Minggu, 02 Juni 2019

Menikmati Wisata Edukasi Berbasis Teknologi di 360Dome Theatre Bantul, Yogya

Sebagai kota tujuan wisata,  Jogja terus berbenah untuk meningkatkan daya tariknya. Tidak saja hanya mengunggulkan pesona alam, sejarah dan budayanya, Jogja juga menawarkan wisata edukasi berbasis teknologi.

360Dome Theatre (doc. pri) 

Salah satunya yang saat ini hadir meramaikan wisata di Jogja adalah hadirnya 360Dome Theatre yang baru saja dibuka tanggal 1 Mei 2019 lalu, yang berlokasi di Jl. Parangtritis Km 5,5 Komplek PYRAMID, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Tentang 360Dome Theatre
Wahana ini adalah yang pertama di Yogyakarta. Di sini, teman-teman bisa merasakan pengalaman baru nenonton video di dalam bangunan berbentuk Dome atau setengah bola raksasa dengan diameter 30 meter dan tinggi 15 meter.

Bagian tiket dan informasi (doc. Pri) 
Dengan konsep wisata edukasi , 360 Dome Theatre berusaha menghadirkan cara baru dalam belajar mengenal alam bagi anak-anak usia sekolah maupun  keluarga. Tidak main-main, layar dari video  terpasang melingkar di dinding dome, sehingga hal ini membuat para penonton seolah bisa berinteraksi dengan video yang ada.

Dome theatre (doc. Pri) 
Untuk mendukung kualitas sajian pertunjukan, di dalam 360Dome Theatre ini disematkan enam proyektor 16.000 lumens, sound berkualitas tinggi dan lantai dari rumput sintetis. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati sajian video dengan duduk atau tiduran di lantai.

Suasana di dalam dome (doc. Pri) 
Video yang diputar pada saat pertama saya berkunjung ke sini berjudul "Amazing Planet". Video ini mengisahkan tentang proses terbentuknya alam semesta berikut makhluk hidup di dalamnya, dengan durasi film antara 20-30 menit.

Beberapa gambar tampilan video (doc. Pri) 
Sayangnya narasi yang digunakan dalam film ini masih dalam bahasa Inggris. Sehingga agak menyulitkan bagi anak-anak usia sekolah dasar yang mungkin belum terlalu familiar menggunakan bahasa asing, sehingga mereka perlu pendampingan. Meskipun menurut Mbak Endah, marketing dari Dome Theatre,  ke depannya akan tersedia subtitle untuk membantu memahami tayangan yang disajikan.

Mbak Endah,  marketing Dome Theatre (doc. Pri) 
Destinasi baru ini, cocok untuk menunggu buka puasa bareng teman atau keluarga. Kebetulan tersedia paket buka puasa yang dibandrol di harga Rp.  40.000,00 saja. Di paket ini,  teman-teman bisa menikmati pertunjukan di dome sekaligus menikmati sajian buka puasa di cafenya. Untuk berwisata saat libur lebaran oke juga.  Menambah wawasan sekaligus mendekatan hubungan kekeluargaan. 

Cafe di 360Dome Theatre
Di 360Dome Theatre ini, fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Mulai dari parkir yang sangat luas, toilet yang bersih, mushola, dan tersedia juga area food court. Berbagai spot instagramable juga tersedia.

Dome cafe (doc. Pri) 

Aneka tenant di food Court Dome Cafe (doc. Genpi) 

Untuk menu-menu di dome cafe, tersedia beraneka pilihan. Mulai dari bakso, seblak,  dimsum,  kebab,  sosis bakar, rice box,  mie goreng,  dan lain-lain. Aneka minuman juga tersedia,  mulai dari teh panas,  sampai aneka jus. Harga di Dome Cafe untuk makanan dibandrol diharga Rp. 15.000,00 - Rp. 25.000,00.  Sedangkan untuk minuman dibandrol mulai dari Rp. 5000,00.

Suasana di Dome cafe

Beberapa menu yang ada di Dome Cafe
Oh ya, harga tiket masuk ke dome ini untuk anak usia 2 sampai 5 tahun adalah Rp. 15.000,00. Sedangkan untuk usia 6 tahun ke atas tiket dibandrol di harga Rp. 25.000,00. Adapun jam buka untuk Dome Cafe adalah pukul 17.00-21.00 WIB.  Sedang open Gate Dome Theatre: 17.00, 18.00, 19.00, 20.00, 21.00 WIB. Namun,  mulai tanggal 30 Mei 2019, 360 Dome Theatre bakalan buka lebih awal, yakni tepat pukul 14.00 WIB.

Jika penasaran,  teman-teman bisa datang langsung ke lokasi, atau bisa juga follow instagram 360Dome theatre. Semoga sharing ini bermanfaat yaa. .
Salam... 

37 komentar:

  1. Asyik. Konsepnya wisata keluarga ya Mbak. Bisa ngajak adik ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Yuk, pasti suka, tapi didampingi ya.. Takutnya bingung. Pakai bhs inggris soalnya...

      Hapus
  2. 360 Dome Theatre, bagus ni buat wisata edukasi keluarga dan cafenya juga menyajikan makanan yang familiar buat anak-anak

    BalasHapus
  3. Penasaran.. tapi asyik nggak nih, klo ajak anak2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik. Cuma hrs didampingi mb... Nontonnya sambil rebahan... Seperti lihat hujan bintang nanti...

      Hapus
  4. Jadi pengen berkunjung nih abis lebaran nanti. Tapi konsepnya wisata keluarga ya. Haruskah aku yg single berkeluarga dulu agar bisa masuk ke lokasi wisata ini? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk...intinya sih asyik kalau datangnya rame2...tapi kl terpaksanya harus datang seorang diri ya gpp. Siapa tahu dapat kenalan yang bisa diajak berkeluarga...πŸ˜€

      Hapus
  5. Sepertinya seru. Dari kota Yogya nya berapa km? Harus nyewa mobil ya kalau mau ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 6 km dari malioboro. Pakai ojek daring bisa....

      Hapus
  6. Tempat wisata baru yah? Apa jangan-jangan gw yang baru tau, wkwkwk

    BalasHapus
  7. Wow makin banyak deh list wisata yang bisa dikunjungi kalau ke Jogja.
    Makin betah nanti di Kota Pelajar.

    BalasHapus
  8. Wah keren ya wahana teater domenya. Semoga film-film yang ditayangkan dapat menambah wawasan pengetahuan buat pengunjung.

    BalasHapus
  9. jogja makin keren aja wisata edukasinya. teater dome ngingetin aku sama planetarium cikini, dulu girang banget diajak kesitu satu sekolahan SD :)

    BalasHapus
  10. Waah makin banyak tempat wisata di Jogja ya, asik nih buat liburan bareng bocah2, pasti pada suka.

    BalasHapus
  11. Jogjaaaaa selalu memesona tiada tara!! Wisata alam... Wisata kuliner.... Wisata edukasi yg asyik buangettt. Aakkk mupeng terus buat main k jogjaaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  12. Keren euy ada wisata kayak gini di Bantul.. tambah lagi nih daftar must visit kalo ke Jogja..

    BalasHapus
  13. Pas ke Yogyakarta aku nggak sempat ke sini. DUh jadi sedih. Kayaknya harus balik ke Yogyakarta lagi :). Itu kkulinernya enak enak sekali :)

    BalasHapus
  14. Seru bgt ini. Kudu ke sini nih kalau lagi di jogja. Cafenya banyak menu dgn harga bersahabat lagi.

    BalasHapus
  15. Unik banget ya, andai ada juga di kalsel pasti ramai banget ituh. Btw, itu seblak sama kebab bikin ngiler

    BalasHapus
  16. Semakin mau lagi k Jogja ini harus mampir kapan ya Kita meet up kak ajak aku kesini trs kliling jogja

    BalasHapus
  17. Asyiiiik ada tempat wisata baru yang bisa dikunjungi kalau lagi main ke Jogja. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  18. Keren amat mba wisata edukasi theatre domenya. Di Bandung belum ada yang kek gini hahahah. Wajib dicoba nanti kalau ke Jogja, cafenya juga enak-enak makanannya 😁

    BalasHapus
  19. Seru banget ya ini Dome Theater, siapa tau nanti kalau pas ke Yogyakarta bisa main kesini. Penasaran soalnya pengen lihat.

    BalasHapus
  20. Wah, keren banget ink wisata edukasi di Bantul, Yogya. Mana menu kulinernya bervariasi dan keliatannya enak-enak semua

    BalasHapus
  21. Baru tahu tentang 360Dome theatre ini. Asyik kalau bisa ngajak anak-anak ke sini apalagi ada kafenya juga. Gak takut kelaparan deh

    BalasHapus
  22. Jogja itu nggak habis destinasi wisata baru, selalu muncul dan bikin wisatawan pengen balik lagi. Kayak aku tuh setahun bisa 6 kali lebih ke JOgja. Namun sayangnya belum semua tempat wisata udah aku kunjungi. Noted deh, next time bakal kesini bareng keluarga

    BalasHapus
  23. Inovasi yang asyik, nih. Bisa nonton dengan cara rebahan. Anak-anak pasti suka kalau diajak ke sana.

    BalasHapus
  24. Wah seru banget. Selain rumah pintar ada jujugan lain utk rekreasi sama anak ya di Yogya. Tiketnya murah. Makanan di kantinnya jg lumyaan miring. Makasih infonyaπŸ‘

    BalasHapus
  25. Wah..beneran dome theatre nya dibangun dengan bentuk dome yaa...
    Cantiik dan megah kliatannya.

    Aku rasa, anak-anak itu paham kok walau menggunakan Bahasa Inggris (khas anak-anak).
    Tapi emmang nonton itu gak cukup sekali untuk benar-benar paham.
    hehehe...main lagiii...

    BalasHapus
  26. Menarik jugaaa ya menikmati 360 dome teather..aku kebayang seru nontonnya nih

    BalasHapus
  27. 360Dome Theatre Bantul dengan konsep wisata keluarga, bookmark ah. Semoga liburan sekolah ini bs ngajak anak-anak main kesana.

    BalasHapus
  28. Wahhh bulan Mei Ibu dan adikku ke Jogja. Mereka gak mampir ke 360 Dome karena gak tau. Akupun baru tau dari tulisanmu Mak.

    BalasHapus
  29. Ibuku kampung halamannya di Bantul Yogya meski sekarang stay di Jakarta. Kapan kalau ke Yogya, aku wajib bawa anak-anak ke sini deh

    BalasHapus
  30. keren banget, kita jadi berasa ada di tengah-tengah filmnya yaa

    BalasHapus
  31. wah kalo laper, bisa jajan seblak dulu ya :D

    BalasHapus