Layanan Les Privat Sekolah Internasional di Sinotif Indonesia

Les privat internasional di Sinotif Indonesia
Les Privat Sekolah Internasional di Sinotif Indonesia (design by canva)

Bulan Juli lalu,  saya memperoleh undangan untuk menghadiri open house sebuah sekolah internasional yang ada di Jogja. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya datang ke event yang diadakan oleh sekolah tersebut. Kebetulan seorang kawan menjadi staf di sana. Sehingga saya selalu memperoleh update informasi jika sekolah tersebut mengadakan acara yang bisa diikuti masyarakat umum.

Saya banyak mencari tahu tentang sekolah internasional di Jogja karena titipan saudara. Kebetulan tidak lama lagi saudara saya akan kembali ke tanah air, setelah menetap 4 tahun lamanya di Belanda. Sehingga dia butuh informasi sekolah yang ada di Jogja yang cocok untuk anaknya. Dan sekolah internasional adalah pilihannya. Alasannya supaya anaknya tidak mengalami shock budaya karena perbedaan bahasa yang digunakan.

Nah biar nanti saat pulang dan menetap di Jogja dia tidak bingung dan repot mencari-cari lagi, dia meminta saya untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Agar saya tidak lupa, beberapa informasi yang saya peroleh saya rangkum di sini. Siapa tahu ada dari teman-teman pembaca yang membutuhkan juga. 

Perbedaan Sekolah Internasional dan Sekolah Nasional

Berdasarkan kurikulum yang digunakan, sekolah dibedakan menjadi dua macam. Yakni sekolah nasional dan sekolah internasional. Sekolah nasional adalah sekolah yang menggunakan kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Penyelenggaranya bisa sekolah negeri atau sekolah swasta yang telah memenuhi persyaratan yang terdapat dalam Standar Pendidikan Nasional (SNP). Penyampaian materi di sekolah yang menggunakan kurikulum nasional umumnya menggunakan bahasa Indonesia. Namun ada juga sekolah yang menerapkan sistem bilingual. Jadi materi yang disampaikan kepada siswanya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya. 

Sedangkan pada sekolah internasional, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum internasional dan penyelenggaranya biasanya adalah yayasan/swasta. Kurikulum internasional yang digunakan ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan kurikulum Cambridge International Examination (CIE) ada juga yang menggunakan  International  Baccalaureate (IB).

bimbingan belajar sekolah internasional
siswa di sekolah internasional multi etnis (sumber : pixabay)

Pengajar di sekolah internasional berasal dari pengajar lokal dan juga pengajar asing, dengan kriteria sesuai dengan standar yang ditentukan oleh lembaga pemberi lisensi. Di sekolah internasional, penyampaian materi menggunakan bahasa Inggris.

Sekolah ini cocok untuk anak-anak yang mempunyai keinginan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Karena ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah internasional diakui oleh universitas-universitas terkemuka yang ada di luar negeri. Kebetulan sekolah internasional di Jogja yang open house-nya saya datangi ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB). Dan merupakan satu-satunya sekolah internasional di Jogja yang menggunakan kurikulum IB.

Tentang kurikulum IB

IB atau International Baccalaureate adalah yayasan pendidikan internasional yang berpusat di Jenewa Swiss yang berdiri di tahun 1960-an. Kurikulum yang digunakan oleh yayasan ini  bertujuan untuk mendorong peserta didik lebih kreatif, mengembangkan kemampuan emosi, intelektual dan juga sosialnya.

Dalam kurikulum IB ada 4 program pendidikan yang dibuka,  yakni :

  • Primary Years Programme (PYP), merupakan jenjang setingkat PAUD sampai SD, yang diperuntukkan untuk anak usia 3-12 tahun.
  • Middle Years Programme (MYP), Program ini setara dengan jenjang SMP untuk anak usia 11-14 tahun.
  • Diploma Programme (DP), yakni program setingkat SMA untuk usia 15-18 tahun.

Plus Minus Sekolah Internasional

Memilih sekolah baik itu sekolah nasional maupun internasional adalah hak masing-masing orang tua yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak-anaknya. Mau bersekolah di sekolah internasional atau nasional sama baiknya. Yang penting kemampuan dan potensi anak bisa optimal dikembangkan.  Dan berikut plus minus bersekolah di sekolah internasional yang perlu diketahui :

1. Membuat pola pikir anak lebih terbuka

Belajar di sekolah internasional membuat anak menjadi luas pergaulannya. Karena biasa bertemu dengan berbagai teman dari berbagai negara. Sehingga hal tersebut menjadikan anak memiliki pola pikir yang  lebih terbuka.

2. Mengasah kemampuan bahasa Inggris

Karena bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari maupun penyampaian materi, maka kemampuan bahasa Inggris anak menjadi sangat mumpuni.

3. Mudah melanjutkan kuliah ke luar negeri

Bagi anak lulusan dari sekolah internasional akan lebih mudah masuk ke perguruan tinggi di luar negeri. Karena ijazah yang dikeluarkan sekolah internasional diakui oleh universitas-universitas terkemuka di luar negeri. Di beberapa universitas,  bahkan mereka tidak perlu mengikuti ujian masuk lagi.

4. Biaya mahal

Meskipun mahal dan murah itu relatif, tetapi bisa dikatakan biaya sekolah di sekolah internasional itu mahal. Ini dapat dimaklumi karena memang untuk bisa menggunakan kurikulum internasional, biayanya juga tidak murah. Termasuk biaya untuk pengadaan sarana dan prasarana agar sesuai dengan standar yang diberikan oleh lembaga pemberi lisensi

5. Pelajarannya sulit

Kurikulum internasional yang diterapkan,  memiliki standar ujian dan kelulusan yang berbeda. Karena ujian untuk setiap mata pelajaran ada dua. Pertama berupa teori dan satunya lagi berupa studi kasus. Ditambah lagi meskipun menggunakan kurikulum internasional,  namun siswa sekolah internasional juga harus mengikuti Ujian Nasional.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 31/2014, di mana bagi siswa sekolah internasional yang berkewarganegaraan Indonesia wajib mengikuti UN. Karena beban bagi siswa internasional juga berat, maka tidak heran jika siswa sekolah internasional perlu mengikuti Les International School.

Informasi ini juga yang kemarin saya carikan untuk saudara saya. Mencari informasi tempat Les privat sekolah Internasional untuk anaknya. Kebayang kan sulitnya pelajaran anak setingkat SMA, dengan kurikulum internasional pula. Untungnya sekarang ada Sinotif Indonesia, yang memberikan layanan les pelajaran IB.  Apa itu Sinotif Indonesia?  Yuk dilanjut bacanya..

Sinotif Indonesia Penyedia Layanan Les Privat Sekolah Internasional

Semakin tinggi jenjang pendidikan anak, semakin sulit orang tua memberikan pendampingan materi. Sehingga mereka butuh bantuan pihak lain yang terpercaya untuk mendampingi anak-anak dalam belajar. Saat ini sudah hadir Sinotif Indonesia yang memberikan layanan belajar bagi siswa sesuai kebutuhan.

sinotif indonesia tempat les privat sekolah internasional
Kantor Sinotif Indonesia (sumber : Sinotif Indonesia)

Sinotif Indonesia adalah bimbingan belajar khusus eksakta, yang memberi tambahan materi matematika, fisika dan juga kimia untuk anak sekolah mulai dari SD hingga SMA. Bahkan untuk mahasiswa baru yang sedang persiapan di awal kuliahnya pun sering mengambil les di Sinotif Indonesia juga. Sinotif Indonesia resmi didirikan pada tahun 2000 oleh Bapak Hindra Gunawan (Founder) dan Anthonyus Kuswanto (Co-Founder).

Kurikulum yang digunakan di Sinotif Indonesia menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan siswa di sekolah. Sehingga semua siswa termasuk yang bersekolah di sekolah internasional dapat mengambil les pelajaran di bimbingan belajar ini.

Les privat sekolah Internasional yang bisa diambil di Sinotif Indonesia bisa les Cambridge atau les pelajaran IB. Bagi siswa yang menggunakan kurikulum Cambridge dapat mengambil les A level juga.

Adapun secara umum materi yang diajarkan untuk setiap jenjang untuk siswa sekolah internasional yang mengambil les di Sinotif Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Primary (level 4, 5, 6 ) : Math
  • Secondary (level 7, 8, 9) : Math and Physics (Science)
  • High School (level 10, 11, 12) : Math, Physics and Chemistry

Sistem Bimbingan Les International School di Sinotif Indonesia

Sistem pengajaran yang digunakan di Sinotif Indonesia adalah pengajar akan mengajarkan materi belajar sesuai dengan kebutuhan siswa saat itu. Misalnya dengan mengulang materi sekolah yang belum dimengerti, menuntun pengerjaan PR yang dirasakan sulit, Monthly test preparation, Mid semestral test preparation, Semestral test and final, dan examination preparation.

Jumlah pertemuan untuk les adalah seminggu 2X atau lebih, tanpa biaya tambahan, dengan bahasa pengantar bilingual.

metode yang digunakan di Sinotif Indonesia

Paket Belajar Les Privat Sekolah Internasional

Paket Belajar les international school di Sinotif Indonesia ada dua, yakni Diamond dan Platinum.  Diamond adalah paket untuk privat sedangkan Platinum untuk semi privat. Adapun fasilitas yang diterima dari paket yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

Diamond

  • Live Interaktif
  • Privat (1 siswa)
  • 90 menit per sesi
  • Materi mengikuti kebutuhan siswa
  • Tes penguasaan setiap bab
  • Siswa bisa memilih jadwal

Platinum

  • Live Interaktif 
  • Semi Privat (maks. 5 siswa)
  • 90 menit per sesi
  • Materi mengikuti kebutuhan siswa
  • Tes penguasaan setiap bab
  • Siswa bisa memilih jadwal

Dengan adanya layanan Les privat sekolah Internasional ini, para orang tua tidak bingung lagi bagaimana memberikan pendampingan untuk anak-anaknya nanti.  Terlebih saat ini Sinotif Indonesia sudah go online dan go digital. Sehingga semakin banyak siswa-siswi yang terlayani tanpa batasan jarak dan wilayah lagi.

Apalagi kualitas tenaga pengajar di Sinotif Indonesia sangat diperhatikan. Semua merupakan sarjana lulusan perguruan tinggi ternama dengan IPK minimal 3.00. Sesuai apa yang menjadi misinya, Sinotif Indonesia siap membantu para siswa berkompetisi mengejar cita-cita.

para pengajar les sekolah internasional di Sinotif Indonesia
Para pengajar di Sinotif Indonesia (sumber : Sinotif Indonesia)

Nah, itulah sedikit informasi mengenai sekolah internasional di Jogja dan tempat les yang menyediakan layanan privat bagi siswa sekolah internasional. Semoga artikel ini bermanfaat ya, salam..

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter