Tingkatkan Produktivitas Kerja Dengan Aplikasi riliv.co

lebih oroduktif bersama rilif.co
Meningkatkan produktivitas bersama aplikasi riliv.co

Dunia kerja penuh hal yang tidak terduga. Dinamikanya kadang membuat tekanan yang menimbulkan stress. Berdasar literatur, stres adalah respons emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar. 

Persoalan yang dihadapi membuat tubuh mengeluarkan hormon stres, yang terdiri dari hormon adrenalin dan kortisol. Keduanya memacu sirkulasi darah, zat lemak, dan juga glukosa.

Kondisi tersebut membuat seseorang menjadi waspada. Sehingga energinya terpacu secara spontan, dan tubuh memberi respon untuk fokus dan peka terhadap bahaya. 

Selama bisa dikelola dengan baik, stress justru dapat memacu produktivitas kerja. Stres menjadikan seseorang segera bergerak untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan. 

Contohnya target kerja yang diterima oleh seorang karyawan yang justru menjadikannya lebih poduktif dan kreatif. Namun sayangnya banyak orang kesulitan mengelola stress. 

Sehingga muncul istilah burnout. Burnout adalah keadaan stress berat yang disebabkan oleh beban kerja. Burnout tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan perlu diatasi dengan tepat karena dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Cara Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Jika dihitung-hitung, waktu kita banyak habis di tempat kerja. Sehingga kita perlu melakukan sesuatu agar selalu merasa nyaman di tempat kerja dan terhindar dari burnout. Dan berikut hal-hal yang dapat kita lakukan : 

burn out di tempat kerja harus dihindari
burn out di tempat kerja (sumber : Pixabay)

1. Temukan motivasi

Dalam bekerja, semua orang punya motivasi. Motivasi adalah dorongan untuk bertindak guna mencapai suatu tujuan. Motivasi akan mempengaruhi cara kerja kita. Berdasar sumber motivasi dalam bekerja, orang bisa dibedakan menjadi dua, yaitu tipe intrinsik dan tipe ekstrinsik. 

Pada orang dengan tipe intrinsik, maka motivasi bekerja adalah dari melakukan pekerjaan itu sendiri. Di mana ciri orang dengan tipe intrinsik diantaranya adalah dia menganggap bekerja sebagai bagian dari berkarya, sehingga dia enjoy dengan proses kerja yang dilakukannya.

Sedangkan pada tipe ekstrinsik motivasi dalam bekerja berasal dari luar atau lingkungan. Ciri dari tipe ini diantaranya termotivasi oleh reward dan insentif, dan mau melakukan pekerjaan agar terhindar dari risiko tertentu. Seperti biar tidak dicap pengangguran,  agar tidak dipecat,  dan lain-lain

2. Lakukan Strategi Agar Selalu Bersemangat

Untuk orang dengan tipe intrinsik, strategi yang bisa dilakukan agar selalu "on" dalam bekerja diantaranya adalah dengan mengingat kembali apa yang disukai dari pekerjaan yang saat ini ditekuni.

Sedangkan untuk orang dengan tipe ekstrinsik, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengingat kembali hal-hal yang sudah didapat dari pekerjaannya saat ini. Seperti jabatan, reputasi, lain sebagainya.

3. Rutin berolah raga

Olah raga mampu mengubah suasana hati dan mood seseorang. Karena olah raga dapat mendorong terbentuknya hormon endorfin sebagai penghilang sakit alami,  dan hormon serotonin serta dopamin, yang membuat suasana hati menjadi bahagia. 

4. Cukup istirahat dan konsumsi makanan bergizi

Tidur yang cukup akan membuat stress kita berkurang. Karena tidur adalah mekanisme alami tubuh untuk memperbaiki sel dan memulihkan energi. 

Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga dapat membantu mengatasi stress. Makanan yang bergizi dapat mencegah menurunnya fungsi peredaran darah, berkurangnya produksi hormon, maupun penurunan fungsi syaraf.

5. Lakukan Relaksasi

Relaksasi adalah kegiatan yang kita lakukan untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang. Kegiatan ini  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental.

Belajar Teknik Relaksasi di riliv.co

Ada banya teknik relaksasi, dan semua bisa dipelajari. Diantaranya melalui aplikasi riliv.co, sebuah aplikasi meditasi dan konseling online nomor 1 di Indonesia, yang sudah banyak diliput media.

Aplikasi riliv.co ini merupakan aplikasi meditasi online terpercaya, yang sudah digunakan lebih dari 300.000 user. Seluruh tenaga psikologi  yang tergabung di riliv.co telah memiliki sertifikasi dari Himpunan Psikologi Indonesia. Selain itu 94% penguna meditasi online di riliv.co merasakan lebih sehat mentalnya.

layanan meditasi online di rilif.co
meditasi online di riliv.co (sumber : website riliv.co)

Layanan di riliv.co

Di aplikasi ini,  kita bisa bisa memperoleh solusi lengkap untuk menjaga kesehatan mental. Berbagai layanan yang ditawarkan diantaranya adalah :

1. riliv Hening

Layanan ini akan membantu kita  lebih tenang, rileks, dan bahagia, cukup dengan mendengarkan konten #heningsejenak selama 10 menit setiap harinya. Di riliv Hening ada 500 konten meditasi yang bisa kita pilih untuk kita dengarkan.

2. riliv Lelap

Terdapat juga layanan riliv Lelap yang akan membantu penggunanya mencapai tidur berkualitas.

3. riliv Konseling

konseling di rilif.co
konseling di aplikasi riliv.co (sumber : website riliv.co)

Di riliv konseling pengguna akan bebas berkonsultasi tanpa takut merasa dihakimi. Dan di sini pengguna juga akan memperoleh saran dari ahli yang akan membantu mencarikan solusi.

Sangat bermanfaat layanan dari riliv.co ini. Membantu kita memahami self healing untuk mengatasi stress sehingga kita lebih produktif dan bahagia menjalani hidup. 

Jadi bagi teman-teman yang ingin belajar meditasi untuk ketenangan diri atau berkonsultasi mengenai masalah yang dihadapi,  bisa lho mencoba memanfaatkan layanan dari riliv.co ini.  Semoga informasi ini bermanfaat ya, salam sehat selalu...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter