4 Pelajaran dari Kisah Sukses Mahfud MD Yang Menginspirasi

Kisah sukses Mahfud MD yang menginspirasi
Kiprah sukses Mahfud MD (sumber : instagram Mahfud MD)

Kiprah Mahfud MD sebagai tokoh nasional tanah air tidak perlu diragukan lagi. Dan perjuangannya dari nol hingga memperoleh posisi dan pencapaian seperti sekarang ini cukup menginspirasi. 

Apalagi Mahfud MD berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang pegawai negeri biasa, sedangkan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Sehingga hidupnya jauh dari kemewahan. 

Kesuksesan yang diraih Mahfud MD hingga sekarang terpilih sebagai bakal calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo tidak lepas dari kerja keras dan sifat pantang menyerah yang dimilikinya. 

Dan kisah sukses Mahfud MD ini bisa menjadi pelajaran bagi anak muda yang sedang berjuang menata masa depan. 

Inspirasi dari Kisah Sukses Mahfud MD

Perjalanan Mahfud MD hingga bisa memperoleh pencapaian seperti sekarang, tidaklah mudah. Banyak kesulitan yang dia hadapi. Namun semua bisa diatasi. Dan berikut pelajaran yang bisa diambil dari kisah sukses Mahfud MD yang menginspirasi.

1. Pantang menyerah

Sebelum meraih posisi dan kesuksesan seperti sekarang, Mahfud MD banyak mengalami kegagalan. Namun kegagalan yang dialami tidak membuatnya patah semangat. Justru Mahfud MD terus mencoba mencari jalan lain sehingga pintu-pintu kesempatan berikutnya datang.

Contoh kegagalan yang pernah dialaminya adalah tidak lolos test CPNS. Sebenarnya Mahfud MD awalnya bercita-cita menjadi guru agama, kemudian berganti ingin menjadi hakim. Mahfud paham, untuk menjadi hakim agama, dia harus berkuliah di IAIN. 

Tapi karena keterbatasan biaya, selepas SMA Mahfud tidak mendaftar ke IAIN.  Namun justru ingin menjadi pegawai dengan mencoba test CPNS bermodalkan ijazah SMA. 

Awalnya Mahfud optimis dia akan lulus diterima sebagai PNS.  Karena nilai ijazahnya terbaik diantara teman-temannya. Namun ternyata nasib berkata lain. Justru teman-temannya yang nilainya di bawah Mahfud yang diterima. Sementara Mahfud sendiri gagal. 

2. Selalu optimis 

Karena gagal diterima sebagai PNS, Mahfud kemudian memutuskan melanjutkan studi di UII dan UGM. Dan berkat kesungguhannya di tahun kedua Mahfud memperoleh beasiswa. Bahkan beasiswa bisa terus diperolehnya hingga jenjang S2 dan S3. Mahfud selalu percaya akan ada jalan bagi siapapun yang sungguh-sungguh berusaha.

3. Berprasangka baik pada Allah

Mahfud meyakini ada hikmah dari setiap kejadian. Setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. 

Ternyata dibalik kegagalannya sebagai CPNS, ada banyak kesempatan lain yang diberikan Allah kepadanya. Hingga dia bisa menjadi profesor, menteri, Ketua MK, anggota dewan, dan sekarang berkesempatan menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. 

4. Rajin Belajar dan Menambah Wawasan

Sejak kecil, Mahfud MD dididik untuk tidak bermalas-malasan. Jika anak usia SD sekarang lebih banyak bermain, maka Mahfud kecil terbiasa mengisi harinya dengan menambah wawasan keagamaan. Di sela-sela waktu sekolah, Mahfud MD juga belajar mengaji.  

Kiprah Mahfud MD di politik
Aktivitas Mahfud MD (sumber : Ig Mahfud MD)

Mahfud kecil juga tidak menjadikan keterbatasan ekonomi yang dia alami menjadi halangan untuk menuntut ilmu. Selama menuntut ilmu di bangku sekolah dasar, dia selalu "nyeker" tidak pernah mengenakan sepatu. 

Keterbatasan ekonomi yang dia alami, membuat Mahfud selalu berusaha agar dapat meraih beasiswa, salah satunya dengan tekun belajar agar nilai yang didapatnya baik. 

Penutup

Itulah beberapa inspirasi yang dapat diambil dari kisah sukses Mahfud MD. Bahwa kesuksesan adalah hasil dari perjuangan dan kerja keras. Bukan sesuatu yang instan didapatkan. 

Perjalanan hidup Mahfud MD ini juga mempengaruhi cara Mahfud MD mendidik putra/putrinya. Putra/putri Mahfud MD dididik untuk mandiri. 

Tidak menggantungkan kemudahan dan fasilitas dari orang tua. Tidak heran jika anak-anak Mahfud MD memiliki daya juang yang sama dengan ayahnya. 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter