...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Friday, November 6, 2020

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Load Bank untuk Operasional Industri

Loadbank dan listrik


Apakah teman-teman pernah mendengar istilah load bank? Load bank sangat penting untuk operasional industri. Mengapa bisa demikian? Yuk, simak artikel berikut ini...


Di era sekarang yang sudah serba modern ini, keberadaan listrik menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi. Listrik tidak hanya penting untuk masyarakat kebanyakan, namun juga untuk kalangan dunia industri. Khususnya perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi.


Kondisi listrik yang kadang hidup dan kadang mati tentu bisa merugikan perusahaan. Sebab, seperti yang kita ketahui, perusahaan membutuhkan pasokan daya listrik yang tinggi untuk operasional industri. Seperti untuk produksi barang, distribusi, hingga melayani pelanggan. 


Tanpa tersedianya listrik, bisa dipastikan bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Risiko kerusakan alat juga sangat besar terjadi.


Oleh sebab itu, biasanya perusahaan menyediakan alat berupa generator set (genset) sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya masalah listrik.


Generator set ini penting untuk memastikan pasokan listrik di suatu perusahaan berjalan lancar tanpa ada kendala. 


Nah, selain genset, masih ada satu hal lagi yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan listrik.  Alat ini mungkin jarang didengar oleh kebanyakan orang, yaitu load bank


Penggunaan load bank sangat dibutuhkan agar listrik tetap mengalir dengan baik. Load bank merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengembangkan beban listrik. Agar operasional yang dibutuhkan industri dapat dikelola secara efektif serta efisien dan dapat dikontrol melalui satu sistem. 


Dengan demikian, tidak bisa dihindari, perusahaan harus menyiapkan loadbank berkualitas supaya aliran listrik di dalam gedung dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Berikut ini adalah beberapa manfaat dari load bank untuk operasional industri, yakni : 


Memindahkan Beban Kinerja Generator

Manfaat pertama dari load bank adalah dapat memindahkan beban kinerja generator. 


Tes load dapat untuk untuk mengatasi berbagai hal. Seperti menguji beban crane dan mencegah terganggunya kestabilan generator yang sedang bekerja.


Untuk Menguji Sistem UPS dan Baterai

UPS yang merupakan kepanjangan dari Un-interruptible Power Supply ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan sistem pada mesin di dalam sektor industri. 


Oleh karena itu, sistem dari UPS dan baterai ini wajib untuk diuji secara berkesinambungan dengan menggunakan load bank ini. Tujuannya adalah agar kapasitas dan kualitas UPS untuk industri bisa menjaga kestabilan dari mesin.


Sewatama adalah perusahaan yang menyediakan layanan tes load bank yang berkualitas dan berkala. Sehingga dapat menjaga kestabilan listrik yang ada di dalam suatu perusahaan.  


Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun, Sewatama sangat mengerti kebutuhan dan masalah dari para pelanggannya mengenai dunia kelistrikan.


Kehadiran Sewatama ini penting untuk diketahui para pelaku industri. Supaya dapat melakukan antisipasi agar masalah listrik tidak menjadi persoalan yang menghambat produktivitas perusahaan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top