Belajar Berhitung Dengan Menyenangkan Bersama Money Games dari mortgagecalculator.org

Mortgage calculator
Money games dari Mortgage Calculator (doc.pri)

Bagi anak, belajar harus menarik dan menyenangkan. Tidak terkecuali dalam belajar berhitung atau matematika.

Tidak dapat dimungkiri, selama ini terdapat stigma yang mengatakan matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga membuat anak cenderung anti dan malas untuk mempelajarinya.

Padahal manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak. Diantaranya melatih anak untuk berpikir logis, cermat, dan hati-hati dalam memecahkan masalah.

Selain itu matematika sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Semua kalkulasi modal maupun perhitungan untung dan rugi hanya dapat diketahui dengan memahami pelajaran ini. 

Belajar matematika juga melatih anak untuk bersabar. Karena penyelesaian soal matematika perlu langkah dan proses yang terkadang rumit dan panjang.

Melihat banyaknya manfaat matematika dalam kehidupan nyata, sebagai orang tua sudah seharusnya kita menanamkan sejak dini kepada anak bahwa matematika bukan pelajaran yang menakutkan. Melainkan pelajaran yang seru dan menantang . Sehingga orang tua perlu melakukan beragam cara agar anak senang belajar matematika. 

Cara Belajar Matematika yang Menyenangkan

Berkutat dengan angka memang bukan hal yang menarik. Oleh karena itu perlu strategi agar belajar matematika menjadi asyik.

Dan berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar belajar matematika menjadi sesuatu yang menyenangkan. 

1. Belajar di alam terbuka

Belajar tidak melulu di ruang kelas, belajar bisa dilakukan di mana saja. Termasuk di alam terbuka, sehingga suasana belajar lebih menarik dan tidak monoton.

Mengajak anak untuk menghitung benda-benda yang ditemui selama beraktivitas di luar ruang dapat menjadi kegiatan belajar yang asyik dan menyenangkan. 

Misalnya mengajak anak untuk menghitung jumlah pohon atau hewan tertentu yang mereka temui selama aktivitas di alam terbuka. 

2. Mengajak anak ke pasar

Mengajak anak ke supermarket atau pasar juga bagus dilakukan. Anak dapat langsung praktik tentang kegiatan jual beli. Berapa harga setiap barang yang akan dibeli dan berapa jumlah uang yang harus dibayarkan. Termasuk berapa uang kembali yang harus diterima jika uang yang dibayarkan lebih.

3. Belajar matematika lewat games online

Selama ini orang sering memberi stigma negatif terhadap games online. Games online dianggap sebagai sesuatu yang harus dijauhi. Karena membuat anak menjadi kecanduan sehingga sulit berkonsentrasi dan malas belajar. 

Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dengan bermain games online. Salah satunya membuat belajar menjadi menyenangkan. Karena dikemas dalam permainan yang menarik dan mengasyikkan. 

Terlebih saat ini hadir banyak games online yang punya unsur edukatif. Sebagai orang tua kita bisa memilihkan games online yang cocok dan sesuai untuk anak yang disesuaikan dengan kemampuan dan tingkatan usia. 

Salah satu games online yang bagus untuk dicoba adalah yang ditawarkan oleh Mortgage Calculator. Mortgage Calculator menyediakan money games yang bagus untuk membantu anak belajar matematika. 

Melalui games yang ditawarkan,  anak bisa belajar tentang angka, mengenal operasi hitung bilangan, hingga mencoba praktik membuka usaha sendiri.

Dan berikut beberapa games menarik dari Mortgage Calculator yang jadi favorit anak-anak.

1. Cash Back

Games ini cukup menarik. Dalam permainan ini, anak diajak untuk menghitung berapa kembalian yang harus diterima customer berdasar barang belanja yang dia beli. 

Cashback games dari mortgage calculator
Cashback games (doc.pri)

Item mengenai barang yang dibelanjakan, tertera di bagian kiri atas layar. Selain melatih anak belajar berhitung, games ini juga membuat anak belajar berpikir cepat. Karena ada batas waktu yang diberikan dalam menjawab soal. 

Berapa jumlah soal yang berhasil dijawab, akan terlihat di bagian sales box. Semakin banyak jumlah barang yang berhasil dijual semakin bagus. 

Tampilan cashback games dari mortgage calculator
Cash back games (doc.pri)

Untuk menjawab pertanyaan, tersedia money box yang berisi uang dan koin yang bisa ditambah atau dikurangi sesuai jumlah kembalian yang harus disiapkan.

Games menarik ini juga melatih anak mengkoordinasikan antara mata, pikiran, dan tangan. Games ini ada 3 pilihan tingkat kesulitan. Yaitu mudah, sedang, dan sulit. 

Untuk kategori mudah, angka yang disajikan hanya terdiri dari 2 digit. Sedangkan untuk kategori medium angka yang disajikan kurang dari 100 tapi melibatkan 2 angka desimal.

Sedangkan kategori sulit, angka yang disediakan antara 100 - 999 dan memiliki 2 angka desimal. 

Mode yg bisa dipilih dalam cashback games dari mortgage games
Mode permainan dalam cash back games (doc.pri)

Bagi anak yang masih kecil, sebagai latihan dan pengenalan angka, games bisa di-setting dengan memberikan petunjuk mengenai jumlah uang yang harus dikembalikan. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, petunjuk dan jumlah uang kembalian bisa di off-kan. 

2. Grocery Cashier Games

Dalam games ini, anak berperan sebagai kasir supermarket yang bertugas menghitung total belanja dari pelanggan. 

Grocery games dari mortgage games
grocery cashier games (doc. Pri)

Anak tinggal mengikuti instruksi yang diberikan di bagian bawah layar. Seperti memasukkan harga barang dan menekan tanda +. Kemudian setelah total belanja diketahui, masukkan total pembayaran. Kurangi dengan voucher jika ada. Dan tentukan jumlah kembalian. 

Tampilan grocery games dari mortgage calculator
tampilan dalam grocery cashier games (doc.pri)

Jika langkah yang dilakukan benar, maka kita akan memperoleh poin. Jangan lupa ada batas waktu dalam penghitungan. Jangan melebihi batas waktu yang ditentukan jika ingin mendapat poin. 

Selain mengajari anak berhitung, permainan menarik ini juga dapat untuk mengenalkan profesi kasir kepada anak. 

3. Treze Coins

Games ini sangat bagus untuk anak-anak yang masih pemula belajar berhitung. Dalam games ini anak dapat memilih level permainan berdasarkan nilai koin yang dipilih. Apakah nilainya 1, 1 dan 10, atau 1, 5 dan 10. 

Treze coins dari money games untuk anak
Treze Coins Games (doc.pri)

Adapun cara bermainnya juga sangat mudah. Anak tinggal memilih koin yang tersedia agar jumlahnya sama seperti yang tertulis tertulis di bagan papan permainan.

Papan permainan dalam treze coin dari mortgage calculator
Papan permainan dalam Treze Coins Games (doc.pri)

Nilai koin tersebut Kemudian tersebut ditukarkan di gumball machine. Koin yang dimiliki juga bisa ditukarkan dengan nilai koin yang kita inginkan.

Penutup

Aneka money games yang terdapat dalam mortgagecalculator.org/money-games/ sangat menarik. Dan memudahkan anak dalam belajar. Games ini juga dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Karena semua games disajikan dalam bahasa Inggris, maka anak perlu pendampingan untuk memahami. 

Sementara untuk anak yang lebih besar, bermain dan belajar dengan games ini akan semakin memotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Kelebihan lain dari money games ini adalah gratis dan tidak perlu diunduh untuk dimainkan. 

Jadi ingin anak belajar tentang angka dengan cara yang asyik? Cobalah money games dari mortgagecalculator.org

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter