Soto Banjar Yummy, Kreasi Resep Tiga Sapi

Soto Banjar Tiga Sapi Susu Evaporasi
Soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi

Soto Banjar adalah hidangan khas dari Kalimantan Selatan yang menjadi favorit keluarga saya. Aroma rempahnya yang kuat,  rasanya yang gurih dan nikmat, menjadi daya tarik utamanya.

Saya masih ingat kapan pertama kali saya mencicipi hidangan ini. Yaitu saat saya masih duduk di bangku SMA. Waktu itu ada salah seorang kawan ibu yang datang ke rumah dan membawakan kami rantang berisi soto Banjar sebagai buah tangan.

Secara isi, soto Banjar ini hampir mirip dengan soto lainnya. Ada soun, suwiran ayam, potongan tomat, taburan bawang goreng, dan daun seledri. Yang membedakan adalah warna kuahnya yang berwarna putih tidak bening. 

Hal ini dikarenakan kuah soto Banjar tidak dibuat dari kaldu saja. Tetapi ada tambahan susu segar di dalamnya. Tidak heran jika cita rasa soto banjar lebih gurih dan lezat, dengan aroma rempah yang menggugah selera. Sebagai pelengkap, soto Banjar disajikan bersama perkedel kentang dan potongan telur rebus. 

Kami sekeluarga sangat cocok dengan cita rasa dari soto Banjar ini. Bahkan ibu secara khusus meminta kepada temannya untuk diajari membuat soto Banjar agar bisa memasaknya sendiri.

Sejarah Soto Banjar

Ada yang unik dari soto Banjar ini. Di lansir dari media Kompas tanggal 21 Desember 2021, seorang ahli Cagar Budaya Banjarmasin bernama Mursalin dalam sebuah webinar mengenai Potensi Soto Banjar sebagai Gastro Destination Kota Banjarmasin mengatakan, soto Banjar merupakan makanan hasil pertemuan berbagai budaya. 

Yakni budaya Tiongkok, Belanda, India, Arab, dan Banjar. Masing-masing budaya memberikan pengaruh yang berbeda. 

Tiongkok adalah bangsa yang pertama kali memperkenalkan hidangan soto ke nusantara. Kemudian hidangan ini mengalami perubahan rasa, disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. 

Pengaruh kuliner Belanda pada hidangan soto Banjar tampak pada penggunaan daun seledri, potongan wortel, kentang, dan tambahan perkedel.

Sedangkan budaya India, membawa pengaruh makanan berbumbu kental seperti kare. Yang dalam soto Banjar ditunjukkan dengan adanya penambahan susu segar pada kuahnya. 

Adapun pengaruh bangsa Arab adalah pada  penggunaan aneka rempah seperti cengkeh, adas, kapulaga, dan pala.

Sedangkan cita rasa lokal yakni budaya Banjar terlihat dari penambahan cita rasa lemak dari kaldu dan susu, dan sedikit rasa manis dari kayu manis. 

Melihat sejarah panjang dari Soto Banjar,  tidak heran jika cita rasanya, memang menakjubkan.

Soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi

Sebagai pencinta masakan  nusantara, saya dan keluarga senang mencicipi hidangan khas dari berbagai daerah. Jika kami cocok dan suka dengan cita rasanya,  kami akan mencoba membuat masakan itu sendiri.

Kebetulan ibu hobi memasak,  dan hobi itu sedikit menurun kepada saya. Dan untuk soto Banjar, saya sudah mencoba membuatnya berkali-kali, dengan resep yang sedikit saya modifikasi.

Jika resep soto Banjar yang biasa ibu saya gunakan kuahnya memakai tambahan susu segar, maka saya menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Karena di tempat saya tinggal sekarang, susu segar sulit didapatkan.

Membuat Soto Banjar Untuk Challenge  Cerita Tiga Sapi
Soto Banjar dengan tambahan Tiga Sapi Susu Evaporasi lebih yummy (doc.pri)

Sementara produk Tiga Sapi Susu Evaporasi mudah saya peroleh di toko bahan kue yang ada di dekat rumah. Selain itu Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis. Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. 

Untuk kemasan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi seberat 500 gram dibanderol di harga 15ribuan saja. Satu kemasan ini bisa saya gunakan berkali-kali.  Untuk campuran makanan atau minuman

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini tersedia dalam kemasan kotak yang dilengkapi tutup berulir. Sehinga memudahkan saya untuk menyimpan dan menggunakan kembali saat diperlukan. 

Selain Tiga Sapi Susu Evaporasi, Tiga Sapi juga mengeluarkan produk Tiga Sapi Kental Manis. Tiga Sapi Kental Manis ini Lebih Praktis dan Ekonomis. Bisa langsung dituang sebagai topping aneka makanan dan minuman, atau digunakan sebagai campuran untuk membuat Resep Kreasi Tiga Sapi berupa kudapan manis untuk teman minum teh di sore hari. 

Tiga Sapi Kental Manis ini tersedia dalam kemasan 490 gram, dengan harga 13rban. Memang tidak bisa dimungkiri, semua produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis. Tidak heran jika banyak orang memilih Tiga Sapi sebagai produk pilihan. 

Challenge Cerita Tiga Sapi

Beberapa waktu lalu seorang kawan memberi informasi. Akan ada Challenge Cerita Tiga Sapi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 9 - 30 September 2022 mendatang, dengan hadiah yang cukup lumayan. Siapa saja boleh mengikuti kompetisi ini.

Adapun mekanisme yang harus diikuti adalah :

  1. Follow akun instragram @lezatnyatigasapi dan Facebook Fanpage Tiga Sapi
  2. Unggah testimoni masakan yang  menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi.
  3.  Gunakan hashtag #ceritatigasapi
  4. Tag akun instagram @lezatnyatigasapi dan 3 orang teman. Ajak mereka untuk mengikuti kompetisi ini. Pastikan juga akun instagram yang digunakan tidak diprivat.
  5. Bagi 5 peserta yang beruntung dan menjadi pemenang, akan mendapatkan saldo Ovo/Gopay total 5 juta plus paket hadiah lainnya. Dan pemenang favorit untuk setiap minggunya, akan memperoleh e-wallet sebesar Rp. 250.000,-. 

Karena saya juga pengguna produk Tiga Sapi, sayapun berencana untuk mengikutinya. Dengan membuat Kreasi Resep Tiga Sapi yaitu soto Banjar yang menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Resep Soto Banjar Tiga Sapi Susu Evaporasi

Untuk membuat soto Banjar sebenarnya tidak terlalu susah. Bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan. Hanya saja untuk membuatnya membutuhkan waktu yang agak lama. Karena kita harus menyiapkan lauk pendampingnya juga. Nah, berikut saya tuliskan bahan-bahan yang diperlukan, dan cara membuatnya.

Bahan membuat soto Banjar dengan produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Bahan-bahan untuk membuat Soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi (doc.pri)

Bahan-bahan :

-1 buah Dada ayam kurang lebih 300 gram
- Tiga Sapi Susu Evaporasi
- soun
- kentang untuk membuat perkedel
- seledri
- bawang goreng (untuk taburan) dan tomat

Bumbu halus :
- Bawang putih 4 siung
- bawang merah 8 siung
- 1 sdt jinten
- 1 sdt Adas

Bumbu cemplung :
5 kapulaga
5 cengkeh
2 bunga lawang
1/4  biji Pala utuh
1 batang kayu manis
1 ruas jahe (geprek)

Cara membuat

  1. Rebus ayam dengan 1 liter air hingga matang, keluarkan ayam, dan suwir-suwir. 
  2. Tumis bumbu halus lalu masukkan ke dalam kaldu bekas rebus ayam. Kalau airnya kurang boleh ditambah lagi. 
  3. Masukkan bumbu cemplung. Masak hingga mendidih. Tuangkan Tiga Sapi Susu Evaporasi 50-100 ml tergantung selera.  Aduk-aduk hingga rata.
  4. Tambahkan garam secukupnya. Test rasa, angkat.
  5. Tata nasi, soun,  suwiran daging ayam ke dalam mangkok.  
  6. Tuang kuah soto Banjar di atasnya. Beri taburan bawang merah, irisan tomat, dan seledri. Sajikan bersama perkedel dan telur rebus.

Soto Banjar siap dinikmati bersama sambal cabe rawit dan kucuran air jeruk nipis. Cita rasa soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi ini sangat gurih dan creamy.

Soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi siap dinikmati
Soto Banjar Kreasi Resep Tiga Sapi siap dinikmati (doc.pri)

Tentang Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis adalah produk keluaran PT Indofood. Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi lokal pertama di Indonesia yang hadir dengan kemasan praktis dan ekonomis. 

Produk ini tersedia dalam kemasan box yang dilengkapi tutup sehingga mudah disimpan dan digunakan kembali. Terbuat dari susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga diperoleh kepekatan tertentu. Produk susu evaporasi ini mempunyai tekstur semi kental dengan rasa yang gurih dan creamy

Selain itu Tiga Sapi Susu Evaporasi juga banyak mempunyai manfaat. Meskipun pembuatannya dilakukan dengan cara pemanasan, namun nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti lemak, protein, kalsum, karbohidrat, natrium, kalsium, dan fosfor tidak berkurang, sehingga baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan kalsiumnya yang bagus untuk memelihara kesehatan tulang. Sedangkan kandungan proteinnya berperan untuk menjaga fungsi sel dalam tubuh tetap baik.

Produk ini juga diproses secara higienis sehingga lebih sehat saat digunakan. Sangat cocok untuk campuran minuman dan masakan. Seperti kopi, aneka roti, puding, juga hidangan sayur berkuah lainnya. Produk ini juga bisa digunakan sebagai pengganti santan.

Selain Tiga Sapi Susu Evaporasi, Tiga Sapi juga mempunyai produk Tiga Sapi Kental Manis. Produk ini terbuat dari susu sapi segar yang diproses dengan teknologi modern sehingga menghasilkan produk yang memiliki tekstur kental dan rasa manis yang khas. Sehingga cocok digunakan sebagai topping aneka makanan dan minuman. 

Selain itu Tiga Sapi Kental Manis juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan mikro dan makro nutrien serta multivitamin seperti A, BI dan B3 yang terdapat pada Tiga Sapi Kental Manis bagus untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. 

Nah, itulah cerita saya tentang Kreasi Resep Tiga Sapi. Bagi para pembaca blog cerryku yang berminat untuk mengikuti Challenge Cerita Tiga Sapi, teman-teman bisa menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis maupun Tiga Sapi Susu Evaporasi. Untuk informasi lebih rinci teman-teman bisa follow akun instagram Tiga Sapi.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. baru tau kalo 3 sapi ada evaporasinya, kirain hanya SKM
    kebetulan udah lama pingin bikin soto, kangen kesegerannya
    besok ah belanja dan bikin soto pakai susu evaporasi 3 sapi

    BalasHapus
  2. Aku pecinta soto kak namun soto Banjar yang terkenal dan legendaris ini belum aku coba, oh kuahnya putih dari susu ya, pengen recook pake resep diatas juga deh

    BalasHapus
  3. Wah mau cobain juga ah nanti bikin soto Banjar pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi. Kebetulan aku juga suka nyetok Tiga Sapi Susu Evaporasi untuk menggantikan santan

    BalasHapus
  4. Kapan kangen soto Banjar udah bisa nih dibuat sendiri.
    Jadinya bisa terus menikmati santapan khas Nusantara ini, apalagi dibuatnya dengan tiga sapi yang bikin tambah enak

    BalasHapus
  5. ya ampun..baca ini jadi pengen makan soto banjar deh. Di Lombok ini belum nemu yang dagang Soto Banjar yang rasanya pas seperti yang saya rasa pas tinggal di Banjarmasin dulu. Mau buat sendiri kok ragu ya? Khawatir rasanya malah lebih zonk hahahah

    BalasHapus
  6. Hmm beneran kebayany yummy-nya soto Banjar buatan mbak, apalagi pakai susu evaporasi, but aku baru tau lho Tiga Sapi ada Evaporasinya, kirain kental manis doang, aku sering pakai buat tambahan minuman soalnya

    BalasHapus
  7. soto banjar adalah salah satu makanan kesukaanku tapi belum pernah nih saya coba soto banjar yang kuahnya dicampur susu evaporasi gini

    BalasHapus
  8. Aku suka bgt sama soto mba, tapi belum pernah coba Soto Banjar, aku mau coba bikin ah dirumah, ijin re cook ya mba, aku kebetulan punya susu evaporasi di rumah, doain berhasil ya recook nya

    BalasHapus
  9. Panduan banget ada resep Kreasi Tiga Sapi dari kak Sapti.
    Rasanya pasti lebih nikmat dan gurih juga penting banget untuk menjaga kesehatan karena menggunakan bahan Susu Evaporasi Tiga Sapi dan Kental Manis.

    BalasHapus
  10. belum pernah coba soto banjar ini mba, tapi aku tuh penggemar soto jadi bikin ngiler deh ini, bisa juga yah ini kreasi resepnya ditambahkan dengan susu tiga sapi, makin mantap rasanya

    BalasHapus
  11. nampak sedap soto Banjarnya mbak. ternyata bisa ya pakai tiga sapi. jadi pengen nyobain deh. biar bisa nyicipin di rumah hehe makasih resepnya mbak

    BalasHapus
  12. Selama ini taunya soto yang pake susu baru Soto Betawi, ternyata Soto Banjar juga gitu yaaa... boleh juga nih dicoba masak menggunakan tambahan susu evaporasi dari Tiga Sapi. Bakalan gurih dan syedaaappp...

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter