Jualan Online Mudah Bareng TOKKO

jualan online bareng Tokko
Jualan online mudah bareng TOKKO (sumber : Freepik)

Cara memulai bisnis online sangat penting untuk diketahui. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang harus beradaptasi. Bagaimana tetap memperoleh pendapatan di tengah keterbatasan. Efek pandemi memang luar biasa, banyak orang kehilangan mata pencaharian dan dirumahkan. Jika tidak ingin terpuruk dengan keadaan, kita harus semangat mencari peluang agar terus mendapat cuan.

Salah satu peluang usaha yang potensial di saat pandemi dan bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja,  dan di mana saja, adalah jualan online. Adanya pembatasan dalam berkegiatan dan kekhawatiran terpapar virus corona menjadikan orang lebih suka bertransaksi online.

Hal itu juga yang saya lakukan bersama adik. Mencoba peruntungan membuka bisnis online pembuatan masker kain beserta tempatnya (pouch).

Mengapa Bisnis Online?

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi saya mencoba bisnis online. Di antaranya adalah :

1. Modal tidak besar

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha online tidak besar. Karena kita tidak perlu menyewa tempat usaha dan bisa beroperasi dengan segera.

2. Bisa menggunakan perangkat gawai yang dimiliki

Usaha online bisa kita mulai kapan pun yang kita mau. Tinggal upload di media sosial yang kita punya.  Untuk produk yang dijual pun tidak harus milik kita sendiri. Sehingga tidak perlu modal untuk stok barang. Bisa juga melayani pembuatan by order seperti yang saya lakukan. Semua masker dan pouch kami buat sesuai pesanan.

3. Pangsa pasar luas

Karena pengguna internet dari waktu ke waktu semakin banyak, maka target konsumen menjadi tidak terbatas. Bisa lintas wilayah bahkan lintas negara.

4. Bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja

Membuka usaha offline perlu perhitungan dan pertimbangan matang. Hal ini berkaitan dengan modal yang dikeluarkan. Memiliki pengalaman dalam berbisnis lebih dibutuhkan. Sedangkan untuk usaha online karena minim risiko maka orang yang belum pernah membuka usaha pun berani mencobanya.

Selain itu bisnis offline perlu jam kerja yang pasti. Bisa tutup dan buka tergantung situasi dan kondisi. Sedangkan bisnis online sangat fleksibel. Bisa dibuka kapan saja dan tidak peduli cuaca.

Tantangan Bisnis Online

tantangan bisnis online
tantangan bisnis online (sumber : Freepik)

Meskipun tampaknya mudah dilakukan, bukan berarti bisnis online tanpa tantangan. Beberapa tantangan dalam bisnis online di antaranya adalah :

1. Banyak pesaing

Karena mudah dan tidak perlu banyak persiapan, maka pelaku bisnis online sangat banyak. Barang-barang yang dijual juga besar kemungkinan banyak yang sama. Sehingga persaingan di bisnis online juga ketat. Oleh karena itu perlu strategi jitu agar online shop yang dikelola diserbu konsumen.

2. Bermodal kepercayaan

Pada bisnis online antara penjual dan pembeli semua bermodal kepercayaan. Karena transaksi terjadi tanpa bertemu langsung. Sehingga baik penjual maupun pembeli semua bisa berada dalam posisi sebagai penipu atau yang ditipu.

Penjual online yang tidak amanah banyak ditemui, yang ketika transaksi sudah terjadi barang tidak sampai ke tangan pembeli. Pembeli yang memberi harapan palsu kepada penjual juga banyak.  Setelah deal membeli barang, tidak segera transfer malah kabur. Padahal penjual sudah memesan barang ke pihak lain.

3. Harus selalu beriklan

Pelaku bisnis online banyak jumlahnya. Agar konsumen tahu keberadaan online shop kita, maka kita harus sering beriklan. Beriklan melalui internet ada caranya. Supaya iklan yang dibuat bisa menjangkau banyak orang dan tepat sasaran. Dan itu tidak mudah,  nggak semua orang bisa melakukannya.

Butuh keahlian digital marketing, yang menguasai SEO dan segala pernak-perniknya. Dan ini bukan sesuatu yang bisa dikuasai dalam sekejap. Meskipun ada penyedia jasa internet marketing, tapi biayanya tidak bisa dibilang murah.

4. Harus mempunyai toko online yang representatif

Bagi pelaku usaha,  toko online ibarat etalase. Tempat memajang seluruh produk yang dijualnya.  Toko online juga sekaligus tempat terjadinya transaksi.  Sehingga semua tercatat dengan baik dan bisa segera ditindaklanjuti.

Berpromosi dan memiliki toko online yang representatif adalah dua kendala yang biasanya ditemui pebisnis online pemula seperti saya. Untungnya saat ini saya sudah menemukan solusinya. Yakni dengan menggunakan aplikasi TOKKO. Apa itu TOKKO?  Yuk,  dilanjut bacanya...

Mengenal Aplikasi TOKKO

Hal yang turut menentukan keberhasilan sebuah usaha adalah promosi, termasuk promosi secara online. Sayangnya, banyak penjual online yang masih kesulitan untuk melakukannya. Karena banyak yang belum paham bagaimana caranya. Padahal beriklan secara online dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi. Sehingga memperbesar peluang terjadinya transaksi.

tampilan online store di TOKKO
Tampilan online store saya di TOKKO (doc.pri)

Untungnya saat ini ada TOKKO, aplikasi jualan online sendiri. TOKKO adalah sebuah aplikasi D2C (Direct to Consumer)  yang membuat UMKM bisa membangun digital brand identity dengan memiliki website jualan pribadi dan langsung bisa jualan online beneran.

Keistimewaan TOKKO

Registrasi dan pengelolaan TOKKO sangat mudah. Kita bisa memiliki katalog online cukup dengan mengunggah foto di sana. Segala info tentang produk,  baik harga,  deskripsi,  maupun ketersediaan bisa kita tampilkan langsung dari satu dashboard.

Selain itu, dengan TOKKO kita bisa menjangkau pelanggan dengan lebih gampang. Link toko online maupun link produk yang kita miliki di TOKKO bisa di-share kepada calon pembeli.  Baik via WhatsApp maupun akun media sosial kita lainnya. Pelanggan juga bisa langsung berbelanja tanpa perlu membuat akun di TOKKO.

Untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran, terdapat pula pilihan fitur pembayaran yang 100% aman dan terverifikasi Bank Indonesia serta bebas biaya transfer. Transfer bisa dilakukan lewat bank manapun atau menggunakan e-wallet. Semua pembayaran langsung masuk ke rekening penjual.

Di TOKKO kita juga bisa melakukan pengaturan dan pemantauan terhadap pesanan dan pengiriman barang. Pesanan masuk melalui WhatsApp dan aplikasi. Sehingga bisa dikatakan TOKKO ini sangat user friendly.

Cara membuat online store di TOKKO

Untuk membuat toko online di TOKKO sangat mudah. Caranya :

1. Download TOKKO atau buka website TOKKO di https://tokko.co.id/. Kemudian daftar dengan menggunakan nomor telepon dan masukkan kode OTP. Selanjutnya masukkan nama toko dan pilih kategori.

cara mudah membuat toko online di TOKKO
cara membuat toko online di TOKKO (doc. pri)
2. Buat katalog dengan cara upload produk dan beri deskripsi lengkap, termasuk harga.  Foto yang di-upload minimal ada 3.

3. Atur link pembayaran agar pembeli bisa transfer tanpa dikenakan biaya. Untuk memudahkan pembeli, kita bisa juga mengaktifkan pilihan COD.

4. Atur metode pengiriman yang bisa digunakan.

tiga langkah mudah jualan di TOKKO
3 Langkah jualan di TOKKO (doc. pri)

Dan selesai, online store kita sudah siap digunakan. Kita bisa membagi link toko atau link produk yang kita punya kepada target market kita, lewat WhatsApp, atau sosial media lainnya. Dan enaknya lagi membuat toko online di TOKKO ini gratis tanpa dibebani biaya.

link online store di TOKKO yang bisa dishare
link online store saya di TOKKO yang bisa dishare (doc.pri)

Memperluas Jangkauan Pemasaran Bersama TOKKO Plus

Setelah punya toko online untuk memajang semua dagangan, kita perlu memperluas jangkauan pasar. Nah, TOKKO memiliki fasilitas premium TOKKO Plus yang membuat pemilik usaha dapat mengakses layanan iklan digital baik ke Facebook, Instagram, maupun Google. Sehingga dapat pasang iklan Facebook dan Instagram.

Layanan ini memang berbayar. Namun keuntungan yang akan diterima sangat banyak. Apalagi ada promo hingga 50% dengan berbagai keuntungan seperti bonus kupon diskon dan cashback top up digital ads hingga 3,2 juta, khusus untuk pendaftaran sampai 30 November 2021.

memaksimalkan jualan online di TOKKO dengan TOKKO Plus
upgrade layanan ke TOKKO Plus

Selain itu, dalam 3 bulan ke depan fitur yang dikembangkan TOKKO Plus akan semakin banyak. Di antaranya :

  • Fitur Loyalty Program, dalam hal ini, pemilik online store di TOKKO dapat membuat promo khusus customer yang loyal dalam bentuk cashback dan voucher.
  • Personalisasi poster, akan banyak jenis poster yang menarik yang nantinya bisa kita pilih dan gunakan untuk kita share ke sosial media kita.
  • Fitur admin dan manajemen pengguna, nantinya kita bisa menambahkan fitur owner, admin dan memonitor pengguna aplikasi
  • Personalisasi TOKKO advance dan tema pilihan, TOKKO akan menyediakan fitur untuk memperindah tampilan online store kita dengan tema pilihan yang menarik.
  • Grouping Pelanggan dan Fitur CRM, ke depannya akan terdapat fitur kelompok pelanggan dan memilih cara promosi yang disesuaikan dengan target pelanggan

Ada berbagai pilihan paket Langganan TOKKO Plus yang bisa dipilih sesuai budget. Mulai paket 1 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Semakin lama kita berlangganan, maka biaya yang dikenakan per bulan akan semakin  murah. Kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan.

perbedaan layanan yang disediakan TOKKO PLUS dan free
Perbedaan fitur antara free dengan TOKKO Plus (sumber : TOKKO)

Tahapan untuk Mendaftar layanan TOKKO Plus

Untuk daftar layanan TOKKO Plus caranya juga mudah. Berikut tahapan yang bisa dilakukan :

  1. Login ke akun online store kita di TOKKO. Selanjutnya pilih “Langganan TOKKO PLUS” yang ada di halaman utama.
  2. Klik menu “pilih paket” kemudian tekan tombol konfirmasi.
  3. Setelah itu tunggu pihak TOKKO menghubungi dan menjelaskan secara rinci terkait layanan TOKKO Plus yang kita ambil.
  4. Lakukan pembayaran melalui virtual account yang diinformasikan oleh pihak TOKKO.
  5. Dan layanan TOKKO Plus akan diaktifkan
info paket berlangganan TOKKO Plus
Info paket berlangganan TOKKO Plus yang sudah diaktifkan (doc.pri)
                         

Cara Menggunakan Marketing Ads di TOKKO Plus

Setelah layanan TOKKO Plus kita aktif, kita bisa mulai menggunakan marketing ads. Caranya setelah login, pilih menu marketing dan klik tombol “mulai buat iklan”. Sebelumnya kita perlu menautkan akun Facebook dan akun Google yang kita punya. Selanjutnya top up ads credit, pilih nominal yang kita inginkan dan lakukan pembayaran. Dan kita pun bisa mulai membuat iklan.

fitur premium di paket berlangganan TOKKO Plus
Fitur premium di paket berlangganan TOKKO Plus (doc.pri)

Mudah bukan? Dengan TOKKO kita bisa jualan online beneran. TOKKO membuat UMKM memiliki website toko online mudah dan cepat. Yuk, gunakan TOKKO, aplikasi buat website online shop gratis. Semoga informasi saya ini bermanfaat ya, salam...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter