Peluang Bisnis Jilbab Printing Istana Sublim

bisnis jilbab printing istana sublim
Jilbab printing dari Istana Sublim (sumber gambar Ig Istana Sublim)

Menangkap peluang usaha di era digital seperti sekarang ini sangatlah mudah. Banyak informasi mengenai ide usaha yang bisa kita coba. 

Tinggal bagaimana keberanian kita untuk mengeksekusinya. Apalagi saat ini jaman kolaborasi, jika ingin maju kita tidak bisa berjalan sendiri.  

Sudah lama saya ingin mencoba bisnis dari rumah, inginnya sih punya usaha jilbab dengan brand sendiri. Karena jika saya amati kebutuhan jilbab dari waktu ke waktu menunjukkan peningkatan. Tapi saya masih bingung bagaimana cara memulainya.

Nah, kebetulan tanggal 7 Oktober 2022 lalu saya mengikuti zoominar bincang bisnis yang diselenggarakan oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB)  yang membahas tentang Peluang Bisnis Modal Kecil Bersama Istana Sublim. 

Dalam acara yang dipandu oleh Teh Indari, hadir sebagai narasumber Pak Rio Herdy, selaku owner dari Istana Sublim. Dalam paparannya, Pak Rio bercerita tentang usaha sublim kain yang saat ini ditekuninya. Termasuk peluang kerja sama bagi siapa saja yang ingin mencoba membuka bisnis kain sublim dengan modal yang terjangkau.  

Rio Herdy owner dari Istana Sublim Bandung
Bapak Rio Herdy dari Istana Sublim (doc. pri)

Tentang Istana Sublim

Istana sublim adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital printing kain, khususnya Jasa Printing Sublim di Bandung. Sublim kain merupakan salah satu teknik pemberian motif pada kain dengan menggunakan mesin press bersuhu tinggi (Heat Press).

Cara pemberian motif dilakukan dengan terlebih dahulu mencetak motif pada kertas. Selanjutnya kertas ditempel pada kain, dan di-press dengan suhu tinggi (di kisaran 200-220 derajat) sehingga motif menempel di kain.  

jasa printing sublim di Bandung
Layanan di Istana Sublim (sumber : Ig Istana Sublim)

Hasil print sublim kain ini akan memberikan motif dan warna yang detil, awet, dan tidak mudah luntur.  Namun teknik printing kain Istana Sublim ini hanya bisa dilakukan pada kain yang terbuat dari 100% polyester atau kain yang mempunyai kandungan polyester lebih banyak. Karena sublim kain polyester mampu menyerap hasil cetakan dengan sempurna.  

Jenis mesin yang digunakan Istana Sublim di Bandung memiliki spesifikasi lebih tinggi jika dibandingkan perusahaan kompetitor, dengan kecepatan cetak mencapai 150-180 meter per jam. Sehingga tidak heran jika Jasa Printing Istana Sublim Bandung mampu melayani order dengan cepat hanya perlu waktu sekitar 3 hari saja. Selain itu meskipun lokasi Istana Sublim di Bandung, namun layanan perusahaan ini menjangkau hingga seluruh  Indonesia.

salah satu mesin sublim kain polyester
salah satu mesin yang digunakan dalam teknik sublim kain (doc.pri)

Selama ini, Istana Sublim melayani pesanan sublim kain dari brand-brand yang sudah berjalan. Meskipun demikian Jasa Sublim di Bandung ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mencoba memulai usaha jilbab printing dengan menggunakan brand sendiri. 

Paket usaha yang ditawarkan mulai dari harga 3 jutaan saja. Dengan modal sekitar 3 juta ini, pemesan akan memperoleh jilbab sebanyak 50 pcs dengan fasilitas gratis desain motif. Jika pemesan mempunyai beberapa desain motif yang sudah jadi, maka 50 jilbab ini bisa dibuat dalam banyak motif. 

Seandainya 50 pcs dirasa terlalu banyak, kita bisa memesan sesuai kebutuhan. Bahkan pemesanan satu pcs pun tetap dilayani. Hanya saja untuk pemesanan di bawah 50 pcs kita akan dibebani biaya desain sebesar Rp. 300.000,- dan biaya biaya tracing Rp. I00.000, -. 

contoh motif sublim kain Polyester
motif jilbab dengan teknik sublim kain (sumber : IG Istana Sublim)

Sebenarnya banyak produk fashion yang bisa dibuat dari kain sublim tergantung jenis kain yang digunakan. Sehingga peluang usaha menggunakan kain sublim tidak hanya jilbab saja. Masih banyak produk yang lainnya.  

Jilbab adalah produk yang paling sederhana di mana Istana Sublim bisa membuatkan hingga jadi dan siap jual. Sementara untuk produk lain seperti jersey maupun baju seragam, Istana Sublim bekerja sama dengan pihak lain sebagai rekanan. Karena layanan utama yang ditangani oleh perusahaan Sublim di Bandung ini adalah jasa sublim kain.  

print sublim kain pada tas belanja
Tas belanja dari kain sublim (sumber : Ig Istana Sublim)

Jenis Bahan Untuk Print Sublim

Agar hasil cetak sublim bisa sempurna, maka jenis kain sublim yang digunakan harus tepat. Beberapa kain yang cocok digunakan untuk teknik sublim diantaranya adalah :

1. Kain Kanvas KCPE
Kain ini cocok digunakan untuk membuat tote bag, lining sofa, atau produk fashion lainnya.  

2. Kain Voal 
Kain ini sering digunakan sebagai bahan hijab printing. Dan hingga kini hijab dari kain voal ini masih menjadi trend yang banyak digemari,  karena memiliki motif yang cantik dan beragam. 

3. Kain BSY
Kain ini memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut serta mudah dijahit. Kain ini cocok digunakan untuk membuat sarung bantal, mukena, seragam batik, maupun taplak meja.  

4. Kain Scuba
Kain scuba terbuat dari campuran polyester dengan spandek. Kain ini mempunyai terkstur yang cukup elastis, halus, lembut,  dan tahan air. Kain scuba cocok digunakan sebagai bahan untuk fashion, dekorasi pernikahan, sarung bantal, dan tali/strap kamera atau gitar.

5. Kain Jersey
Jersey  terbuat dari kombinasi serat katun dan polyester sehingga bersifat adem. Kain ini juga berpori sehingga dapat menyerap kelembaban. Kain jersey sering dipakai untuk membuat kaos, celana, hijab, dan baju. 

6.Kain sifon
Kain sifon atau chiffon adalah jenis kain yang ringan dan tips, dan memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Kain chiffon sering digunakan untuk bahan hijab, scarft, pashmina serta aksesoris gaun lainnya.  

Sebenarnya masih banyak  jenis kain yang bisa digunakan untuk teknik sublim. Namun kita tidak perlu bingung menghafalnya. Karena jika kita menggunakan jasa sublim kain di Istana Sublim, pihak Istana Sublim telah menyediakan berbagai jenis kain tergantung kebutuhan kita.  

Kita pun dapat berkonsultasi kepada pihak Istana Sublim untuk menentukan jenis kain terbaik yang akan digunakan. Kita hanya perlu bercerita konsep produk yang ingin dibuat.  Dan Istana Sublim dengan pengalaman yang dimilikinya,  akan berusaha mewujudkan produk yang kita minta.  

Sesuai tagline dari Istana Sublim yakni Start Creativity With Us, maka perusahaan ini siap berkolaborasi menampung ide siapa saja, dan menjadikannya sebagai karya yang mendatangkan rupiah. Jadi bagi teman-teman yang ingin membuka usaha menggunakan bahan dari kain sublim, jangan ragu untuk menghubungi Istana Sublim. 
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter