Belajar Membenahi Blog di Kelas Site Audit

audit_site
sumber : pixabay

Ramadhan tahun ini saya berkesempatan belajar tentang blogging lagi. Kalau dulu pernah belajar bagaimana menerapkan SEO di blog, kali Ini belajar untuk membenahi blog lewat kelas site audit yang dipandu oleh Mas Irwin

Sebagai informasi site audit adalah upaya untuk membenahi blog atau website dari segala sisi.  Baik dari sisi teknis, SEO, maupun user experience. Cara untuk melakukan site audit adalah dengan mencari tahu masalah yang ada di blog yang kita miliki dengan menggunakan bantuan tools

Ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk site audit. Namun di kelas kali ini kami belajar mengaudit blog dengan menggunakan moz.com (yang premium). 

Oh ya, sebelum saya cerita lebih lanjut tentang kelas site audit ini, saya perlu sampaikan kelas yang saya ikuti ini rencananya berlangsung selama 1 bulan, dan diikuti oleh 20 peserta. 

Ada peserta yang masih baru mulai ngeblog, ada juga yang sudah lama ngeblog seperti saya. Beruntunglah yang baru mulai ngeblog, dan berjodoh mengikuti kelas ini. Karena kesalahan yang ada di blognya masih sedikit sehingga bisa segera dibenahi. 

Berbeda dengan saya yang sudah lama nulis di blog, namun belum ngerti ilmunya. Wal hasil kesalahan yang ditemukan sangat banyak jumlahnya. Dan untuk memperbaikinya butuh kesabaran ekstra. 

Meskipun demikian saya tetap bersyukur juga. Bukankah lebih baik terlambat diperbaiki, dari pada tidak sama sekali? Oke, lanjut yaa...

Tujuan Site Audit

Tujuan dilakukannya site audit  adalah untuk memperbaiki performa blog (memaksimalkan kinerja blog) agar bagus di mata google dan juga di mata pengunjung. 

Langkah Untuk Site Audit dengan Moz.com

Langkah yang dilakukan untuk audit blog dengan menggunakan moz.com adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi web www.moz.com, dan log in dengan user dan password yang dimiliki. Kemudian cari menu on deman crawl.
2. Setelah itu klik hingga terbuka, lalu masukkan alamat blog kita, dan klik analyze
3. Tunggu hingga hasil keluar, dan lihat berbagai issue yang ada di blog kita.

Hasil yang diperoleh itulah nanti yang harus dibenahi. 

Setiap seminggu sekali kami diberi jadwal untuk mengaudit blog lagi. Hal ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana hasil perbaikan blog yang sudah kami lakukan. 

Dan enaknya kami juga bisa bertanya cara untuk memperbaiki permasalahan yang ada di blog. Di kelas site audit ini, Mas Irwin memberi target kepada kami. 

Target tersebut adalah hingga tanggal 11 Mei 2021 nanti, issue atau permasalahan yang ada di blog kami harus turun 50% dari issue awal saat blog diaudit. 

Jika berhasil, kami akan diberikan materi lanjutan berupa site audit dengan menggunakan tools baru. Cukup menantang bukan?

Hasil Audit Cerryku.com

Pertama kali blog saya ini diaudit di tanggal 13 April 2021. Dan hasilnya sangat wow, issue yang ada di blog saya banyak sekali.


hasil_site_audit
tangkapan layar hasil audit cerryku.com (doc.pri)


sebaran_issue_blog_cerryku
permasalahan / issue di blog cerryku.com (doc.pri)

Hasil yang saya peroleh ini menjadi data awal buat saya untuk  melakukan perbaikan blog. Dari hasil yang saya dapatkan, ada beberapa issue yang harus saya benahi, diantaranya :

1. Berkaitan dengan meta data 

Seperti missing description, url yang terlalu panjang, judul yang terlalu panjang, judul dan juga meta deskripsi yang terlalu pendek. 

2. Url yang berpindah-pindah

Masalah ini disebabkan karena saat membuat artikel, saya memberi label pada artikel lebih dari satu. Hal ini sebaiknya dihindari agar url artikel tidak ditemukan dibanyak kategori. 

Upaya Perbaikan Issue

Saat saya mencermati data yang saya dapatkan, ada keanehan yang saya temui. Di mana saya menjumpai data url artikel di hasil analisa audit blog cerryku.com, jumlahnya lebih banyak dari jumlah artikel yang saya tulis. 

Setelah saya lihat, ternyata url dari setiap artikel yang saya buat ada lebih dari satu. Yakni berakhiran html, m=1, dan m=0. Sehingga hal pertama yang saya lakukan adalah menambahkan script di template agar url artikel yang terdeteksi hanya yang berakhiran html saja. 

Caranya adalah dengan menambahkan di atas </body> script berikut ini :

<script type='text/javascript'>
  var uri = window.location.toString();
  if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
     var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
     window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
  }
</script>

Dan hasilnya sangat signifikan, di pengecekan yang kedua issue yang ada di blog saya turun sangat banyak. Dari 4000-an issue turun ke 1000-an issue. 


hasil_audit_cerryku.com_setelah perbaikan_1
hasil perbaikan pertama (doc.pri)


sebaran_issue_blog_cerryku.com
issue sudah turun dari 4000-an ke 1000-an (doc. pri)

Di hasil pengujian ketiga yang dilakukan, masalah X-Robot no index masih menjadi persoalan di blog saya. Sehingga perbaikan juga saya lakukan agar seluruh artikel di blog saya bisa ter-crawl dengan baik. Caranya adalah  dengan menambahkan di bawah <head> atau diatas </head> script berikut ini :

<meta content='index/follow' name='robots'/><meta content='index/follow' name='googlebot'/>

Selanjutnya karena issue yang saya miliki kebanyakan adalah dari meta data, pelan-pelan saya melakukan perbaikan. Yakni dengan membenahi judul dan url artikel, serta melengkapi meta deskripsi seandainya belum ada. 

Sungguh sebuah pekerjaan yang butuh kesabaran tiada tara. Sampai sekarang pun saya masih mengerjakan PR nya. Dari upaya perbaikan yang saya lakukan, setelah dilakukan pengujian kembali di awal bulan Mei 2021, ternyata hasilnya adalah seperti ini :


site_audit_cerryku_mei
Hasil audit blog cerryku.com bulan Mei (doc. pri)


hasil_audit_cerryku
issue yang masih jadi PR di blog cerryku.com


Artinya, saya berhasil menurunkan issue di blog saya lebih dari 50% (awalnya 4000-an issue menjadi 800-an issue). Sehingga saya berkesempatan mengikuti kelas site audit lanjutan. Alhamdulillah, semoga  blog saya semakin sehat dan membawa keberkahan. Aamiin...

Kalau teman-teman pernah melakukan site audit belum? Boleh lho, share pengalamannya juga...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. rupanya ngeblog itu tak sesederhana seperti curhat dibuku diari ya mbak. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, ada ilmunya sendiri biar bisa ngeblog dengan baik...he3..terima kasih sudah mampir...

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter