Elmuarra, Skin Care Anti Jerawat Aman untuk Bumil dan Busui

Elmuarra Acne Series adalah rangkaian perawatan kulit berjerawat yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Apa saja keunggulan dari skin care ini? Yuk, simak tulisan saya ini...


Elmuarra beauty care
Elmuarra acne serries

Setiap perempuan, tentu ingin cantik dalam semua keadaan. Bahkan kalau bisa sewaktu bangun tidur pun tetap terlihat cantik. 


Ya, namanya juga perempuan, pasti ingin selalu tampil maksimal. Sehingga tidak jarang berbagai skin care dicoba demi mencapai satu tujuan, mendapatkan kulit yang sempurna.


Tetapi ada suatu kondisi di mana perempuan harus menahan diri. Tidak bisa sembarangan menggunakan produk perawatan kulit. Yaitu pada saat sedang hamil atau menyusui.


Karena jika tidak hati-hati, kandungan yang ada dalam skincare dapat berdampak buruk bagi keselamatan dan kesehatan sang buah hati. 


Sehingga tidak jarang demi keamanan, banyak bumil dan busui yang rela tidak melakukan perawatan wajah sama sekali. 


Jerawat, Problem Umum Ibu Hamil dan Menyusui

Pada saat hamil dan menyusui problem kulit banyak terjadi. Hal ini diakibatkan perubahan hormon dalam tubuh. Salah satunya adalah munculnya banyak jerawat di wajah 


Timbulnya banyak jerawat terjadi karena meningkatnya hormon androgen. Hal ini mengakibatkan produksi sebum atau minyak pada wajah meningkat pesat sehingga timbul jerawat.


Sebenarnya meskipun sedang hamil atau menyusui, bukan berarti perempuan tidak boleh melakukan perawatan diri. 


Merawat wajah tetap harus dilakukan. Hanya saja ibu hamil dan menyusui perlu lebih cermat memperhatikan komposisi atau kandungan dari produk perawatan wajah yang digunakan.


Ada berbagai zat berbahaya pada skin care yang harus dihindari oleh bumil dan busui agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingini. Seperti :


1. Alkohol

Alhohol sering terdapat dalam produk pembersih wajah. Bagi ibu hamil yang kulitnya sedang sensitif, produk untuk wajah yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari. Agar kulit tidak menjadi kering.


2. Parabean

Parabean ini sering digunakan sebagai pengawet kosmetik. Efek bagi ibu hamil cukup mengerikan. Karena dapat menyebabkan bayi lahir prematur, risiko keguguran meningkat, dan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.


3. Phthalate

Phthalate adalah zat kimia yang dapat membuat bahan plastik menjadi lunak dan fleksibel. 


Zat ini dapat ditemukan di banyak produk kosmetik termasuk pelembab. Pada ibu hamil, zat ini dapat mempengaruhi sistem hormon tubuh sehingga tidak aman digunakan.


4. Formaldehyde

Banyak digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik seperti cat kuku maupun sampo. 


Pada ibu hamil, zat ini dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.


5. Toluene

Cairan ini biasanya berbau menyengat. Banyak digunakan pada cat kuku. Zat ini jika terpapar pada ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan mental bayi dan kesehatan organ hati serta ginjalnya.


4. Retinol

Zat ini terutama digunakan untuk anti penuaan, karena efektif mampu melawan garis-garis halus pada wajah. Sehingga kandungan zat ini banyak terdapat pada skincare untuk anti aging.


Meskipun belum ada bukti ilmiah dampak buruk dari zat ini untuk janin, namun untuk kehati-hatian banyak dokter yang menganjurkan ibu hamil untuk tidak menggunakan produk yang mengandung retinol.


5. Hidroquinon

Zat ini banyak dipakai pada produk pencerah wajah. Meskipun terbukti efektif dapat mencerahkan wajah, namun ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari produk ini. Karena dikhawatirkan dapat memberi efek buruk bagi janin dan bayi.


6. Pewangi buatan

Umumnya, ibu hamil memiliki penciuman yang sensitif. Sehingga sebaiknya skincare yang digunakan mengandung pewangi alami atau malah tidak mengandung pewangi sama sekali.


Dengan memahami zat-zat apa saja yang harus dihindari, maka ibu hamil dan menyusui tetap dapat merawat wajah dan tubuh dengan menggunakan produk yang aman tentunya. 


Misalnya saja dengan rangkaian produk dari Elmuarra yang akan saya bahas berikut ini.  


Elmuarra Acne Series Package

Bagi para ibu hamil yang mengalami masalah kulit berminyak dan berjerawat selama kehamilannya, kini tidak perlu khawatir lagi.


Ada skincare khusus untuk wajah berjerawat yang aman digunakan yakni Elmuarra Acne series.


Paket yang disediakan terdiri dari 5 produk, yang terdiri dari : facial wash, toner, BB day cream, serum, dan night cream.


Seluruh produk Elmuarra ini aman, karena menggunakan base probiotik dari bakteri maupun fungi yang baik, alami, dan halal


Sehingga produk ini aman karena bebas dari kandungan zat kimia berbahaya seperti yang saya sebutkan di atas.


Harga untuk paket acne series yang aman bagi bumil dan busui ini, di website resmi Elmuarra pada saat tulisan ini saya buat, dibandrol di harga IDR. 486.000 dari harga normal IDR. 810.000.


Sebenarnya ada satu paket anti jerawat yang lebih lengkap lagi. Yakni paket Elmuarra Ultimate Acne Series.


Dalam paket ini, terdapat 3 tambahan produk lagi.  Yaitu galactomyces beauty essence, acne spot cream  dan acne gel. Paket ultimate ini dibandrol di harga 900.000, dari harga normal 1,5juta. 


Hanya saja untuk produk acne spot cream dan acne gel, sebaiknya sebelum digunakan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan alergi.

 

Jadi untuk amannya, bumil dan busui sebaiknya memakai paket Elmuarra Acne Series saja. 


Sekarang mari kita kupas satu-satu manfaat dari masing-masing produk yang terdapat dalam  paket elmuarra acne series ini.


1. Facial wash

Seperti kita ketahui bersama, kunci dari perawatan kulit adalah kebersihan kulit. Kulit yang bersih akan memudahkan proses perawatan selanjutnya.  Karena jika kulit bersih, proses masuknya zat-zat yang berguna untuk kulit pun menjadi tidak terhalangi.


Elmuarra facial wash
Facial wash

Facial wash elmuarra mengandung Tea Tree Oil dan Galactomyces. Tea tree oil ini berfungsi untuk mengurangi minyak dan merawat kulit berjerawat. 


Sedangkan Galactomyces berfungsi untuk memberi kelembapan ekstra pada kulit, sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus. 


Dengan kondisi kelembaban kulit yang seimbang, maka produksi sebum pun berkurang. Akibatnya pori-pori mengecil dan risiko munculnya jerawat dapat ditekan.


Cara Penggunaan :

Basahi terlebih dahulu kulit wajah. Selanjutnya ambil facial wash secukupnya di tangan dan busakan. 


Kemudian usapkan ke seluruh wajah dan leher dan pijat ringan. Cuci hingga bersih sisa sabun. Agar hasil maksimal, gunakan rutin pada pagi dan malam hari.


Komposisi Facial Wash :

Aqua, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Glycol Distearate, Glycerin, Zinc PCA, TEA Tree (Melaleuca Alternifolia) Oil, Dmdm Hydantoin, Galactomyces Ferment Filtrate, Cetylpyridinium Chloride.


2. Toner

Produk ini berfungsi untuk menyegarkan kulit serta menghilangkan sisa pembersih maupun kotoran yang masih tertinggal. 


Elmuarra toner
Elmuarra Toner

Memiliki kandungan Tea Tree Oil dan Galactomyces juga. Sehingga proses melembabkan, menghaluskan, serta mengecilkan pori-pori kulit berlangsung dengan optimal. Dan  wajah pun akan tampak lebih halus dan glowing.


Cara Pemakaian:

Cukup dioleskan 2-3 tetes secara merata pada kulit wajah di pagi dan malam hari, sambil ditepuk ringan.  Hindari daerah sekitar mata. Baik digunakan sebelum memakai krim pagi dan krim malam.


Komposisi:

Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Almond Oil PEG-6 Esters, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Arbutin, Gluconolactone, Galactomyces Ferment

Filtrates, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcelullose, Zinc PCA, TEA Tree (Melaleuca Alternifolia) Oil, Cetylpyridinium Chloride.


3. Serum

Serum ini juga mengandung Tea Tree Oil yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat.


Elmuarra acne serum
Elmuarra serum


Selain itu, serum ini juga mengandung Niacinamide dan Galactomyces yang berfungsi melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, mencerahkan wajah, mencegah kanker kulit melanoma, dan juga mengecilkan pori-pori wajah. 


Cara Pemakaian:

Oleskan serum sebanyak 2-3 tetes secara merata pada kulit wajah di pagi dan malam hari, sambil ditepuk ringan. Hindari daerah sekitar mata. 


Serum ini digunakan sebelum memakai krim pagi dan krim malam.


Komposisi:

Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Almond Oil PEG-6 Esters, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Arbutin, Gluconolactone, Galactomyces Ferment

Filtrates, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcelullose, Zinc PCA, TEA Tree (Melaleuca Alternifolia) Oil, Cetylpyridinium Chloride.


4. BB Day Cream

Ini adalah krim pagi yang juga berfungsi sebagai foundation. Digunakan sebelum make up yang dapat membuat tampilan warna kulit wajah terlihat merata.


Elmuarra day cream
Elmuarra Day Cream

BB Day Cream dari elmuarra ini diformulasikan khusus untuk kulit wajah berjerawat. 


Mengandung Tea Tree Oil, ekstrak bunga lotus, ekstrak green tea, ekstrak daun jambu biji, SPF 35 serta Galactomyces yang berfungsi sebagai antioksidan, antiaging, dan anti-inflammatory.


Kandungan yang terdapat pada Day Cream ini juga mampu menghidrasi dan melembabkan kulit, mengatasi jerawat, mencegah kanker kulit dan mengecilkan pori, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 


Penggunaan :

Dengan dioleskan merata di seluruh wajah. Digunakan pada pagi/siang hari, dan dapat berfungsi sebagai sebagai tabir surya.


Komposisi:

Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Zinc Oxide, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Diisostearyl Malate, Octyl Methoxycinnamate, Silica, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Stearic Acid, PEG-10 Dimethicone, Galactomyces Ferment Filtrate, Phenoxyethanol, Propanediol, Methicone, Zinc PCA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Sodium Chloride TEA Tree (Melaleuca Alternifolia) Oil, CI 77492, CI 77491, Nelumbo Nucifera Leaf Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Psidium Guajava Leaf Extract, Angelica Gigas Extract, CI 77499, Isopropyl Titanium Triisostearate, Methicone.


Night Cream

Krim ini digunakan pada malam hari. Dengan kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk kulit seperti : Tea Tree Oil, niacinamide, kojic acid, dan galactomyces yang dapat mengatasi jerawat, mencerahkan dan melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, serta mengecilkan pori-pori sehingga wajah tampak lebih halus, lebih cerah dan glowing.


Elmuarra night cream
Elmuarra Night Cream

Cara Pemakaian:

Oleskan secara merata pada wajah di malam hari. Hindari daerah sekitar mata. Untuk hasil optimal gunakan secara teratur.


Komposisi:

Aqua, Niacinamide, Cyclopentasiloxane, Sorbitan Olivate, Sunflower Oil, Cetearyl Olivate, Polyacrylamide, Dimethicone, Glycerin, Zinc PCA, Gluconolactone, Kojic Acid, Galactomyces Ferment Filtrate, C13-14 Isoparaffin, Phenoxyethanol, Allantoin, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, TEA Tree (Melaleuca Alternifolia) Oil, Laureth-7, Carbomer, Cetylpyridinium Chloride.


Keunggulan Elmuarra

Dalam rangkaian produk Elmuarra terdapat kandungan aktif galactomyces. Galactomyces adalah sejenis fungus (jamur) yang terbentuk dari saringan sisa bahan fermentasi (pengasaman) beras yang dibuat menjadi minuman (sake).


Galactomyces ini banyak terdapat pada skin care Korea dan Jepang. Bakteri yang terdapat dalam fungus galactomyces memiliki kemampuan untuk memecah protein pada bahan lain sehingga dapat berfungsi secara maksimal dan mudah diserap kulit.


Fungsi utama dari galactomyces adalah menghaluskan dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Kondisi ini menyebabkan produksi sebum berkurang, ukuran pori-pori mengecil, dan risiko munculnya jerawat dapat diminimalisir. Selain itu galactomyces juga memiliki fungsi mencerahkan wajah.


Nah, itulah produk-produk acne series dari Elmuarra yang direkomendasikan dan aman untuk ibu hamil yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhan jerawat pada ibu hamil dan menyusui 


Jika teman-teman suka dengan skin care dari Korea atau Jepang, teman-teman bisa juga mencoba Elmuarra ini. Kebetulan terdapat paket  starter kit yang disediakan bagi yang ingin mencoba. Yuk, buruan saja cuzz langsung ke websitenya. 

Semoga informasi ini bermanfaat yaa ..


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. Aku pas hamil kulit malah glowing mba, katanya pengaruh hormon juga, tp syukurnya dapet yg bagus hahahahah. Cm wkt itu aku ttp pake skincareku yg biasa, krn udh Konsul ke dokter dan dia bilang itu aman. Makanya aku ttp pake. Jujur aja, Krn udh terbiasa skincare-an dr zaman sekolah, jd sehari aja ga pake pelembab, serum dll, berasa kering banget di kulit

    Tapi baguslah kalo skr ada skincre yg aman utk bumil dan busui yaaa. Jd seharusnya ttp bisa merawat kulit walo hamil. Jgn sampe malah makin parah dan jd susah diobati setelah lahiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seneng ya kalau dapat yang efeknya positif gini..hihi...

      Bener banget mb, kuncinya di konsultasi dokter. Jika dokter bilang aman, berarti bisa lanjut digunakan. Terima kasih sudah mampir..

      Hapus
  2. Lumayan banget mbak potongan harganya.
    Aku dulu waktu hamil emang tampang jadi lebih kucel karena malas banget ngurusi muka. Kata teman-teman, pasti anaknya laki karena saya malas hehehe.

    Sukurlah kini ada produk yang aman buat bumil ya. Jadinya bumil tetap bisa merawat wajah tanpa perlu was-was lagi kalau bahan yang dipakai bakal berbahaya buat janinnya

    BalasHapus
  3. Iya, skincare untuk bumil dan busui kudu yang aman ya jadi ngga sembarangan pilih ya..memang agak tinggi harganya tapi sebanding dengan khasiat dan manfaatnya..

    BalasHapus
  4. Saat hamil dan menyusui diwanti-wanti katanya jangan keseringan pakai makeup takut berpengaruh sama kesehatan tubuh yang nanti berefek juga ke anak. Faktor ini yang sering nimbulin jerawat dan bikin kucel banget sih yaaaa... Nah kalau ada produk yang jelas aman gini mah bisa banget jadi pilihan ya mbak. Tfs mbak 🙏

    BalasHapus
  5. Pas hamil memang perlu banget menjaga semuanya. Termasuk hati-hati dalam memilih skincare, jangan sampai ada kandungan yang berbahaya.

    BalasHapus
  6. Waktu hamil dan menyusui aku ngga berani pake apa-apa, Mak, karena katanya bisa berpengaruh ke bayi. Alhamdulillah ya kalau sekarang ada skincare yang aman buat bumil dan busui. Jadi bumil dan busui tetap bisa merawat diri.

    BalasHapus
  7. Baruuu kemarin adik iparku nanya skincare jerawat buat bumil. Eh lha kok ketemu postingan ini. Pas banget pas butuh infonya. Langsung tak kirim link-nya ke adik ipar. makasih, Mbak.

    BalasHapus
  8. Pertanyaan tentang skincare busui sering banget aku dapetin di DM atau blog. Masih belum ngerti banget apa aja yang jadi pantangan karena aku belum pernah konsultasi langsung ke dokter juga tentang ini. Keknya juga harus ada masukan dan saran dari Obgyn buat apa aja yang aman dipake.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter