SunnyGold Chicken Spicy Karaage, Hidangan Lezat Kaya Nutrisi


SunnyGold Chicken Spicy Karaage
SunnyGold Chicken Spicy Karaage (doc.pri)


Di Indonesia, daging ayam adalah lauk favorit. Selain karena harganya lebih murah dibanding daging merah, daging ayam juga mudah diolah menjadi aneka lauk atau masakan. 


Daging ayam juga relatif aman, jarang yang mengalami keluhan alergi karena mengkonsumsi daging ini. Sehingga tidak heran, banyak resto dan tempat makan yang menyediakan menu olahan ayam. 


Kandungan gizi dari daging ayam pun tergolong tinggi. Sehingga cocok dipilih sebagai sumber protein hewani.


kandungan gizi ayam
nutrisi pada 100 gram ayam (sumber : Direktorat Gizi, Dep.Kes RI)


Di keluarga saya, daging ayam juga menjadi lauk favorit. Baik di rumah maupun di tempat makan, anak dan suami selalu memilih lauk ayam untuk teman makan. 


Pandemi yang saat ini masih terjadi membuat kami tidak bisa bebas pergi ke mana-mana. Kalau dulu minimal sekali dalam sepekan kami bisa makan di luar untuk sekedar ganti suasana dan merasakan menu masakan yang berbeda. Namun sekarang hampir selalu di rumah saja. 


Padahal anak saya sudah kangen ingin mencicipi menu ayam goreng ala korea bernama chicken fire yang dijual di tempat makan langganan. Tapi karena alasan keamanan, kami masih belum berani makan di luar rumah.


Sebenarnya menu chicken fire ini sederhana saja. Hanya ayam tanpa tulang yang digoreng krispi yang ditambah saos pedas dan taburan wijen. 


Cuma saya kurang pede untuk memasak ayam krispinya. Beberapa kali membuat selalu kurang pas bumbunya.


chicken fire
chicken fire, ayam pedas korea (doc.pri)

Untung saja saat ini saya punya produk andalan, SunnyGold Chicken Spicy Kaarage. Jadi SunnyGold ayam pedas kaarage inilah nanti yang akan saya olah dan sajikan ala korea. 


Simpel saja, hanya tinggal membuat saosnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak terus artikel saya ini yaa...


Stok Frozen Food Saat Pandemi

Awal pandemi memunculkan kepanikan tersendiri. Penularan covid 19 yang cepat menyebabkan kebijakan PSBB dan peraturan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak) diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Pandemi ini telah mengubah gaya hidup masyarakat. Yang tadinya bebas ke mana-mana menjadi harus di rumah saja. Demi keamanan, kenyamanan, dan kepraktisan, banyak yang kemudian menjadikan frozen food sebagai andalan dan sediaan di rumah. 


Saya pun demikian. Untuk menghindari terlalu sering keluar rumah, stok frozen food selalu ada. Mulai dari lauk, sayur, hingga cemilan seperti donat, lumpia, cireng, dan semacamnya.


Ada beberapa alasan kenapa saya menyimpan produk frozen food ini. Diantaranya adalah :


1. Praktis dan tidak ribet

Meskipun tidak setiap hari produk frozen food kami konsumsi, namun punya sediaan produk frozen food membuat saya merasa tenang. 


Tidak bingung kalau tiba-tiba anggota keluarga ingin lauk atau camilan. Cara mengolahnya pun mudah dan praktis. Tidak butuh waktu yang lama, sehingga bisa hemat tenaga.


2. Memiliki cita rasa yang enak

Cita rasa produk frozen food yang enak menjadi salah satu pertimbangan juga. Banyak produk makanan beku yang cita rasanya tidak kalah dengan olahan restoran.


3. Memiliki umur simpan yang panjang

Produk frozen food memiliki masa penyimpanan yang lama dengan kandungan nutrisi yang tetap terjaga. Sehingga bisa dijadikan stok dan bisa dipakai sewaktu-waktu saat dibutuhkan.


4. Banyak variasi produk dan murah

Banyaknya variasi produk frozen food yang saat ini ditawarkan juga menjadi alasan kenapa produk frozen food menjadi pilihan. 


Variasi yang ada menyebabkan kita punya banyak pilihan untuk menghindari kebosanan. Belum lagi harga produk olahan beku lebih ekonomis dibanding produk segar.


Produk Olahan Ayam dari SunnyGold

Untuk produk olahan ayam, saya sudah punya merk andalan. Yaitu SunnyGold yang diproduksi oleh PT Malindo Food Delight yang berlokasi di Cikarang, Bekasi. 


Bukan tanpa alasan kenapa saya menyukai produk ini. Selain cita rasanya yang cocok dengan semua anggota keluarga, produk Sunny Gold memiliki kualitas premium (Golden Taste, Golden Quality), karena hal-hal berikut ini :


quality product SunnyGold
Kualitas Produk SunnyGold (sumber : website SunnyGold)


1. Terbuat dari ayam segar berkualitas yang berasal dari bibit terbaik dari indukan bersertifikasi tinggi. 

2. Ayam dipelihara dalam peternakan yang bersih dan nyaman. Peternakan juga dikelola berdasar kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh & Halal)

3. Ayam yang dipelihara diberi pakan yang tepat sehingga sehat. Semua Proses telah memperoleh akreditasi ISO 9001 dan ISO 22000.
 
4. Daging ayam diproses di pabrik dengan menggunakan teknologi tinggi dan canggih. Di mana ayam diolah dengan sistem Flash Frying Steam Oven (FSO). Sehingga produk yang dihasilkan mempunyai keunggulan :

  • Warna breadrumps lebih cerah. Hal ini menunjukkan rendahnya proses karbonasi sehingga warna produk tidak gosong. Proses karbonasi ini tidak baik untuk kesehatan, karena dapat memicu kanker.
  • Penyerapan minyak oleh produk mencapai 40% lebih sedikit. Sehingga produk lebih sehat karena tidak banyak menyerap minyak, yang jika dipakai berulang-ulang dapat membentuk radikal bebas penyebab kanker.
  • Produk lebih juicy sehingga lebih lezat dan terasa lembut di mulut.


Selain itu produk dari SunnyGold juga dikemas secara higienis, dan terdapat petunjuk lengkap produk di kemasannya. Meliputi informasi gizi, cara penyimpanan, cara memasak, maupun masa kedalu warsa produk.


SunnyGold Chicken Spicy Karaage

Produk SunnyGold sendiri ada beragam. Mulai dari nugget, sosis, tempura, dan aneka olahan ayam lainnya. Produknya sudah merambah hingga Malaysia dan Singapura. 


Bahkan sejak 1 September 2020, produk SunnyGold resmi diekspor ke Jepang. Namun, khusus untuk varian nugget ayam, produknya hanya ada di Indonesia.


SunnyGold chicken spicy karaage
Karaage ayam pedas (sumber : website SunnyGold)


Salah satu produk SunnyGold favorit kami sekeluarga adalah ayam pedas karaage (Chicken Spicy Karaage). Produk ini terbuat dari daging ayam berkualitas tinggi yang dipadu dengan bumbu yang pas. Sehingga membuat SunnyGold ayam pedas karaage ini bercita rasa lezat dan cocok digunakan sebagai teman makan nasi. 


Dikemas dengan berat 500 gram, produk ini baik disimpan di suhu -18°C dan telah terdaftar di BPOM RI MD 229710039128. Dan memperoleh sertifikat halal MUI dengan nomor registrasi LPPOM : 00010089630718. 


Cara penyajiannya juga mudah. Tinggal digoreng di dalam minyak panas hingga matang, dan langsung bisa dinikmati dengan kelezatan yang bikin nagih. Produk SunnyGold juga bisa dikreasikan sesuai kreativitas kita, yang pasti akan semakin menambah kelezatannya. 


Contoh resep lezat dan mudah yang dibuat dari aneka produk olahan ayam SunnyGold ini, dapat dilihat di website SunnyGold.


Kreasi SunnyGold Chicken Spicy Kaarage Saos Korea

Untuk variasi, SunnyGold Chicken Spicy karaage ini dapat dikreasikan dengan tambahan saos korea untuk menikmatinya. Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. 


kreasi SunnyGold Chicken Spicy Karaage
menu lezat kaya nutrisi dari SunnyGold (doc. pri)


Bahan :

200 gram SunnyGold chicken Spicy Karaage

Minyak secukupnya


Saos :

2 sendok makan saos tomat

1 sendok makan saos sambal (opsional ya, karena rasa SunnyGold chicken spicy karaage sudah pedas)

1 siung bawang putih cincang

1/2 sdt kecap asin

1/4 sdt saos tiram

1/4 sdt cuka masak

1/4 sdt minyak wijen

1/4 sdt gula jawa yang sudah disisir

90 ml air 

1 sendok makan bubuk krimer nabati 


Cara membuat

Goreng SunnyGold Chicken Spicy Karaage dalam minyak panas hingga matang. Tiriskan.


Buat saos :

1. Tumis bawang putih hingga harum. 

2. Masukkan saos sambal, saos tomat, kecap asin, saos tiram, dan gula jawa yang sudah disisir, aduk rata. 

3. Masukkan 90 ml air, sambil terus diaduk. Tambahkan 1 sendok bubuk krimer nabati, cuka masak,  dan minyak wijen.

4. Aduk-aduk, tunggu hingga agak mengental, angkat.

5. Sajikan SunnyGold chicken spicy kaarage bersama saosnya. Beri taburan biji wijen yang sudah di sangrai dan irisan daun bawang di atasnya. 


Hidangan lezat ala resto siap dinikmati bersama keluarga tercinta. Sangat mudah bukan cara membuatnya?


Keluarga saya sangat senang lho dengan menu ini. Cita rasanya juga tidak kalah dengan menu chicken fire di  tempat makan langganan kami. Jadi lumayan bisa mengobati rasa kangen. 


Teman-teman punya resep kreasi SunnyGold yang menjadi favorit juga? Yuk, bagi resep dan ceritanya di blog atau medsos yang teman-teman miliki. Kebetulan SunnyGold ngadain kompetisi CLBK challenge lho. Info lengkapnya bisa dilihat di gambar berikut ini ya...


CLBK Challange
SunnyGold Challenge


SunnyGold, Cerita Kelezatnya Bikin Nagih...





Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

47 komentar

  1. Pandemi ini juga membuat freezer saya selalu ada isi forzen foodnya mbak. Kalau anak-anak paling suka nugget ayam dari SunnyGold. Yang karage ayam ini belum pernah beli, baca ini jadi pengen coba ngicipin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,apalagi pas awal-awal itu. Semua dibuat stok. Sunnygold yg karage ini enak banget mb, cuma kalau si kecil belum doyan pedas, jangan pilih yang spicy..

      Hapus
  2. SUNNYGOLD ini favorit keluarga kami mbaaa
    selalu nyetok di freezer
    anakku kayaknya bakal senang juga kalo diolah kayak gini
    Mau coba, ahh

    Btw, Mbaa, kamu cantiikkk banget pake baju+jilbab merah marooon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mn..dicoba sebagai variasi...hihi. iya kah? Wah, makasih..jadi pengen berkaca...wkwkwk....

      Hapus
  3. Setuju banget, makanan frozen menjadi fav udah setahunan ini, lebih praktis yaa, mudah pula ngolahnya. AKu suka juga nyetok Sunnygold ini gara2 tetangga jualan, jadinya tinggal kirim2 deket kalo pas dibutuhkan.
    Ahh, nanti mau nyoba resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, praktis dan mudah. Apalagi karena di rumah terus, anak jadi sering ngeluh lapar kan? Hihi..

      Hapus
  4. Resepnya mudah dan enak nih mba.. anak2 aku jg pasti suka. Mereka udah bisa makan pedas. Favorit bisa2 iniiii..nagiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis mbak ..cocok banget kalau lg malas ribet bikin masakan ini...

      Hapus
  5. Waah dikreasikan jadi makin maknyuss yah.
    Resepnya jugak simple jadi gak bikin pusing hehehe...
    Ala2 korean food lg ngehits jg nih sm anak2 ABG..

    BalasHapus
  6. Saya juga suka nyetok frozen food. Tentunya harus yang berkualitas seperti Sunny Gold. Karena rasanya udah pasti enak dan gizinya pun cukup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sunnyGold terbuat dari daging ayam asli yang dipelihara dengan baik. Sehingga hasilnya mantab...

      Hapus
  7. Daging ayam ini emang fleksible dimasak apa aja ya. Tapi kalo anak-anakku favoritnya ayam goreng, dan gak nolak juga kalo ada olahan frozen food seperti ini. Lahaapp.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, dan jarang yang "nyirik" ayam ..rata-rata pada suka

      Hapus
  8. Wah, aku dan anak2ku doyan banget loh mamam nugget Sunny Gold ini :) Apalagi kalau kita bisa berkreasi masakan, tentu akan lebih menarik tampilan dan rasanya. AKu mau coba resep ala mbak ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb..jadi ga cepat bosan..tapi sebenarnya dicemil langsung juga sudah enak sih kalau SunnyGold..

      Hapus
  9. Aku juga suka olahan dari daging ayam Mak. Banyak variasinya dan ga bosen. Versi nuggetnya pun suka kucemilin hahaha. Dah lama nih ga beli nugget buat makan di rumah. Kalau penyerapan minyaknya dikit gini kan jadi aman ya, apalagi dengan faktor usia. Alarmnya lebih kenceng. Pengen beli Nugget Sunnygold ah

    BalasHapus
  10. frozen food itu emang wajib ada di rumah ya mbak..
    biar masak jadi lebih mudah.
    selain itu juga biar bisa menyediakan camilan yg sehat dan enak untuk keluarga
    emang pas pilih frozen food dari sunny gold ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, bust stok dan biar tidak sering ke luar rumah..

      Hapus
  11. Cocok ya stok Karage Sunny Gold ini rasanya enak, bikinnya praktis dan gizinya tinggi ya Mbak...

    BalasHapus
  12. Bisa dicari di mana-mana ya, Mbak. Anak anakku suka sekali makan chicken karage.

    Sunny Gold aku tahunya sosis aja, pas lihat di tempat frozen yang letaknya jauh dari rumah.

    BalasHapus
  13. Ye, sama kita, Mbak. Makanan favorit ialah ayam goreng. Kalau ada produk Chicken frozen food yang diambil dari peternakan bersih, aman, utuh, serta halal, ini menyenangkan banget.

    Jadi pengen nyobain produk SunnyGold juga nih.

    BalasHapus
  14. Nah ini dia alasan nomor 1 itu:

    "Praktis dan Tidak Ribet" adalah mantra favoritku. Hihihihi.

    Jadi, Sunny Gold layak diberi kesempatan tayang di meja makanku di rumah ne!


    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk..iya, terutama kalau pengen nyantai mbak..sangat menolong..

      Hapus
  15. Lengkap juga ya produk sunnygold ini ada chicken karage nya. Kita cuma tinggal bikin saosnya aja. Wajib ada nih di rumah, secara kalo laper maunya masak yang praktis-praktis aja. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, produknya variatif. Jadi bisa dipilih sesuai selera..

      Hapus
  16. Anak-anakku suka banget sama chicken karage. Boleh nih cobain pake saus Korea... Apalagi bikinnya juga nggak ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap..tinggal nambah saos yang pasti bikin tambah selera makannya

      Hapus
  17. benar - benar pilihan yang prkatis ya mba dan handy buat kita di ruamah

    BalasHapus
  18. Wah ada resep Chicken Fire..kalau stok Sunnny Gold di rumah bakal bisa bikin kapan saja, enggak perlu mesti pergi ke resto lagi ya. Menggoda bangets ini, kesukaan anak-anak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb..lumayan bisa ngobati rasa kangen sambil nunggu sikon kondusif sehingga bisa pergi-pergi lagi..

      Hapus
  19. Daging ayam adalah daging yang sering kami makan di rumah, saya ya. Kalau mau praktis beli Sunny Gold nih favorit keluarga banget. Karagenya juga enak banget dicocol sambelnya. Wah dibuat ayam pedas korea enak juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, daging ayam tu termasuk yang banyak disuka. Soalnya rasanya lezat dan jarang bikin alergi juga

      Hapus
  20. Aku juga suka banget nih produknya Sunny Gold, sering banget nyetok nuggetnya karena favorit anak-anak banget nih. Tapi belom nyobain yang karagenya nih, nanti mau cobain juga aaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mb, dicoba yang karagenya. Tapi kalau anak-anak masih kecil jangan pilih yang spicy, soalnya pedasnya lumayan terasa.

      Hapus
  21. Sunny gold ini enak ya mba. Rasanya lbh gurih menurutku. Dan udah halal juga. Bs dikreasikan dg berbagai resep masakan. Ah kan, jd pengen beli aku

    BalasHapus
  22. Aku dikenalin Sunny Gold juga dari teman
    Pas lihat biasa saja
    Eh pas sudah coba buat menu dengan varian dari Sunny jadi semacam ketagihan tapi harus ada batas untuk makanan frozen di keluarga kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, lumayan buat sediaan di rumah ini sunny goldnya

      Hapus
  23. Emang enaaak banget sih karagenya. .. Klo bosen digoreng biasa bisa dikreasikan macam2 dan anak2 suka banget sama produk2nya sunny gold

    BalasHapus
  24. terima kasih atas resepnya, mau dong nanti dicobain bikin kebetulan anak aku itu suka banget sama ayam, jadi maunya ayam terus, jd ada variasi nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter