteran maupun acian. 

Selain itu, semen SCG juga sesuai untuk pembuatan beton, pemasangan bata, dan pekerjaan konstruksi lainnya. Jika ingin semen dengan kualitas yang prima dan ekonomis, Semen SCG PCC 50kg adalah pilihan terbaik. 

Itulah beberapa desain rumah tahan gempa yang dapat dijadikan panduan dan Inspirasi Rumah yang aman dan nyaman untuk ditinggali. 
Semen SCG PCC 50 kg (sumber gambar : SCG.com) 

Bagaimana, sudah siap membangun rumah hunian? Pastikan menggunakan bahan bangunan yang berkualitas ya. 
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter