...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Monday, September 14, 2020

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger Untuk Menaikkan DA

belajar seo untuk blogger


Belajar SEO sangat penting bagi seorang bloger pemula seperti saya. Tadinya saya mengira menjadi bloger itu yang penting menulis saja. Menulis apa yang saya suka dan kemudian membagikannya ke sosial media. Tidak peduli bagaimana nanti para pembaca menemukan tulisan saya. 


Namun seiring berjalannya waktu, tuntutan di dunia blogging yang saya geluti mengharuskan saya untuk mengenal dan mempelajari tentang SEO ini. Karena penerapan SEO dapat berefek bagus terhadap performa blog yang saya miliki.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization". Yaitu pengoptimalan mesin telusur yang kita lakukan agar blog yang kita miliki mendapat rangking tinggi di hasil pencarian. Sehingga potensi blog untuk memperoleh trafik organik meningkat. 


Mesin pencari yang fokus dibicarakan di sini adalah google. Karena sampai saat ini google masih menjadi mesin pencari yang banyak digunakan di seluruh dunia. Sehingga tepatnya, kita belajar SEO agar tulisan atau artikel yang kita buat disukai oleh google. Bagaimana caranya? Tentu saja semua ada ketentuan dan parameternya. Apa saja itu, yuk baca terus artikel saya ..


Pentingnya Mempelajari SEO

SEO sangat penting untuk dipelajari, karena berbagai alasan berikut ini :


1. Mesin Pencari Masih Menjadi Sumber utama Informasi

Saat ini, ketergantungan pengguna internet terhadap mesin pencari sangatlah tinggi. Apapun pertanyaan yang dimiliki, merujuknya pasti ke google juga.  Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimana tulisan kita bisa muncul di halaman google.


2. Pengunjung biasanya hanya membaca artikel yang ada di halaman muka

Ketika melakukan pencarian (searching) biasanya pembaca hanya membaca informasi dari artikel yang muncul di halaman pertama (halaman muda).  Tentu kita tidak ingin artikel yang sudah kita buat dengan susah payah, hanya dilewatkan begitu saja oleh pembaca karena tidak muncul di halaman muka. 


Itulah sebabnya, sekedar muncul di mesin pencari tentu saja tidak cukup. Targetnya adalah muncul di halaman awal. Agar pengunjung mampir ke blog dan membaca tulisan kita. Dan itu hanya bisa terjadi jika kita paham SEO dan menggunakannya dalam setiap artikel yang kita buat. 


3. Meningkatkan branding dari blog

Nah, ini juga penting banget. Sering muncul di halaman muda, selain mendatangkan trafik organik, tentu membuat blog kita jadi terkenal dan membuka peluang dilirik oleh brand atau perusahaan untuk bekerja sama dengan kita. Dan ujungnya tentu mendatangkan cuan, pasti menyenangkan bukan? 


4. Meningkatkan performa blog

Blog yang senantiasa menerapkan SEO akan memiliki performa yang bagus. Diantaranya ditunjukkan dengan angka atau nilai DA dan PA yang tinggi. 


Belajar SEO di Kelas Growth Blogger

Untuk belajar SEO memang butuh ketelatenan. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses dan juga kedisiplinan.Selama ini, saya sudah mencoba belajar SEO secara mandiri dengan membaca artikel tentang SEO. Pernah juga mengikuti acara semacam talk show yang mengulik tentang  kaidah SEO.


Apakah sudah ada efeknya? Jawabnya belum. Karena saya cuma membaca, mendengar, dan mencatat saja. Tidak pernah sekalipun saya mempraktikkannya. Belajar tapi nggak dipraktikkan akhirnya lupa, dan akhirnya tidak tahu apa-apa. Untungnya, saya berkesempatan untuk mempelajari SEO lagi lewat kelas yang super sekali. 


Ya, kali ini saya menjadi salah satu peserta kelas Growth bloger #1. Sepintas cerita bagaimana saya bisa bergabung di kelas Growth Blogger sudah saya tulis juga, jika penasaran silakan dibaca. Untuk bisa terus belajar SEO di kelas Growth Blogger ini, kami dituntut untuk serius dan menyimak materi. Meskipun ini kelas tidak berbayar alis free, tapi coach yang memberi materi benar-benar semangat dan total sekali.


Di setiap akhir materi selalu ada tugas lumayan banyak yang membuat peserta tidak bisa tidur nyenyak. Apalagi ada ancaman kick (dikeluarkan) bagi peserta yang tidak menyelesaikan tugas yang selalu menghantui. 


Peraturan ini sengaja diberlakukan, agar peserta yang ikut adalah yang benar-benar niat untuk belajar dan mau mempraktikkan ilmu baru yang didapat. Dan efek baik dari aturan ini sudah saya buktikan sendiri. Dengan mengerjakan tugas yang diberikan, DA saya yang awalnya angkanya stagnan, mulai bergerak ke angka yang lebih tinggi. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali. 


Memang DA blog bukan semata penentu rejeki. Ada banyak jalan rejeki bisa datang. Saya pun meyakini ini. Namun dengan DA yang tinggi paling tidak saya bisa memperluas kesempatan untuk bisa menjajaki kerjasama yang ditawarkan oleh pihak brand atau agensi. Jadi bagi saya pribadi, berupaya menaikkan DA dan PA serta memperbaiki performa blog, adalah bagian dari ikhtiar merawat saluran rejeki yang saya punya.


Yang Saya Dapatkan di Kelas Growth Blogger

Setelah mengikuti kelas yang membahas tentang SEO ini, banyak hal baru yang saya dapatkan. Oh ya, untuk coach yang mengajar di kelas ini ada banyak. Diantaranya ada Masirwin, Om Pewe, dan juga Coach Bahrul Ilmi yang akrab di sapa coach Baim. Coach Baim ini memiliki wajah seperti orang Korea. Sehingga sering dipanggil dengan sebutan Oppa.


Semua coach yang memandu kelas ini memiliki spesifikasi dan keahlian yang saling melengkapi. Untuk materi tentang SEO khususnya SEO On Page disampaikan oleh coach Baim, sementara untuk materi SEO off Page dipandu oleh Coach Pewe melalui tugas-tugas yang diberikan. 


Coach  Baim sangat mumpuni dalam menyampaikan materi, sigap pula dalam menjawab pertanyaan dari peserta. Pengalamannya sebagai seorang blogger, freelance content writer, dan SEO assistant membuat kami para peserta mudah menerima transfer ilmu yang diberikan. Ditambah lagi dengan adanya tantangan soal yang dibuat Masirwin membuat kelas berlangsung serius, sedikit panik, namun tetap kondusif. 


Beberapa wawasan yang saya dapatkan setelah mengikuti materi dari coach Baim adalah untuk meningkatkan performa blog maka kita harus :


1. Mengoptimalkan Google Analytic (GA)

Sebenarnya Google sudah menyiapkan tools agar kita dapat mengevaluasi blog yang kita punya. Yakni dengan menggunakan Google Analytic (GA). Selama ini saya cuma tahu GA ini berguna untuk melihat total pengunjung blog dan juga total pembaca artikel kita.


Padahal ternyata, fungsi dari tools ini sangat banyak, diantaranya dapat untuk Memantau perkembangan traffic blog, melakukan evaluasi terhadap konten, bounce rate, maupun  durasi, menentukan waktu posting yg tepat, mengetahui postingan yg banyak dikunjungi, dan juga mengetahui sumber trafik 


Singkatnya, dengan menganalisa data-data yang kita dapat dari GA ini, kita akan dapat menentukan artikel yang pas dan sesuai untuk pengunjung dari blog kita.  


2. Memaksimalkan artikel di hasil pencarian melalui Google Search Console (GSC)

Kaitannya dengan SEO, sebenarnya Google juga sudah menyediakan tools Google Search Console yang dapat membantu kita  memaksimalkan artikel atau blog kita di hasil pencarian google.Selama ini saya hanya tahu GSC untuk mempercepat artikel terindeks melalui fasilitas url inspection saja, ternyata itu hanya sebagian kecil fungsi dari GSC. Fungsi lainnya sangatlah banyak. Diantaranya :


  • Dapat untuk melihat performance blog. Melalui menu performance atau kinerja, kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google. Seperti Total clicks,  total impressions, Average CTR, dan Average position. Selain itu kita juga bisa melihat data performa berdasarkan kata kunci penusuran, halaman artikel, negara, dan masih banyak lagi. Nah, data-data yang kita dapatkan ini penting dan bisa dipakai untuk mengupdate tulisan di blog kita. Sehingga informasinya bisa sesuai dengan yang dicari pembaca dan ramah SEO.
  • Mempercepat artikel terindeks, melalaui menu URL inspection. Fungsi ini yang saya paling familiar. Digunakan untuk mempercepat artikel agar terindeks di google.
  • Mengetahui error yang terjadi di blog dan perbaikan yang harus dilakukan melalui menu coverage /cakupan. 
  • Membantu halaman atau artikel yg ada di blog dapat terindeks dengan baik di mesin pencari dengan menggunakan Sitemaps / peta situs


Jadi, sangat penting bagi kita untuk mengulik data-data yang ditampilkan oleh GA maupun GSC


3. Riset Keyword

Ketika akan menulis artikel, sebaiknya kita melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Riset keyword adalah proses mencari kata kunci dari ide tulisan yang akan kita buat. Proses ini penting untuk dilakukan agar tulisan yang kita buat, tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita secara langsung, tapi juga dapat di-crawling oleh mesin pencari seperti google sehingga kemungkinan yang bisa membaca artikel kita lebih banyak lagi. 

Untuk melakukan riset keyword ada beberapa tools gratis yang bisa digunakan, salah seperti ubersuggest, google trend, google search, dan masih banyak lagi.


4. Melakukan Optimasi SEO on Page

Optimasi SEO On Page adalah optimasi SEO yg dilakukan dari dalam blog kita. Tidak hanya dari artikelnya, tapi juga dari keseluruhan blog.

Ini adalah bagian dari usaha yang dilakukan agar artikel yang kita buat ramah SEO.

Dan berikut parameter yang harus kita penuhi :

1). Judul Artikel 

Judul artikel yang digunakan harus mengandung keyword. Panjang judul sebaiknya jangan lebih dari 55 hingga 60 karakter.


2). Menyisipkan Keyword di Permalink. 

Permalink adalah url dari artikel yang kita buat. 


3). Menyisipkan Keyword di Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah penjelasan singkat yang tampil di hasil pencarian setelah judul artikel kita. Jumlah karakter maksimal dalam meta deskripsi adalah 150 kata.


4). Menyisipkan Keyword di Awal Paragraf Pertama

Ini sebagai antisipas. Karena sering terjadi meskipun meta deskripsi sudah kita isi, Google justru menampilkan potongan paragraf pertama dari tulisan kita. 


5 Optimasi Tag Heading

Yang dimaksud tag heading di sini adalah H1 – H6. Di mana H1 secara otomatis sudah digunakan oleh judul artikel, dan jumlahnya harus hanya satu saja.  Nah, yang patut digaris bawahi, template blog  yang SEO friendly harus urut letak h1, h2, dst. Dan tidak semua template yang tersedia SEO friendly. Sehingga penting untuk kita mengecek kembali template blog yang kita gunakan.


6 Optimasi Gambar

Ini yang sering saya lupa, memasukkan keyword ke dlm alt title dan alt image dari gambar yg kita gunakan sangat penting. Karena ternyata selain sebagai pemanis, gambar juga bisa dimaksimalkan untuk keperluan optimasi on page.


7. Penggunaan Outbound Link

Outbound link adalah link keluar (dari blog kita) menuju blog orang lain. Penggunaan outbound link baik utk SEO, namun jika terlalu banyak, akan mengganggu kesehatan blog kita juga. Idealnya perbandingan antara link outbond link dan internal link adalah 1 : 3. 


8 Menggunakan Internal Link

Internal link adalah link yg menuju ke artikel lain di blog kita, tentunya yang relevan dengan artikel yang kita buat.  


9. Manfaatkan LSI Keyword

Menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) atau keyword turunan penting, agar kita tidak selalu menggunakan kata kunci yang sama sehingga dianggap spam. Dalam hal ini kita bisa gunakan persamaan atau sinonim dari kata kunci utama yg kita gunakan.


10. Share ke Media Sosial

Membagikan artikel ke sosmed tidak hanya bermanfaat untuk menambah views atau kunjungan artikel, tapi juga untuk memudahkan artikel kita masuk ke halaman pertama.


11. Submit ke GSC

Cara ini akan mempercepat artikel kita diindeks oleh Google.


Nah, itu beberapa pelajaran tentang SEO yang saya dapatkan di kelas growth blogger. Jika teman-teman berminat mempelajari SEO juga, kebetulan Growthingid membuka kelas Coaching SEO For Blogger dengan biaya mulai dari IDR. 500K. 


Di kelas ini nanti teman-teman akan didampingi para coach yang benar-benar mumpuni. Dengan mengikuti kelas ini memiliki DA blog yang tinggi bukan lagi mimpi. Ada jaminan DA bisa 30 + lho, tentu saja syarat dan ketentuan berlaku. Jika berminat, klik saja gambar di bawah, nanti bisa tanya-tanya langsung ke contact personnya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya...


belajar SEO di kelas growth blogger








3 komentar:

  1. Nambah keren deh kamu, Mbaak.

    BTW makasih banget share nya.

    ReplyDelete
  2. Seruuu ya mbak kelas Growth btw belajar SEO memang gampang2 susah aku juga belajar terus step by step

    ReplyDelete
  3. Kakak... makasih informasinyaaa.. Jelas dan sangat rinci di jabarkan satu per satu. Sepertinya kelas Growth Blogger menyenangkan walaupun ngeri-ngeri juga jika harus kena kick 😂

    ReplyDelete

 
Top