Berinvestasi Mudah Di Pasar Modal Bersama InvestasiKu

investasi mudah bersama aplikasi investasiku
Berinvestasi mudah di pasar modal dengan InvestasiKu (design by : Canva)

Beberapa waktu yang lalu, saya bercerita kepada suami tentang seorang kawan yang berhasil dalam berinvestasi. Kawan saya itu berhasil mendulang rupiah dari investasi saham yang dia jalani. 

Saya pun tertarik ingin mencobanya juga. Tetapi suami mengingatkan jika itu tidak gampang dan harus dipelajari. Dan bagi saya yang belum berpengalaman sebaiknya belajar dulu kepada yang lebih mengerti. 

Bak gayung bersambut belum lama ini saya berkesempatan mengikuti webinar tentang investasi yang diselenggarakan oleh Komunitas ISB bekerja sama dengan sebuah platform keuangan bernama InvestasiKu.  

Materi yang disampaikan oleh nara sumber sangat menarik dan membuat saya semakin sadar untuk segera mempersiapkan dana pensiun.  

Karena berdasar tahapan hidup manusia, semakin tua saving kita semakin habis. Sementara konsumsi jalan terus. 

dalam tahapan kehidupan manusia kemampuan menabung semakin tua semakin turun
dalam tahapan kehidupan, seiring bertambahnya umur kemampuan saving semakin turun
(sumber : materi webinar InvestasiKu)

Dalam webinar tersebut,  ada satu kalimat pembuka dari narasumber yang sangat berkesan untuk saya. Saat itu Pak Firman dari InvestasiKu menyampaikan hidup itu seperti roller coaster, kadang di atas kadang di bawah. 

Kita perlu menabung untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Namun berapapun kita menabung itu tidak akan pernah cukup. Hal tersebut dikarenakan nilai uang dari waktu ke waktu selalu mengalami penurunan karena inflasi.

Contohnya nilai uang 10.000 saat ini tentu akan berbeda nilainya dengan uang 10.000 lima tahun mendatang. Padahal semua orang mempunyai batas waktu untuk menabung.  

nilai uang dari waktu ke waktu yang selalu turun
Penurunan nilai uang akibat inflasi (sumber : webinar InvestasiKu)

Oleh karena itu kita perlu strategi agar pendapatan kita tidak terkena inflasi. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi dan membuat perencanaan keuangan agar segalanya menjadi terarah. 

Misalnya kita membuat perencanaan keuangan untuk mempersiapkan dana pensiun, dengan berinvestasi di pasar modal. Kita bisa membuat ilustrasi instrumen investasi apa yang akan kita pilih yang memiliki tingkat return atau pengembalian cukup tinggi, seperti gambaran berikut ini :

perencanaan keuangan untuk mempersiapkan dana pensiun
Perencanaan keuangan untuk persiapan dana pensiun (sumber : webinar InvestasiKu)

Namun tentu saja return yang besar ini sebanding dengan risikonya yang juga tinggi (high risk high return). Itulah sebabnya sebelum memutuskan untuk berinvestasi di pasar modal, kita harus paham dengan insrumen investasi yang akan kita gunakan. Di situlah pentingnya kita belajar.  

Dan senangnya, InvestasiKu juga mengakomodir kebutuhan investor pemula yang ingin belajar seluk beluk investasi. InvestasiKu tidak hanya menawarkan kemudahan untuk berinvestasi di pasar modal. 

Platform ini juga memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar paham dan mengerti berbagai instrumen investasi yang ditawarkan di pasar modal. 

belajar investasi melalui investasiku
akses edukasi investasi di InvestasiKu (sumber : InvestasiKu)

Dan sebagai ibu rumah tangga yang masih awam dengan investasi di pasar modal, fasilitas dari InvestasiKu ini tentu yang saya cari.

Di web InvestasiKu kita akan menemukan menu khusus edukasi tentang investasi bagi pemula di bagian akademi. Di bagian ini disediakan berbagai modul yang mengupas informasi seputar investasi pasar modal.

Seperti materi pengenalan dasar saham, analisis fundamental,  pasar modal, dan lain-lain. Beberapa modul bisa diakses secara free, beberapa ada yang berbayar. Namun jangan khawatir, biayanya terjangkau dan ada fasilitas tambahan yang menarik. 

Pengertian Investasi

Sebelum saya cerita lebih lanjut tentang InvestasiKu, mungkin perlu dibahas dulu apa itu investasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Sedangkan menurut OJK investasi adalah penanaman modal yang dilakukan dalam jangka panjang pada instrumen investasi tertentu. Bisa untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham dan surat berharga lainnya, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Investasi dapat dilakukan melalui pasar modal. Instrumen yang bisa dimanfaatkan  mencakup Saham, Obligasi/ Sukuk,  dan Reksa Dana.

Pertimbangan Sebelum Berinvestasi

Ketika kita ingin berinvestasi, ada beberapa pertimbangan yang perlu kita lakukan sebelum memutuskannya. Diantaranya :

1. Pastikan Kondisi keuangan kita sehat

Ini penting untuk dilakukan, karena untuk berinvestasi dana yang kita gunakan harus benar-benar uang dingin. Bukan uang yang kita peroleh dari pinjaman atau uang konsumsi. Dan sebelum berinvestasi kita juga harus pastikan dana darurat aman,  demikian juga asuransi kesehatan

2. Tahu tujuan dan jangka waktu investasi 

Agar instrumen investasi yang kita pilih tepat,  maka kita harus paham tujuan dan jangka waktu kita berinvestasi, dan besaran dana yang harus kita siapkan. 

Misalnya saja untuk ivestasi jangka pendek yang waktunya kurang dari 1 tahun hingga maksimal 3 tahun, seperti dana untuk renovasi rumah. Maka instrumen yang disarankan adalah yang fluktuasinya stabil dan likuiditasnya tinggi. Seperti deposito, reksa dana pasar uang, atau surat utang negara jangka pendek.

Sedangkan untuk investasi jangka menengah, dengan jangka waktu 3-10 tahun misalnya untuk persiapan dana pendidikan, maka instrumen yang bisa dipilih adalah yang mempunyai risiko moderat. Seperti reksadana pendapatan tetap (obligasi), obligasi swasta, maupun reksadana campuran. 

Adapun untuk investasi jangka panjang dengan kurun waktu lebih dari 10 tahun misalnya untuk persiapan dana pensiun, kita bisa memilih instrumen investasi yang lebih fleksibel. Bisa yang risikonya moderat atau tinggi. Seperti reksadana, saham,  properti,  atau logam mulia.  

3. Kenali Risiko Investasi dan Profil Risiko

Setiap investasi memiliki risiko berbeda-beda. Oleh karena itu penting bagi setiap orang yang berencana untuk berinvestasi paham akan hal ini. Agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. 

Sehingga sangat disarankan bagi calon investor untuk secara detil mempelajari berbagai instrumen investasi. Terutama instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi .

Selain itu bagi yang ingin berinvestasi juga harus sadar karakter diri sendiri. Termasuk kategori mana kita. Yang suka main aman atau suka dengan risiko atau tantangan.  

Karena sesuai prinsip investasi, semakin tinggi keuntungan yang ditawarkan, risikonya juga semakin tinggi. Dan itu harus kita perhitungan. Kuncinya kita harus paham dengan investasi yang kita pilih dan paham apa yang harus dilakukan. 

Tentang InvestasiKu

Nah, sekarang lanjut cerita tentang InvestasiKu. Seperti di awal sudah saya singgung, InvestasiKu ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba berinvestasi di pasar modal. Karena sebelum memutuskan berinvestasi, kita bisa belajar terlebih dulu melalui modul gratis yang disediakan. 

Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, kita bisa berlangganan yang berbayar. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp.99.000,00/bulan, dan ada fasilitas trading bareng coach juga. 

Selain itu kita juga bisa belajar investasi melalui menu eduvest,  baik melalui artikel, webinar, video,  atau podcast yang bisa diakses melalui web atau melalui aplikasi InvestasiKu. 

Setelah kita merasa cukup paham dan tertarik berinvestasi di pasar modal, kita bisa download aplikasi InvestasiKu. 

Tentang Aplikasi Investasiku

Aplikasi InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas. InvestasiKu memiliki misi membuka akses yang luas kepada masyarakat terhadap produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau, hanya dalam satu genggaman.  

Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Aplikasi ini tersedia untuk android maupun ios. Cara download-nya cukup mudah. Pertama-tama teman-teman mendaftar dulu melalui link berikut ini. Kemudian isi data sesuai yang diminta dan tekan tombol daftar. Jika sudah, teman-teman dapat langsung men- download aplikasinya. Dan nikmati berbagai fasilitas berikut ini :

tampilan di aplikasi InvestasiKu
Tampilan depan aplikasi InvestasiKu (doc. pri)

aplikasi InvestasiKu yang saya miliki
aplikasi InvestasiKu (doc.pri)

1. Kemudahan dalam pembukaan rekening

Ketika kita ingin berinvestasi kita membutuhkan rekening yang disebut RDN (Rekening Dana Nasabah).  Rekening ini diperlukan Investor untuk jual beli saham atau instrumen investasi lainnya.

Di InvestasiKu pembuatan RDN ini sangat mudah, dan selesai dalam 1 hari kerja. Teman-teman tinggal melakukan 3 langkah mudah. Yaitu validasi e-KTP,  isi formulir pembukaan rekening, serta verifikasi biometrik. Jika semua telah selesai diverifikasi, Rekening Dana Nasabah sudah selesai dibuat.

langkah mudah membuat rekening RDN di InvestasiKu
langkah mudah membuat rekening di InvestasiKu (doc.pri)

2. Bonus poin untuk setiap transaksi

Untuk setiap transaksi,  kita akan memperoleh poin tertentu.  Di mana Setiap 1 poin bernilai 1 rupiah. Poin ini bisa ditukar di semua merchant CT - Corp. Ada juga penawaran promo berupa voucher yang bisa kita manfaatkan.  

3. Trading Idea Setiap hari

Informasi seputar saham dapat diperoleh setiap hari mulai pukul 08.30 secara live di akun Ig InvestasiKu. 

4. Ada banyak pilihan investasi

Dalam satu aplikasi terdapat beragam pilihan investasi. Sehingga kita akan memperoleh kemudahan untuk berinvestasi baik saham, reksa dana, maupun obligasi, serta membuat rencana keuangan. 

Terdapat pula informasi mengenai pergerakan saham, informasi saham pilihan,  maupun reksa dana terbaik yang akan membantu kita dalam mengambil keputusan.  

5. Terdapat program refferal yang menguntungkan

Bagi member lama yang ingin mengajak orang-orang di sekitarnya untuk menggunakan aplikasi InvestasiKu,  bisa menggunakan kode refferal yang dimiliki agar memperoleh tambahan poin. 

kode referral saya di InvestasiKu
Kode referral saya di InvestasiKu (doc.pri)

Jadi bagi teman-teman baik pemula maupun yang sudah paham investasi, bisa nih mencoba berbagai fasilitas dan layanan yang ada di aplikasi InvestasiKu. Buruan download, dan pakai kode referral saya SAPT244466, atau klik banner di bawah ini ya. Terima kasih.  

Link Banner 
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Aku harus belajar ki mba tentang investasi...ngunduri tuo..pengennya setelah suami pensiun ada pemasukan sampingan, lha diitung2 umur..pas ayahe pensiun alya masih kuliah. Padahal uang kuliah saiki ngeri... Thanks infonya yaaa...

    BalasHapus
  2. Wah, keren nih buat kita yang ingin berinvestasi di pasar modal bia menggunakan aplikasi InvestasiKu :) Caranya praktis ya tinggal diikuti saja langkah2nya membuat RDN dll. Sambil memperlajarinya kita bisa baca2 artikel dan menonton video yang tersedia. Kepoin lebih lanjut ah. TFS mbak.

    BalasHapus
  3. Semenjak pandemi ini jadi banyak yang melakukan investasi ya mak, apalagi kalau denger cerita dari teman yang sudah berhasil itu rasanya kok wah dan keren banget nih. Tapi balik lagi kalau investasi pilih yang memiliki risiko paling kecil. ini kok menarik ya si aplikasi investasiku.

    BalasHapus
  4. Setuju, sebelum berinvestasi harus membuat dana darurat aman dulu.
    Suka ngeri kalau baca berita, orang investasi tapi duitnya hasil berhutang. Sudahlah investasi belum tentu menguntungkan, mesti rutin bayar hutangnya pula

    BalasHapus
  5. Waah bagus Investaku bukan hanya menawarkan Investasi tapi juga berbagi ilmu tentang Investasi.

    Maraknya investasi bodong harap masyarakat berhati hati, wajib meneliti lebih detil sebelum membeli

    BalasHapus
  6. Saat ini, investasi adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan ya mbak
    Bagi pemula emang harus lebih hati-hati dalam memilih investasi
    Untung sekarang ada InvestasiKu ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter