Keseruan Selebrasi BloggerDay 2022 Peringatan #7thBloggercrony


Panitia bloggerday 2022 bloggercrony community
Para panitia BloggerDay 2022 (sumber : Ig Bloggercrony)

Berkomunitas adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri. Dan itulah yang saya lakukan ketika saya memutuskan menekuni dunia blogging setelah saya resign dari kantor di tahun 2014. 

Banyak manfaat yang saya dapatkan dari berkomunitas. Mulai dari jaringan pertemanan, relasi, ilmu,  kesempatan,  dan masih banyak yang lainnya.  

Cukup banyak komunitas blogger yang saya ikuti. Dan semua memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Di beberapa komunitas, saya lebih banyak berinteraksi di dunia maya. Namun ada juga yang bertemu dan berkegiatan bersama di dunia nyata. 

Berkenalan Dengan Bloggercrony Community

Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti adalah Bloggercrony Community atau yang biasa disingkat BCC. Saya mengenal dan bergabung di BCC sekitar bulan November 2017. 

Kebetulan saat itu BCC bekerja sama dengan Kemenkes RI mengadakan kegiatan Temu Blogger Kesehatan di Jogja. Kegiatan yang mengambil tema Cermat Menggunakan Obat ini dilaksanakan di hotel Grand Aston Jogja, pada tanggal 25 November 2017. Dan waktu itu saya terpilih menjadi salah satu pesertanya. 

Temu blogger kesehatan di Jogja bersama Kemenkes
Event Temu Blogger Kesehatan Bersama Kemenkes (doc. Mbak Wawa)

Dalam acara tersebut, selain memperoleh materi tentang bijak menggunakan obat, para peserta juga memperoleh materi workshop etiket sebagai blogger dari Kang Pepih Nugraha. 

Setelah mengikuti acara dari Kemenkes ini saya kemudian bergabung di Grup WA Bloggercrony hingga sekarang. 

Program-Program di Bloggercrony Community

Bloggercrony termasuk komunitas yang rapi, baik dari struktur organisasi maupun kegiatannya. Komunitas yang berbasis di Jakarta ini mempunyai tagline BloggingNetworkingEmpowering

BCC resmi berdiri pada tanggal 24 Februari 2015 dan sudah terdaftar di Kemenkumham sejak tahun 2018. Secara garis besar, kepengurusan di Bloggercrony terbagi menjadi Founder dan Co-Founders serta pengurus inti yang disebut sebagai BCN Squad

Founder dan co-founder BCC
Founder dan Co-Founders dan pengurus inti BCC (sumber : zoom BloggerDay 2022)

Founder dari BCC adalah  Wardah Fajri yang biasa disapa mbak Wawa. Sedangkan Co-Founder-nya adalah Satto Raji (suami dari Mbak Wawa) yang saat ini menjabat sebagai ketua dan biasa dipanggil Pak Lur, serta Annesa Nisa yang menjabat sebagai bendahara sekaligus sekretaris.

Sedangkan untuk pegurus inti di BCC dipegang oleh 7 orang, yakni : Mbak Yayat, Fawaz Ibrahim, Risalah Husna, Akbar Muhibar, Uniyani, Wiwid Wadmira,  dan Bowo Susilo.  

Untuk memperlancar pelaksanaan program-program di Bloggercrony, semua pengurus memiliki jabatan, spesialisasi, dan tugas masing-masing.

Adapun program-program utama di Bloggercrony adalah sebagai berikut :

1. Blogger Hangout

Program ini diadakan sebagai wadah bagi para blogger untuk belajar bersama, meningkatkan wawasan atau skill yang berhubungan dengan dunia blogging.  

Sebelum pandemi, program Blogger Hangout dilaksanakan rutin secara offline dengan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya. 

Namun karena pandemi, Blogger Hangout ini vakum. Dan dana yang dialokasikan untuk Blogger Hangout dialihkan ke program Bloggerpreneur. 

2. Bloggerpreneur

Program ini merupakan bentuk dukungan BCC kepada para blogger yang mempunyai usaha. Dukungan yang diberikan berupa pelatihan dan kesempatan berpromosi di event yang diadakan BCC (misalnya event BloggerDay) dengan menjadi sponsor di acara tersebut.

Di masa pandemi, Bloggercrony ikut mendukung agar usaha para blogger yang tergabung dalam Bloggerpreneur dapat bertahan. Dukungan tersebut diberikan dengan memberikan tambahan modal sebesar Rp.  500.000,- yang diberikan secara bergilir kepada member Bloggerpreneur terpilih. Dana ini diambilkan dari alokasi dana program Blogger Hangout yang terpaksa vakum karena pandemi.  

3. Blogger Care

Blogger care merupakan program donasi yang diadakan oleh BCC untuk membantu para member yang mengalami musibah karena sakit atau terkena dampak bencana alam.  

Member BCC yang ingin berpartisipasi di program Blogger Care,  dapat mendonasikan dananya melalui rekening BCA 2181649773 atas nama Siti Khoirunnisa dengan nenambahkan angka 7 sebagai kode verifikasi.
 
program blogger care dari bloggercrony
Program Blogger Care Bloggercrony (sumber : Zoom BloggerDay 2022)

Member BCC juga dapat merekomendasikan member lain untuk memperoleh donasi dari Blogger Care

4. Blogger View

Blogger view merupakan kerja sama berbayar atau barter dari pihak ketiga yang menginginkan acara/event/produknya dipromosikan oleh BCC Squad

Karena penawaran terbatas,  biasanya member BCC (BCC Squad) yang akan mengikuti program Blogger View ini dipilih melalui seleksi. Saya sendiri pernah beberapa kali mengikuti program Blogger View ini. Diantaranya mengikuti seminar kesehatan tentang stunting dan juga promo tentang event pameran otomotif GAIA. 

Kemeriahan BloggerDay 2022 Dalam Rangka 7 Tahun Bloggercrony

BloggerDay merupakan agenda tahunan dari BCC  yang diadakan sebagai ajang silaturahmi dan kopi darat para anggotanya sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun BCC.

Kegiatan ini menjadi ajang kumpul dan saling kenal lebih dekat antar sesama member BCC (BCC Squad) yang hadir sebagai peserta. 

Sebagai blogger daerah, memang tidak semua kegiatan BCC bisa saya ikuti. Terutama untuk kegiatan yang dilaksanakan secara offline. Kalau yang sudah-sudah, perayaan BloggerDay selalu diselenggarakan secara offline. Dan karena home base BCC di Jakarta,  maka untuk acara offline biasanya diadakan di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya.  

Namun adanya pandemi menjadikan kegiatan komunitas lebih banyak dilakukan secara online. Dan ini membuka peluang bagi blogger daerah seperti saya untuk dapat mengikuti kemeriahan acara BloggerDay 2022 yang diselenggarakan dalam rangka 7 tahun Bloggercrony yang dihelat pada tanggal 27 Februari 2022 lalu.  

Senang bisa menjadi salah satu peserta bloggerday 2022
senang menjadi salah satu blogger terpilih mengikuti event BloggerDay 2022 bersama BCC (doc.pri)

Acara yang digelar secara daring ini diikuti oleh 100 blogger terpilih. Tema yang diambil untuk peringatan #7thBloggercrony kali ini adalah #ScaleUpYourSkill

Tidak bisa dimungkiri adanya pandemi membuat banyak perubahan yang terjadi. Dan ini perlu disikapi dengan bijak oleh para blogger dengan rajin meng-update kemampuan diri. Karena sebenarnya banyak peluang yang bisa kita dapatkan di dunia digital. Meskipun banyak juga tantangannya. 

Dalam selebrasi virtual BloggerDay 2022 #7thbloggercrony kali ini, BCC menyelenggarakan webinar maraton yang digelar selama kurang lebih 5 jam, dari pukul 11.00 - 16.00 WIB. Ada 3 topik yang dibahas dalam webinar series kali ini yaitu :
  • Pertama membahas tentang "Dunia Digital" : Metaverse dan Kejahatan Berbahasa dengan narasumber Anwari Natari (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia) dan Tuhu Nugraha (Digital Business Consultant & Trainer).
Webinar tentang metaverse
Webinar tentang mataverse (sumber : materi zoom BloggerDay 2022)

  • Materi kedua tentang Blogging yang membahas tentang Organik vs Monetisasi dengan narasumber Matahari Timoer (Blogger & content Creator) dan Joe Chandra (Blogger & CEO of Seven Creative Media). 
Materi webinar tentang blogging
materi webinar kedua tentang Blogging (sumber : materi zoom BloggerDay 2022)

  • Sedangan materi ketiga membahas tentang mental health dengan materi : "Bisa Yuk,  Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu" dengan narasumber Tsurayya Syarif Zain,  S.Pd.I, S. Psi. M.A. 
Webinar tentang mental health
materi webinar ketiga tentang mental health (sumber : Zoom BloggerDay 2022)

Ketiga materi webinar tersebut sangat menarik dan penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan para blogger agar semakin siap menghadapi tantangan ke depan. Mengenai apa saja isi materi webinarnya, nanti secara lebih rinci akan saya ceritakan di artikel saya berikutnya.  

Kesan Mengikuti BloggerDay 2022 #7thbloggercrony #ScaleUpYourSkill

Secara keseluruhan,  selebrasi virtual BloggerDay 2022 yang disiarkan dari Hotel Aston Simatupang ini berlangsung dengan sangat seru. Hal ini tentu tidak lepas dari kerja keras panitia yang membuat acara virtual ini menarik dan tidak membosankan untuk disimak. 

Didukung juga dengan penampilan Febria Silaen selaku MC yang pintar membawa suasana. Sehingga peserta bersemangat untuk mengikuti acara. Bahkan di acara selebrasi ini ada hiburan berupa duet lagu dari 2 orang blogger, yaitu Kak Uwan dan Kak Mely. 

Diawali dengan sambutan dari ketua panitia Kak Akbar Muhibar, kemudian sambutan dari ketua BCC Pak Lur Satto Raji,  dan penjelasan tentang seluk beluk Bloggercrony dari Mbak Wawa, selaku Founder, acara BloggerDay 2022 kali ini bertabur banyak hadiah. 

Mbak Wawa, Founder Bloggercrony
Mbak Wawa, Founder dari BCC (sumber : Zoom Blogger Day 2022)

Dan senangnya, semua peserta yang hadir dalam acara BloggerDay #7thbloggercrony kali ini memperolehnya. Ada yang memperoleh karena menang kompetisi,  ada juga yang karena faktor lucky. Tapi apapun itu, yang pasti semua peserta happy. Saya sendiri memperoleh hadiah undian Wheel Lucky Draw, bersama 29 teman lainnya dan berhak mendapatkan e-wallet sebesar Rp. 25.000,00.

Dalam acara BloggerDay 2022 #7thbloggercrony kali ini diumumkan pula pemenang Most Wanted Blog. Most Wanted Blog Award adalah penghargaan yang diberikan kepada anggota resmi BCC yang banyak membuat tulisan organik di blognya. 

Tahun ini penghargaan diberikan kepada Kak Dewi Puspitasari yang mempunyai alamat blog dewipuspitasari.net. Kak Dewi ini konsisten membuat tulisan organik di blognya. 

Kak Dewi biasa menulis tentang apa saja yang dia alami sehari-hari. Targetnya dalam satu hari harus ada satu tulisan baru di blognya.  Suatu semangat dan konsistensi yang patut ditiru oleh blogger lain termasuk saya yang masih sering malas membuat tulisan organik.  

Sebagai salah satu blogger terpilih di acara BloggerDay 2022 #7thBloggercrony, ada banyak keuntungan yang saya dapatkan. Selain bisa mengikuti rangkaian webinar menarik, saya juga memperoleh souvenir cantik dari Cera Production berupa pin dan juga sticker.  

souvenir cantik dari cera production
kenang-kenangan dari Cera Production (doc.pri)

Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak di bidang production service yang menyediakan aneka produk berupa premium gift set,  seragam kerja, souvenir maupun kebutuhan cetak lainnya.  

Selama lebih dari 10 tahun,  Cera Production dipercaya oleh lebih dari 350  perusahaan dan instansi untuk memenuhi kebutuhan souvenir kantor maupun seminar kit kantor. 

Dalam perayaan BloggerDay 2022 #7thbloggercrony kali ini,  Cera Production turut berkontribusi mensukseskan acara selebrasi virtual 7tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia dengan menjadi sponsor pendukung yang memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad. Jadi bagi teman-teman yang kantornya membutuhkan souvenir maupun seminar kit kantor, bisa banget nih menggunakan jasa dari Cera Production. Apalagi Cera Production saat ini sudah dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. 

Nah,  demikian gambaran keseruan selebrasi BloggerDay 2022 dalam rangka #7thbloggercrony yang saya ikuti. Semoga tahun depan saya bisa mengikuti event ini lagi.  Dan bagi teman blogger yang belum bergabung di komunitas @bloggercrony,  yuk, buruan gabung. Ada banyak hal positif yang bisa diperoleh di komunitas ini.  

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter