Frisian Flag, Produk Susu Siap Minum Berlogo "Pilihan Lebih Sehat"

frisian_flag_berlogo_pilihan_lebih_sehat
Frisian Flag pilihan Lebih Sehat (doc,pri)

Jika diperhatikan, ada yang baru lho di kemasan susu Frisian Flag. Sekarang di kemasan susu Frisian Flag tercantum Logo "Pilihan Lebih Sehat". Lantas apakah itu maknanya? Tenang, saya akan jelaskan detilnya. Jadi, simak terus artikel saya yaa...


Webinar Tentang Nutrisi Bersama Frisian Flag Indonesia


Hari Selasa, tanggal 6 April 2021 lalu saya berkesempatan upgrade ilmu, dengan mengikuti webinar tentang nutrisi dengan tema "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan"


webinar_bersama_Frisian_flag
Webinar Konsumsi Berkesadaran (doc. pri)


Event ini diselenggarakan oleh Frisian Flag Indonesia, dalam rangka hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April. Hadir dalam acara webinar kali ini, para blogger yang tergabung dalam Mom Blogger Community dan juga awak media.


Acara tersebut menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya. Yakni : 

1. Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes; Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM

2.   Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi; Nutrisionis,  

3. Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia.


Dalam acara tersebut banyak dibahas tentang pentingnya kesadaran dalam memilih produk makanan yang dikonsumsi untuk keluarga. Karena makanan yang kita konsumsi dalam jangka panjang akan berpengaruh terhadap kesehatan. Jadi memilih makanan yang sehat, ibarat sebuah investasi kesehatan untuk masa depan. 


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Makanan Kemasan


Untuk memilih makanan dalam kemasan, BPOM sebagai lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia, sudah memberikan panduannya. Yakni melalui metode cek KLIK.


Nara_sumber_webinar_FFI_dari_BPOM
Dra. Rita Endang, Apt. M.Kes daro BPOM (doc.pri)


Cek KLIK adalah metode paling mudah yang bisa dilakukan oleh konsumen untuk mengetahui kondisi makanan maupun obat-obatan yang akan dikonsumsi.


Cek KLIK tersebut meliputi cek Kemasan, Label, Ijin Edar, dan masa Kedaluwarsa. Edukasi tentang cek KLIk ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Menurut Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes; Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, edukasi tentang cek KLIK ini sejalan dengan amanah undang-undang no 12 tahun 2018. Bahwa pemerintah berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang. 


Yang antara lain dilakukan dengan pemberlakuan peraturan labeling, ijin edar, dan pencantuman masa kedaluwarsa dari produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.


Dalam label sendiri, harus juga dicantumkan ingredients,  nilai gizi, maupun aturan pakai/cara penyajiannya. Hal ini berlaku untuk produk makanan dan minuman olahan kecuali teh, kopi, bumbu / rempah, dan air mineral.


Selain itu, Bu Rita juga mengatakan untuk mengurangi angka kejadian penyakit tidak menular di masyarakat, BPOM juga melakukan kebijakan untuk mempromosikan pola pangan sehat sebagai berikut :


promosi_pola_pangan_sehat
Promosi Pola Pangan Sehat oleh BPOM (doc. pri)

Dalam program tersebut, pemerintah berupaya untuk mendorong masyarakat mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak jenuh, dan mengembangkan pelabelan gizi untuk pangan olahan.


Kaitannya dengan pengembangan pelabelan gizi untuk pangan olahan, maka akan mulai dilakukan secara bertahap pencantuman logo "Pilihan Lebih Sehat" pada produk olahan makanan, berdasarkan profil gizinya.


penerapan_logo_pilihan_lebih_sehat
tentang penerapan logo pilihan sehat oleh BPOM (doc.pri)


Saat ini telah ditetapkan profil gizi untuk dua jenis produk olahan makanan, yakni : 

- minuman siap konsumsi, dengan syarat tidak mengandung pemanis buatan dan kandungan gulanya maksimal 6 gram/100ml

- pasta/mie instant dengan batas maksimal lemak total 20gr / 100gr dan kandungan natrium maksimal 90mg / 100gr.


Produk minuman siap konsumsi dan pasta atau mie instant yang memenuhi syarat di atas, berhak mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat" pada kemasannya. Pencantuman logo "Pilihan Lebih Sehat" akan memudahkan konsumen dalam memilih produk pangan olahan didasarkan pada kandungan gizinya. 


Selain itu adanya pengaturan mengenai logo "Pilihan Lebih Sehat" dapat memberi manfaat sebagai berikut :


tujuan_logo_pilihan_lebih_sehat


Pentingnya Mindful Consumption pada Masyarakat


Sejalan dengan penjelasan dari Ibu Rita, pembicara kedua yakni Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi; Nutrisionis,  menekankan pentingnya mindful Consumption.


pembicara_kedua_webinar_FFI
Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi (doc.pri)

Mindful consumption atau konsumsi berkesadaran merupakan cara untuk memilih asupan pangan yang lebih sehat di tengah keberagaman produk pangan. 


Hal ini mengajak masyarakat sebagai konsumen untuk kritis dan jeli sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli produk olahan yang akan dikonsumsi.


Konsumsi berkesadaran akan mengajak konsumen untuk memikirkan bagaimana dampak makanan yang dikonsumsi terhadap keluarga, masyarakat, dan lebih jauh kepada generasi yang akan datang.


Konsumsi berkesadaran ini, akan memunculkan mindful  eating, yang bersumber kepada pedoman gizi seimbang, dan isi piringku.


pedoman_gizi_seimban
tumpeng gizi seimbang (doc.pri)


isi_piringku
isi piringku (doc. pri)


Selanjutnya, konsumsi berkesadaran ini akan mendorong konsumen untuk cermat mempelajari produk yang akan dibeli. Sehingga konsumen akan lebih jeli membaca informasi yang tercantum dalam kemasan produk.  Seperti nilai gizi,  peruntukan usia, klaim produk, dan lain-lain (Cek KLIK).


Apalagi di masa pandemi kita dihadapkan pada kondisi dimana mobilitas dibatasi, akses ke rumah sakit juga sulit, sehingga makanan menjadi hiburan masa kini.  Jika tidak hati-hati, kebiasaan makan yang tidak dikontrol, dapat menjadi bumerang untuk kita sendiri.


"Jadi untuk kebaikan diri dan keluarga, mindful consumption sangat perlu diterapkan. Dan adanya logo Pilihan Lebih Sehat pada suatu produk makanan, akan memudahkan konsumen menjatuhkan pilihan produk yang aman", demikian pungkas Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi mengakhiri paparannya.


Logo "Pilihan Lebih Sehat" pada Produk Frisian Flag


Sejalan dengan kebijakan yang diterapkan oleh BPOM untuk penerapan logo "Pilihan Lebih Sehat" Frisian Flag Indonesia menyambut baik hal tersebut.



logo_pilihan_lebih_sehat_pada_susu_FF
logo "Pilihan Lebih Sehat" pada susu Frisian Flag

Andrew F. Saputro, selaku Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia dalam sambutannya mengatakan bahwa hal tersebut sejalan dengan visi Frisian Flag Indonesia (FFI) yaitu Nourishing by Nature dan komitmen jangka panjangnya untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras.


Andrew F saputra dari Frisian Flag
Andrew F Saputro dari Frisian Flag Indonesia (doc. pri)

Oleh karena itu, Frisian Flag Indonesia menerapkan logo "Pilihan Lebih Sehat" pada rangkaian produk susu cair siap minum FRISIAN FLAG Pure Farm.


Pencantuman logo "Pilihan lebih sehat " pada produk susu siap minum Frisian Flag Indonesia, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memilih produk yang lebih sehat dan lebih baik, sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.


Produk-produk FFI pure farm ini tersedia dalam berbagai ukuran yakni 225ml, 450ml dan 900ml, dan terdiri dari berbagai varian rasa. Seperti Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, dan Sweet Delight.


Tersedia juga varian rendah lemak dengan cita rasa French Vanilla dan Californian Strawberry. Bahkan untuk varian Full Cream, penerapan tanpa gula tambahan juga telah diberlakukan


Selain itu, FFI juga berkomitmen untuk menghadirkan produk dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan.  Hal ini dapat dilihat dari :  


1. Pencantuman logo Forest Stewardship Council (FSC)

Kode FSC pada kemasan produk mempunyai arti bahan baku kemasan karton yang digunakan FFI, berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. 


2. Penggunaan sedotan kertas

Pada rangkaian produk susu rendah lemak, FFI mulai menggunakan sedotan dari kertas. Hal ini menunjukkan keseriusan FFI untuk turut menjaga lingkungan.


Kesimpulan


Adanya logo " Pilihan Lebih Sehat" dari BPOM pada kemasan produk makanan, memudahkan kita sebagai konsumen memilih produk sehat dan aman yang baik untuk keluarga, untuk investasi kesehatan di masa depan.


frisian_flag_susu_kemasan_berlogo_pilihan_lebih_sehat
Frisian Flag coconut Delight, favorit keluarga kami (doc.pri)


Jadi, yuk biasakan cek KLIK, dan pilih produk dengan logo "Pilihan Lebih Sehat" seperti produk pure farm dari Frisian Flag Indonesia, agar keluarga kita senantiasa sehat terlindungi. Semoga informasi ini bermanfaat ya...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter