Grand Launching, "Buku Resep Sehat JSR" dr. Zaidul Akbar

grand_launching_buku_resep_JSR_Zaidul_Akbar
Grand Launching Buku Resep JSR dr. Zaidul Akbar (doc.pri)

Hari Sabtu, tanggal 6 Maret 2021 lalu, saya mendapat rezeki berkesempatan menghadiri acara Grand Launching buku Resep Sehat JSR yang ditulis oleh dr. Zaidul Akbar.


Acara grand launching ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom dan bisa diakses juga lewat channel youtube Syaamil Quran, dan disiarkan oleh MQTV.


Bagi saya pribadi, kesempatan bisa hadir di acara grand launching Buku Resep Sehat JSR ini seperti sebuah hadiah untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.


menyaksikan_grand_launching_buku_resep_JSR_via_zoom
menyaksikan grand launching via zoom (doc.pri)

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Di bulan Ramadhan setiap orang berharap adanya perubahan ke arah yang lebih baik dari sisi iman dan juga imun.


Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk melatih diri mempraktikkan teladan Rasulullah dalam segala aspek kehidupan. Termasuk dalam tata cara menjaga kesehatan tubuh maupun pengobatan. 


Hadirnya buku Resep Sehat JSR yang disusun dr. Zaidul Akbar ini bisa menjadi panduan. Bagaimana Jurus Sehat Rasulullah bisa diterapkan. 


Di mana hasilnya akan optimal jika dilakukan saat Ramadhan. Sebab di bulan Ramadhan asupan makanan yang kita konsumsi bisa terjaga, baik jumlah maupun jenisnya. Karena kita menjalankan ibadah puasa.


Mengutip apa yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar, ada 3 hal yang perlu diwujudkan agar penyakit tidak mendekat. Yakni hati yang sehat, raga yang sehat, dan makanan yang sehat. 


Grand Launching Buku "Resep Sehat JSR" dr. Zaidul Akbar

Acara grand launching yang digelar oleh Syaamil Quran dan Syaamil Books ini dihadiri oleh berbagai kalangan. Diantaranya media, Mitra Syaamil, dan masyarakat umum yang tertarik dengan pengobatan Islami.  


Acara yang dihadiri oleh dr. Zaidul Akbar, selaku penulis buku Resep Sehat JSR,  Riza Zacharias, Chairman dari Syaamil Group, dan Teuku Wisnu sebagai Brand Ambassador Syaamil Quran ini berlangsung dengan menarik.


Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang mengingatkan kepada kita bahwa Al-Quran diturunkan sebagai penawar (penyembuh) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS Al-Isra [17] : 82).


grand_launching_buku_JSR
pembacaan ayat suci Al-Quran (doc.pri)


Acara   grand launching ini dibagi dalam beberapa bagian, yakni :


Pembukaan dan Launching Buku

Sebagai pembuka sekaligus peresmian launching buku Resep Sehat JSR, disampaikan  oleh Riza Zacharias mewakili Syaamil Grup. 


Dalam pemaparannya, Riza Zacharias menyampaikan bahwa buku resep sehat JSR ini merupakan buku kedua dari dr. Zaidul Akbar. Buku ini adalah hasil kerja keras dr. Zaidul Akbar yang selama lebih dari 10 tahun mendalami pengobatan Islam.


Riza_Zacharias_dalam_grand_launching_buku_JSR
Riza Zacharias, Chairman Syaamil Grup (doc.pri)


Buku ini sekaligus juga memberi penegasan kepada kita, tidak ada yang sia-sia dari segala sesuatu yang diciptakan-Nya. Di mana setiap penyakit pasti ada obatnya. Semua sudah ada petunjuk di dalam Al-Quran dan Hadist. 


Menjaga iman dan imun harus dilakukan secara bersamaan. Sebagaimana ditekankan juga dalam  Islam bahwa dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, kita tidak hanya diperintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal, namun juga harus thoyib. Yang memberi manfaat baik untuk tubuh. 


Allah sudah membuat panduan mengenai pola hidup dan makanan yang baik untuk kesehatan, dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Dan dr. Zaidul Akbar telah merangkumnya dalam sebuah buku yang memudahkan kita untuk mempraktikkannya.


buku_resep_sehat_JSR
Pesan Rasulullah, semua penyakit ada obatnya (doc. pri)


Buku ini sangat bagus dimiliki oleh semua keluarga muslim, sebagai salah satu ikhtiar hidup sehat. Dengan adanya buku ini diharapkan banyak kekuarga muslim yang bisa menerapkan pola hidup yang Islami. 


Menandai peresmian launching buku Resep Sehat JSR ini, Syaamil Quran juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi Mitra Syaamil dengan menghubungi telepon di nomor 082117630395.


grand_launching_buku_resep_JSR
Buku resmi Resep JSR bisa di dapat di Mitra Syaamil (doc.pri)

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin memiliki buku Resep Sehat JSR, bisa menghubungi Mitra Syaamil terdekat yang ada di wilayah tempat tinggal anda atau bisa juga melalui Syaamil Store di nomor +62 812-2448-2002. 


Bincang Lebih Dekat Dengan dr. Zaidul Akbar

Dalam acara grand launching ini selain bercerita tentang buku yang disusunnya, dr. Zaidul Akbar juga mendemokan beberapa resep yang dibuatnya. 


Seperti tadi sudah disinggung, buku Resep Sehat JSR yang disusun oleh dr. Zaidul Akbar ini berisi kumpulan resep sehat ala Rasulullah yang bersumber kepada Al-Quran dan Hadist. Dr. Zaidul Akbar adalah lulusan fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yang menekuni bidang kesehatan islami.


penulis_buku_resep_sehat_JSR
dr. Zaidul Akbar, penulis buku Resep Sehat JSR (doc.pri)


Hal yang melatarbelakangi ketertarikan dr. Zaidul Akbar dalam bidang pengobatan Islami atau pengobatan ala Nabi yang lebih dikenal dengan JSR (Jurus Sehat Rasulullah) ini adalah karena kegelisahannya terhadap konsep-konsep pengobatan modern yang ada saat ini. 


Pengobatan modern memang ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi memberi manfaat, sedang di sisi lain memberikan efek yang kurang baik.  Atas dasar itulah kemudian dr. Zaidul Akbar mulai melakukan riset dan penelitian mengenai konsep dan panduan kesehatan seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits.


Karena dr. Zaidul Akbar meyakini kesempurnaan Islam. Yang memberi pendoman di segala aspek kehidupan melalui Al-Quran dan hadist, termasuk untuk  masalah kesehatan. 


Dalam kesempatan ini, dr. Zaidul Akbar juga menyampaikan prinsip pengobatan Islam yang harus sama-sama kita pegang, yaitu :


1. Tidak ada jaminan kesembuhan

Tidak ada jaminan kesembuhan dalam resep yang disajikan. Karena yang menyembuhkan adalah Allah.  Sehingga ketika kita minum resep yang dicontohkan, sertai dengan doa kepada Allah. 


Ketika penyakit belum sembuh, naikkan dosisnya. Termasuk dosis dalam membaca Al-Quran, karena Alquran adalah penyembuh (syifa').


2. Tidak boleh kagum pada ciptaan Allah

Segala kehebatan yang dimiliki oleh suatu mahluk, belum apa-apa jika dibandingkan penciptanya. Oleh karena itu jangan kagum pada ciptaan-Nya, tapi kagumlah pada Penciptanya.


Dua prinsip itu harus kita pegang, karena itulah kunci metode pengobatan Islam yang berbeda dengan metode lainnya.


Demo Resep

Dalam acara grand launching ini, dr. Zaidul Akbar juga menyajikan beberapa resep yang dimilikinya. Diantaranya :


demo_resep_sehat_JSR_Zaidul_Akbar
demo resep sehat JSR (doc.pri)


1). Resep sehat pencernaan

Resep ini kebetulan tidak ada di buku. Bahan yang digunakan adalah tempe mentah, madu dan sedikit garam.


Caranya :

Tempe dipotong-potong dan ditumbuk halus. Campur dengan garam dan madu secukupnya. Aduk rata. Nikmati sebagai hidangan pembuka sebelum sarapan.


Resep ini sangat bagus untuk pencernaan, karena tempe mengandung probiotik sedangkan madu mengandung prebiotik. 


Resep lain yang masih menggunakan bahan baku tempe yang juga bagus untuk pencernaan adalah mengkonsumsi tempe mentah yang sudah dipotong-potong bersama dengan kurma sukari.


Kedua resep ini bagus untuk menguatkan enzim pencernaan dan  memberi rasa bahagia.


2). Resep untuk membersihkan rahim

Resep ini ada di buku resep JSR. Sangat bagus untuk ibu-ibu yang ingin promil dan mengalami keluhan nyeri haid.


Bahan yang dibutuhkan kunyit, sere, air panas, sedikit garam, madu, dan perasan jeruk nipis.


Minum ramuan tersebut sehari sekali 1/2 jam sebelum tidur, selama 3 bulan. Ramuan ini bagus juga untuk kesehatan jantung. 


3). Resep diare

Bahan yang diperlukan adalah secang, jahe, sere, dan air panas. 


Masih banyak sebenarnya resep yang dicontohkan oleh dr. Zaidul Akbar. Yang semuanya menggunakan bahan-bahan yang murah, dan mudah dijumpai di sekitar kita. 


Pada kesempatan ini, dibuka juga sessi tanya jawab. Para peserta sangat antusias, banyak pertanyaan disampaikan terkait resep penyembuhan penyakit tertentu. 


Dengan telaten dr. Zaidul menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Dan kebanyakan resep dari penyakit yang ditanyakan, ada di buku Resep Sehat JSR. 


Jadi bagi yang tertarik dengan model pengobatan dan gaya hidup seperti yang dicontohkan Nabi, sebaiknya segera miliki buku ini. Apalagi menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ketaatan dan rasa syukur kita kepada Allah S.W.T .


Testimoni

Dalam acara ini, disampaikan juga testimoni dari beberapa orang yang telah menerapkan gaya hidup sehat ala Rasulullah ini.


Misalnya saja Teuku Wisnu yang kebetulan juga menjadi Brand Ambassador dari Syaamil Quran.


teuku_wisnu_brand_ambassador_Syamiil_Qur'an
Teuku Wisnu, Brand Ambassador Syamiil Quran (doc. pri)

Teuku Wisnu menyampaikan bahwa  Jurus Sehat Rasulullah ini telah dipraktikkannya bersama sang istri dalam keseharian mereka. 


Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak hanya halal, tapi juga bermanfaat untuk badan (thayyib). Tidak berlebihan dalam makan, serta membiasakan mengkonsumsi madu, kurma, dan herbal lainnya. Dan Teuku wisnu pun merasakan efek positif di badan.


Cerita lain juga disampaikan oleh salah seorang peserta yang ikut hadir dalam acara launching buku, bernama Pak Rizal.


testimoni_resep_JSR
testimoni Pak Rizal menggunakan resep sehat JSR (doc.pri)

Pak Rizal ini di tahun 2015 kena serangan jantung dan didiagnosa jantungnya mengalami sumbatan. Kemudian Pak Rizal mulai mengkonsumsi ramuan jahe merah, bawang tunggal, lemon, dan cuka apel selama 1 bulan. 


Dan selama itu, juga menjaga pola makan dengan mengurangi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Dan setelah dicek kembali, dokter menyatakan sumbatan pada jantungnya hilang.


Sekilas Tentang Buku Resep Sehat JSR

Buku Resep Sehat JSR ini merupakan buku kedua yang disusun oleh Dr. Zaidul Akbar. Dalam buku kedua ini, dr. Zaidul Akbar berhasil merangkum 200 resep yang dibuatnya melalui riset dan uji coba dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar.


buku_resep_sehat_JSR
Buku resep sehat JSR dr. Zaidul Akbar

Didesain dengan sangat eksklusif, dengan sampul hard cover dan full colour buku ini sangat mudah dipahami dan enak dibaca. Buku setebal 524 halaman yang dibandrol di harga 249.000,- ini akan membawa pembacanya ke pengalaman menakjubkan bagaimana ikhtiar menjaga kesehatan berdasarkan konsep Islam. 


Masih Penasaran bagaimana bagusnya buku ini? Tenang saja, teman-teman bisa mendapatkan gambaran lebih rinci dengan membaca review saya tentang buku Resep Sehat JSR yang juga saya tulis di blog ini.


Semoga informasi ini bermanfaat ya ...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Ak suka pantengin IG JSR mba sekarang ada bukunya ya semoga banyak membantu kita yg butuh resep" herbal ya

    BalasHapus
  2. ini buku kedua resep jsr yah mba ? seingat aq ada juga buku resep jsr sebelumnya tapi harganya 100 ribu, aq selama ini hanya pakai produknya saja yang beli di jsr store, harusnya beli buku ini juga yah biar bisa mengikuti resepnya

    BalasHapus
  3. kalau jaman Rasulullah dulu kan nggak ada tempe ya, beliau menggantinya dengan apa ya

    BalasHapus
  4. masyaALLah aku pernah coba jusrusnya beliau yang makan tempe mentah non gmo pakai kurma enak bgt. pingin coba jadikan kebiasaan

    BalasHapus
  5. selama ini klo mau tahu soal JSR ya lewat ig dan yt dr zaidul saja, eank ya klo ada bukunya
    JSR emang pas buat menjaga kesehatan

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter