Fortune Indonesia, Menjawab Kebutuhan Literasi Keuangan Untuk Millennial dan Gen Z

Fortune Indonesia, media ekonomi dan bisnis terpercaya
Fortune Indonesia menjadi bagian dari IDN Media (sumber : IDN Times)

Beberapa waktu yang lalu, seorang kawan bercerita. Teman sekolah anaknya terjerat pinjaman paylater dari sebuah aplikasi belanja. Lumayan juga nominalnya untuk anak kelas 2 SMA yang pastinya belum punya pendapatan. Apalagi ternyata orang tuanya bukan termasuk orang berada.

Miris sekali, di tengah kemudahan dan kemajuan teknologi untuk berbelanja, termasuk dari sisi pembayaran, ternyata banyak yang belum paham syarat dan ketentuannya. Sehingga terjebak hutang yang lumayan besarnya. 

Sebenarnya, adanya fasilitas paylater ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan. Ketika kita terdesak untuk membeli barang yang benar-benar urgen kita perlukan, kita dapat menemukan solusinya. Namun tentu saja penggunaannya harus diperhitungkan. Disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita. 

Ahli keuangan menyarankan paylater hendaknya kita gunakan untuk membeli barang produktif bukan konsumtif. Dan kita juga harus mempertimbangkan kemampuan dalam membayar cicilan. Agar tidak terjebak dalam lilitan hutang yang tidak berkesudahan.

Hal yang harus diwaspadai dari paylater ini adalah memicu pola konsumtif. Terlebih jika digunakan pada anak yang masih belum matang pertimbangannya seperti cerita dari kawan saya tadi. 

Ada lagi masalah yang lebih serius lagi yang berkaitan dengan financial technology. Dalam hal ini Presiden Jokowi sampai memberikan perhatian khusus. Yakni tentang maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal yang banyak memakan korban. Bahkan ada yang sampai memilih mengakhiri hidupnya, karena stress menghadapi tekanan.  

Pinjol ilegal ini biasanya memberi iming-iming kemudahan dalam memberi pinjaman. Namun bunga yang dikenakan cukup tinggi dengan tata cara penagihan yang kurang manusiawi. Dan mirisnya, kebanyakan korban yang mengalami adalah para perempuan. 

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengantipasi hal ini? Tidak ada cara lain. Harus dilakukan penguatan literasi keuangan kepada Millennial maupun Gen Z. Agar mereka memiliki wawasan memadai, sehingga kemudahan teknologi dan segala hal yang mengikutinya bisa menjadi berkah, bukan musibah.  Apalagi berdasar sensus penduduk tahun 2020, millennial maupun gen Z mendominasi jumlah penduduk di negeri ini. 

data komposisi millennial dan gen Z di Indonesia
Data Milenial dan Gen Z di Indonesia tahun 2020 (sumber : katadata.co.id)

Kurangnya literasi keuangan memang bisa merepotkan. Kita bisa terjebak ke sesuatu yang awalnya menjanjikan kemudahan, tapi belakangan membuat kita kelimpungan. Kuncinya adalah harus banyak membaca dari sumber-sumber berita terpercaya. Misalnya saja dengan membaca Fortune Indonesia. Sebuah web penyedia berita ekonomi dan bisnis terpercaya.

Karena sekarang ini jika kita mau, kita bisa dapat ilmu dari mana saja. Dengan hanya bermodalkan kuota. Tetapi tentunya kita harus mencari rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan isinya. 

Tentang Fortune Indonesia

Fortune Indonesia resmi diluncurkan oleh IDN Media pada tanggal  8 Agustus 2021 lalu. Sudah sejak lama IDN Media berencana menghadirkan Media Bisnis Global FORTUNE di Indonesia. FORTUNE yang didirikan di New York pada tahun 1929 oleh Henry Luce, selama ini dikenal sebagai media bisnis global terkemuka. Dengan target audiense para pengambil keputusan, eksekutif, pebisnis profesional, wirausahawan, dan pemimpin yang aspiratif. 

Sedangkan IDN Media dikenal sebagai perusahaan media platform yang menarget Millennial dan Gen Z. Kehadiran Fortune Indonesia di komunitas IDN Media ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Millennial dan Gen Z. Terutama dalam bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan. 

Apalagi Millennial dan Gen Z ini memiliki karakter senang berkolaborasi dan memiliki jiwa wirausaha. Sehingga penting bagi generasi ini untuk memperoleh informasi seputar bisnis dan ekonomi dari sumber yang kredibel dan bisa dipercaya, seperti Fortune Indonesia. 

Penguatan mengenai masalah literasi keuangan juga sangat penting. Agar semangat wirausaha yang dimiliki Millennial dan Gen Z ini diimbangi dengan kemampuan dan wawasan manajerial yang mumpuni. Hal tersebut sejalan dengan pendapat dari Winston Utomo, selaku CEO IDN Media yang dilansir   IDN Times,  29 Juni 2021. 

William dan Winston Utomo, Founder IDN Media

Winston menyatakan, “Literasi terhadap aspek finansial menjadi salah satu hal paling penting yang sebetulnya wajib Millennial & Gen Z pahami. Untuk itu, FORTUNE ingin menjadi sumber informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya, serta membantu membuka perspektif baru terkait fokus mereka pada aspek finansial.”

Kategori Berita di Fortune Indonesia

Berita yang disajikan oleh Fortune Indonesia terbagi menjadi 7 kategori. Yakni market, business, finance, news, tech, syaria dan luxury. Masing-masing kategori memiliki topik bahasan dan kekhasan sendiri-sendiri. 

kategori berita di fortune indonesia
Kategori berita di Fortune Indonesia (Sumber : tangkapan layar website Fortune Indonesia)

1. Market

Di bagian ini pembaca dapat memperoleh informasi tentang indeks saham, bursa di pasar uang, berita terkait komoditi eksport - import, dan masih banyak lagi. Yang semuanya bisa memberi gambaran pelaku usaha untuk mengambil keputusan.  

Misalnya berita tentang komoditi minyak sawit yang dimuat di tanggal 11 Oktober 2021 dengan judul "Eksport Minyak Sawit Melonjak,  Harga Terus Membubung"

2. Business

Kategori ini banyak mengulas berita yang berkaitan dengan perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Sangat bagus untuk diikuti dan bisa memberi inspirasi. 

Misalnya berita tentang "Artotel Group Raih Pendanaan Investasi Seri B" yang ditayangkan tanggal 18 Oktober 2021 lalu. Atau artikel tentang "Tiga UKM Binaan Kemendag Tembus Pasar Ekspor" yang tayang tanggal 19 Oktober 2021. 

3. Finance

Pada kategori ini,  kita bisa menyimak aneka berita ekonomi, kebijakan yang dikeluarkan BI, masalah perpajakan, perbankan hingga asuransi. Tentang masalah pinjaman online juga banyak dikupas di sini. 

Contohnya artikel yang tayang di tanggal 20 Agustus 2021 berjudul "Kenali Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal". Dan artikel yang tayang di tanggal 23 Agustus 2021, berjudul "Jangan Panik! Ini 3 Langkah Pengaduan Kasus Pinjol Ilegal"

Sedangkan di tanggal 10 Agustus 2021, telah tayang artikel yang memuat daftar pinjol ilegal,  dengan judul "OJK Rilis Daftar Pinjol Ilegal per Juli 2021"

Jika para Milennial dan juga Gen Z mengikuti berita tentang pinjol yang disajikan oleh Fortune Indonesia ini, niscaya pemahaman mereka tentang pinjaman online akan semakin tinggi sehingga tidak mudah terjebak iming-iming kemudahan yang ditawarkan pinjol ilegal. Apalagi pilihan kata dan cara pemaparan yang digunakan di Fortune Indonesia menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

4. News 

Di bagian ini, pembaca akan menjumpai aneka berita terkait politik, kesehatan, industri, energi dan internasional yang baru mendapat banyak sorotan. Membaca artikel di bagian news akan membuat kita tahu kondisi terkini yang saat ini terjadi yang penting untuk diketahui. 

Misalnya di bulan Oktober 2021 ini,  berita yang sedang marak adalah tentang pinjol ilegal. Sehingga untuk menertibkannya pemerintah melakukan berbagai kebijakan. Fortune Indonesia juga mengabarkannya melalui artikel berjudul "Kominfo dan OJK Akan Moratorium Izin Penerbitan Pinjol" yang tayang tanggal 20 Oktober 2021.

5. Tech

Di kategori ini kita bisa jumpai banyak artikel yang mengulas tentang gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. Seperti artikel yang tayang di tanggal 13 Oktober 2021 yang membahas tentang "6 Manfaat Adopsi Artificial Intelligence di Bisnis Penerbangan"

Ada juga artikel yang tayang di tanggal 15 Oktober 2021 yang membahas tentang "6 Tren Twitter yang Penting Bagi Pemasar Digital"

6. Syaria

Saat ini perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang berarti. Oleh karena itu, Fortune Indonesia memberikan kategori tersendiri.  

Di kategori ini,  banyak dibahas tentang berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Contohnya artikel "Menuju Era Wakaf Digital" yang tayang di tanggal 18 Oktober 2021 yang membahas tentang besarnya potensi wakaf di Indonesia. 

7. Luxury

Kategori luxury memuat artikel tentang barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner, sebagai bagian dari gaya hidup. Generasi milenial dan gen Z sangat related dengan hal ini. Misalnya artikel tentang "Daftar Mobil Sports Termahal 2021 dan Harganya" yang dimuat di tanggal 7 Oktober 2021 ini.  

Fortune Indonesia akan berfokus pada Majalah Fortune Indonesia dan platform digital. Dengan mengedepankan pada kualitas, akurasi, dan relevansi dari setiap berita yang ditayangkannya. 

Nantinya, Fortune Indonesia juga akan melahirkan Fortune rankings yang melegenda untuk Indonesia. Seperti Fortune 100, Fortune 40 Under 40, Fortune’s Greatest Leaders, dan masih banyak lagi.

Sangat bagus mengikuti  berita yang disajikan Fortune Indonesia. Selain informasinya akurat dan terpercaya, loading website-nya juga sangat cepat. Dengan tampilan yang bersih sehingga tidak melelahkan mata. 

Bagi para Millennial dan Gen Z yang ingin selalu update informasi terkait bisnis dan ekonomi, ada baiknya selalu mengikuti berita-berita yang tayang di kanal Fortune Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat ya, salam


Referensi : 

idntimes.com dan fortuneidn.com

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. wah iya, generasi Z harus mulai melek keuangan juga ya mbak
    baca majalah Fortune bikin tahu banyak informasi seputar keuangan

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter