Mindfulness Kelola Stress Bersama Mindtera

mindfulness kelola stress bersama Mindtera
kelola stress dengan aplikasi Mindtera (design by Canva)

Mindtera adalah aplikasi edukasi pengembangan Multiple Intelligence. Dengan aplikasi Mindtera kita bisa berlatih meningkatkan kecerdasan emosi yang penting untuk kita kuasai. 

Sebelum saya bahas lebih lanjut mengenai aplikasi Mindtera, saya mau mengajak teman-teman untuk melihat situasi yang kita alami saat ini.

Tidak terasa kita sudah masuk bulan Oktober 2021. Berarti sudah hampir dua tahun kita melalui pandemi Covid 19. Alhamdulillah jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, kondisi saat ini relatif lebih kondusif. 

Program vaksinasi sudah banyak dilakukan, dan aktivitas tatap muka termasuk untuk anak sekolah juga sudah mulai berjalan. Meskipun dengan berbagai persyaratan yang ketat dan harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Semoga ke depan situasi semakin membaik dan normal kembali.  

Efek pandemi memang luar biasa, mempengaruhi hampir di semua sisi kehidupan kita. Karena di bulan Oktober tepatnya setiap tanggal 10 kita memperingati hari kesehatan mental sedunia (World Mental Health Day), tidak ada salahnya kalau kali ini kita bahas pengaruh pandemi terhadap kesehatan mental.

Pandemi dan Kesehatan Mental

Pandemi memang memunculkan banyak kesulitan. Sehingga sangat wajar jika menimbulkan banyak kecemasan. Dan hal ini jelas berpengaruh kepada kesehatan jiwa seseorang. 

Berdasar hasil survey online yang dilakukan SurveyMeter di akhir bulan Mei 2020 lalu mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental, diperoleh data gangguan kesehatan mental di masa pandemi meningkat tajam. 

Rasa khawatir tertular covid, stress akibat PHK, sedih karena ditinggal anggota keluarga tercinta, menjadi keluhan yang banyak dirasakan. Hasil survey juga menunjukkan perempuan mengalami tingkat kecemasan dan stress yang lebih tinggi di banding pria. Kebiasaan multitasking mungkin menjadi salah satu faktor penyebabnya. 

Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena berpengaruh kepada kualitas hidup seseorang, sehingga membutuhkan solusi dan penanganan.  

Pentingnya Kecerdasan Emosi

Untuk menghadapi hidup yang penuh kejutan, peranan kecerdasan emosi sangat diperlukan. Karena kecerdasan emosi sangat penting untuk menghadapi hidup yang penuh tantangan. 

Kecerdasan emosi akan membuat seseorang dapat mengenali dan mengatasi situasi sulit, sebelum keadaan menjadi bertambah rumit. Kecerdasan emosi juga akan membuat seseorang dapat terhindar dari risiko gangguan mental seperti stres, kecemasan, dan depresi yang dapat mempengaruhi imunitas tubuh. 

Menurut wikipedia, kecerdasan emosi diartikan sebagai kemampuan individu dalam menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi atau perasaannya terhadap suatu informasi atau berita dan terhadap hubungan atau relasinya dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Sayangnya,  selama ini pendidikan di negara kita lebih menekankan kepada kecerdasan intelektual. Mulai dari seleksi masuk sekolah hingga seleksi pekerjaan, semua mengedepankan aspek kecerdasan intelektual ini.  Namun jangan khawatir, saat ini sudah ada aplikasi Mindtera. 

Mindtera adalah sebuah platform edukasi untuk kita belajar mengenai kecerdasan emosi, sosial, fisik, dan pengembangan diri seputar keluarga, cinta, dan kerja.

logo aplikasi mindtera
logo Mindtera
yang dipelajari di aplikasi Mindtera
yang dipelajari di Mindtera (sumber : aplikasi Mindtera)

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Karena melalui aplikasi ini masyarakat dapat berlatih self healing untuk mengelola stress dengan berkesadaran. Ingin tahu lebih jauh bagaimana aplikasi Mindtera membantu kita mengelola hidup dengan lebih baik? Yuk, lanjut dibaca artikelnya ...

Berkenalan dengan Aplikasi Mindtera

Hari Jumat tanggal 1 Oktober lalu,  saya bersama dengan beberapa kawan blogger, mengikuti webinar dengan tema "Kelola Hidup Lebih Baik Dengan Aplikasi Mindtera : Kelola Stress Dengan Berkesadaran." Acara ini dipandu Niken Widowaty, selaku Digital Marketing Specialist Mindtera.

Niken Widowaty dari Mindtera
Niken Widowaty (sumber : Webinar Mindtera)
Dalam webinar ini hadir sebagai nara sumber CMO dan Co- founder Mindtera Bayu Bhaskoro dan  Devy Chan seorang career life coach. 

Dalam sambutannya, Bayu Bhaskoro menyampaikan "Aplikasi Mindtera dibuat sebagai bentuk keprihatinan kurangnya bahasan dan bekal tentang kecerdasan emosi dalam sistem pendidikan di Indonesia." 

Bayu Bhaskoro CMO dan Co-Founder Mindtera
Bayu Bhaskoro, CMO dan Co-Founder Mindtera (sumber : Webinar Mindtera)
Padahal kecerdasan emosi ini memegang peran penting dalam tahapan hidup seseorang selanjutnya. Terutama memasuki usia 40-an di mana persoalan hidup  mulai banyak dijumpai. 

Kecerdasan emosi akan membantu seseorang menghadapi aneka persoalan karena perubahan status dan tanggung jawab yang dipegangnya.  Seperti mulai berkeluarga, bekerja, meniti karir, dan lain sebagainya. Sehingga kecerdasan emosi turut berperan dalam menentukan kesuksesan seseorang. 

Lebih jauh Bayu Bhaskoro menjelaskan, Mindtera adalah aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di indonesia. Materi yang dibuat di aplikasi Mindtera bisa dipertanggungjawabkan secara klinis dan dibawakan oleh fasilitator profesional dan berpengalaman. 

Sangat menarik mendengar penjelasan tentang Mindtera ini. Karena Mindtera bantu kelola hidup lebih baik dan #SemuaBisaDikelola. 
saya dan beberapa kawan blogger mengikuti webinar Mindtera
peserta webinar Mindtera (dok. Mindtera)

Nanti dibagian lain dari artikel saya ini, akan saya ceritakan juga pengalaman saya menggunakan aplikasi Mindtera.  

Stress Management At Work

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Devy Chan. Yang membahas tentang Stress Management At Work. Materi yang dibahas sangat related dengan apa yang saya alami sebagai seorang blogger. 

Padatnya job menulis dan deadline yang berdekatan, serta kebiasaan multitasking menjadi pemicu stress yang saya alami. Agar tidak menimbulkan burn out,  stress ini harus dikelola. 

Devy Chan career life coach dari Mindtera
Devy Chan dari Mindtera (sumber : Webinar)
Menurut penjelasan Devy Chan, stress adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Berbagai tekanan dan perubahan yang terjadi adalah hal yang wajar dalam sebuah pekerjaan. Namun kita bisa mengelolanya agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan.  

Stress sendiri merupakan bentuk reaksi pertahanan diri ketika kita berada dalam situasi yang penuh tekanan agar kita tetap aman dan dapat terus hidup. Di mana stres dapat memberikan motivasi dan meningkatkan konsentrasi agar kita dapat merespon sumber tekanan secara efektif. 

Namun sering juga terjadi stress justru memunculkan perasaan kalut, cemas, dan gelisah, yang membuat kita tidak bisa berpikir jernih sehingga menjadi tidak produktif. Jika itu terjadi,  kita perlu jeda sejenak untuk evaluasi dan berkomunikasi dengan diri sendiri apa yang sebenarnya kita cari. Bisa lewat latihan nafas,  atau journaling

Di materi ini, peserta juga diajak untuk melihat motivasi diri dalam bekerja. Apakah termasuk tipe intrinsik atau ekstrinsik. Karena setiap tipe ada strategi tersendiri agar tetap semangat dalam bekerja. Kemudian diberikan juga tips untuk mengembalikan fokus dan semangat kita terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita. 

tipe intrinsik dan strategi agar selalu semangat kerja
tipe intrinsik dan strategi agar tetap semangat dalam bekerja (sumber : webinar Mindtera)

tipe ekstrinsik dan strategi menjaga ritme kerja
Tipe ekstrinsik dan strategi agar selalu  semangat kerja (sumber : webinar Mindtera)
Sangat menarik materi yang disampaikan oleh Kak Devy ini, sehingga waktu yang disediakan terasa kurang. Sessi kelas yang dilaksanakan juga bertambah seru karena ada kuis yang bertabur hadiah.  Sayangnya, saya belum termasuk yang beruntung mendapatkannya.  

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Mindtera

Seperti tadi sudah dijelaskan, Aplikasi Mindtera adalah Aplikasi Edukasi Pengembangan Multiple Intelligence. Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa diunduh baik lewat android mapun ios. Dalam aplikasi ini program yang ditawarkan dibedakan menjadi 5 kategori.  Yakni kerja, cinta,  keluarga,  fitness,  dan self mastery

contoh program di aplikasi Mindtera untuk kategori cinta
contoh program di kategori cinta (sumber:  aplikasi Mindtera)

Semua program disajikan dalam beberapa video berdurasi pendek yang terbagi dalam beberapa sessi. Setiap hari dalam satu program yang diambil, kita hanya bisa belajar sebanyak satu sessi. Namun dalam sehari kita bebas memilih berapa program yang akan kita pelajari. 

Program yang kita ambil akan dikumpulkan dalam satu tampilan, yang diberi judul "modul produktif". 

modul produktif milik saya
tampilan dari modul produktif (sumber : tangkapan layar aplikasi Mindtera)

Materi yang terdapat di aplikasi Mindtera sangat beragam dan bagus untuk dipelajari. Programnya disusun secara bertahap tidak lebih dari 5 menit sehari. Materi yang tersedia ada yang premium (berbayar) tapi banyak pula yang free

Favorit saya adalah program self mastery (penguasaan diri). Banyak materi menarik yang ditawarkan di program ini.  Seperti materi tentang mengenal self growth, mengenal ragam emosi, mengenal kecerdasan emosi, berdamai dengan stress dan masih banyak lagi. 

contoh program self mastery di aplikasi mindtera
Contoh program self mastery (sumber : aplikasi Mindtera)

Kebetulan kali ini saya ambil materi tentang latihan kesadaran (mindfulness). Dalam program ini kita dilatih untuk hadir pada momen saat ini. Sangat bagus untuk yang suka multitasking dan kurang fokus seperti saya. 

program latihan kesadaran dari Mindtera
Program latihan kesadaran yang saya ikuti (sumber : tangkapan layar apliksi Mindtera)

Materi yang diajarkan terbagi dalam 5 bagian, yakni bernafas dengan kesadaran, makan dengan berkesadaran, berjalan dengan berkesadaran, berkendara dengan berkesadaran, dan mencintai diri dengan berkesadaran. 

Materi di program ini mengajarkan kita untuk selalu menikmati setiap hal yang kita lakukan, sesederhana apapun dengan penuh kesyukuran, agar hidup kita lebih mindful dan tidak mudah stress. Setiap tahapan dari latihan berkesadaran ini berlangsung dalam durasi singkat sekitar 3 menit. Sehingga latihan dapat kita lakukan berulang-ulang agar menjadi sebuah kebiasaan.

Dalam setiap modul produktif yang kita ambil, selalu disertai dengan latihan hening dan rehat. Keduanya merupakan latihan nafas berkesadaran. Hening bisa dijadikah kebiasaan untuk memulai hari, sedang rehat bisa kita praktikkan disela-sela rutinitas harian atau saat mau istirahat malam.  

Melalui program latihan kesadaran, rehat, dan hening, sangat membantu saya lebih bisa mengatur emosi. Nah, itulah pengalaman saya belajar bersama Mindtera. Sebuah platform edukasi untuk belajar kecerdasan emosi, sosial, fisik dan pengembangan diri seputar keluarga, cinta, dan kerja. 

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi setiap orang yang ingin self healing atau ingin lebih bisa menghadapi aneka tekanan hidup sehingga jauh dari stress. Bagi teman-teman yang ingin mencoba berbagai materi yang ada di aplikasi Mindtera, langsung saja download aplikasinya di  play store atau appstore

Teman-teman juga dapat mengikuti media sosial dari Mindtera, agar bisa selalu update informasi tentang aneka program di Mindtera yakni di :

  • Instagram        : @mindtera.id
  • Facebook        : Mindtera
  • Twitter            : @mindteraID

Semoga informasi ini bermanfaat ya..  Salam sehat selalu..

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

16 komentar

  1. Tidak sedikit temen2 aku yg stres bahkan cenderung depresi, ketika pagebluk tak kunjung usai.

    Wah, ada baiknya aku kenalkan app Mindtera ini ya Kak
    Sangat berfaedah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb, kondisi yang tidak menentu dan perubahan hidup yang ekstrem memang bikin hati jadi ga tenang. Harus bisa mengelola emosi biar tetap waras.

      Hapus
  2. Baru tau ada aplikasi seperti ini. Saya yang memasuki usia 20an pun mulai mengalami tekanan emosional, tapi alhamdulillah belum sampai ke tingkat stress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa mulai belajar mengelola emosi dari sekarang. Biar ke depan semakin bisa mengelola stress

      Hapus
  3. bagus ada aplikasi mindtera ya, biar gak mendiagnosis diri sendiri, lalu ngobatin diri tanpa pengawasan psikolog/psikiater. alih2 waras, malah makin error!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, meskipun kalau memang dirasa dibutuhkan, kita tetap harus minta bantuan profesional ya..

      Hapus
  4. Aku baru nemu aplikasi kaya Mindtera ini. Dia lebih menekankan soal EQ ya. Ini penting buat kehidupan kaya zaman sekarang. Jadi penasaran pengen coba Mindtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuk mbak, dicoba mumpung banyak kelas gratisnya

      Hapus
  5. Keren aplikasinya, membantu banget. Untuk mengatasi stres, saya termasuk ke tipe intrinsik, sering melampiaskannya mengerjakan sesuatu yang disukai atau hobi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagusnya kalau sudah paham apa tipe kita, lebih mudah mengelola stress dan meningkatkan kinerja kita ya

      Hapus
  6. Setuju banget, biar enggak menumpuk stressnya wajib dikelola dengan metode yang tepat. Biar produktivitas juga enggak keganggu pas kerja dan biar maksimal kerjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, biar kualitas hidup kita terus terjaga juga

      Hapus
  7. Wahhh mindtera ini membantu banget yaa khususnya dalam kehidupan sehari-hari kita, teknologi yang dikembangkan bisa mengatur tingkat emosi, dan pengembangan diri.. Aplikasi ini bakal jadi kebutuhan banyak masyarakat di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, mengingat tantangan ke depan semakin berat. Sehingga lebih rentan mengalami stress

      Hapus
  8. bagus bgt ini aplikasi bikinan lokal, biar semakin banyak masyarakat indonesia lebih aware terhadap mental health. harapannya semoga app ini gratis ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya, beberapa masih gratis sih..meskipun ada yang berbayar juga. Tapi demi kesehatan jiwa dan raga ga papa deh, investasi

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter