...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Tuesday, September 22, 2020

Ketika Langkah Saya Di Kelas Growth Blogger Harus Terhenti

Akhirnya Perjalanan Saya di Kelas Growth Blogger harus terhenti. Aslinya agak nyesek ketika nulis ini. Tapi ya gimana lagi salah saya sendiri, saya kurang teliti. Nggak apa-apa ya...saya curcol sedikit..hihi..


kelas growth blogger


Seperti yang sudah saya posting di blog ini, hari-hari belakangan ini saya tengah mengikuti materi tentang SEO yang diselenggarakan growthing.id. 


Aturan di kelas Growth Blogger ini ketat namun bikin semangat. Jadi setiap kali materi selesai diberikan, kami diberi tugas yang harus dikerjakan dalam waktu dua hari.


Setelah itu tugas akan dikoreksi. Jika salah, maka peserta harus dikick dari kelas sehingga tidak bisa melanjutkan materi.


Senin Malam Kelabu

Nah, hari Senin malam kemarin tampaknya keberuntungan kurang berpihak kepada saya. Setelah beberapa kali lolos, di Senin malam kemarin giliran saya yang merasakan "tendangan madun" ini. 


Sehingga saya harus menyudahi keikutsertaan saya di kelas growth blogger. Gara-garanya saya lupa menuliskan keyword di alt image dalam artikel yang saya tulis di sini (sekarang sih sudah saya benerin, hihi..)


Kelas SEO Growth
Di sini letak kesalahan saya


Padahal ini salah satu parameter SEO yang harus diterapkan di setiap artikel yang disetorkan. Jadi saya harus siap terima hukuman, dikeluarkan dari kelas. 


Padahal tinggal sedikit lagi perjalanan saya dan teman-teman sampai ujung. Hanya tinggal 2  materi lagi, yakni tentang optimalisasi instagram dan audit seo internal basic. Beruntunglah kawan-kawan yang masih bisa bertahan, yang sekarang kalau tidak salah berjumlah 14 orang. 


Move On

Tapi saya harus menerima kenyataan ini. Karena bagaimanapun juga saya harus bersyukur dikasih rejeki bisa mengikuti kelas Growth Blogger dan  bisa bertahan sampai materi 7 dari total 9 materi.


Di sela kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga, Alhamdulillah saya masih bisa membagi waktu sehingga bisa mengikuti materi dan mengerjakan tugas.


Kalaupun akhirnya nggak bisa sampai selesai, ya anggap saja belum rezeki. Besok kalau ada kelas baru, mau ah daftar lagi. 


Nah, karena kemarin saya tidak ada kesempatan untuk pamitan, lewat artikel ini saya ingin berterima kasih kepada para coach. Yang telah sungguh-sungguh meluangkan waktu dan tenaga, untuk menyampaikan materi dan mengkoreksi tugas. Sehingga ilmu yang diberikan terasa membekas. 


Terima kasih juga kepada suami yang sudah memberi dukungan, meskipun kadang-kadang disertai omelan (hihi..). 


Selama kurang lebih 3 minggu belajar di kelas growth, jadwal saya seperti sudah terpola. Setiap jam 20.00 WIB kalau tidak mengikuti materi, ya deg-degan menunggu eksekusi. Jika tidak ada jadwal kelas dan eksekusi, hari-hari lainnya disibukkan untuk mengerjakan tugas. 


Nah, karena saat ini saya bukan lagi peserta, situasi seperti itu tentu tidak akan saya rasakan lagi. Padahal saya mulai menikmati ritmenya. 


Meskipun saya bukan lagi menjadi peserta Growth Blogger, namun saya harus tetap menjaga semangat merawat blog saya. Dan inilah hal-hal yang akan saya lakukan :


1. Konsisten mempraktikkan ilmu SEO dari Kelas Growth

Awalnya SEO bagi saya adalah sesuatu yang asing. Mengikuti kelas growth membuat saya lebih paham tentang SEO, dan saya benar-benar belajar dari basic. 


Jangankan aturan tentang panjang judul atau panjang permalink, istilah h1, h2 saja saya juga tahunya belum lama.


2. Memperbaiki konten lama di blog

Banyak artikel lama saya yang masih amburadul. Entah itu kepanjangan judul, url kepotong, hingga meta deskripsi yang masih kosong. Dan ini menjadi PR saya untuk memperbaiki.


3. Rajin membuat artikel organik

Ini sering saya lupakan. Menulis artikel organik yang yang bermanfaat. Dan satu lagi  membangun backlink berkualitas biar blog tetap sehat. 


4. Belajar dari artikel peserta yang bisa bertahan

Nah, ini penting banget. Karena biasanya tugas yang diberikan dalam bentuk artikel. Meskipun pasti feel dan pemahaman dari materi yang diserap akan jauh berbeda dibanding kalau langsung mendengar dari sumbernya. Tapi lumayan lah paling tidak ada gambaran apa yang dipelajari dan didapatkan. Siapa tahu bisa ikut mempraktikkan.


Nah, itulah hal-hal yang akan saya lakukan setelah tidak lagi menjadi peserta di kelas Growth Blogger.  Yang penting tetap semangat untuk belajar, ye kan? 

9 komentar:

  1. Semangat mbak Sapti mempraktekkan ilmunya yang sudah didapat di kelas Growthing ya. 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, mbak Hanat juga semangat ya, tinggal dikit lagi. Semoga lulus ..he3..

      Delete
  2. tetap semangat mba sapti, jangan lupakan kami hehehe

    ReplyDelete
  3. Tetap semangat mba. Trims jg atas sharing tipsnya. Saya tertarik poin untuk memperbaiki konten lama. Ternyata perlun jg ya

    ReplyDelete
  4. Semangat mba septi. Aku pun nyeseknya sampe skrg. Cuma sampe 15 hari doank.huhu. sedih sih tp ilmunya lumayan bgt..

    ReplyDelete

 
Top