Menyingkap Rahasia Sukses Sate Ratu Lewat Buku "kok bisa gitu?"

sate ratu kok bisa gitu
buku Sate Ratu, kok bisa gitu? (doc.pri)

Bagi masyarakat penikmat kuliner Jogja, pasti sudah tidak asing dengan Sate Ratu. Sebuah tempat makan yang berada di Jalan Magelang Jogja, yang terkenal dengan sajian sate merah dan sate lilitnya. 


Sate Ratu memang unik, di samping menghadirkan hidangan yang autentik, cita rasanya juga lezat. Tidak heran jika hidangan dari Sate Ratu banyak disuka termasuk oleh wisatawan dari manca negara.


Sampai saat ini tercatat wisatawan dari 85 negara yang pernah datang dan menikmati sajian di Sate Ratu. Dan semua memberi review bagus. Ini tentu ada rahasianya, dan melalui buku "Sate Ratu, kok bisa gitu?" Owner dari Sate Ratu Fabian Budi Seputro akan membagi kiat dan tipsnya kepada para pembaca.


Sekilas Tentang Isi Buku "Sate Ratu, kok bisa gitu?"

Buku ini ditulis berdasarkan urutan waktu, mulai dari tahun pertama saat pendirian (Maret 2016) hingga pencapaian yang diperoleh di tahun kelima.


perjalanan sate ratu kok bisa gitu
Sate Ratu, kok bisa gitu? (doc.pri)

Sehingga sangat mudah diikuti tahap-tahapnya. Terutama bagi yang punya minat  untuk menekuni bisnis kuliner. Dalam bukunya, Pak Budi juga menuliskan berbagai kendala yang dihadapi ketika memulai menjalankan usahanya.


Untuk diketahui, Pak Budi ini awalnya adalah seorang pekerja di bidang entertainment dengan posisi yang cukup mapan. Bukan tanpa alasan dan pertimbangan yang matang ketika akhirnya Pak Budi memutuskan untuk resign dan mencoba peruntungan di bisnis kuliner yang merupakan dunia baru baginya. 


Keputusannya untuk mengambil segmen wisatawan manca, adalah salah satu strategi yang diambilnya. Kepiawaian Pak Budi dalam berbahasa Inggris dan pengalamannya di dunia entertainment sehingga banyak pengalaman dalam melayani tamu dari luar negeri menjadi salah satu pertimbangannya juga.


Secara rinci alasan Pak Budi meninggalkan posisi mapan sebagai karyawan dan memutuskan untuk mulai berbisnis di bidang kuliner dijelaskan di halaman 6-7 dari buku ini.


Perjalanan sate ratu memang panjang. Berawal dari sebuah angkringan yang dikonsep secara premium (tidak menerima titipan) yang kemudian menjelma menjadi sebuah tempat makan dengan menu andalan sate merah tentu bukan hal yang mudah. 


Pencapaian yang diperolehnya adalah imbalan atas kerja keras, konsisten, dan semangat untuk pantang menyerah. Apalagi ketika usaha yang dijalankan belum memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Godaan untuk kembali menjadi pegawai atau karyawan jelas sangat besar 


Terlebih posisi Pak Budi di perusahaan yang ditinggalkan juga cukup mapan. Dengan kisaran gaji yang sangat lumayan. Untuk mengatasi hal ini, Pak  Budi punya tipsnya. Yakni dengan bergabung di komunitas entrepreneur (hal 44 - 45). 


Banyak manfaat yang didapat dengan bergabung di komunitas entrepreneur. Selain menambah relasi dan jaringan pertemanan, bergabung di komunitas wirausaha juga akan menjaga semangat kita untuk terus berwirausaha. 


Dalam buku ini para pembaca juga akan memperoleh wawasan bahwa dalam mengawali sebuah usaha, terjun langsung ke dalam bisnis yang kita tekuni adalah sebuah cara yang paling bijak sebelum kita mendelegasikan kepada karyawan.


Mengapa demikian? Karena hanya dengan terjun langsung kita akan paham seluk beluk bisnis kita dan terhindar dari kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan. Di samping hal ini juga untuk penghematan.


Sebab jika sebuah usaha belum kuat benar secara manajemen dan keuangan, menjalankan usaha sendiri adalah langkah terbaik. Namun tentunya dengan tetap melakukan pencatatan keuangan yang disiplin. Agar tidak bercampur dengan keuangan rumah tangga. Agar hasilnya lebih terukur sehingga evaluasi bisa dilakukan.


Di Sate Ratu, segala sesuatu memang diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Termasuk dalam straregi berpromosi juga. Tidak hanya sekedar ikut mengikuti trend saja, tetapi Pak Budi memikirkan juga efek ke depannya.  


Oleh karena itu Pak Budi tidak tertarik untuk melakukan promo dengan memberi diskon secara besar-besaran. Pak Budi lebih memilih berpromosi dengan memberi sapaan kepada pelanggan sehingga mereka tekesan. 


Pak Budi juga lebih memilih untuk semakin membesarkan nama Sate Ratu dengan mengikuti kompetisi kuliner bergengsi yang digelar. Dan hasilnya berbagai penghargaan disematkan yang semakin menambah kepercayaan masyarakat terhadap cita rasa Sate Ratu. Salah satunya sebagai Juara Nasional Kategori Sate, Unilever Food Solution, Ngulik Rasa 2019. 


Selain itu, Pak Budi juga memajang testimoni dari para pelanggan yang sudah mencicipi sajian Sate Ratu. Karena kepuasaan dari para pelanggan lebih berefek jangka panjang. Kemampuan Sate Ratu untuk beradaptasi di saat menghadapi pandemi juga diceritakan di sini. Apa saja strategi yang dilakukan agar operasional tetap berjalan.


Memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun kisah perjalanan Sate Ratu ini bisa dijadikan acuan bahwa setiap usaha yang dilakukan dengan konsisten, fokus dan penuh kesabaran akan membawa hasil yang membanggakan.

 

Di dalam tulisannya,  Pak Budi juga menyampaikan ada 6 hal penting yang harus dipegang saat kita memulai berbisnis. Enam hal tersebut sangat menentukan berhasil tidaknya bisnis yang kita kelola. Penasaran apa saja 6 itu? Silakan baca bukunya saja ya...


Meskipun tebalnya 200an halaman, buku ini sangat enak dibaca. Dengan bahasa yang mudah dipahami, dan ditulis dengan gaya bercerita sehingga enak diikuti. Jika tertarik untuk membeli, silakan saja hubungi akun instagram Sate Ratu


Spesifikasi Buku

Supaya tidak penasaran, berikut saya tuliskan spesifikasi buku yang mengupas rahasia bisnis Sate Ratu :


Judul Buku : Sate Ratu, kok bisa gitu ? Rahasia Memiliki Pelanggan Dari 85 Negara

Penulis: Fabian Budi Seputro

Penerbit: Diandra Kreatif / Mirra Buana bekerja sama dengan Sate Ratu

Tahun Terbit: Januari 2021

Ukuran Buku: 12,5 x 20,5

Tebal Buku: viii + 220 hlm

ISBN: 978-623-674795-7


Penutup

Oh ya, sebagai penutup, ada satu hal yang ingin saya informasikan. Di tahun kelimanya ini, Sate Ratu membuat langkah besar dengan berpindah ke tempat baru. Di tempat baru nanti Sate Ratu akan semakin memperkuat konsep autentik dan terus menjaga keramahan serta sapaan kepada pelanggan sebagai ciri khas dan poin plus dari Sate Ratu.


Penasaran dengan lokasi baru dari Sate Ratu? Follow saja akun instagram dari Sate Ratu agar tidak tertinggal informasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya...


 



Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter