Bermain Games Online Gratis dan Menyenangkan di plays.org

bermain video games online gratis di plays.org
Bermain video games gratis di plays.org (sumber : plays.org)

Di masa pandemi, gaming semakin populer sebagai sarana hiburan. Berdasar survey yang pernah saya baca, dua dari tiga orang menghabiskan waktu lebih banyak untuk menonton video dan bermain game dibanding sebelum pandemi. 

Hal tersebut memang tidak bisa dihindari. Demi menjaga kewarasan, ditengah pembatasan aktivitas di luar rumah, bermain video games adalah salah satu cara untuk melepas penat.  

Kondisi ini berlaku tidak cuma buat orang dewasa saja, tetapi untuk anak-anak juga. Selama ini banyak orang tua beranggapan video games tidak baik untuk anak. Karena dapat menyebabkan kecanduan dan ganggunan jiwa. 

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, sebab video games  juga punya banyak sisi positif yang bisa dimaksimalkan. Yang terpenting adalah strategi yang kita terapkan agar anak-anak tidak berlebihan dalam bermain video games sehingga tidak menjadi kecanduan. 

Apalagi saat ini kita hidup di era teknologi digital. Godaan bermain games tidak bisa dihindarkan. Tidak mungkin sebagai orang tua kita bisa melarang anak bermain video games selamanya. Yang ada anak menjadi penasaran, dan melakukannya sembunyi-sembunyi di belakang kita. 

Ada cara lain yang lebih pas, yakni melakukan pengawasan dan pendampingan agar anak paham manfaat dan efek negatif bermain games. Selain itu kita juga bisa ikut menyeleksi aneka games yang dimainkan anak, disesuaikan dengan tingkat usia. Bahkan jika anak memang berbakat di bidang e-sport, orang tua sebaiknya memberikan dukungannya.

Manfaat Bermain Video Games

Salah satu manfaat video games yang telah banyak dibuktikan adalah meningkatkan semangat belajar dan rasa keingintahuan anak. Saat ini banyak materi pembelajaran yang dikembangkan menjadi sebuah games atau permainan. Yang membuat anak selalu ingin belajar dan tidak cepat merasa bosan. 

bermain game online saat ini jadi hiburan
bermain game online (sumber gambar : freepik.com)

Menurut penjelasan ahli, ketika sedang bermain video games, otak anak membutuhkan konsentrasi penuh. Hal ini dapat merangsang neurotransmitter dopamin yang dapat menguatkan daya ingat atau memori.

Lebih jauh manfaat bermain video games bagi anak yang perlu orang tua ketahui adalah :

1. Melatih daya pikir 

Bermain video games akan memberikan pengalaman pada anak untuk memahami instruksi, berpikir cepat, dan menemukan solusi. Bermain games juga bagus untuk melatih motorik halus dan koordinasi antara mata dengan tangan.

Selain itu bermain games juga memberi pengalaman anak untuk berani mengambil risiko dan menemukan strategi agar bisa memenangkan permainan.  

2. Media untuk mengenalkan teknologi

Cara termudah mengenalkan teknologi kepada anak adalah melalui games. Dengan cara ini anak akan belajar menggunakan gadget. Yang terpenting anak harus selalu didampingi dan durasi bermain gamesnya dibatasi.

3. Membuat anak lebih kreatif dan percaya diri

Bermain video games membuat anak menjadi lebih kreatif untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Bermain video games juga membuat anak belajar mengambil keputusan yang membuatnya menjadi lebih percaya diri. 

4. Belajar hal-hal baru

Saat ini banyak video games edukasi yang dikembangkan.  Isinya bermacam-macam, mulai dari melatih daya ingat hingga menambah pengetahuan dan wawasan tentang sejarah dan ilmu pengetahuan lainnya. Bermain games juga membuat anak belajar tentang sebuah kekalahan dan mengelola emosi untuk dapat menerimanya.  

Banyak manfaat positif yang bisa diambil dari bermain games ini, meskipun dampak negatifnya tetap harus kita antisipasi. Yang penting kita sebagai orang tua bisa terus mendampingi dan memberi batasan kapan boleh bermain games dan kapan harus berhenti. 

Tips Mencegah Kecanduan Games

Selama ini yang menjadi kekhawatiran orang tua adalah games online dapat mengakibatkan kecanduan pada anak. Yang jika dibiarkan dapat mengganggu perkembangan kesehatan baik fisik maupun mentalnya.  

Seperti terjadi gangguan pada mata,  anak menjadi obesitas karena malas bergerak, timbul rasa malas untuk belajar sehingga nilai sekolah turun, atau enggan bergaul dengan kawan-kawannya karena asyik bermain games.  

Kalau sudah seperti ini memang berbahaya dan sangat sulit untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu sebelum terjadi orang tua harus mengantisipasinya. Diantaranya dengan :

1. Beri penjelasan bahaya main games jika berlebihan

Dari awal anak harus dipahamkan bahaya main video games jika berlebihan. Tentunya dipilih bahasa dan kata-kata sederhana sehingga anak mudah untuk mengerti. Batasi durasi bermain games pada anak, misalnya maksimal 1 jam sehari. Dan selalu dampingi anak ketika bermain 

2. Luangkan waktu untuk bermain di luar rumah

Bermain di luar rumah sangat penting.  Dapat memberi pengalaman bersosialisasi.  Ajak anak untuk selalu beraktivitas di luar rumah. Misalnya dengan olah raga atau bermain bersama.  

3. Jadikan games hanya sebagai selingan dan hadiah

Agar anak tidak kecanduan, beri syarat kapan anak boleh main games. Misalnya saat semua tugas sekolah selesai dikerjakan, dan saat nilai ujian anak bagus. 

4. Selalu gunakan fitur parental control 

Gunakan fitur parental control untuk mengatur durasi anak saat bermain games. Batasi juga akses anak untuk menjelajah internet. Dengan cara-cara tersebut, diharapkan risiko kecanduan games pada anak bisa dihindarkan.  

Memilih Games Yang Tepat Untuk Anak

Saat ini banyak games yang ditawarkan. Sebagai orang tua kita harus jeli memilihnya. Pilih games yang memiliki unsur edukasi. Seperti games yang dapat membantu anak untuk belajar mengambil keputusan,  mengekspresikan kesukaan, dan lain-lain. 

Pastikan games yang dimainkan tidak mengandung unsur kekerasaan, dan sesuaikan dengan tahapan serta kemampuan anak berdasar usia. Pilih juga games online yang bisa dimainkan bersama, sehingga interaksi dengan anak bisa terjaga.  

Plays.org Situs Penyedia Game Online Gratis dan Terpercaya

Terkadang yang menjadi kendala adalah saat hendak memainkan video games, kita harus men-download-nya. Belum lagi ada syarat lain yang harus dipenuhi.  Seperti harus mendaftar dulu, atau malah harus membayar. Nah, untuk hal ini saya sudah punya solusinya. 

Seorang teman merekomendasikan situs games online baru yang memudahkan, yaitu plays.org. Di situs ini kita bisa memainkan aneka games melalui laptop, PC, atau gawai, langsung dari website-nya, tanpa harus men-download-nya. Kerennya lagi, di situs ini tidak ada iklannya dan semua free alias gratis.

Websitenya juga ringan, dengan ribuan koleksi games yang beragam dan selalu di-update. Sehingga kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk melihat berbagai games online yang tersedia,  kita bisa melihat di bagian katalog, yang ada di bagian bawah dari website. Atau bisa juga kita klik di menu bagian kategori. Untuk mencari games yang bagus untuk anak kita bisa memilih kategori education.

menu di website plays.org
pilihan menu di plays.org

Untuk menemukan games yang baru yang ditambahkan, kita bisa melihatnya di menu new games. Kita juga bisa menyimpan games favorit yang kita mainkan dan memainkan kembali melalui menu my fave

Beberapa permainan akan membawa kita bernostalgia mengenang masa kecil melalui games jaman dulu. Seperti tetra block yang mirip dengan tetris, solitaire, maupun pinball. Ada juga permainan sederhana yang cocok dimainkan bersama anak. Berikut contohnya :

1. Game Super Spice Dash

Di game ini kita berperan sebagai nugget ayam yang melakukan perjalanan untuk berburu remah-remah emas dan rempah-rempah yang lezat. Kita bisa bergerak ke kiri dan kanan untuk menghindari rintangan dan mengumpulkan remah-remah emas sebanyak-banyaknya. Kemudian kita bisa melompat untuk meraih paprika untuk menambah kekuatan.  

video games super spice dash di plays.org
permainan super spice dash (sumber : plays.org)

Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya, dan hindari jangan sampai jatuh, karena jika terjatuh itu adalah akhir permainan. Super spice dash merupakan game sederhana yang cocok dimainkan oleh anak untuk melatih koordinasi tangan dan mata. Mainkan game ini bersama buah hati, mereka pasti menyukainya. 

2. Penguin Cafe 

Game Penguin Cafe ini juga menarik. Anak pasti senang memainkannya. Berperan sebagai pinguin si pelayan cafe yang harus melayani pelanggannya dengan cepat dan cermat. Tidak boleh ada kesalahan dalam memberikan pesanan. Dan harus cepat memberi layanan kalau tidak ingin pelanggan kabur. Yang menantang, terdapat target tips yang harus dicapai oleh si pinguin dalam setiap levelnya. Permainan ini bisa membuat anak belajar angka dan mengenal perhitungan untung dan rugi. 

video game penguin cafe dari plays.org
game penguin cafe (sumber : plays.org)

3. Aliens vs Math

Game Aliens vs Math ini merupakan game edukatif untuk anak belajar berhitung. Kita bisa memilih operasi hitung mana yang akan dimainkan. Apakah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, atau campuran. Permainan ini cukup menantang, karena melatih anak untuk berpikir cepat dan tepat. 

Jika terjadi kesalahan, maka sapi akan dibawa oleh alien. Games ini dimulai dari level yang mudah, dan bertambah tingkat kesulitannya disesuaikan dengan kemampuan anak.  

game aliens vs math
game aliens vs math (sumber : plays.org)

Secara umum, aneka games online yang ditawarkan di plays.org cocok untuk segala usia. Hanya saja karena pengantarnya bahasa Inggris, anak perlu pendampingan untuk memahaminya. Tetapi ini justru nilai plusnya. Anak menjadi terpacu untuk belajar bahasa Inggris agar paham dengan instruksi yang disampaikan.  

Jadi bagi para orang tua yang ingin mencari games kasual yang cocok untuk anak-anak atau ingin sekedar melepas penat sambil bernostalgia dengan memainkan games lawas tanpa repot harus download, langsung saja kepoin plays.org. Ada ribuan games di sana yang bisa dipilih untuk dicoba.  

Semoga artikel ini bermanfaat ya... 


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter