Peluang Usaha dari Bertanam

Pandemi covid 19 sudah berjalan hampir 8 bulan. Dan sayangnya belum ada tanda-tanda akan berakhir. 


Peluang usaha dari bertanam
Peluang usaha di masa pandemi

Vaksin masih dalam tahap pengujian, dan hidup harus terus berjalan. Selayaknya hukum alam, maka kita harus beradaptasi agar bisa bertahan.


Termasuk dalam mencari peluang agar pemasukan terus datang. Salah satu peluang usaha yang saat ini tengah laris adalah bisnis tanaman hias.


Rasa bosan karena di rumah saja membuat orang-orang mencari kegiatan yang menghibur dan bermanfaat. Salah satunya adalah dengan bercocok tanam. 


Berawal dari bertanam sayuran di rumah, kali ini minat bergeser ke tanaman hias. Tanaman  hias yang dulunya tidak begitu diperhatikan, sekarang harganya melonjak karena tingginya permintaan.


Ada lho seorang travel bloger yang menjadikan bertanam sebagai bisnis barunya. Setelah aktivitas travelingnya terhenti akibat pandemi. Sehingga berpengaruh ke cashflow pribadinya, akhirnya blogger ini menekuni bisnis tanaman.


Dialah Asoka Remadja. Hobi bertanam yang sudah lama ditekuninya ternyata yang menyelamatkannya di saat pandemi. Serum untuk tanaman yang diproduksinya laris manis hingga indent.


Saya menyimak kisah Asoka Remadja ini dalam sebuah webinar yang diselenggarakan oleh Komite Penanggulangan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada tanggal 26 Oktober 2020 lalu.


Travel blogger yang beralih ke bisnis tanaman
Asoka Remadja, Travel Blogger

Dalam webinar tersebut banyak sekali insight positif yang didapat. Diantaranya kita harus jeli membaca peluang. Karena di setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Dan selalu ada jalan bagi yang optimis dan mau berusaha.


Jika kita ingin menjadikan bertanam sebagai sumber pemasukan, modalnya sebenarnya sangat gampang. Kita harus menjadikan bertanam sebagai sebuah kegemaran. 


Manfaat Bertanam

Bertanam banyak manfaatnya. Salah satunya untuk terapi jiwa. Karena bisa menjadi media pelepas stress. 


Sehingga hobi bertanam memang bagus untuk ditekuni. Adapun manfaat dari hobi ini adalah :


1. Mengajarkan Kesabaran

Kegiatan bertanam butuh proses yang panjang. Mulai dari penyiapan media, menyemai benih, hingga menunggu benih tumbuh menjadi tanaman.


Perlu ketelatenan dalam merawat juga. Sehingga secara tidak langsung bertanam mengajari kita untuk bersabar dan menghargai proses.


2. Menjadikan dekat dengan alam

Bertanam membuat kita dekat dengan alam. Memperhatikan cuaca, cahaya matahari,  juga tanah.


Aktivitas ini membuat kita menghargai kehidupan dan keberadaan makhluk lainnya. 


3. Membuat sehat fisik dan pikiran

Bertanam melibatkan kegiatan fisik dan juga pikiran. Membuat kita jadi lebih aktif dan sehat. Jauh dari stress dan ketegangan. 


Kegiatan ini membuat kita lebih banyak terkena cahaya matahari yang menyehatkan. 


Dekat dengan pepohonan juga menjadikan kita cukup memperoleh asupan oksigen sehingga bagus untuk metabolisme tubuh. 


4. Mudah dan murah

Bertanam adalah kegiatan mudah, murah, dan bermanfaat. Kita bisa memanfaatkan lahan yang ada di sekitar kita.


Tidak harus punya lahan yang luas untuk memulai. Lahan yang ada saja kita maksimalkan.


Bagi yang tidak memiliki lahan luas, dapat memanfaatkan konsep urban farming. Dalam hal ini kita juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang bisa kita sulap menjadi tempat bertanam.


Yang penting kita harus dapat memilih tanaman yang mudah tumbuh di media yang kita sediakan.


Pilihan Tanaman Hias Untuk Pemula

Bagi yang baru pertama kali menekuni kegiatan bertanam, berikut adalah tanaman-tanaman yang mudah dalam perawatan, sehingga cocok menjadi pilihan.


1. Aglaonema

Tanaman ini biasa juga disebut sri rejeki. Ada banyak sekali varian. Mulai yang murah hingga mahal. 


Daya tarik utama aglaonema ada pada daunnya yang lebar dengan variasi warna yang bermacam-macam.


Aglaonema laris di bisnis tanaman
Aglaonema (sumber : pixabay)

Tanaman ini termasuk mudah dalam perawatan. Tidak membutuhkan lahan yang luas, dan tidak banyak memerlukan cahaya matahari. Sehingga bisa digunakan sebagai tanaman dalam ruangan.


Tanaman aglaonema ini juga mudah di dapat di toko tanaman hias baik online maupun offline.


2. Lidah mertua

Tanaman ini juga memiliki daya tarik di daunnya. Tidak hanya mudah dalam perawatan, tanaman ini juga bagus untuk memperbaiki kondisi udara di sekitar kita. Karena dapat menyerap racun. Sehingga cocok untuk tanaman di dalam rumah.


3. Monstera

Karena suka lembab, tanaman ini cocok diletakkan di kamar mandi. Daya tarik juga ada pada daunnya yang berlubang-lubang. 


Monstera variagata yg laris di bisnis tanaman
Asoka Remadja dan koleksi monstera miliknya

Harga tanaman ini meroket karena banyak peminatnya. Apalagi yang variagata yang memiliki keunikan pada warna daun yang berbeda.


4. Kaktus

Kaktus ini ada berbagai bentuk dan jenis. Selain gampang ditanam, bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri.


Tidak perlu perawatan yang rumit, yang penting cukup mendapatkan cahaya matahari dan sesekali disirami.


5. Sirih gading

Tanaman menjalar ini daunnya bisa sangat lebar. Sangat bagus diletakkan di pot gantung, sehingga tumbuh menjuntai.


Masih banyak sebenarnya tanaman yang mudah dipihara sehingga cocok untuk pemula. Kita bisa pilih sesuai selera kita. Mau memilih tanaman berbunga juga bisa. 


Yang penting karena ini berhubungan dengan makhluk hidup, perlu kesungguhan,  kedisiplinan, dan komitmen kita untuk merawatnya.


Jika tanaman yang kita rawat dapat tumbuh bagus dan berkembang, kita bisa mulai mencoba untuk menjadikannya usaha.


Tidak hanya dengan menjual bibit tanaman saja, kita bisa jual juga pernak-pernik yang dibutuhkan untuk bercocok tanam.


Seperti menjual media tanam, pupuk, atau menyediakan jasa konsultasi berdasar pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki. Jadi yuk tunggu apa lagi. Mari mulai bertanam di lahan yang kita punya. 

Selamat mencoba ya....


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Saya suka bertanam. Suka banget. Badan juga jadi lebih sehat.
    Tapi saya fokus pada tanaman sayur untuk kebutuhan setiap hari.
    Alhamdulillah sudah lebih dari cukup untuk satu keluarga dengan 7 anggota yang sangat suka sayur.

    BalasHapus
  2. wah iya ya mbak, tanaman hias lagi naik daun ya sekarang
    banyak yg suka
    makanya bisa jadi peluang usaha buat saat ini ya

    BalasHapus
  3. Tanaman tanaman indah yang selama ini gak kebayang akan jadi primadona deh,
    aglonema, sirih gading, lidah mertua, janda bolong, monstera

    huhuhu saya baru punya satu nih, janda bolong dan itu dikasih temen

    BalasHapus
  4. Bertanam memangg menyegarkan pikiran..Sebelum pandemi sudah menanam beberapa jenis tanaman di atas, kecuali monstera dan kaktus. Pas pandemi tinggal ditekuni lagi deh meski masih untuk kebutuhan pribadi.
    Dan senangnya ini bisa jadi peluang untuk sumber penghasilan...

    BalasHapus
  5. Dari dulu saya suka bertanam. Masa pandemi ketika semua orang bertanam, saya nggak nambah koleksi, bingung tempatnya nih hehe. Lima jenis tanaman di atas saya ada semua dari dahulu. Semoga pandemi lekas berlalu ya

    BalasHapus
  6. Monsterra menurutku gampang-gampang susah merawatnya. Punyaku cuma saya biarin sejam pagi hari sekitar pukul 8 gitu, eh kok menghitam dan menular ke daun lain hiks. Sedih deh liatnya.
    Tapi, emang bertanam ini kegiatan yang menyenangkan sekaligus bentuk kita menyayangi bumi ya.

    BalasHapus
  7. Bagus ya acara dari Komite Penanggulangan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini, membuka wawasan banget. Semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk menanam.

    BalasHapus
  8. Selama pandemi banyak yg bercocok tanam yaa Alhamdulillah biar makin adem buminya. Jadi peluang bisnis juga bagi yg bisa menangkapnya.

    BalasHapus
  9. lagi belajar juga aku nanam neh mbak, walaupun harga tanaman skrng kok bikin meringis ya krn mahal hehehehe

    BalasHapus
  10. Sering banget lihat nama Asoka Remadja ini di IG feed dan story Yuki Anggia. Yuki juga suka menanam dan mereka temenan, sama-sama traveler, ya udah cocok. Aku di rumah ada lidah mertua dan kaktus. Sebenarnya kaktus sudah punya dari tahun lalu, waktu itu beliin untuk anakku. Eh ternyata sekarang jadi rame, ya. Hehe. Tapi bagus, sih, rumah-rumah jadi makin cantik dan asri karena tanaman hias ini. Semangat menanam!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter