...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Thursday, September 17, 2020

Pengalaman Belajar SEO yang Luar Biasa di Kelas Growthing

kelas growthing


Kelas Growthing adalah kelas terheboh yang pernah saya ikuti. Bersyukur sekali saya bisa gabung di kelas ini. Tidak sia-sia saya sampai mendaftar sebanyak 3 kali, dan Alhamdulillah di pendaftaran ke-3 saya lolos seleksi.


Kalau kemarin saya sudah bercerita tentang materi yang saya dapatkan di kelas ini, kali ini saya akan bercerita tentang kelas berikut suasana belajarnya. 


Tentang Kelas Growthing

Growthing adalah nama yang diberikan untuk kelas belajar SEO yang digawangi oleh 3 orang coach yang sudah lama malang melintang di dunia per-SEO-an. Nama ini dipilih karena misi dan visi dari kelas ini adalah mengajak para bloger untuk tumbuh bersama, sekaligus membuka wawasan bahwa ilmu SEO wajib untuk dipahami oleh para bloger. 


Kelas ini adalah kelas tidak berbayar alias free. Namun totalitas dari para coach dalam menyampaikan materi tidak perlu diragukan lagi. Para coach yang terdiri dari Coach Irwin, Coach Pewe, dan Coach Baim ini berhasil membuat kelas Growthing menjadi berwarna-warni. Suasana tegang, lucu, dan serius datang silih berganti.


Nah, biar teman-teman tidak penasaran, berikut saya ceritakan keistimewaan dari kelas ini.


Full tugas dan materi

Sebelum kelas dimulai Coach Irwin telah menginformasikan jadwal dan materi yang akan diberikan. Di mana jadwal diberikan per tiga hari sekali, dan selebihnya akan ada banyak tugas yang harus dikerjakan. Tugas ini menjadi syarat untuk bisa mengikuti materi berikutnya.


Aturan Ketat dan Ancaman Hukuman "Kick"

Inilah yang unik dari kelas ini. Tugas yang banyak dan waktu yang mepet memberikan tekanan tersendiri. Dan ini masih ditambah ancaman "kick" atau dikeluarkan dari kelas seandainya kami salah dalam mengerjakan tugas. Benar-benar membuat stress bukan kepalang. 


Namun sebenarnya manfaat dari aturan ini para peserta juga yang merasakan. Bagi saya pribadi, adanya aturan dan ancaman membuat saya mau menyimak dan mempelajari materi serta mempraktikkan ilmu yang saya dapatkan ke dalam blog saya ini.


Dan hasilnya sudah saya rasakan sendiri. Domain Authority (DA) dari blog saya (dan juga peserta lainnya) meningkat secara signifikan dalam waktu kurang dari 2 minggu saja. Coba kalau kelas ini dibuat santai.

 

Para peserta tidak akan tergerak untuk mempelajari dan mempraktikkan materi yang diperoleh. Padahal inti dari mempelajari SEO adalah praktik. Jika tidak dipraktikkan, pasti akan hilang dari memori. Menjadi seorang bloger memang harus mau belajar dan bergerak untuk upgrade diri.


Teman-Teman yang Kompak

Meskipun sebelumnya belum saling mengenal, namun karena merasa senasib sepenanggungan maka antar peserta pun menjadi akrab. Tidak jarang dalam obrolan di luar jam materi, kami saling melempar pertanyaan dan saling bantu memberikan solusi. 


Bahkan ketika saya mendapati template yang saya gunakan untuk blog saya belum SEO friendly, salah seorang kawan menjapri dan memberikan kode template-nya yang lebih SEO friendly untuk saya gunakan.


Dalam pengerjaan tugaspun juga demikian. Saling mengingatkan dan membantu adalah hal yang biasa. Sebelum masuk waktu eksekusi di mana coach mengevaluasi tugas dan memberikan "tendangan madun" kepada peserta yang melakukan kesalahan, kami biasa saling menguatkan.


Semula kami berjumlah 40-an orang. Namun karena seleksi alam, jumlah peserta sampai artikel ini saya tulis tinggal 18 orang. Dan proses seleksi ini belum selesai, karena masih ada 15 hari lagi kami menjalani kelas SEO ini. Semoga saja saya dan teman-teman dapat bertahan sehingga bisa merasakan perayaan kenaikan kelas yang pasti membahagiakan.


Peserta yang ikut dalam Kelas Growthing ini berasal dari berbagai  wilayah di nusantara dan kebanyakan adalah wanita. Dan kali ini saya akan memperkenalkan dua peserta yang juga ikut di kelas SEO bareng saya, yakni :


1. Mbak Maria Tanjung

Mbak Maria adalah seorang bloger asal Surabaya yang suka bercerita di mana dan kapan saja. Aktif menjadi  bloger sejak bulan September 2019. Blog ber-nieche life style yang dikelolanya berisi aneka cerita. Mulai dari ulasan tentang drama korea sampai artikel yang mengulas tentang tips blogging. Pokoknya semua ulasan ada. 


Mbak Maria ini termasuk yang DAnya meningkat lumayan pesat, 4 poin saudara-saudara. Mantab sekali bukan? Penasaran dengan aneka cerita yang ditulisnya? Silakan berkunjung ke blognya.


2. Mbak Fenni

Mbak Fenni tinggal di Jakarta. Blog  bernama Fennibungsu yang dikelolanya isinya juga gado-gado seperti blog saya. Tetapi artikel di blognya Mbak Fenni yang selalu #SemangatCiee ini banyak menulis tentang topik finansial, khususnya bisnis dan properti. Jadi, jika teman-teman pengen tambah wawasan tentang masalah properti dan bisnis, silakan bertandang ke blognya. Sejauh pengamatan saya, Mbak Fenny termasuk pendiam di grup belajar. Tidak banyak bertanya, namun tugas-tugas dari coach selalu dapat diselesaikan semua.


Pendapat Saya Setelah Mengikuti Kelas Growthing

Saya mengamati jumlah peserta di Kelas Growthing yang saya ikuti kebanyakan adalah perempuan. Ini bisa jadi karena bloger perempuan banyak yang belum paham bagaimana penerapan SEO di blognya. Kebanyakan para bloger perempuan cenderung lebih fokus ke konten atau tulisan di blog. Sementara untuk urusan teknis di blog banyak yang malas ngopreknya. 

 

Padahal jika ingin memaksimalkan performa blognya, bloger harus paham SEO juga. Bisa jadi banyak yang masih beranggapan SEO adalah sesuatu yang rumit dan sulit dimengerti. Sehingga sudah merasa enggan untuk mempelajari. 


Namun menurut saya semua hanya karena belum kenal saja. Karena ternyata SEO bukan sesuatu yang mustahil untuk dipelajari. Kita hanya butuh mentor yang mumpuni untuk mendampingi. Misalnya dengan belajar SEO di Kelas Growthing ini. Dan untuk saya pribadi, banyak manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kelas ini. Wawasan saya tentang dunia blogging bertambah lagi. 


Sayangnya, kelas belajar SEO dari  Growthing yang diselenggarakan secara free tapi fasilitas premium seperti yang saya ikuti ini tidak akan diadakan lagi. Ini adalah batch terakhir di tahun ini. Namun jangan khawatir, Growthingid sudah menyiapkan ganti. 


Sebuah kelas yang didesain untuk membuat performa blog teman-teman melambung tinggi. Tidak akan ada kick-kick-an di kelas ini. Dengan biaya mulai dari 500K,  Kelas Coaching SEO for Blogger dari Growthingid, siap membuat DA blog teman-teman berada di angka 30+ dan DR 50+. Untuk info lebih lanjut tentang kelas ini silakan  klik saja gambar banner di bawah ini. Dan silakan bertanya sepuas hati.


kelas Growth
Info lebih rinci, silakan klik gambar ini


Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya ..


52 komentar:

  1. Wah kelasnya keren mba, ada seleksinya sampai mengerucut beberapa.Semangat mba

    ReplyDelete
  2. Menarik banget Mbak kelas growth-nya,aku sebenarnya sejak dulu pengen ikut tapi takut ga bisa komit. 😔 Besok gantian njenengan yg berbagi ilmunya ke aku ya Mbak😁🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, yang susah menjaga semangat untuk terus komit. Siap, nanti kita saling berbagi. Saya juga masih terus belajar ini

      Delete
  3. Sistem seleksinya ketat banget ya mbak, masih 15 lagi tapi pesertanya udah tinggal kurang dr separo. Semangat sampai akhir ya mbak sapti, trus ntar ajarin aku SEO. Haha

    ReplyDelete
  4. Mantab. Kudu berguru ma mbak Sapti kih

    ReplyDelete
  5. Semangatt mba... Perjuangan yg gak sia2, ilmunya mantabs ini

    ReplyDelete
  6. Hahai, daku diam-diam karena mules mbak materinya gahar dan bikin SemangatCiee

    ReplyDelete
  7. Mbaaakkk aku gelem dibisiki ilmuneee. Heheh

    ReplyDelete
  8. Wah, keren acaranya. Bagi ilmunya donk sini, kak

    ReplyDelete
  9. Mantap bisa komit n bertahan dg tugas2ny. Kl aku dah kibar bendera putih kali..

    ReplyDelete
  10. Wow.. blog Sapti sekarang tampilannya lebih simpel dan elegan. Berkah ngangsu kawruh di Growthing ini ya, Sap? Sukses selalu yaaa..

    ReplyDelete
  11. Mbak, bagi2 ilmunya dong.. aku private sama njenengan aja ya? 😊

    ReplyDelete
  12. Aku kemarin gak daftar karena satu dan lainnya. Eh ternyata ini kelas terakhir di tahun ini ya. Seru pastinya karena ngoprek blog biar makin oke

    ReplyDelete
  13. aturannya ketat supay alebih disiplin ya, mudah-mudahan setelahnya lebih semangat walaupun gak pakai aturan ya.
    Selain itu dapat ilmu pastinya yang bisa diterapkan ya, aku intip2 ah ilmunya

    ReplyDelete
  14. Wah, Growthing kali ini terakhir ya...syukur bisa ikut ya Mbak. Semoga setelahnya makin semangat membenahi blog sehingga jadi lebih baik dari semua sisi. Semoga sukse ya

    ReplyDelete
  15. Semoga bertahan sampai kelas berakhir ya mbak, nggak kena kick.

    Alhamdulillah ya mbak, setelah mendaftar sampai 3 kali akhirnya diterima juga dan bisa menimba banyak ilmu.

    ReplyDelete
  16. Wah seru ya mba kelasnya, sayang saya nggak bisa ikut sampai akhir. Tapi emang coach Irwin dan Coach Pewe itu perpaduan yang ciamik.

    ReplyDelete
  17. Wah... menantang banget kelasnya kayaknya ya mbak? Sampai ada aturan di kick. SEO itu memang tricky ya... beruntungnya mbak bisa ikut belajar di kelas Growthing.

    ReplyDelete
  18. Keren banget bisa ikutan kelas growthing ini,saya pernah mau daftar juga karena coach nya berpengalaman dan baik banget membagikan ilmu nih. Mengenai SEO pulak kan,saya masih butuh banyak latihan agar semakin mampu mengaplikasikan di dalam blog.

    ReplyDelete
  19. Seru memang belajar SEO tuh, praktek yang utamanya, kao dah dikuasai gampang banget.
    Selamat bebenah blognya.

    ReplyDelete
  20. wah seru kelasnya, kapan-kapan pengen ikutan pengen belajar SEO lagi setelah lama nggak utak-atik SEO hehe

    ReplyDelete
  21. senangnya bisa dapat kelas SEO ini, kebetulan saya juga lagi pengen banget ikutan kelas-kelas blogging gitu khususnya SEO

    ReplyDelete
  22. Besok gantian sampean buka kelas kak. Berbayar gak masalah kalau memang diperlukan. Pasti banyak yang minat. Aku tuh paling susah kalau suruh komitmen, #eh
    Selamat ya Kak sudah jadi murid di sini

    ReplyDelete
  23. Pengen banget loh belajar lebih jauh tentang SEO. Setidaknya menabung ilmu agar bisa lebih baik lagi

    ReplyDelete
  24. Wah, kalau ada jaminan jadi DA 30, DR 50, harus ikut.
    Blog saya ajek DA 20 dari entah berapa tahun lalu dengan BR sangat tinggi

    ReplyDelete
  25. Wahh.. Beruntung banget nih bisa ikutan kelas belajar SEO. Karena sekarang belajar SEO ga murah kan yah seperti yang kita tahu

    ReplyDelete
  26. Aku cemburuuu pada kalian yang sudah dapat kesempatan belajar. Duh, sering banget melihat update status teman-teman tentang betapa kerennya kelas Growthing ini. Hmmm, mau mulai menabung nih buat mendaftar ke kelas ini. Nggak masalah berbayar, kan namanya juga investasi ilmu ya.

    ReplyDelete
  27. Next time mau ikutan acara SEO gini deh. karena selama ini belajar otodidak, jadi ngerasa hasilnya kurang maksimal nih hihi

    ReplyDelete
  28. SEO ini susah2 gampang ya, tergantung niat juga. Udah tahu ilmunya, pas mau praktek rada males, hehehehe.

    ReplyDelete
  29. Seru yah bisa belajar bareng dan kompak saling menyemangati
    Aku juga pengen banget belajar SEO niiih, kadang teori sama praktek suka beda soalnya hahha

    ReplyDelete
  30. Sayangnya ini kelas gratisan terakhir ya, dan kelas selanjutnya berbayar. Beruntung mbak bisa menimba ilmu disini

    ReplyDelete
  31. Aku pengen banget ikutan kelas Growthing ini, semoga nanti bisa ikutan lagi lagi kelasnya dibuka lagi.

    ReplyDelete
  32. Aku pengin ikutan, wkwkwk. Tapi ngeri ditendang. Soalnya belakangan memang waktunya susah banget selonya.

    ReplyDelete
  33. Aku seneng deh meskipun gak keangkut dalam kelasnya para mastah ini, tapi murid2nya banyak ngashare ilmu, jadinya kami2 di luar juga bs keciptaran ilmu dikit2

    ReplyDelete
  34. Keren bisa ikutan kelas ini..
    Seleksinya ketat euy, aku dua kali aply, 2 kali ditolak..

    Haha

    ReplyDelete
  35. Aku kemarin pengen ikutan tp baca ehm.. Syarat2nya langsung melipir. Haha. Sadar diri aja punya bayi.

    ReplyDelete
  36. waah seru sekali belajar SEO bersama tiga coach yang sudah tidak diragukan kemampuannya ya Mbak. Saya belum pernah daftar kelas naikin DA sih soalnya pasti nggak diterima karena DA nya sudah 25

    ReplyDelete
  37. Senang banget yaa pastinya bisa belajar sama ahlinya. Yeayy, semoga apa yang dipelajari di sana bisa terus diterapkan dan ditingkatkan ilmunya.

    ReplyDelete
  38. Mau ikutan Juga Aku mba... Kpingin bngt nih naikkkan DA yg Blum naik2 seneng dngr cerita dr yg udah belajar sama mas Irwin,, santai tapi Ada targetnya

    ReplyDelete
  39. Bener banget intinya adalah praktik tapi kalau aku pribadi mungkin bakal milih praktik yang fun hehe :D
    Semangat belajar SEO-nya mbak. Memang semakin belajar ngulik blog makin tertantang utk memperbaiki kualitas blog ya.

    ReplyDelete
  40. Duh ketinggalan ikut kelas ini, ternyata ajib banget ya bisa melesat gitu DA nya,SEO ini memusingkan menurutku hihihi

    ReplyDelete
  41. Wow, asyik banget ya bisa ikut kelas ini secara gratis... Lumayan banget kalau harus bayar, sesuai ya dengan ilmu yang didapatkan...

    ReplyDelete
  42. Halo, salam kenal dari mantan gelombang 1. Hehe. Saya juga bersyukur sekali bisa masuk kelas Coach duo ini (sekarang 3), saya yang 3 tahun ngeblog kalo ditanya SEO pasti blank. Saya taunya cuma pengen nuliss nuliiis aja (walaupun ujung2nya kalo liat traffic ya nangis, hahahah). Semenjak ikut kelas duo coach itu saya jadi melek dan sekarang pun jadi mengaplikasikan ilmu SEO On page yang dikasih. Lumayan banget naiknya, dari 5 ke 17 selama 2 bulan. Wallohualam kalo Moz upgrade algoritma ya, wkwkwk. Tapi setidaknya ya itu, SEO On page saya udah punya dasar. Thanks to duo Coach. Salam buat mereka ya Mba *EH

    ReplyDelete
  43. Hai mbak, salam kenal Dan jumpa kembali dengan teman mantan kelas growthingid hihi Iya mbak, kelas itu super banget ya. MasyaAllah. Saya pun kena kick. Gara gara ganti buat tugas. Gara gara malas nanya, tugas apakah itu haha ya sudah masuk Saya cuma bisanya ikutan 3x materi saja. Tapi beneran membuat open mind banget Di dunia blogger. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  44. Wah pengen euy bisa ikutan di kelasnya...Pasti bikin blog makin bersinar nih kalo kita rajin yak...

    ReplyDelete
  45. Iya nih, selama ini saya nulis ya hanya memperhatikan konten saja. Jarang banget sengaja untuk utak-atik agar SEO friendly gitu. Harus mulai belajar nih yaaa

    ReplyDelete
  46. Walo gratis, aturannya ketat ya supaya pesertanya komitmen & disiplin ngerjain tugas. Bikin deg degan juga nih.

    Baru kenal mba Maria blogger Surabaya. Salam kenal ya mba

    ReplyDelete
  47. Aku pribadi suka banget Mbak sama dunia SEO. Selain emang tuntutan pekerjaan, ngulik keyword buat kebutuhan konten nih seru aja kalo udah dieksekusi. Semoga makin semangat belajarnya ya Maaak

    ReplyDelete
  48. seru banget nih kelasnya, gak pernah gak berkesan kelas bareng coach seo handal. sayang keamrin gak kepilih. huhu.

    ReplyDelete

 
Top