Looking For Anything Specific?

Header Ads

Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Keluarga

Menurut Wikipedia, asuransi merupakan perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama mempunyai kewajiban membayar iuran/premi sedangkan pihak kedua dalam hal ini perusahaan asuransi memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pihak pertama selaku nasabah bila terjadi sesuatu kepada pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. 

Perlindungan-asuransi-kesehatan
Perlindungan Asuransi Kesehatan (sumber : pixabay)
Asuransi merupakan sebuah instrumen sosial yang menjadikan resiko individu menjadi resiko suatu kelompok dengan menggunakan dana yang telah dikumpulkan untuk membayar suatu kegiatan yang mengalami kerugian.

Ada bermacam-macam asuransi yang ditawarkan. Salah satu yang banyak diminati adalah asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang khusus memberi jaminan atas biaya kesehatan atau biaya perawatan dari para nasabah jika mereka mengalami sakit atau terjadi kecelakaan. 

Secara umum, ada dua macam perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yakni rawat inap di rumah sakit (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Pergantian biaya kepada nasabah asuransi kesehahatan yang sudah membayar premi, diberikan secara proporsional sesuai kesepakatan awal. 

Perlindungan-Asuransi-kesehatan
Premi yang dibayarkan menentukan besarnya penggantian (sumber : pixabay)
Karena asuransi merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dan tertanggung (nasabah) sebagai pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan. 

Perlindungan asuransi kesehatan akan memberikan ganti rugi secara terhadap materi terhadap pengeluaran yang terjadi akibat gangguan kesehatan, yang membuat keuangan tertanggung terganggu dan terjadi diluar kendali.

Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan finansial untuk masa depan sehingga resiko gangguan kesehatan yang terjadi secara mendadak dan tidak ada kesiapan akan ditutupi oleh asuransi. 

Asuransi akan memberikan keringanan kepada keuangan keluarga sehingga tidak perlu khawatir untuk biaya perawatan inap, rawat jalan maupun pengobatan yang akan dijalani.

Perlindungan-Asuransi-kesehatan
Kondisi sakit membutuhkan biaya ( sumber : pixabay)
Asuransi kesehatan keluarga premi murah memberikan manfaat untuk rawat inap, rawat jalan termasuk biaya pemeriksaan dan konsultasi dokter spesialis, perawatan untuk pencegahan penyakit, persalinan secara caesar maupun normal, perawatan gigi dan biaya obat.

Adapun tips memilih asuransi kesehatan yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut :
  • Pahami kebutuhan asuransi mulai dari manfaat yang akan dibutuhkan serta layanan yang diberikan.
  • Pilih jenis pelayanan yang diinginkan. Peserta dapat memilih perlindungan diluar layanan standar. Walaupun akan mendapatkan biaya tambahan namun peserta akan mendapatkan layanan yang sesuai dan lengkap.
  • Lakukan perbandingan antara beberapa perusahaan asuransi berdasarkan premi yang dibayarkan dan pastikan mendapatkan yang terbaik.
  • Pilih asuransi sesuai dengan kemampuan dan anggaran keuangan yang kita miliki dan pastikan premi yang dibayarkan tidak memberatkan yang akan membuat keuangan menjadi terganggu.
  • Lakukan pengecekan terhadap kredibilitas dari penyedia layanan asuransi agar terhindar dari resiko kerugian.  Pastikan perusahaan asuransi dan agennya telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan.
  • Komunikasikan dengan orang ketiga dalam hal ini agen asuransi untuk membantu menganalisis kebutuhan dan layanan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan kita (tertanggung). 
Perlindungan-asuransi-kesehatan
Konsultasikan besaran premi yang akan kita bayarkan (sumber : pixabay)
  • Pertimbangkan untuk menggunakan asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan premi murah dan memiliki satu polis tanpa biaya administrasi yang banyak.

Dengan tips di atas semoga pilihan kita untuk menentukan perusahaan asuransi yang akan kita pilih untuk mengasuransikan kesehatan kita dan keluarga bisa sesuai, tepat, dan aman.

Semoga informasi ini bermanfaat yaa...
Salam...

Posting Komentar

47 Komentar

  1. Penting banget ni tips buat mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat buat kita-kita. Thanks mbak.

    BalasHapus
  2. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Tapi dengan kolapsnya jiwasraya saya kok kembali memandang pesimis industri asuransi swasta... sistem mereka solid dan bagus...kok bisa kolaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,ditunggu saja investigasi selanjutnya seperti apa

      Hapus
  4. I'm your New follower 😊 thanks for your visiting my blog 😊

    BalasHapus
  5. Asuransi ini penting banget buat kita untuk proteksi diri dari hal-hal ya g tak diinginkan
    Tapi ya gitu, memang harus pinter-pinter pilih asuransi yang aman dan terpercaya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap..itu mempersiapkan diri dari hal-hal tidak terduga

      Hapus
  6. Teeima kasih mbak info tentang asuransinya. Kalau untuk asuransi kesehatan saya tetap piloh bpjs. Heheh

    BalasHapus
  7. Saya dan keluarga cuman bapak bpjs saja sampai sekarang karena biasanya asuransi kesehatan sudah didaftarkan secara otomatis oleh pihak kantor dimana kita bekerja.

    BalasHapus
  8. Saya beberapa waktu ini disuruh dokter untuk melakukan suatu uji lab, biayanya kalau dibayar umum cukup mahal, tapi untung ada asuransi kesehatan, jadi ditanggung. Asuransi kesehatan itu berguna.

    BalasHapus
  9. Aku cuma ikut asuransi pendidikan dan kesehatan. Jenis yang lain kurang cocok. Seringkali kita lupa yang namanya factor resiko. Asuransi itu seperti sedia payung sebelum hujan. Tidak selalu terpakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, harus kita pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan..

      Hapus
  10. Naaah, yg belum melek asuransi, untuk pengetahuan awal bagus nih baca tulisannya mba. Orang sekarang banyak yg semakin bingung saking banyaknya pilihan asuransi.

    BalasHapus
  11. Asuransi saat ini memang sangat dibutuhkan karena tidak adanya tanggungan kesehatan dari pemerintah secara langsung. Bahkan bpjs juga menjadi asuransi yang dibuat oleh pemerintah hehe

    BalasHapus
  12. Bener Mba sekarang kita penting banget makai asuransi karena tidak adanya tanggungan langsung pemerintah. Termasuk bpjs juga termasuk asuransi dari pemerintah hehe

    BalasHapus
  13. Sudah sejak lama pgn ganti asuransi dr BPJS. Tp krn pNS g bisa milih2. Bisa ambil dua, tp yg wajib itu ttp harus d ambil. Kan menyedihkan.

    BalasHapus
  14. saya masih ragu dengan asuransi. tapi melihat kriteria yang bagus dalam memilih asuransi sepertinya mindset saya memang harus diubah. makasih infonya kak.bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asuransi itu ibarat sedia payung sebelum hujan. Belum tentu kita pakai, tapi kita sudah tenang karena memilikinya.

      Hapus
  15. Kalau asuransi yang bisa claim rawat jalan itu ada ya, Mbak? Soalnya asuransi saya hanya untuk rawat inap saja. Kalau yang ada rawat jalan biasanya asuransi yang difasilitasi oleh perusahaan. Kadang suka deg-degan sama biaya berobat jalan itu huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mb, memang kebanyakan rawat inap yang ditamggung, karena biasanya rawat inap biayanya besar.

      Hapus
  16. Nyari asuransi yang cocok ini memang udah kayak nyari partner aja ya. Kudu cek kredibilitasnya. Kudu sesuaiin juga preminya sama bujet bulanan kita. Bukan apa-apa sih, biar langgeng aja. Yang namanya partner kan penginnya langgeng dan saling memudahkan to.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap betul...kalo sudah cocok dan saling percaya, akhirnya jadi setia..hihi...

      Hapus
  17. Memilih asuransi kesehatan emang harus banget dilihat satu persatu untuk covernya ya. Alhamdulillah asuransi yang saya pakai mencover semuanya termasuk untuk rawat jalan.

    BalasHapus
  18. alhamdulillah aku udah mulai kenalan sama asuransi sejak tahun 2000, dan walau putus sambung tapi berusaha selalu tercover asuransi karena penting banget

    BalasHapus
  19. Setuju buat cek kredibilitas sebuah perusahaan asuransi, penting juga untuk mencari informasi mengenai track record asuransi yang dimaksud. Terutama buat kemudahan klaimnya gtu sih :D
    Soalnya sering dapat berita gak enak ada aja yang mangkir gak mu bayar klaim. Jd nasabah asuransi kudu cerdas memutuskan mau pakai yg mana ya :D

    BalasHapus
  20. Nah iya pilih sesuai kebutuhan. Waktu hamil, aku periksa ke dokter pake asuransi kesehatan. Alhamdulillah lumayanlah bantu ringankan biaya.

    BalasHapus
  21. dengan asuransi yg tepat kita bisa pilih yg sesuai dg kebutuhan kita ya mba. semoga kita semua selalu dinaungi kesehatan aamiin

    BalasHapus
  22. alhamdulillah udah beralih ke asuransi syariah. Asuransi Syariah tadinya kupikr sama aja, tapi ternyata ada usaha saling melindungi dan tolong menolong (ta’awuni) diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

    BalasHapus
  23. Setuju dengan poin memilih asuransi itu disesuaikan dengan kebutuhan juga bujet. Banyak asuransi sekarang ini, tinggal memilih yang dibutuhkan oleh keluarga. Kalau saya pribadi, asuransi kesehatan itu penting banget.

    BalasHapus
  24. jujur aja sampai saat ini aku belum terpikir punya asuransi..mungkin nanti bakal aku diskusikan dengan suami

    BalasHapus
  25. Ketika kita mau menggunakan asuransi, kita memang perlu memilih dengan sangat teliti, ya. Sehat atau tidaknya juga perusahaan asuransi tersebut. Dan ya, preminya juga mesti sesuai dengan uang kita, terus jangan sampai banyak sekali biaya admin ini dan itu.

    BalasHapus
  26. Noted. Bisa dijadikan bahan peetimbangan saat cari asuransi kesehatan buat kita dan keluarga ya, mbak..

    BalasHapus
  27. Dari semua jenis asuransi...memang kesehatan menurutku yang paling penting mba...klo jenis asuransi yang lain, mungkin tergantung situasi dan kondisi ya mba

    BalasHapus
  28. Emang harus bener-bener ya saat memilih asuransi kesehatan gini. Kita memang ga pengin sakit, maunya sehat aja. Tapi misal mengalami sakit yang harus dirawat di rumah sakit, tentunya kalau punya asuransi kesehatan akan lebih terasa ringan.

    BalasHapus
  29. Wah nice info mbak, aku juga lagi kebingungan untuk mencari asuransi yang pas buat aku dan keluarga..

    Nyari asuransi juga kaya nyari jodoh ya mbak
    Hehehe

    BalasHapus
  30. Nah iya niih...mesti teliti dan di kaji berulang-ulang dalam memilih asuransi.
    Karena kan untuk jangka panjang gak hanya diri sendiri, seringkali juga untuk anak dan pasangan.

    BalasHapus
  31. Ini ya mba beberapa pertimbangan sebelum memilih asuransi pilih sesuai kebutuhan juga anggaran keluarga yah jadi tidak merasa terbebani :)

    BalasHapus
  32. Aku msh meninbang2 untuk asuransi keseharan swasta mba.. skeng masih pakai asuransi dari kantor suami sj..

    BalasHapus