8 Bagian Berikut Wajib Diperhatikan Saat Service Motor

Service motor (sumber : pixabay)

Motor menjadi moda transportasi yang banyak dipilih karena alasan kemudahan dan kepraktisan. Agar performanya tetap prima, motor membutuhkan perawatan rutin dan berkala yang dikenal dengan service motor. 

Service motor biasa dilakukan saat motor atau kendaraan telah mencapai jarak tempuh tertentu. Dan biasanya dilakukan pengecekan secara keseluruhan. 

Bagian-Bagian Yang Harus Dicek Saat Service Motor

Pada saat kita melakukan service motor, kita harus memastikan seluruh bagian penting dari motor dicek dengan teliti. Bagian-bagian tersebut adalah : 

1. Oli Mesin

Fungsi oli mesin sangat vital. Di samping sebagai pelumas, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin dan pelindung mesin.

Oleh karena itu oli perlu dicek dan diganti sesuai jarak tempuh yang dicapai. Rata-rata pabrik otomotif merekomendasikan penggantian oli di 2500 km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan otomotif yang berani merekomendasikan penggantian oli sampai 5000 km (dua kali lebih lama dari oli biasa). 

Ini dikarenakan oli yang dipasarkan menggunakan teknologi ester yang merupakan base oil tertinggi di kelas oli. Sehingga wajar jika pergantiannya lebih lama dibanding oli biasa. 

2. Oli Gardan

Oli gardan mempunyai fungsi untuk melumasi gear yang terdapat pada CVT (Continuously Variable Transmission). Sehingga penggantian oli gardan secara rutin wajib dilakukan oleh para pengguna motor matic.

Adapun waktu penggantiannya memakai rumus dua kali ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan satu kali ganti oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan bagian dari kendaraan yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi baik, maka dapat menyebabkan motor sulit dinyalakan. Oleh karena itu pengecekan kondisi busi sangat penting. Dan jika diperlukan maka penggantian busi dapat dilakukan.

4. Kampas Rem

Kampas rem sangat penting untuk dicek. Karena menyangkut sistem pengereman yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara. 

Jika kondisi kampas rem sudah tipis, maka pengereman tidak dapat dilakukan dengan sempurna. Dan hal ini dapat membahayakan keselamatan pengendara, karena dapat memicu terjadinya kecelakaan.  Itulah sebabnya kampas rem perlu dicek saat kita melakukan service motor. 

5. Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, untuk mencegah kotoran masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator.  

Setelah dilakukan pengecekan, mekanik baru memutuskan apakah filter udara cukup dibersihkan apa perlu diganti. 

6. Aki atau Accu

Bagian lain yang perlu dicek saat servis kendaraan adalah aki. Idealnya tegangan aki berada pada kisaran 12,3-12,6 Volt saat mesin dimatikan. Sedangkan jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada kisaran 13,7 - 14,2 Volt. 

Jika tegangan pada aki tidak sesuai ketentuan, maka perlu dicek kondisi dari aki. Apakah aki mengalami kebocoran atau kondisi terminal berkarat.

Jika saat pemeriksaan ditemukan kondisi aki yang sudah tidak layak, maka harus segera diganti. Agar motor dapat digunakan dengan baik dan nyaman. 

7. Ban

Kondisi ban perlu juga dicek saat servis motor. Pemeriksaan ban difokuskan pada tekanan udara di dalam ban dan kondisi ban secara keseluruhan, apakah ban gundul atau tidak. 

8. Tune up Motor Rutin

Tune up motor merupakan pemeriksaan semua komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. 

Service tune up motor perlu dilakukan secara rutin. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya meliputi tekanan ban, kondisi lampu, kebersihan saringan udara (karburator), tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kadang-kadang tune up disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan, atau sparepart. Namun sebelum penggantian dilakukan, mekanik biasanya akan memberitahukan kepada kita. Jika kita setuju, penggantian baru dilakukan. 

Bengkel Servis Motor Terbaik

Saat ingin melakukan servis, kita harus memilih bengkel servis motor terbaik. Salah satu bengkel yang bisa dijadikan andalan adalah Planet Ban

Servis motor rasa mesin baru
Layanan di Planet Ban (sumber : Planet Ban)

Di bengkel ini service yang diberikan sangat memuaskan. Bahkan kita bisa memperoleh service motor rasa mesin baru.

Servis motor rasa mesin baru ini dikenal juga dengan istilah sistem servis terpadu. Service ini bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat. 

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis terpadu ini adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, maupun dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Ada banyak manfaat yang diperoleh saat melakukan servis motor rasa mesin baru di Planet Ban. Beberapa diantaranya adalah :

1. Meningkatkan performa dan memproteksi mesin

Di Planet Ban oli yang digunakan memakai oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Sehingga membuat performa kendaraan semakin prima dan mesin awet (jarang rusak). 

2. Motor lebih nyaman

Servis terpadu ini jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli maka akan membuat motor menjadi nyaman dipakai, mesin dingin, awet, dan tarikan enteng. 

3. Penggantian oli lebih lama

Penggantian oli cukup dilakukan saat mencapai jarak tempuh 5000km (sekitar 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Akibatnya biaya servis menjadi lebih hemat.

4. Lebih ramah lingkungan

Servis di Planet Ban akan membuat performa motor semakin prima dan pembuangan motor menjadi sempurna. Sehingga emisi dan polusi dari motor berkurang.  

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Yang menjadi pembeda servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain adalah jika di tempat lain beberapa bagian dari mesin motor masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal.

Bahkan kotoran dan debu sering juga ditemukan di blok CVT yang membuat motor menjadi terasa berat.

Sementara di Planet Ban seluruh bagian atau part dari mesin dibersihkan sehingga seperti baru.

Termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, dan throttle body, semuanya dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Tidak mengherankan jika dikatakan service motor di Planet Ban membuat motor seperti mempunyai mesin baru. Sehingga sehabis di-service tarikan motor menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih irit BBM, dan mesin menjadi lebih bersih. 

Selain itu harga service motor di Planet Ban juga terjangkau. Contohnya service motor injeksi yang hanya dibandrol di harga Rp20.000,- sedangkan service CVT sekaligus rantainya cuma Rp19.500,-. Bahkan service throttle body juga cuma di harga Rp20.000,-

Nah, itulah bagian-bagian yang wajib dicek saat kita melakukan service motor, dan kelebihan kalau kita melakukan service motor rasa baru di Planet Ban. 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. Langganan saya ini planet ban deket rumah

    BalasHapus
  2. Paling bahaya lalai merhatiin kampas rem, ya. Janjane sih bahaya semua. Memang wajib rutin servis motor.

    BalasHapus
  3. Sama dong ya kalau ke Planet Ban dan oli jangan lupa pakai X ten dengan teknologi ester yang bikin tarikan makin yahud

    BalasHapus
  4. Pernah juga aku ganti ban di planet ban. Puas sih sama layanannya... Selain ban, rem mba klo aku..penting banget. Apalagi motor matic

    BalasHapus
  5. Sekitar rumah malah ada dua Planet Ban, kalau ada apa- apa urusan motor dan servis motor dekat. Pelayanannya bagus kok

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter