Hoala & Koala, Channel YouTube Lagu Anak Indonesia

Keluarga Hoala & Koala
anggota keluarga Hoala & Koala

Sejak dulu, lagu banyak digunakan sebagai media belajar untuk anak-anak. Musik yang ceria dan lirik  sederhana namun mengena, membuat anak-anak suka dan mudah menghafalnya. Melalui lagu banyak pelajaran mengenai pendidikan karakter, sopan santun atau etika, dan juga pengetahuan lainnya diperoleh anak-anak. 

Oleh karena itu memilihkan lagu dengan musik dan lirik yang tepat untuk anak sangat penting. Karena anak kecil mudah merekam apa yang didengarnya. Sehingga untuk segmen anak perlu dibuatkan lagu yang memang khusus untuk mereka sesuai tahapan usia. Apalagi manfaat bernyanyi untuk anak sangat banyak. 

Sebuah penelitian menyatakan menyanyikan anak sebuah lagu atau bernyanyi bersama dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Selain itu bernyanyi juga bermanfaat untuk mengetahui bakat anak,  merangsang kecerdasan, membangun interaksi sosial pada anak, meningkatkan mood, dan belajar bekerja sama.

Sayangnya perkembangan musik anak di Indonesia, sejak lama mengalami kelesuan. Sangat sulit menemukan lagu yang cocok untuk segmen anak yang memiliki unsur edukasi. Kalaupun ada, itu merupakan daur ulang dari lagu-lagu jaman dulu. Untungnya secara tidak sengaja saya bertemu dengan channel Youtube Hoala & Koala

Di Channel ini saya banyak menemukan lagu-lagu anak yang bagus dan baru. Salah satunya Lagu anak minta ayah Hoala Koala, yang isinya lucu dan menghibur sekali. Kurang lebih liriknya begini :

Kata Ibu aku tak boleh
Menonton TV setiap waktu
Takbaik untukku

Ibu sedang pergi
Apa aku boleh
Minta kepadamu
Ayahku tersayang?

Menonton TV setiap waktu memang
Tidak baik untuk kamu dan kamu
Daripada kamu menonton TV
Yok, kita bermain bersama!

Ibu sudah pulang
Lalu aku bilang
Aku tak menyentuh
TV atau HP

Minta pada Ayah
Namun tak dikasih
Ayah mengajakku
Bermain bersama

Terima kasih kamu mendengarkan
Kata Ibu yang terus Ibu ulang
Namun mengapa sekarang malah Ayah
Yang nonton TV main HP?

Lucu kan? Lirik lagu itu memberi edukasi kepada anak untuk tidak menonton TV dan main gadget terus menerus. Dan orang tua dalam hal ini ayah,  mendukung anak tidak main gadget dengan menemani bermain bersama. 

Tentang Channel YouTube Hoala & Koala

Channel YouTube Hoala & Koala dibuat karena keprihatinan terhadap lesunya dunia musik anak di Indonesia. Karakter musikal Hoala dan Koala sendiri diciptakan di akhir tahun 2020 dan dikembangkan oleh PT Amnar Awandi. 

Hoala digambarkan sebagai anak perempuan berusia 3 tahun yang cerdas dan lucu, yang seperti umumnya anak zaman sekarang sangat akrab dengan dunia digital. Hoala memiliki sahabat bernama Koala, seekor binatang ajaib dari negeri Mykonos yang dapat bicara. Mykonos adalah dunia khayalan yang ada dalam buku cerita favorit Hoala. 

dua sahabat Hoala dan Koala
Hoala dan Koala yang saling bersahabat

Koala ini merupakan hadiah dari Miss Jeruk, peri baik hati yang mewujudkan keinginan Hoala untuk memiliki teman baik di rumah di saat pandemi.

Keistimewaan Channel YouTube Hoala Koala

Lagu dan animasi anak Hoala & Koala ini memiliki banyak keistimewaan.  Diantaranya :

1. Karakter dibuat 3 dimensi

Hoala dan Koala sengaja divisualisasikan dalam bentuk 3 dimensi. Hal ini dimaksudkan agar tokoh-tokohnya dapat terus tumbuh dan menyesuaikan diri. Termasuk jika nanti Hoala tumbuh besar dan terjadi perubahan suara.  

2. Karakter yang dimunculkan banyak

Di channel youtube Hoala & Koala tokoh atau karakter yang dimunculkan banyak sekali. Ada ayah,  ibu,  miss Jeruk, Om Pong,  Serigili, dan masih banyak lagi. Semua karakter bisa bernyanyi. 

Dengan adanya banyak variasi karakter dan suara diharapkan lagu-lagu yang disajikan di channel youtube Hoala & Koala tidak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat dinikmati para orang tua yang ikut menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. 

keluarga besar Hoala dan Koala
seluruh karakter dalam Hoala & Koala

3. Serius dalam penggarapan

Dari sisi penggarapan, lagu dan musik yang ditayangkan di channel youtube Hoala & Koala digarap dengan serius dan matang. Dalam pembuatan aransemennya, banyak musisi internasional yang ikut dilibatkan.  

Selain itu alat musik yang digunakan juga beragam. Mulai dari alat musik tiup semacam terompet, saxophone, trombon, dan klarinet, alat musik gesek seperti double bass, dan cello, alat musik petik seperti harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan maupun angklung.

Musik dan vokal yang ditampilkan di Hoala & Koala ingin menghilangkan anggapan lagu dan musik anak adalah sesuatu yang sederhana. 

Melalui lagu dan video di Hoala & Koala,  kita bisa menyaksikan lagu anak bisa tampil menawan. Sehingga dapat disandingkan dengan musik di luar lagu anak-anak.

4. Banyak genre musik yang ditawarkan

Hoala & Koala juga memiliki keunikan dalam pemilihan genre musik. Karena di channel youtube Hoala & Koala tidak hanya satu genre musik yang diangkat. Tapi banyak,  ada genre children pop, jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Kehadiran channel YouTube Hoala & Koala ini diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan bagi para orang tua dalam mencarikan hiburan lagu anak-anak terbaru yang bagus dan edukatif untuk buah hatinya.  

Selain itu adanya Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik dan lagu anak-anak khususnya di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat yaa.. Salam... 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter