YIS TALENT SHOW AND BAZAAR, Ajang Berekspresi dan Berkreasi Bagi Siswa

YIS talent show and bazaar
Keseruan acara YIS Talent Show and Bazaar

YIS TALENT SHOW, ALL YOU CAN EAT, AND ART BAZAAR, menjadi ajang berekspresi dan berkreasi bagi siswa Yogyakarta Independent School

Tanggal 31 Mei 2022 lalu saya mengikuti sebuah event menarik yang diselenggarakan oleh Yogyakarta Independent School atau YIS. YIS adalah sebuah sekolah internasional di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB (International Baccalaureate) dan merupakan satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum ini secara penuh, dari PYP, MYP, hingga DP.  

Acara bertajuk YIS TALENT SHOW, ALL YOU CAN EAT, AND ART BAZAAR ini merupakan ajang unjuk kebolehan minat dan bakat dari seluruh anggota komunitas YIS, baik siswa, pengajar, maupun staf dan orang tua siswa. 

Pelaksanaan acara yang merupakan kolaborasi dari seluruh entitas YIS ini juga sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur setelah kurang lebih 3 tahun aktivitas belajar dan mengajar dibatasi akibat pandemi.

Selama kurang lebih 1,5 jam kami yang hadir disuguhi dengan aneka atraksi yang menarik dan mengesankan dari seluruh pengisi acara. Ada penari hingga musisi, pesulap, ilmuwan, dan juga pelukis. Setiap peserta tampil dengan penuh percaya diri. Menonjolkan keunikan masing-masing dan tahu bagaimana cara memikat penonton.

penampilan guru dan siswa di acara YIS Talent Show
Penampilan staf pengajar dan siswa (doc. YIS)

Tidak heran tepuk tangan dan sorak-sorai membahana di tengah-tengah berlangsungnya acara. Semua ikut bersuka cita dan larut dalam kemeriahan suasana. 

Untuk menambah keseruan dan semangat dari para pengisi acara, dalam acara talent show ini dilakukan pula penilaian untuk memilih yang terbaik dari 3 kategori. Yakni pementasan terbaik, kreativitas dan orisinalitas terbaik, serta yang paling berbakat. Selain itu sebagai wujud apresiasi, semua penampil juga diberikan penghargaan. 

penonton acara YIS Talent Show dan bazaar
sebagian penonton yang menikmati acara talent show (doc. YIS)

Usai pementasan bakat yang digelar di lapangan basket YIS, acara dilanjutkan dengan bazaar kuliner yang diselenggarakan di koridor YIS. Acara ini diselenggarakan oleh siswa sekolah dasar dan menengah untuk merayakan berakhirnya proses belajar mereka di tahun ajaran 2021/2022. 

sebagian pengisi acara YIS Talent Show
sebagian pengisi acara YIS Talent Show (doc. pri)

Dalam kesempatan tersebut, pihak YIS menyampaikan bahwa kegiatan seperti Talent Show dan Bazaar ini merupakan proyek tahunan tematik. Di mana tema yang diambil setiap tahun selalu berbeda. Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah transportasi. 

Sehingga untuk pelaksanaan bazaar, stand penjualan ditata sedemikian rupa menyerupai truk. Hal ini dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa bahwa dalam berjualan, kita bebas untuk berkreasi sesuai keinginan kita. 

Seperti sudah saya sampaikan di awal, YlS berpedoman pada kurikulum IB. Kurilulum IB didesain untuk mempersiapkan peserta didik menemukan dirinya sendiri dan unggul di bidangnya. Sehingga  YIS berfokus pada pembelajaran berbasis inkuiri agar siswa terbiasa untuk berpikir kritis dan mandiri.

Oleh karena itu YIS berupaya untuk melaksanakan kegiatan yang memungkinkan siswa dapat belajar melalui suatu hal yang nyata dan bermakna. 

pengunjung bazaar YIS
sebagian pengunjung bazaar YIS (doc.pri)

Dalam kegiatan bazaar ini,  siswa yang tergabung dalam kelas Primary Years Programme (setingkat SD) dapat menjual hasil seni dan kreasi kuliner mereka. Sementara bagi siswa kelas 8, acara ini merupakan bagian dari proyek interdisipliner yang menggabungkan kemampuan desain dan bahasa. Yakni membuat identitas kuliner baru dari masakan spanyol untuk kemudian ditawarkan kepada para penggemarnya.

gambaran suasana Bazaar di YIS
suasana bazaar YIS (doc.YIS)

Dengan kegiatan yang digelar ini diharapkan di tahun mendatang semakin banyak bakat-bakat baru dan kuliner khas baru ditemukan dan dikembangkan di YIS. 

food truck fest di YIS
Tema bazaar di YIS tahun ini, Food Truck Fest (doc. YIS)

Sekilas Tentang YIS

YIS atau Yogyakarta Independent School merupakan sekolah internasional yang berdiri pada tahun 1989. Saat ini YIS menempati lokasi yang cukup tenang dan asri. Dengan gedung dan fasiltas lain yang memadai. Seperti lapangan olah raga ukuran olimpiade, lahan hijau yang luas, dan taman botani.

gedung YIS yang representatif
gedung YIS (sumber : Instagram YIS)

Sebagai sekolah internasional yang menggunakan kurikulum IB (International Baccalaureate), ada 3 program yang ditawarkan di YIS. Yaitu :

1. Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3 - 12 tahun.

Fokus pembelajaran di program ini adalah pembentukan karakter siswa menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, cepat tanggap, dan sadar akan potensi yang mereka miliki.

pembelajaran di PYP YIS
pembelajaran siswa PYP (sumber : instagram YIS)

2. Middle Years Programme (MYP)  untuk usia 11 - 16 tahun.

Di program ini siswa dilatih untuk mempelajari konteks, memahami konsep, penggunaan bahasa dan  identitas, pengabdian sosial, dan membuat proyek pribadi. Sistem belajar dilakukan secara moving class.

pembelajaran siswa MYP di YIS
pelajaran science di YIS (sumber : instagram YIS)

3. Diploma Programme (DP)  untuk usia 16 -  19 tahun.

Diploma Programme (DP) ini bertujuan  mempersiapkan siswa secara mental maupun akademik untuk masuk ke uiversitas di luar negeri. Di mana hasil pembelajaran di YIS ini diakui oleh banyak universitas terkemuka di dunia.

Dalam program ini materi yang diberikan terbagi dalam 6 kelompok pelajaran, yaitu : language and literature, language acquisition,individual and societies, science, mathematics, dan the arts

Keistimewaan YIS

Sebagai sebuah sekolah internasional, YIS memiliki berbagai keunggulan. Diantaranya :

YIS mempersiapkan siswa kuliah ke luar negeri
sukses bersama YIS (sumber : instagram YIS)

1. Memiliki misi dan visi yang jelas

Visi dan misi dari YIS adalah mengedukasi dan menginspirasi siswa-siswanya menjadi pribadi yang mandiri, kritis dalam berpikir, dan peduli terhadap masyarakat dunia yang beragam.

2. Menempatkan orang tua sebagai mitra

YIS memiliki pandangan orang tua dan sekolah adalah partner untuk mewujudkan mimpi-mimpi dan harapan para siswa.  Sehingga kerjasama yang harmonis antara orang tua dan sekolah sangat diperlukan.

3. Memperoleh akreditasi dari Kemendikbud

Di samping memakai kurikulum IB, YIS juga memperoleh akreditasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta menjadi anggota dari East Asia Regional Council of Schools.

4. Banyak kegiatan ekstra kurikuler yang bisa diikuti.

Di YIS, para siswa juga dapat mengasah keterampilan dan bakat yang dimiliki dengan mengikuti berbagai kegiatan esktra kurikuler. Selain itu terdapat juga kegiatan kunjungan budaya,  program pertukaran pelajar dengan sekolah internasional lain yang bisa diikuti

5. Menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri

Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, YIS menjadi pilihan terbaik. Karena ijazah dari YIS diakui. Banyak universitas terkemuka yang memberikan banyak kemudahan bagi lulusan YIS IB-DP.  Sehingga untuk masuk menjadi mahasiswa tidak perlu mengikuti test masuk lagi. 

Nah, itulah sedikit gambaran tentang YIS. Bagi Bapak/Ibu yang tertarik untuk mendaftarkan putra/putrinya sebagai siswa atau ingin tahu lebih banyak tentang YIS bisa langsung datang ke kantor YIS yang beralamat di Jalan Tegal Mlati No 1, Jombor Lor, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, telp (0274) 5305147. Atau dapat pula melalui whatsapp di nomor 08112632442. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter