...

Blog yang berisi kumpulan cerita, kisah, dan pengalaman sehari-hari yang menjadi pengingat buat diri sendiri dan semoga bisa memberi inspirasi dan manfaat buat pembaca.

Senin, 15 Maret 2021

Jurus Sehat Rasulullah, Review Buku Resep Sehat JSR Zaidul Akbar

review_resep_sehat_jsr_zaidul_akbar
Review Buku JSR Zaidul Akbar (doc.pri)

Review Buku Resep Sehat JSR dr. Zaidul Akbar.


Seperti sudah saya ceritakan di tulisan saya sebelumnya, tanggal 6 maret 2021 lalu saya berkesempatan menghadiri acara Grand Launching Buku Resep Sehat JSR, yang disusun oleh dr. Zaidul Akbar. 


Acara tersebut diselenggarakan oleh Syaamil Quran dan Syaamil Books. Launching buku tersebut berhasil menggugah kesadaran saya untuk mencoba mempraktikkan gaya hidup sehat sesuai yang dicontohkan nabi.


Seperti berhenti makan sebelum kenyang, selalu mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak hanya halal tetapi juga memberi manfaat untuk tubuh (thayyib), dan memilih ramuan alami untuk ikhtiar pengobatan. 


Apalagi saya pernah mengalami keluhan jantung berdebar dan perut mual setelah mengkonsumsi obat.  Semenjak itu saya menjadi sangat hati-hati jika meminum obat kimia. Kalau tidak terpaksa sekali dan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, sedapat mungkin saya menghindari mengkonsumsi obat-obatan ini.


Karena ibarat pedang bermata dua, obat kimiawi memang bisa menghilangkan keluhan yang kita rasa. Namun di sisi lain juga bisa menjadi racun untuk tubuh kita, yang dapat memperberat kerja ginjal dan hati. Sehingga jika kita tidak hati-hati dapat menimbulkan penyakit di kemudian hari 


Memang sebaiknya kita bijak dalam menggunakan obat-obat kimia. Untuk masalah kesehatan, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati. Islam sendiri telah memberi panduan dan pegangan dalam kehidupan sehari-hari.  


Sebagaimana pesan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad S.A.W, yang berbunyi : “Aku tinggalkan kepada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya selama kamu berpegang dengan kedua-duanya, yaitu kitab Allah (Al-Qur'an) dan Sunahku.” (HR Al-Hakim)


Ini artinya dalam menjalani hidup di dunia, kita harus berpedoman kepada Al-Quran dan Sunah Rasul. Dalam masalah apapun, termasuk dalam hal menjaga kesehatan dan mengobati penyakit.


Jika kita mau jujur, kesehatan adalah salah satu kenikmatan yang sering kita lupakan. Kita baru ingat nikmatnya sehat, setelah sakit.


Tentang Buku Resep Sehat JSR

Buku Resep Sehat JSR ini merupakan buku kedua yang disusun oleh dr. Zaidul Akbar. Kehadiran Buku Resep Sehat JSR ini diharapkan bisa mengajak dan memotivasi umat muslim untuk mengikuti cara pengobatan secara Islami.


Belakangan ini kita sering mendengar adanya trend untuk kembali ke alam. Terutama untuk perawatan tubuh maupun pengobatan. 


buku_resep_sehat_JSR_enak_dibaca
buku resep JSR mudah dipahami dilengkapi gambar yang menarik (doc.pri)

Padahal jauh sebelum trend ini ada, Islam telah mengajak kita untuk melakukannya. Sudah lama kita mendengar tentang Thibbun Nabawi atau pengobatan ala nabi. 


Dalam Thibbun Nabawi pengobatan dilakukan sesuai dengan syariat dan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di alam yang disebutkan dalam Al-Quran. Seperti madu, kurma, zaitun, jahe, dan sebagainya.


Alam memang banyak memberi anugrah kepada manusia. Dokter Zaidul Akbar sangat meyakini tidak ada yang sia-sia dari ciptaan-Nya, dan semua penyakit pasti ada obatnya. 


Tidak heran, Dokter lulusan kedokteran UNDIP yang sudah lebih dari 10 tahun mendalami pengobatan Islami ini sangat bersemangat. Melakukan riset untuk menemukan resep dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan.


Hasil kerja kerasnya tersebut menghasilkan 200 resep menyehatkan yang terangkum dalam buku Resep Sehat JSR yang diterbitkannya bersama PT Sygma Media Inovasi.


Spesifikasi buku :

Judul : Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar

Penulis : dr. Zaidul Akbar

Jenis cover : Hardcover

Ukuran cover : 14x21,1 cm

Bahan cover : Art Paper 150 gram

Ukuran isi : 13,5 x 20,5 cm

Jumlah halaman : xii + 524

Bahan isi : HVS 70 gram

ISBN : 978-623-95687-1-9

Penerbit : PT Sygma Media Inovasi

Cetakan pertama : Januari 2021

Harga : Rp. 249.000,-


Keistimewaan Buku

Sudah satu minggu saya membaca buku Resep Sehat JSR ini. Menurut pendapat saya, buku ini sangat bagus dan istimewa, karena :


1. Memiliki desain eksklusif

Tampilan buku ini sangat eksklusif. Dengan sampul hard cover dan isi full colour, sehingga sangat menarik minat untuk membaca.


buku_resep_sehat_JSR_yang_eksklusif
desain buku Resep Sehat JSR cantik dan eksklusif (doc.pri)


2.  Isinya runtut

Tidak cuma berisi Resep Sehat JSR saja, tetapi di dalam buku ini terdapat penjelasan juga tentang berbagai hal yang harus dipahami oleh setiap muslim mengenai sehat dan sakit.


isi_buku_resep_JSR
sebaian isi buku resep sehat JSR (doc.pri)


Bahwa sakit adalah ujian bagi orang yang beriman, dan bukan hukuman (hal 18). Disinggung pula bagaimana kaitan antara iman yang kuat dengan badan yang sehat (hal 20). 


3. Memberi semangat

Buku ini memberi penegasan kepada kita betapa sayangnya Allah kepada manusia. Di mana setiap sakit yang diturunkan, Allah berikan juga penawarnya (hal 23). Hal ini sekaligus memberi semangat kepada pembaca bahwa semua masalah termasuk sakit yang kita derita, ada obatnya.


isi_buku_jsr_segala_sakit_ada_obatnya
segala sakit ada obatnya, tugas kita ikhtiar (doc.pri)


4. Sarat pengetahuan

Selama ini mungkin kita kurang peduli dengan manfaat bahan-bahan yang terdapat dalam bumbu masakan, rempah-rempah, sayuran, umbi-umbian, bunga-bungaan, dan tanaman-tanaman yang ada di sekitar kita.


Dengan membaca buku ini, wawasan kita akan bertambah. Betapa bahan-bahan yang sering kita jumpai sehari-hari, ternyata memiliki kandungan obat yang bila diracik dengan tepat dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.


manfaat_bawan_dalam_resep_jsr
manfaat bawang, dikupas juga dalam buku resep JSR (doc.pri)

Misalnya dari membaca buku ini kita jadi tahu manfaat bawang putih (hal 30) yang ternyata bagus untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.


5. Resep sederhana, mudah dipraktikkan

Di buku ini, terdapat 200 resep untuk kebugaran dan kesehatan. Resep yang disajikan disusun berdasar kegunaannya. 


200_resep_sehat_JSR
ada 200 resep JSR dalam buku ini (doc.pri)

Misalnya ada aneka resep untuk infeksi dan alergi, resep untuk mengatasi masalah di sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem syaraf, dan lain-lain.


contoh_resep_jsr
resep untuk kesehatan pencernaan (doc.pri)

Penyusunannya memudahkan pembaca untuk mencari resep sesuai keluhan yang dialami. Pembaca tidak perlu urut dalam membaca, tapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Bagusnya lagi, resep yang disajikan menggunakan bahan yang mudah ditemui bahkan sering kita gunakan sehari-hari untuk memasak.


Misalnya di saat pandemi seperti ini. Daya tahan tubuh harus selalu kita jaga, agar kita tidak gampang terkena virus. 


Di buku ini kita bisa memperoleh resep untuk menjaga daya tahan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Seperti kunyit, jahe, jeruk nipis, madu, dan sedikit garam yang direbus dengan 300 ml air (hal 492). 


Selain untuk daya stamina, ramuan ini sangat bagus untuk menguatkan tulang.dan memperbaiki sistem pencernaan. 


6. Mengajak pembaca dekat dengan Allah

Di buku ini juga ditekankan, resep yang diberikan tidak menjamin kesembuhan. Karena dalam Islam, kesembuhan datangnya dari Allah S.W.T.


Apa yang kita lakukan adalah bagian dari ikhtiar dan rasa syukur untuk menjaga anggota badan yang diberikan. Sehingga segala yang kita lakukan harus diniatkan untuk ibadah dan diawali dengan doa.


Adapun hasilnya, Allah lah nanti yang akan menentukan. Sehingga penting bagi kita selain berikhtiar dengan minum ramuan berdasar resep yang diberikan, juga memperbanyak membaca Al-Quran. Karena Al-Quran adalah penawar (obat) bagi orang yang beriman.


Penutup

Sehat adalah dambaan semua orang. Segala hal yang kita punya menjadi tidak ada makna kalau kita sakit. Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup seperti yang dicontohkan nabi sangat baik untuk segera kita mulai. 


Apalagi tidak lama lagi kita akan memasuki bulan puasa. Saatnya mendetoksifikasi tubuh dan pikiran, dan mengisinya dengan asupan penuh nutrisi yang membuat iman dan imun kita terjaga. 


3_sehat_yang_harus_dijaga_berdasar_resep_jsr
3 sehat agar penyakit lewat (doc. pri)

Kita perlu berhijrah dari yang hanya mengutamakan makanan yang halal saja, menjadi mulai berpedoman bahwa segala yang masuk ke tubuh kita harus halal dan thayyib. 


Sesungguhnya menjaga tubuh agar tidak sakit adalah bagian dari ketaatan kita kepada Allah S.W.T.  Nabi pernah bersabda, "Muslim yang kuat lebih dicintai Allah dari pada muslim yang lemah" (HR. Muslim). 


Kuat yang dimaksud meliputi semua aspek, yakni kuat secara fisik, psikis, dan juga ekonomi. Hendaknya ini mejadi motivasi dan semangat umat muslim di mana pun berada, salah satunya untuk menjaga kesehatan badan.


Dan buku Resep Sehat JSR yang berisi 200 resep sehat dari dr. Zaidul Akbar ini, bisa menjadi langkah kecil kita untuk perubahan gaya hidup sehat dan Islami. 


Untuk informasi dan pemesanan buku, bisa menghubungi Mitra Syaamil terdekat yang ada di kota anda atau hubungi Syaamil Store di nomor +62 812-2448-2002. 


Semoga sharing ini bermanfaat yaa.  .

14 komentar:

  1. Pengen punya bukunya. Selama ini sering baca soal JSR ini di medsos, tapi infonya cuma sepotong-sepotong. Bagus banget kalau kini ada bukunya.

    Hmmm harganya lumayan mahal juga ya. Nabung dulu nih biar bisa memilikinya. Walau harganya mahal, tapi pengetahuan yang bisa diperoleh dari membaca buku ini banyak dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harganya memang lumayan. Mungkin karena kertasnya bagus dan full color juga. Ibarat investasi untuk hidup lebih sehat ya, soalnya resepnya banyak, dan bermanfaat.

      Hapus
  2. Buku karya ustadz zaidul akbar sumbangsih pengobatan herbal dan thibbun nabawi.

    BalasHapus
  3. Dari kemaren banyak yang review buku ini, jadi penasaran banget pengen punya juga, secara sehat itu penting banget, apalagi sehat dengan obat-obatan herbal.

    Bukunya ekslusif banget ya keliatannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, barusan launching, jadi masih anget-angetnya...😀

      Hapus
  4. penasaran pingin ikut baca bukunya

    karena saya sedang mencoba healthy/drink food supaya bisa hidup lebih sehat

    BalasHapus
  5. Aaakk, HARUS BELI nih!
    Nabung dulu, biar bisa meminang satu buku tanpa kudu ngerasa ngos2an di cashflow wkwkwk
    Memang banyak banget manfaat yg kita dapatkan kalo praktikkan Jurus Sehat ala Rasulullah ya Mba.
    Makasii sharingnya.

    BalasHapus
  6. Sepakat, Mbak. Buku ini bagus banget. AKu udah lama nungguin buku ini. Baca di Instagram aja nggak puas sih. Lebih enak baca buku, apalagi penyusunannya sistematis begini.

    BalasHapus
  7. selama ini aku klo mau ngikuti resep jsr ya lewat YouTube dan IG ustadz, tapi klo ada buku jadi lebih memudahkan kita untuk bisa mempraktikkan JSR ini ya mbak
    biar badan selalu sehat

    BalasHapus
  8. Buku yang berasa harta karun deh ini buat aku. Lengkap resep sehatnya. Dan banyak yang bisa bermanfaat buat tubuh aku. Simpel dan gampang pula bahan-bahannya. Kudu pada punya deh orang-orang dengan buku ini.

    BalasHapus
  9. Mbak isi bukunya keren banget sih, full collouring gini ya bikin semangat banget membacanya... Beli satu ah biar ketularan sehatnya

    BalasHapus
  10. Wah masukin wishlist nih pingin beli di Syamil Store ah, soalnya udah subscribe YT nya beliau jg, beli bukunya biar paham scr utuk JSR inin tfs Mba ..

    BalasHapus

 
Top