Looking For Anything Specific?

Header Ads

Manfaat Air Mawar dan Bunga-Bunga Di Sekitar Kita untuk Kecantikan

Manfaat-air-mawar
Sumber : pixabay
Sudah sejak dulu nenek moyang kita bersahabat dengan alam. Berbagai hasil alam digunakan untuk kehidupan. Tidak hanya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi, hasil alam juga digunakan untuk merawat tubuh dan kecantikan diri.

Dalam sejarah perawatan kecantikan, biasanya yang menjadi rujukan adalah para bangsawan atau putri raja. Karena dari golongan inilah biasanya aneka perawatan kecantikan menjadi sebuah rutinitas dan budaya. 

Putri bangsawan selalu digambarkan sebagai sosok yang sempurna. Berwajah cantik, dengan kulit bersih, putih, halus dan harum. Rahasia kecantikan mereka selalu dibicarakan dan ingin diketahui oleh masyarakat kebanyakan.

Untuk masyarakat Jogja sendiri, rahasia putri keraton identik dengan penggunaan rempah, dan biji-bijian, yang digunakan untuk perawatan kecantikan. Biasanya bahan-bahan tersebut digunakan untuk bahan masker wajah dan lulur badan.

Sementara untuk bunga-bungaan, biasanya digunakan untuk mandi berendam. Selain untuk memberi keharuman, bunga juga banyak memberi manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut aneka bunga yang lazim dijumpai di Indonesia yang sering digunakan untuk merawat kecantikan :

1. Mawar
Manfaat air mawar sudah lama dikenal dalam perawatan kecantikan. Dalam sejarah disebutkan Cleopatra, yang merupakan simbol kecantikan wanita Mesir sudah sejak dulu memiliki kebiasaan berendam dengan kelopak mawar.

Manfaat-air-mawar
Bunga mawar (sumber : pixabay)
Mawar memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu meredakan gejala kemerahan pada kulit, akibat iritasi, eczema, dan dermatitis.

Mawar juga mempunyai kandungan astringent dan anti-bakteri, sehingga tepat digunakan untuk merawat jerawat dan membersihkan pori-pori pada kulit. Kandungan vitamin C dan E pada bunga mawar juga dapat menstimulasi produksi kolagen dan menjaga kelembapan kulit.

Saat ini untuk dapat merasakan manfaat air bunga mawar tidak perlu repot mencari bunga mawar segar. Sudah banyak produk yang mengandung ekstrak mawar yang bisa dijumpai di pasaran.

2. Melati
Bunga kecil berwarna putih ini banyak digunakan sebagai campuran minum teh. Efek menenangkan dapat kita rasakan sesaat setelah meminum teh melati ini.

Manfaat-air-mawar
Melati (sumber : pixabay)
Bunga yang tidak pernah absen di moment sakral seperti pernikahan ini di masyarakat Mesir dan Yunani Kuno sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi, afrodisiak, dan pereda luka ringan.

Kandungan antioksidan pada melati mampu melindungi kulit dari lingkungan yang buruk dan membantu kulit terlihat lebih muda. 

Melati juga mempunyai kemampuan mengikis noda, dan tidak menyebabkan kulit iritasi sehingga cocok untuk kulit sensitif.

3. Anggrek
Bunga indah yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki manfaat untuk kecantikan yang cukup banyak, terutama untuk perawatan anti aging. Anggrek memiliki kandungan anti oksidan yang dapat mengatasi radikal bebas.

Manfaat-air-mawar
Anggrek (pixabay)
Memilih kosmetik dengan kandungan ekstrak bunga anggrek sangat bagus untuk wanita usia 40 tahun ke atas, di mana kerutan di wajah mulai kelihatan.

4. Bunga Matahari
Bunga dengan tampilan besar berwarna kuning ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Manfaat-air-mawar
Bunga matahari (pixabay)
Minyak yang terkandung dalam biji bunga matahari dapat melembabkan dan melindungi kulit dari sinar ultra violet. Minyak bunga matahari juga kaya antioksidan dan dapat mengatasi jerawat dengan cepat.

5. Bunga Kamboja
Bunga yang banyak dijumpai di area pemakaman ini ternyata punya banyak manfaat untuk kecantikan lho...

Manfaat-air-mawar
Kamboja (pixabay)
Kandungan mulai Vitamin E dan emolien dari bunga ini mampu melembapkan, menutrisi kulit, dan membuatnya semakin lembut.

6. Bunga Sepatu
Salah satu manfaat dari bunga sepatu adalah mengangkat sel kulit mati. Selain itu bunga yang banyak memiliki kandungan AHA dan asam amino ini juga memiliki manfaat untuk melembapkan kulit, mencegah penuaan dini dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

Manfaat-air-mawar
Bunga sepatu (pixabay)
Nah, itulah aneka manfaat dari berbagai tanaman bunga yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat yaa...

Post a Comment

13 Comments

  1. aku sering lihat tumbuhan ini tapi fungsi jelasnya belum tahu, setelah baca ini jaid paham hehehe makasih mba

    ReplyDelete
  2. Wow zaman dulu berendam di kelopak mawar? Mantap sekali ya para putri. Memang sih wewangian bunga itu sedap dihirup dan bermanfaat untuk kecantikan

    ReplyDelete
  3. Ternyata bunga kamboja pun punya manfaat untuk kecantikan, tak hanya untuk di kuburan hahaha..

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu kalau Bunga Kamboja pun bisa bermanfaat buat kecantikan, tapi diolah jadi bahan apa atau jadi produk apa ya mbak?

    ReplyDelete
  5. tau ga mba, dulu aku pernah ditawarin kapsul bunga mawar. jadi isinya tuh ekstrak bunga mawar dan harus diminum 60 hari berturut-turut, konon kalo dirutinin, bau badan kita akan seperti bunga mawar.

    mendadak aku paham kenapa susana makan kembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meskipun kesannya mistis,,ternyata banyak manfaatnya. Kalau saya suka bunga pepaya sama combrang mb..enaak..

      Delete
  6. Duh, bunga-bunga cantik yang kaya manfaat, pantesan banyak produk kecantikan yg memanfaatkan ekstrak alami dari bunga2.

    ReplyDelete
  7. Ohh tiap bunga ada manfaatnya masing-masing ya.Jadi penasaran gimana rasanya kalau makan bunga gtu

    ReplyDelete
  8. Saya sukak banget kalau bikin teh dikasih beberapa kuntum bunga melati, aroma tehnya jadi lebih mantap. Jadi kalau mudik, metik bunga melati kemudian disimpan di freezer, tiap bikin teh diambil beberapa kuntum buat dimasukkan dalam segeas teh panas, sedaaap

    ReplyDelete