Manfaat Pijat Bayi Yang Harus Para Ibu Ketahui

Manfaat-pijat-bayi
Manfaat pijat bayi

Salah satu manfaat pijat adalah meningkatkan bonding atau ikatan antara ibu dengan buah hatinya yang masih bayi. Selain dengan memberikan ASI, ikatan ibu dengan bayi juga dapat dilakukan melalui pijatan atau sentuhan. 

Pijatan pada bayi selain dapat membangun ikatan kuat antara ibu dan bayinya, juga dapat memberi dampak positif bagi tumbuh kembang bayi.

Untuk memijat bayi biasanya digunakan minyak telon. Seperti yang telah banyak diketahui, fungsi dari minyak telon ini adalah untuk membuat tubuh bayi menjadi hangat.

Salah satu minyak telon yang direkomendasi untuk anda gunakan adalah minyak telon wangi green tea doodle. 

Minyak telon ini memiliki kandungan essential green tea oil yang memberi kesegaran aroma pada baby, dan memiliki banyak manfaat. 

Diantaranya untuk menghangatkan bayi, meredakan perut kembung, masuk angin, dan menghindarkan dari gigitan nyamuk.

Adapun manfaat pijat bayi yang harus para ibu ketahui adalah sebagai berikut :

1. Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang dan Nyaman

Perlu diketahui bahwa pijatan pada bayi dapat merangsang sistem saraf pusat. Dimana sentuhan fisik pada bayi akan memberikan sinyal kepada otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin.

Manfaat-pijat-bayi
Manfaat pijat bayi 
Endorfin dan serotinin adalah hormon yang dapat membuat perasaan menjadi lebih bahagia dan nyaman. Sehingga kedua hormon ini sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi nyeri yang dirasakan oleh bayi.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan bayi. Pijat bayi ini bisa membuat sistem pencernaannya menjadi lebih nyaman dan bergerak lebih lancar.

Pada saat bayi bunda rewel karena gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, atau mengalami kolik, maka ia akan merasa lebih nyaman setelah mendapatkan pijatan.

3. Membuat Tidur Bayi Lebih Nyenyak

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pijatan pada bayi juga dapat membuat siklus tidurnya lebih teratur. 

Artinya bayi akan bisa tidur lebih banyak di malam hari dan lebih aktif di siang hari. Hal ini dikarenakan pada bayi yang rutin dipijat diketahui memiliki kadar melatonin yang lebih tinggi. 

Dalam hal ini, secara alami tubuh bayi akan memproduksi hormon melatonin saat hari mulai gelap. Dimana, melatonin inilah yang bisa membuat tubuh mengantuk. 

Manfaat-pijat-pada-bayi
Massage pada bayi
Jadi, semakin nyenyak tidur di malam hari, maka akan semakin banyak pula melatonin yang dilepaskan. 

Bukan hanya itu, pijat bayi juga bisa bermanfaat tubuh bayi menjadi lebih rileks sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

4. Mengurangi Kadar Bilirubin

Biasanya beberapa hari setelah lahir, maka kulit bayi akan menjadi kuning. 

Berubahnya warna kulit bayi menjadi kuning ini dikarenakan dengan meningkatnya kadar bilirubin. 

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa bayi kuning yang mendapatkan pijatan selama 15-20 menit dan fototerapi terlihat mengalami perbaikan yang lebih cepat daripada bayi yang hanya mendapatkan fototerapi. 

Tentunya hal ini membuktikan bahwa manfaat pijat bayi ini juga sangat berpengaruh pada penurunan kadar bilirubinnya.

5. Memperkuat Hubungan Antara Bunda dan Bayi

Seperti sudah disebutkan di awal, manfaat pijat bayi berikutnya adalah dapat memperkuat hubungan antara bunda dan bayi.

Memijat bayi ini merupakan cara yang sederhana namun sangat efektif guna meningkatkan serta memperkuat hubungan emosional antara orang tua/bunda dengan sang bayi. 

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa pijat bayi bisa mengurangi gejala depresi pascamelahirkan dan meningkatkan kepekaan orang tua/ibu terhadap kebutuhan bayinya. 

Nah, itulah berbagai manfaat pijat pada bayi yang harus para ibu ketahui. Sehingga sebaiknya setiap ibu melakukan kebiasaan pijat rutin pada bayinya agar bayi tumbuh dengan sehat dan kuat.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

20 komentar

  1. Beneran lo bun, saya juga menerapkan ke si bayi. Kalo abis dipijat pasti tidurnya lebih nyenyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena anak lebih rileks ya, jadi istirahatnya juga mudah.

      Hapus
  2. Suka memijat anak saya waktu masih bayi, abis dipijet dia tidur pules deh

    BalasHapus
  3. Setuju nih, kerasa banget di kemajuan perkembangan bayi
    Mungkin karena merasa nyaman sehingga bayi bisa berkembang optimal

    BalasHapus
  4. Katanya emang penting sih pijat bayi untuk relaksasi bagi para buk ibu yang lagi punya baby, tapi aku belum pernah nyoba soalnya gak ada baby yg bisa dipijatkan mba hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Bisa ditabung dulu mb, ilmunya. Besok-besok tinggal praktik..

      Hapus
  5. Aku suka juga ini miji abak saat dia bayi, setiap sore atau pagi pas kasih sabun gitu ditidurin. Karena ternyata manfaatnya banyak sekali ya?

    Dan itu keterusan sampai sekarang, meski sdh 5tahun dia suka merengek di pijit di punggung, telapak kaki dan perutnya pakai minyak telon kalau sakit.

    BalasHapus
  6. Manfaat nya banyak bgt nih pijat bayi. Aku dr anak aku masih bayi hinga sekarang berumur 3 tahun selalu pijat anak aku sendiri nih

    BalasHapus
  7. wah banyak ya manfaat pijat bayi ternyata, dulu ponakan sewaktu bayi juga sering di pijat ke tukang pijat bayi ternyata jadi jarang sakit selain di kasih ASI dan bener tidurnya jadi lebih berkualitas, makasih ya bun sharingnya.

    BalasHapus
  8. Jadi inget waktu dulu anakku masih bayi suka massage sendiri dirumah pake minyak telon. Memang perfect banget untuk bonding dan si anak pun bisa lebih nyaman dan tidurnya nyenyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...hubungan ibu dan anak jadi lebih berkualitas

      Hapus
  9. Memang beda si Mbak, bayi yang rutin di pijat dengan yang tidak. Anak pertama karena kurangnya pengetahuan, jadi jarang dipijat. Sering sakit2an dia. Anak kedua dan ketiga rutin dipijat, cenderung lebih sehatdan lebih baik pertumbuhannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mb...berpengaruh ke daya tahan tubuh karena istirahat cukup ya..

      Hapus
  10. sayang dulu waktu anakku masih bayi aku belum paham nih manfaat pijetin sendiri, paling ke dukun pijet aja tiap bulan

    BalasHapus
  11. Aku baru tau bisa mengurangi kadar bilirubin jugaa. Anw, aku sering nih pijet ILU pas anakku bayi. Biar gampang BAB hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter