Khasiat Mengunyah Kencur untuk Asam Lambung

manfaat kencur untuk asam lambung
keluhan asam lambung (sumber : Pixabay)

Ada beberapa orang yang memilih mengunyah kencur untuk asam lambung yang dialaminya, karena kencur dipercaya efektif dalam mengobati segala jenis penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan manusia. Jadi, kencur tidak hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman atau jamu saja.

Mengunyah kencur juga dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk penyakit asam lambung yang sedang diderita oleh beberapa orang tertentu. Manfaat mengunyah kencur akan sama dengan manfaat mengkonsumsi kencur dalam bentuk minuman. Jadi, tidak ada yang salah dengan hal ini.

3 Khasiat Mengunyah Kencur untuk Asam Lambung

Kencur adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai obat herbal, untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Sebab, kencur mengandung zat sitotoksik dan antibakteri yang cukup tinggi.

Selain itu, kencur juga mengandung berbagai zat penting lainnya seperti alkaloid, pati, minyak atsiri, dan flavonoid. Semua orang bisa mengkonsumsi kencur dengan cara yang beragam, contohnya dengan langsung mengunyahnya. Aktivitas ini mampu mendatangkan beragam khasiat yang antara lain:

1. Mengurangi Gejala Asam Lambung

Mengunyah kencur untuk asam lambung apakah boleh? Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa sebenarnya aktivitas mengunyah kencur untuk mengobati asam lambung boleh-boleh saja dilakukan. Sebab, tidak ada larangan khusus untuk melakukan aktivitas ini.

Ketika seseorang mengalami kondisi naiknya asam lambung hingga ke saluran kerongkongan, mereka pasti akan langsung merasa tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan jenis apa pun itu. Nantinya, seseorang bisa mengatasi kondisi ini dengan mengunyah kencur dalam takaran yang pas.

Pada dasarnya, beberapa jenis senyawa yang ada dalam kencur dapat membantu sistem pencernaan untuk membuang gas-gas yang tidak penting. Dengan begitu, lambung dapat lebih terasa nyaman dan tenang. Jadi, Anda tidak perlu merasakan ketidaknyamanan dari kondisi itu lagi.

2. Mengobati Gejala Asam Lambung

Tidak hanya mampu mengurangi gejala asam lambung saja, tapi aktivitas mengunyah kencur langsung ini juga dapat mengobati gejala asam lambung yang sedang dialami oleh beberapa orang tertentu.

Umumnya, penyebab utama dari asam lambung naik adalah karena adanya oksidasi dan radang lambung. Ketika kedua kondisi ini sedang terjadi di dalam lambung Anda, maka secara otomatis asam lambung akan naik hingga ke saluran kerongkongan.

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman dari gejala asam lambung tersebut, seseorang bisa mengkonsumsi kencur secara rutin. Dalam hal ini, mereka tidak hanya bisa mengonsumsi jenis rempah-rempah ini dalam bentuk minuman saja, tapi mereka juga bisa langsung mengunyahnya.

Kandungan flavonoid yang ada dalam kencur dapat mempercepat penyembuhan asam lambung yang naik ke saluran kerongkongan. Dengan begitu, kondisi radang lambung yang sedang dialami oleh seseorang tertentu tersebut dapat segera reda dan sembuh.

3. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat ketiga dari aktivitas mengunyah kencur untuk gejala asam lambung adalah dapat menghilangkan rasa tidak nyaman dari kondisi perut kembung. Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa kandungan yang ada dalam kencur mampu meredakan gejala perut kembung.

Nantinya, seseorang bisa mengkonsumsi kencur secara langsung dengan mengunyahnya. Jadi, mereka tidak perlu meluangkan waktu sejenak untuk membuat kencur hingga menjadi suatu minuman yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Dengan mengkonsumsi kencur secara rutin seperti ini, kesehatan sistem pencernaan Anda bisa lebih terjaga dengan baik.

Pada dasarnya, mengunyah kencur untuk asam lambung bisa dilakukan oleh semua orang. Dengan mengkonsumsi kencur secara langsung seperti ini, Anda bisa lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga yang harus dikeluarkan.

Selain kencur, anda juga bisa mencoba sereal umbi garut. Nutriflakes adalah obat asam lambung yang terbuat dari sari pati umbi garut. Selain itu, Sereal umbi garut Nutriflakes juga sudah memiliki bahan tambahan alami lainnya yang sangat ampuh untuk mengobati gejala asam lambung yang sering kambuh.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter