“Wedding Batak Exhibition Helaparumaen X Chathaulos 2024" Mengenalkan Indonesia Lewat Budaya Batak

Podcast iwita tentang Batak Wedding Exhibition 2024
Podcast IWITA (sumber : IWITA)

Pada hari Rabu, 24 April 2024 lalu, saya mengikuti podcast menarik yang diadakan oleh IWITA creatif bersama Helaparumaen. 

Acara yang disiarkan dari MULA Indonesia Cilandak Town Square ini membahas tentang event Wedding Batak Exhibition 2024 yang akan digelar di Smesco Convention Hall Jakarta pada tanggal 7 - 8 September 2024 mendatang. 

Adapun narasumber yang hadir dalam podcast tersebut adalah Martha Simanjuntak CEO IWITA Kreatif sekaligus Owner Chathaulos, dan Hongkia Doni Silalahi selaku Owner dari Helaparumaen.

Sebagai informasi, IWITA yang memiliki kepanjangan Indonesia Women IT Awareness, adalah organisasi yang bertujuan mewujudkan perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui awareness (kesadaran), learning (pembelajaran), implementation (penerapan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat) dan socialization (sosialisasi). 

Melalui organisasi ini diharapkan perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Selain itu organisasi ini juga bertujuan menciptakan generasi muda yang kreatif dan berprestasi melalui program kepemimpinan dan pengembangan diri melalui TIK. 

Tentang Batak Wedding Exhibition 2024 (WBE 2024)

Batak adalah salah satu suku terbesar di Indonesia yang terkenal kuat dalam menjaga adat-istiadat dan budaya. Termasuk dalam adat/prosesi pernikahan. 

Saat ini masyarakat Batak banyak yang tersebar di berbagai wilayah, jauh dari kampung halaman dan sanak saudara. 

Oleh karena itu untuk memberi kemudahan bagi masyarakat Batak yang hendak menghelat prosesi pernikahan, IWITA Kreatif Inovasi bekerjasama dengan Helaparumaen mengadakan perhelatan akbar bertajuk "Wedding Batak Exhibition Helaparumaen X Chathaulos 2024"

Penjelasan tentang Batak Wedding Exhibition 2024
Penjelasan tentang WBE 2024 oleh narasumber (doc.pri)

Adapun tema yang diambil dalam event Wedding Batak Exhibition Helaparumaen X Chathaulos 2024 ini adalah "Calon Helaparumaen na ditodo damang dainang" yang artinya Calon menantu pilihan orang tua (bapak mama).

Event yang baru pertama kali di gelar di Indonesia ini akan mengangkat lima budaya Batak. Yang meliputi Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Pak Pak, Batak Mandailing dan Batak Karo.

Dalam penjelasan yang disampaikan melalui podcast, Hongkia Doni Silalahi seorang pengusaha muda yang banyak memiliki usaha pebisnis muda yang memiliki banyak bidang usaha mulai dari restoran, souvenir, studio hingga songket, dengan brand Helaparumaen menyatakan, Wedding Batak Exhibition 2024 diselenggarakan untuk memberi kemudahan bagi pasangan Batak yang hendak menggelar pernikahan. Mengingat dalam adat batak, tata cara pernikahan yang akan dijalani cukup rumit dan panjang. 

Sehingga dengan adanya Wedding Batak Exhibition 2024 ini diharapkan dapat membantu calon pengantin dalam melakukan persiapan-persiapan. 

Terlebih banyak calon pengantin tinggal di rantau jauh dari keluarga. Sehingga segala persiapan tentang pernikahan harus dilakukan sendiri.

Oleh karena itu calon pengantin Batak dan masyarakat pemerhati budaya Batak, wajib hadir dalam event WBE ini. 

Karena akan ada banyak wedding vendor yang hadir di event ini yang dapat dipilih dan dijadikan rujukan untuk membantu mewujudkan pernikahan impian Anda dan keluarga. 

Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- saja dan segala hal yang menyangkut kebutuhan akan pernikahan Anda akan terjawab di pameran ini.

Lebih lanjut, Ibu Martha Simanjuntak menyampaikan pameran yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini sekaligus juga menjadi ajang dan kesempatan yang sangat baik bagi para pemilik wedding Organizer, pengusaha hotel dan penginapan, pengusaha travel, hingga jasa make up untuk mempromosikan sekaligus mengembangkan usahanya.

Apalagi event ini merupkan event pertama yang digelar di Indonesia. Sehingga pastinya akan menarik minat banyak pengunjung.

Penutup

Akhirnya sebagai penutup, baik Ibu Martha Simanjuntak maupun Hongkia Doni Silalahi menekankan, bahwa event Wedding Batak Exhibition 2024 ini merupakan upaya mempromosikan keberagaman Budaya Batak sebagai identitas Indonesia yang patut didukung semua pihak. 

Sosialisasi event Wedding Batak Exhibition lewat podcast
Penyerahan cindera mata di akhir podcast (doc.pri)

Jadi bagi Anda masyarakat Batak khususnya yang ingin mempersiapkan pernikahan adat Batak untuk anda atau keluarga, juga bagi masyarakat pada umumnya yang ingin mengetahui lebih dekat tradisi dan adat pernikahan Batak, wajib datang di event ini. 

Untuk informasi dan pembelian tiket bisa langsung menghubungi akun Instagram @weddingbatakexhibition


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter