...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Monday, December 14, 2020

Staycation di Hotel, Liburan Aman di Masa Pandemi

Di saat pandemi seperti ini, staycation di hotel adalah sebuah pilihan bijak jika kita ingin liburan. Selain relatif lebih aman karena tidak harus ke luar wilayah, biayanya yang kita keluarkan pun bisa jauh lebih murah. 


Staycation di hotel
Staycation di hotel (desain by canva)

Jelang liburan akhir tahun seperti sekarang, tentu semua orang ingin jalan-jalan. Melepaskan penat dan juga kejenuhan. Jika tahun-tahun sebelumnya, kita bebas pergi ke mana-mana, tahun ini tidak begitu adanya. 


Akibat pandemi mobilitas kita jadi lebih dibatasi. Bahkan beberapa daerah menerapkan aturan ketat bagi pendatang yang ingin masuk ke daerahnya. 


Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Surakarta. Hal itu dikarenakan tingginya angka kejadian covid di daerah solo dan sekitarnya. 


Sehingga saat ini liburan di dalam kota di mana kita tinggal  (staycation) menjadi alternatif pilihan yang paling tepat dan relatif aman. Asal kita melakukannya bersama keluarga inti yang kondisi kesehatannya sudah kita pahami. 


Pengertian Staycation

Staycation berasal dari kata stay dan vacation. Stay artinya tinggal atau menetap sedangkan vacation artinya liburan. 


Jadi secara gampangnya bisa dikatakan staycation adalah liburan yang dilakukan di wilayah yang sama. Di mana kita tidak pergi ke mana-mana atau tidak perlu meninggalkan kota yang kita tempati. 


Ada banyak pilihan staycation yang bisa kita lakukan. Mulai dari jalan-jalan atau berkunjung ke objek wisata yang ada di lingkungan sekitar kita sampai menginap bersama keluarga di hotel untuk sekedar ganti suasana.


Liburan di hotel jadi pilihan
jalan-jalan dan kulineran

Tinggal di hotel saat ini banyak digemari karena beberapa alasan, diantaranya :


1. Ekonomis dan praktis

Menginap di hotel yang berada di satu kota, tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Kita tidak perlu mempersiapkan anggaran transportasi yang banyak. Cukup dengan bermodalkan bensin dan kita bisa memakai kendaraan sendiri.


Budget untuk membeli tiket masuk ke destinasi wisata juga tidak perlu kita siapkan. Kita bisa bersantai sambil menikmati suasana hotel berikut fasilitas yang disediakan di sana.


Dan senangnya lagi bagi yang masih lajang, staycation bisa dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu libur panjang.


2. Tidak ribet dalam persiapan

Karena masih di satu kota, barang bawaan yang kita bawa pun tidak perlu banyak-banyak. Kita pun tidak perlu terburu-buru berangkat karena takut ketinggalan kereta atau pesawat.


Yang penting kita sudah booking hotel yang ingin kita pakai untuk liburan tipis bareng keluarga


3. Banyak pilihan kegiatan 

Kegiatan yang bisa dilakukan selama tinggal di hotel, bisa beraneka ragam. Bisa dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel, duduk santai sambil menikmati hidangan yang disediakan, atau jalan-jalan menikmati suasana di sekitar hotel.


Yang penting selama mengingap di hotel, jauhkan pikiran dari rutinitas dan pekerjaan. Beri waktu hati dan pikiran untuk memperoleh energi baru. Agar efek refreshing-nya bisa terasa di badan.


Meskipun bermalam di hotel relatif lebih aman untuk dilakukan, namun kita tetap harus mempertimbangkan hotel yang akan kita gunakan. Sudahkah hotel tersebut mematuhi prosedur dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 


Sehingga survey hotel tetap harus dilakukan. Kita harus bertanya secara detil bagaimana protokol kesehatan yang dijalankan di hotel tersebut. 


Apakah ada pengecekan suhu, penyediaan handsanitizer di setiap pintu masuk, lobi, meja resepsionis, pintu lift, serta area publik lainnya.


Bagaimana penerapan aturan jaga jarak, penggunaan masker, pembersihan dan disinfeksi di area hotel termasuk peralatan yang digunakan bersama.  Seperti pegangan pintu, tangga, tombol lift, pintu toilet serta fasilitas umum lainnya. 


Informasi tersebut harus kita dapatkan secara rinci untuk memastikan hotel yang akan kita tempati aman dari risiko penularan covid 19. 


Sehingga pada akhirnya kita mantap untuk memutusan hotel mana yang akan kita pilih untuk liburan di akhir tahun nanti.  Selamat menyongsong liburan, semoga semuanya dilancarkanya, Salam...


0 komentar:

Post a Comment

 
Top