INDONESIA BUSINESS OUTLOOK 2022, Future-Fit Organization

talk show future fit organization bersama IWITA
Talkshow Future-Fit Organization (sumber : Binus Business School)

Hari Jumat,  10 Desember 2021 pukul 09.00 - 10.30 lalu saya mengikuti rangkaian acara Indonesia Business Outlook 2022 yang diselenggarakan oleh BINUS BUSINESS SCHOOL. Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memberikan arahan bagi masyarakat dan juga pelaku industri untuk beradaptasi menghadapi berbagai perubahan yang terjadi selama pandemi. Termasuk bagaimana menghadapi berbagai tantangan berikut menangkap peluang yang ada. 

Event ini juga sekaligus menjadi sarana aktualisasi  bagi mahasiswa dan alumni BINUS University untuk berkontribusi di masyarakat, meningkatkan engagement antar mahasiswa, alumni dan pengajar di BINUS Business School, serta mengeratkan relasi dengan industri.

Acara BINUS BUSINESS SCHOOL – INDONESIA BUSINESS OUTLOOK 2022 sendiri berlangsung selama dua hari, dari Jumat-Sabtu, 10-11 Desember 2021. Kegiatan yang digelar ini terdiri dari dua bentuk kegiatan, yakni business talk shows dan conference. Tema besar dari kegiatan ini adalah: “The Rise of Creative Economy”

Talkshow Future-Fit Organization

Saya sendiri hadir di acara Talkshow yang membahas tentang Future-Fit Organization dengan narasumber ibu Martha Simanjuntak. Ibu Martha ini adalah founder dari IWITA (Indonesia Women IT Awareness), yang saat ini menjabat sebagai Head of Community Development PT. Digital Netwerk Venture Indonesia, dan  Owner Chathaulos. Ibu Martha juga merupakan alumni dari BINUS Business School Master Program. 

ibu Martha, Founder IWITA
Ibu Martha Simanjuntak dari IWITA (doc.pri)

Banyak hal menarik yang disampaikan oleh Ibu Martha dalam acara talkshow kali ini. Yang membuka wawasan kita terutama para perempuan untuk senantiasa mengikuti perkembangan jaman agar tidak ketinggalan, terutama menghadapi berbagai perubahan di era digital

Tentang IWITA

Dalam paparan materi yang disampaikan dalam acara INDONESIA BUSINESS OUTLOOK 2022, Bu Martha menyampaikan sejarah pendirian IWITA. IWITA bermula dari rasa keprihatin Bu Martha akan adanya kesenjangan atau gap mengenai penguasaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di kalangan perempuan. Selama ini di bidang IT, perempuan kebanyakan hanya bekerja sebagai tenaga administrasi saja.

Padahal pemahaman tentang teknologi informasi ini sangat penting. Karena perkembangannya akan selalu update dan berkelanjutan. Menurut Bu Martha,  "Perempuan itu harus pintar, karena perempuan melahirkan generasi bangsa."

Sehingga sangat penting bagi para perempuan untuk mengenal dan memahami IT (Infomation Technology), agar perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Serta dapat membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.

IWITA sendiri berdiri pada tanggal 9 April 2009 dan berkedudukan di Jakarta dengan wilayah operasional di seluruh Indonesia. Hal ini berdasarkan akta pendirian yang dikeluarkan pada bulan Januari 2011. Di awal berdiri, anggota IWITA kebanyakan adalah perempuan bekerja. Namun sekarang profil keanggotaan IWITA lebih beragam.  

profil anggota IWITA
Profil anggota IWITA (doc.pri)

Saat ini, IWITA sudah hadir di 14 propinsi dan 24 Kabupaten di Indonesia, dan terus membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung di IWITA. Hal ini tidak lepas dari straregi IWITA untuk berkolaborasi dengan komunitas lain, dengan dukungan leadership yang kuat, tim yang solid,  dan pemanfaatan sosial media.  

Di Jogja tempat tinggal saya, IWITA belum memiliki kantor sekretariat. Namun IWITA pernah menyelenggarakan acara pelatihan tentang woman empowerment, literasi digital, dan kampanye beli produk UKM Kita. 

profil IWITA
perkembangan sekretariat IWITA

IWITA memang terbuka untuk melakukan kerjasama dengan siapa saja. Baik pemerintah, maupun swasta, termasuk juga bekerja sama lintas komunitas. Karena bagi IWITA, kolaborasi adalah penting. IWITA memiliki kepanjangan Indonesia Women Information Technology Awareness. Yakni Oganisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi, yang memiliki concern mencerdaskan Perempuan Indonesia melalui penguasaan dan pemahaman tentang Teknologi Informasi.

Kegiatan IWITA

Kegiatan Yang Dilaksanakan IWITA ada berbagai macam. Seperti mengadakan kegiatan pelatihan tentang IT kepada perempuan pelaku usaha kecil maupun menengah (UMKM),  termasuk kepada ibu rumah tangga. Dampak dari pelatihan yang dilakukan oleh IWITA sangat terasa.  Terutama di kalangan anggota IWITA sendiri, sudah jarang yang merupakan ibu rumah tangga murni. 

latar belakang perlunya digitalisasi
mengapa digitalisasi dalam organisasi penting (doc.pri)

Kebanyakan sudah memiliki usaha sampingan yang dikelola secara online karena mereka sudah paham bagaimana memanfaatkan teknologi untuk berbisnis. Saat ini IWITA juga melakukan kerja sama penjualan berbagai produk UMKM unggulan dari para anggotanya, yang sebagian dari hasil penjualannya didonasikan kepada UMKM di kepulauan Natuna.  

yang dilakukan di IWITA
Yang dilakukan di IWITA (doc.pri)

Bagaimana, tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan-kegiatan IWITA atau berminat untuk bergabung juga? langsung saja kunjungi website IWITA. semoga informasi ini bermanfaat ya.  Salam hangat dari Jogja.. 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter