YIS, Sekolah Internasional Di Jogja Dengan Kurikulum IB

YIS sekolah internasioal dengan kurikulum IB
sebagian siswa-siswa YIS (sumber : webinar YIS)

Setiap orang tua, pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun kadang orang tua bingung mau memasukkan buah hatinya ke sekolah mana. Ada berbagai pertimbangan orang tua dalam memilih sekolah. Diantaranya adalah kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan.

Jenis Sekolah yang ada di Jogja Berdasar Kurikulum dan Metode Pengajaran

Sebagai kota pendidikan, banyak ragam sekolah ada di Jogja. Mulai sekolah nasional, bilingual, hingga sekolah internasional. Lantas apakah perbedaan diantara ketiganya? Yuk kita kupas bersama..

Sekolah Nasional

Sekolah nasional adalah sekolah yang menggunakan kurikulum nasional dan memenuhi semua syarat yang terdapat dalam Standard Pendikan Nasional (SNP). SNP ini berlaku di seluruh Indonesia, dan meliputi beberapa hal. Seperti standar isi, proses, sarana dan prasarana, kelulusan, tenaga pendidik, cara pengelolaan, pembiayaan, dan masih banyak lagi.

Sekolah nasional ini menggunakan kurikulum nasional yang ditetapkan pemerintah melalui kementerian pendidikan. Penyelenggara sekolah nasional ini bisa sekolah negeri atau sekolah swasta. Dengan bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Penyelenggaraan ujian untuk sekolah nasional diselenggarakan bersamaan, mengacu pada kalender pendidikan dan ada pada setiap jenjang.

Sekolah Bilingual

Pada dasarnya sekolah ini juga sekolah nasional. Kurikulum dan persyaratan untuk penyelenggaraan sekolah sama. Hanya saja di sekolah bilingual ini materi pelajaran disampaikan dengan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya. 

Biasanya bahasa asing yang digunakan adalah yang saat ini banyak dipakai dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia atau banyak dicari di dunia kerja. Misalnya Bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin. Oleh Karena itu pengajarnya harus memiliki sertifikasi penguasaan bahasa asing yang resmi dan diakui.

Keunggulan dari sekolah  bilingual ini adalah anak akan lebih terampil dalam menggunakan bahasa asing sekaligus mempelajari budayanya. Hal ini tentu saja akan menambah wawasan dari siswa, dan membuat  pikiran mereka menjadi lebih terbuka.

Penyelenggara sekolah bilingual ini umumnya sekolah swasta. Dan umumnya biaya yang dikenakan untuk peserta didiknya lebih mahal dibanding sekolah nasional.

Sekolah Internasional

Sesuai namanya, sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional, dengan penyampaian materi menggunakan bahasa Inggris. Pengajarnya terdiri dari pengajar lokal dan pengajar asing, dengan kriteria sesuai dengan standard yang diberikan oleh lembaga pemberi lisensi.

Sekolah ini cocok untuk anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Karena ijazah yang dikeluarkan diakui oleh universitas-universitas terkemuka yang ada di luar negeri.

Kurikulum internasional yang digunakan ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan kurikulum Cambridge International Examination (CIE) ada juga yang menggunakan  International  Baccalaureate (IB).

Salah satu sekolah internasional yang ada di Yogyakarta dan satu-satunya yang menggunakan kurikulum IB adalah Yogyakarta Independent School (YIS). Saya memperoleh informasi ini ketika mengikuti acara webinar yang diselenggarakan oleh YIS. Apa saja isinya ? Berikut rangkumannya.

YIS VIRTUAL WEBINAR

Tanggal 29 Juli 2021 lalu saya mengikuti YIS Virtual Webinar, dengan topik “ Getting To Know YIS, Preparing Student for The Journey of Life Acara ini diperuntukkan bagi calon orang tua siswa dan juga  masyarakat agar lebih mengenal YIS dari dekat.  

Webinar ini sebenarnya semacam open house-nya YIS. Berhubung sedang pandemi dan diberlakukan PPKM, maka acara diselenggarakan secara daring melalui media zoom. Dalam acara ini disampaikan berbagai materi, seperti sejarah YIS, apa itu kurikulum IB, mengapa YIS menggunakan kurikulum IB, dan juga pencapaian atau cerita sukses yang berhasil diraih oleh siswa YIS.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari para calon orang tua siswa, guru, dan juga masyarakat umum ini berlangsung dari pukul 19.30 hingga pukul 20.45 WIB. Dibuka oleh Mr. Elia Nugraha Ekandita (Mr. Dindit) selaku host yang kebetulan di YIS menjabat sebagai Diploma Programme Coordinator.

Sejarah Yogyakarta Independent School (YIS)

Mengawali acara, Mr. Dindit menceritakan sejarah berdirinya YIS. YIS berdiri sejak tahun 1989 dan berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY).

Sebelumnya, YIS memiliki kepanjangan Yogyakarta International School. Namun dengan adanya kebijakan dari pemerintah yang melarang penggunaan  kata “international” untuk penamaan sekolah, maka mulai tahun 2014 kepanjangan dari YIS berubah menjadi Yogyakarta Independent School.

Saat ini  YIS menempati lokasi yang ini cukup tenang dan strategis di Jalan Tegal Mlati No 1, Jombor Lor,  Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, telp (0274) 5305147. Dengan lahan hijau yang luas,  taman botani, lapangan olah raga ukuran olimpiade, serta gedung yang representatif, sehingga dapat menjamin keamanan dan kenyamanan bagi siswa untuk belajar.

Awal berdiri, YIS memiliki 30 siswa, dengan jumlah guru 4 orang. Untuk saat ini jumlah guru di YIS ada 25 orang, dengan jumlah siswa yang terus meningkat dari waktu ke waktu.  

webinar YIS
Mr. Dindit (sumber : Webinar YIS)

Kurikulum di YIS

YIS menggunakan kurikulum IB (International  Baccalaureate), dan merupakan satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang mengunakan kurikulum IB. IB adalah yayasan pendidikan internasional yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss.

Kurikulum dari IB ini kemudian dikembangkan menjadi misi dan visi dari YIS. Dengan tag line Aim high, be relevant, and make a difference, YIS memiliki misi dan visi untuk mengedukasi dan menginspirasi peserta didiknya menjadi siswa yang mandiri, kritis dalam berpikir, dan peduli terhadap masyarakat dunia yang beragam.

kurikulum IB
Pentingnya pendidikan internasional (sumber : webinar YIS)

Dalam penjelasan yang disampaikan Miss Kimberly selaku kepala sekolah,  kurikulum IB ini berfokus pada pembelajaran berbasis inkuiri agar siswa terbiasa untuk berpikir kritis dan mandiri.

Dalam awal paparannya, Miss Kimberly juga menyampaikan bahwa YIS mempunyai pandangan orang tua adalah mitra. Sehingga kerjasama yang harmonis antara orang tua dan YIS sangat penting untuk membangun pondasi yang kuat demi kesuksesan para siswa mewujudkan mimpi-mimpinya.

miss kimbery, kepala sekolah YIS
Miss Kimberly Kepala sekolah YIS (sumber : webinar YIS)

Program yang Ditawarkan YIS

Berdasar lisensi dari IB, YIS membuka program pendidikan lengkap untuk anak mulai usia 3 hingga 18 tahun,  sebagai berikut :

IB Primary Year Programme (PYP) 

Program ini diperuntukkan untuk anak mulai umur 3 hingga 12 tahun. Pembelajaran untuk program ini berfokus pada peserta didik. Di mana program ini memberi landasan penting untuk siswa agar menjadi pribadi yang mandiri dan tanggung jawab. Serta paham dengan kemampuan yang mereka miliki, dan cepat tanggap.

IB PYP YIS
PYP Program (sumber : webinar YIS)

Program ini dimulai dari early years programme, untuk anak dengan usia paling muda 3 tahun. Di program ini, kemampuan bahasa Inggris anak benar-benar dikembangkan dengan optimal. Ibarat sebuah pohon, tahap ini adalah tahap menyemai benih, yang harus dirawat dengan sungguh-sungguh agar tumbuh menjadi pohon yang besar dan kuat.

IB Middle Year Programme (MYP) 

Program ini diperuntukkan bagi anak usia 11 hingga 14 tahun, dimana penyampaian materi  di program ini ditekankan untuk mempelajari  konteks, memahami  konsep, penggunaan bahasa dan identitas, pendekatan dalam belajar, pengabdian sosial, dan proyek pribadi.

Sistem pengajarannya dilakukan dengan moving class, dan terbagi menjadi 8 kelompok mata pelajaran. Yang meliputi penguasaan bahasa, bahasa dan sastra, individu dan masyakarat, ilmu pengetahuan, matematika, teknologi desain, seni, dan pendidikan jasmani dan kesehatan. 


pembelajaran di YIS
pembelajaran siswa YIS (sumber : webinar YIS)

Assesment yang dilakukan untuk persiapan masuk jenjang berikutnya meliputi ujian external dan portfolio.

IB Diploma Programme (DP) 

Program ini untuk usia 15 – 18 tahun. IB Diploma Programme ini menawarkan banyak keunggulan, terutama untuk mempersiapkan siswa masuk ke universitas di luar negeri. Diantaranya :

1. Mempunyai kurikulum yang menantang

2. Pengajaran yang berfokus pada siswa

3. Fokus pada pemikiran internasional

4. Persiapan akademik yang matang, yang hasilnya diakui secara luas oleh universitas-universitas terkemuka di dunia

Di IBDP ini, ada 6 kelompok pelajaran yang diberikan,  yakni bahasa dan sastra,  penguasaan bahasa,  individu dan masyarakat,  ilmu pengetahuan,  matematika,  dan karya seni.

Perlu digarisbawahi, sertifikat program IB Diploma Programme (DP) ini diakui oleh berbagai universitas di seluruh dunia untuk penerimaan mahasiswa baru.

Mengapa Memilih YIS ?

Selain menggunakan kurikulum IB, YIS juga memperoleh akreditasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta anggota dari East Asia Regional Council of Schools.

mengapa YIS
YIS membantu mewujudkan mimpi (sumber : webinar YIS)

Bagi orang tua yang anak-anaknya menginginkan untuk kuliah ke luar negeri, YIS menjadi pilihan terbaik. Karena banyak universitas terkemuka memberikan banyak kemudahan bagi lulusan YIS IB-DP. Misalnya :

Di Amerika 

Universitas di sana banyak memberi kemudahan lulusan YIS IB-DB untuk mendapatkan beasiswa, bisa masuk kuliah di tahun kedua, sehingga lulusan IBDB hanya kuliah selama 3 tahun bukan 4 tahun.

Di Kanada

Bagi lulusan YIS IB-DP yang ingin mendaftar ke universitas di Kanada, biasanya tidak perlu menyertakan skor test SAT atau ACT, test kecakapan bahasa, esay, atau surat pengantar lainnya.

Di Australia

Ijazah IB diakui oleh semua universitas dan sekolah pendidikan tinggi di Australia. Beberapa universitas menawarkan penempatan lanjutan untuk mahasiswa dari YIS IB-DP.

Di University of Melbourne, siswa YIS IB-DP tidak perlu melakukan test kemampuan akademik maupun ujian masuk lainnya. Pengakuan yang sama juga diberikan oleh univesitas di Malaysia, maupun Belanda.

Selama belajar di YIS, para siswa juga dapat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler untuk mengasah keterampilan dan bakat atletik mereka. Selain itu siswa juga dapat mengikuti kegiatan kunjungan budaya,  atau mengikuti program pertukaran pelajar dengan sekolah internasional lain. 

Jika teman-teman berminat untuk mendaftarkan putra/putrinya di sekolah ini, silakan langsung menghubungi Yogyakarta Independent School  yang alamatnya sudah saya tulis di atas, atau bisa juga kontak nomor whatsapp dari YIS di nomor +628112632442.

Kebetulan tahun ajaran baru akan dimulai pertengahan Agustus 2021. Jadi masih ada kesempatan kalau mau mencari informasi lebih lanjut. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, salam...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter