...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Sunday, September 13, 2020

Tip Memilih Data Center Indonesia UNTUK Kemajuan Perusahaan

Di era yang serba teknologi ini, keberadaan jasa data center Indonesia memang semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan karena penggunaan website memang semakin menjamur di tengah-tengah masyarakat. Walaupun demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang belum memahami pasti apa itu data center. 

data center
Pentingnya Data Center (sumber : pixabay)

Padahal keberadaan data center ini sangat penting untuk menyimpan data-data penting perusahaan Anda tersebut. Adapun pengertian dari data center sendiri merupakan fasilitas yang terdiri dari jaringan komputer maupun penyimpanan yang biasanya digunakan oleh bisnis ataupun organisasi untuk mengatur, memproses, menyimpan hingga menyebarluaskan data dalam jumlah yang besar. 


Tips Memilih Jasa Data Center di Indonesia 

Saat ini keberadaan jasa data center Indonesia memang sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Tetapi perlu Anda ketahui jika tidak semua jasa data center yang Anda temukan tersebut bisa terpercaya. Terlebih lagi, setiap orang juga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda terkait dengan penggunaan data center. 

Untuk Anda yang ingin menggunakan data center untuk perusahaan Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih jasa data center. 


1. Analisa layanan maupun otomatisasi 

Tips pertama yang bisa Anda gunakan adalah pastikan Anda menganalisa layanan maupun otomatisasi. Ini berarti sebuah data center tersebut harus menyimpan secara mandiri untuk mengatur kapasitas yang dimiliki. Selain itu, juga adanya pemberitahuan mengenai kebutuhan dari tempat penyimpananyang Anda butuhkan. 


2. Memilih data center yang menyediakan efisiensi tempat penyimpanan. 

Selain itu, pastikan Anda memilih data center yang menawarkan efisiensi tempat penyimpanan. Ini berarti sebuah infrastruktur yang akan disewa harus bisa meningkatkan produktivitas dalam bidang TI dan juga harus mampu untuk mengendalikannya. 

data center
sumber : pixabay

Bukan hanya itu saja, infrastruktur tersebut juga harus meminimalisir adanya biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Selain itu, pastikan juga apabila terdapat virtual storage tiering dimana data center tersebut harus menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas untuk menyimpan data maupun media yang berbeda. 


3. Terdapat keamanan data yang canggih 

Memilih data center Indonesia, sangat penting bagi Anda untuk memilih jasa yang menawarkan jaminan keamanan data di dalamnya. Di mana sebuah data center memang harus mengamankan semua data yang terdapat di dalam perangkat yang bisa saja lokasinya tersebar atau tidak berada di titik yang sama. 

Bukan hanya itu saja, adanya sistem keamanan yang baik ini ternyata juga berguna untuk mencegah adanya akses yang dianggap tidak sah untuk mengakses data-data yang ada di dalamnya. 


4. Operasional yang sempurna 

Tips lainnya dalam memilih data center adalah pastikan Anda memilih penyedia layanan data center yang menawarkan operasional tanpa adanya gangguan. Hal ini berguna untuk menunjang aplikasi bisnis yang penting. Untuk itulah sebuah data center wajib menawarkan lingkungan yang mempunyai sifat always on dan adanya zero down time


5. Pengelolaan dan lokasi 

Pengelolaan maupun lokasi sangat penting untuk Anda perhatikan ketika memilih data center yang mempunyai lokasi dan pengelolaan yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Sebagai contohnya, sebuah bangunan data center harus memenuhi persyaratan sipil, geologi, bangunan, vulkanologi dan yang lainnya. Hal ini juga untuk menghindari data center dari hal yang tidak diinginkan. 


Demikian beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih data center. Untuk Anda yang sedang mencari jasa data center Indonesia yang terpercaya, NEX adalah solusi penggunaan data center yang terbaik untuk Anda.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top