...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Sunday, September 20, 2020

Menulis Artikel di BRTnetwork Dapat Menaikkan DA

Salah satu usaha untuk menaikkan DA adalah dengan menulis artikel di BRTnetwork. Lho kok bisa? Bisa dong.  Pengen tahu jawabannya? Yuk, lanjut baca tulisan saya..


menulis di BRTnetwork menaikkan DA


Hal-Hal yang Dapat Menaikkan DA

Sebelum saya jelaskan mengapa membuat artikel di web BRTnetwork dapat meningkatkan DA, kita harus paham dulu mengenai hal-hal yang membuat DA bisa meningkat.


Berdasar materi yang saya terima di Kelas Growthing, selain penerapan SEO on Page dan SEO off Page yang benar, untuk menaikkan DA blog kita harus membangun backlink yang berkualitas. 


Artinya backlink yang menuju ke blog kita harus bukan berasal dari web asal-asalan. Sehingga popularitas dari web yang mengarah ke blog kita perlu untuk kita perhitungkan.


Memperoleh backlink berkualitas yang alami dari web besar, tentu tidak mudah dan sangat jarang. Konten yang kita buat harus benar-benar bagus sehingga pantas untuk dijadikan rujukan.


Namun jangan khawatir, ada cara yang lebih simpel yang bisa kita lakukan agar backlink yang menuju ke blog kita berasal dari web yang patut diperhitungkan. Yakni dengan memanfaatkan fasilitas guest post dari web-web yang sudah kredibel.  


Guest post adalah aktivitas di mana kita menulis artikel untuk dipublish di web atau blog milik orang lain. Tentu saja dengan topik atau bahasan yang relevan dengan konten yang biasa tayang di web atau blog yang menerima tulisan kita. Sebagai keuntungannya, kita diperbolehkan untuk membuat backlink dari artikel yang kita buat yang mengarah ke blog milik kita.

 

Ada banyak web yang mau menerima tulisan kita dan mengijinkan kita menyisipkan backlink menuju blog kita. Salah satunya adalah BRTnetwork ini. 


Tentang BRTnetwork.id

Meskipun belum lama dibuat, namun performa dari BRTnetwork patut diperhitungkan. DA yang dimiliki web ini cukup tinggi, yakni berada di angka 36. BRTnetwork ini didirikan oleh Om Pewe dan Mbak Monica, yang dalam pengelolaannya dibantu oleh Mas Irwin, Mas Baim, Mas Ilham Sadli dan Mbak Gemaulani.


Oh ya, Mbak Gemaulani ini ahli di bidang fotografi. Sehingga di Kelas Growth Blogger ini Mbak Ge memberi materi tentang fotografi. Sebagaimana kita ketahui gambar atau foto sangat penting untuk melengkapi tulisan kita.


Foto yang bagus membuat pembaca betah membaca tulisan kita. Itulah sebabnya, seorang Bloger dituntut untuk bisa membuat foto yang bagus pula. 


Apalagi jika artikel yang kita buat adalah tentang review produk. Foto yang kita gunakan hendaknya hasil kreasi kita sendiri. Sehingga feel yang didapat oleh pembaca benar-benar mengena. Bahwa si penulis yang membuat tulisan memang benar-benar bercerita berdasarkan pengalaman yang diperolehnya. 


Lebih rinci tentang materi dari Mbak Gemaulani ini, nanti akan saya tulis di artikel saya berikutnya.


BRTnetwork
logo Blogger Ruang Tunggu


Kembali ke bahasan mengenai BRTnetwork. Awalnya BRT yang memiliki kepanjangan Blogger Ruang Tunggu adalah nama grup Whatsapp yang dibentuk untuk memudahkan koordiansi dari para bloger yang kebetulan memperoleh Job dari Mas Pewe dan Mbak Monica.

Dalam perjalanannya, dari diskusi dan obrolan di grup, akhirnya memunculkan ide untuk membuat web yang menjadi tempat para bloger untuk berekspresi sekaligus sebagai usaha untuk menaikkan DA dengan menulis artikel di web ini.


Sampai sini sekarang jelas ya, mengapa menulis di BRTnetwork dapat membuat DA kita menjadi naik. Apalagi kalau tidak sekedar menulis artikel tapi juga mengikuti kelas yang di selenggarakan oleh growthing.id.


Cara Menulis Artikel di BRTnetwork

Nah, setelah tahu keuntungan yang didapatkan jika kita menulis artikel di BRTnetwork, kali ini saya akan jelaskan tahapan yang bisa dilakukan untuk bisa membuat tulisan di BRTnetwork.


1. Mendaftar Sebagai Member

Untuk bisa menulis artikel di BRTnetwork, pertama kita harus mendaftar dulu sebagai member. Cara untuk mendaftar menjadi anggota cukup mudah, buka brtnetwork.id, kemudian pilih username dan password yang akan kita gunakan.


cara menjadi member di BRTnetwork
form pendaftaran


2. Log in ke Member Area

Setelah pendaftaran kita disetujui dan diverifikasi, selanjutnya kita dapat login, dan masuk ke member area. Di sini nanti kita pilih menu submit post.


menjadi member BRTnetwork


3. Mulai Menulis

Selanjutnya, kita bisa mulai menulis artikel dengan memilih kategori tulisan yang kita inginkan. Ada beberapa pilihan kategori artikel yang bisa dipilih. Ada beauty,  family, finance, hobby, life style, motivation, techno, dan travel. Kita bisa memilih kategori sesuai artikel yang akan kita tulis. Setiap artikel yang kita buat harus terdiri dari minimal 600 kata dan menyertakan satu gambar sebagai ilustrasi.


cara menulis di BRTnetwork


Selain itu, untuk setiap artikel yang dibuat, kita hanya boleh menyertakan 1 link  ke luar menuju blog kita atau menuju ke artikel di blog kita yang relevan. Setelah itu tekan submit dan tunggu verifikasi dari admin. Jika semua memenuhi syarat, artikel kita akan ditayangkan. Kebetulan saya juga sudah nulis di BRTnetwork dan tulisan saya tentang hewan peliharaan sudah tayang di sana.


Nah, mudah  bukan? Yuk, segera dipraktikkan. Karena menulis guest post di web dengan performa yang bagus adalah salah satu cara agar DA kita bisa meningkat.  Ingin tahu cara lainnya ? Ikuti saja kelas belajar SEO untuk menaikkan DA dari Growthing.id yang segera akan dibuka.  


Informasi lebih rinci, silakan klik gambar berikut ini. Semoga tulisan ini bermanfaat ya...



Salam...


46 komentar:

  1. Aku juga pertama tau Kelas Growth karena gabung BRT. Beruntung sekali pas baru gabung, pendaftaran Kelas Growth baru dibukaaaa.. Hihi. Wah pasti keren banget deh materi dari Kak Gemaulani.. Sayang sekali aku gabisa dapet materinyaaa.. huhu. Semangat terus mbak Sapti dan teman teman semua yang tersisa, kalian pasti bisa bertahan! S E M A N G A T !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan langsung bisa gabung ya?? wah beruntung sekali mbak..aku harus mengulang 3X baru bisa lolos..hihi..makasih mbak...semangatt...

      Delete
  2. Komunitas keren ini. Blogger ruang tunggu bisa buat mensupport para blogger.

    ReplyDelete
  3. Wah ini nih ilmu penting buat Blogger awam macam saya, DA naik turun nggak jelas dan bikin pening.

    Thanks infonya kakaaakkk

    ReplyDelete
  4. Aku belum pe yang nulis di BRTnetwork padahal udah daftar, hahaha. Mau ngisi blog pribadi dulu biar tetap konsisten, baru nitip ke blog lain. Nyari temanya juga maunya yang aku banget lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, saya juga sudah lama daftarnya. Dan baru sekali nulis juga. Kurang rajin ini saya..he3...

      Delete
  5. Wahh asik ya nulis di BRT Network..
    Aku mau coba nulis juga disana ah

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen juga nih nulis di BRTNetwork, mikir dulu deh bagusnya nulis tema apa. Lumayan kan bisa dapat backlink dari sana~

    ReplyDelete
  7. Ada banyak cara untuk bisa menaikkan DA sebenarnya ya. Salah satunya di BRT ini.

    Kalo saya sekarang lagi ikut arisan link bareng manteman beberapa blogger.
    Semoga juga sukses naikin DA, heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. arisan gini juga bisa, intinya dapat backlink dari blog yang bagus performanya itu bisa mengangkat DA kita

      Delete
  8. Replies
    1. aku juga baru satu sih..kalau ,as priyo sih harusnya juga buka buat guest post..DAnya tinggi kok...

      Delete
  9. Asyiknya nemu tempat belajar yang suportif dan gratis begini, ya. Moga makin sukses ngeblognya

    ReplyDelete
  10. Waaaa para pejuang DA bisa mencoba jalan ini niiih
    Sedaapp kalo DA bisa naik ya Mba
    Cita2 para blogger banget ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. DA tinggi tu untuk memperluas kesempatan sih. Meskipun jalan rejeki ada saja, nggak selalu harus dengan DA yang tinggi..

      Delete
  11. Hihii, aku belom pernah nulis disana. Masih seneng nulis di blog sendiri dulu, kasihan banyak dianggurin dulu.

    Memang bagus nulis di platformnya, berkualitas pula. Semoga DAnya makin naik yaa.

    ReplyDelete
  12. aku deg2an terus kalau baca kelasnya mas irwin. tertarik banget naikin DA tapi takut ga lolos pas isi form (hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..dicoba saja mbak..rejeki nggak ke mana kok...

      Delete
  13. Waini, boleh juga infonya. Lumayan ya bisa naikin DA. Habis ini mau daftar fi BRTnetwork. Ohya kelas growthing ini daftar dimana mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ,n..inf growthing biasanya di share sama para admin via FB mbak..nanti sekalian ada form yang harus diisi.

      Delete
  14. Aku sama sekali blom paham mba tentang SEO ini. Tipsnya menarik sekali. Oya dulu saya jg gabung d grup watsapnya blogger ruang tunggu tapi kemudian left karena hapenya kepenuhan memoriπŸ˜…πŸ˜… salam kenal ya mbaπŸ™πŸ™

    ReplyDelete

  15. Ada banyak cara untuk menaikkan DA termasuk nulis di BRT network ya. Aku belum gabung sih, tapi juga takut gak bisa komitmen nulisnya. Sementara ini aku naikin DA dengan cara ikutan arisan link dan usaha lainnya seperti nulis organik, ikut BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..memang banyak cara...arisan backlink juga bisa..

      Delete
  16. DA aku merosot terus hahhaha ternyata bisa ya menaikkan DA dengan menulis di BRT Network

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, intinya nulis di platform yang bagus performanya. BRT salah satunya...

      Delete
  17. Aku udah submit 1 tulisan sekitar sebulan yang lalu. Semalam submit lagi 1 semoga approve. Besok rencana juga submit lagi sebelum akhir September, kekeke. Kemaruk.

    ReplyDelete
  18. Wah boleh juga nih nyoba bergabung di BRT Network soalnya DA ku masih di 26 terus belum naik-naik 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tinggi ya, DAnya 26. Bisa tuh coba nulis di sana

      Delete
  19. Waaa..makasih mak. aku lagi berusaha naikin backlink ke blog ku juga nih. Nanti aku coba daftar deh

    ReplyDelete
  20. Infonya menarik sekali.. aku gabung juga di BRT, tp belum samsek nulis di sini seperti guest post. Pankapan dicoba

    ReplyDelete
  21. Saya baru submit satu tulisan. Rencananya mau submit tulisan di sana lagi, tapi entah kapan hihihi

    ReplyDelete
  22. Ini semacam komunitas juga ya keknya.
    Menulis di platform lain emang bagus buat mengasah skill menulis dan mendapat lbh banyak pembaca, bonus DA naik ya

    ReplyDelete
  23. Wah,good info noh. I wanna try do it too. My blog must have big support nih. Thank for your information ya

    ReplyDelete
  24. Bener bngt nih akupun dh rencanamo nulit di BRIT tujuannya Memperoleh backlink berkualitas yang alami dari web besar, walaupun harus buat Konten benar-benar bagus. DA ku msh kecil mba

    ReplyDelete
  25. berawal dari grup WA bisa jadi komunitas dan berbagi ilmu ya, udah dengar sih soal BRT ini termasuk kelas SEO-nya cuma masih deg-degan mau gabung karena kudu konsisten kan

    ReplyDelete
  26. Wuih keren, BRT udah punya website yang bisa jadi temoat nulis dan berbagi bersama ya. Saluuut dengan Mas Pewe dan Mbak Monica. Sukses semuanya. :)

    ReplyDelete
  27. Kka, submit tulisan ke BRT Network ini filenya dalam bentik gdocs kah?
    Karena kalau konten dari blog kita, nanti jadi duplicate content.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kita nulis baru mbak, bukan dari tulisan di blog kita.
      Nulisnya lewat form di BRTnetwork. Makanya harus jadi member dulu. Cuma nanti tulisan itu bisa kita kasih ke back link ke artikel kita di blog yang satu tema..

      Delete

 
Top