...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Wednesday, October 21, 2020

Menjaga Kulit Di Masa Pandemi dengan Crystallure by Wardah

Skin session  bersama crystallure dan MBC
Acara Skin Session bersama Crystallure by Wardah dan MBC

Tanggal 15 Oktober 2020 lalu saya mengikuti webinar yang diselengarakan Wardah bersama Mom Blogger Community (MBC). 


Kali ini dibahas tentang pentingnya merawat kulit di masa pandemi terutama untuk mencegah terjadinya penuaan dini. 


Nara sumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK dan Kak Gea Galih Saputri, Product Specialist Crystallure by Wardah.


Dalam webinar yang dilaksanakan melalui media zoom ini banyak informasi penting yang saya dapatkan, diantaranya adalah :


Pentingnya Merawat Wajah

Sebagai nara sumber pertama, Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK menekankan pentingnya merawat kulit wajah. 


Karena wajah adalah bagian pertama dari tubuh yang dilihat ketika kita bertemu dengan orang. Dan tidak jarang kondisi wajah sangat mempengaruhi performa dan percaya diri yang kita miliki.


Nara sumbrer beauty Class crystallure by wardah
Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK

Perawatan wajah minimal yang harus selalu kita lakukan adalah pembersihan, pelembaban, dan penggunaan tabir surya atau UV protection.


Masalah Penuaan Kulit (Skin Aging)

Skin aging atau penuaan kulit adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Karena hal tersebut berkaitan dengan faktor internal yakni genetik dan juga hormonal. 


Semakin usia bertambah, kondisi hormon juga berubah. Dan hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada penampilan kulit kita. 


Di usia di bawah 35 tahun, hormon estrogen masih banyak diproduksi tubuh. Sehingga kulit kencang dan halus. Tetapi di usia 35 tahun ke atas, produksi hormon estrogen semakin turun. Sehingga tanda-tanda penuaan kulit semakin terlihat.


Selain faktor internal seperti yang disebutkan di atas, kondisi kulit dipengaruhi oleh faktor eksternal juga. Diantaranya paparan sinar matahari, make up, AC, rokok, maupun stress. 


Meskipun tidak bisa dihindari tetapi penuaan kulit (skin aging) bisa kita perlambat dengan perawatan kulit yang tepat. 


Sertifikat yang saya dapatkan dari acara skin session bersama Crystallure by Wardah dan MBC


Hal penting yang harus kita perhatikan agar kulit selalu terjaga adalah :


1. Selalu memakai tabir surya (sunscreen)

Efek matahari sangat buruk untuk kulit kita. Dapat menyebabkan kulit kusam dan mempercepat penuaan. 


Sehingga penting bagi kita untuk menggunakan tabir surya minimal spf 30. Tabir surya dengan SPF 30 ini mampu melindungi kulit kita dari sinar matahari selama 30 x 15 menit atau sekitar 450 menit (7,5jam). 


Pengunaan tabir surya ini bisa kita ulang jika kita melakukan aktivitas yang menyebabkan tabir surya hilang. Misalnya berolah raga di luar ruangan sehingga wajah berkeringat, atau kita berwudhu. 


Dan yang perlu diingat, tabir surya harus kita gunakan meskipun kita berada di dalam ruangan. Karena sinar uv yang berbahaya untuk kulit mampu menembus lapisan kaca.


2. Memilih skin care sesuai kondisi kulit

Sebelum memilih produk perawatan kulit yang akan kita pakai, kita harus paham kondisi kulit kita. Apakah normal, kering, atau justru kombinasi.


Jangan sampai kita salah memilih produk perawatan kulit dan jika sudah menemukan yang cocok untuk kulit wajah kita, jangan ganti-ganti.


Ketika kita mencoba produk perawatan wajah, cara untuk mengetahui apakah kulit kita cocok atau tidak dengan produk tersebut adalah dengan mencuci kulit kita setelah kita beberapa jam memakainya.


Jika setelah 2-3 jam kulit kita tetap nyaman, berarti produk tersebut cocok untuk kulit kita.


Adapun tahapan yang disarankan untuk perawatan dan perlindungan kulit adalah :


1). Pembersihan

Kalau bisa menggunakan tahap double cleansing.  Yakni dengan susu pembersih, dan disempurnakan dengan sabun muka 


2). Pelembaban

Dipilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Disarankan untuk menggunakan pelembab dalam bentuk cream atau lotion. 


Karena penyerapan ke kulit lebih sempurna dan memberi efek menyejukkan. Tidak disarankan memakai pelembab dalam bentuk minyak murni (minyak almond, minyak zaitun). 


Karena meskipun kandungan yang dimiliki bagus untuk kulit, namun tidak dapat terserap sempurna di kulit. Selain itu efek yang ditimbulkan di kulit juga kurang nyaman, terasa gerah dan lengket.


3). Perlindungan dengan tabir surya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kandungan SPF yang disarankan untuk melundungi kulit kita adalah minimal SPF 30. 


Selain memberi perlindungan lebih lama, teksturnya masih mudah untuk diaplikasikan ke kulit muka.


3. Menjalankan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat perlu kita terapkan. Diantaranya dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, rajin berolah raga, minum air putih minimal 8 gelas per hari, dan hindari stress.


Penggunaan Cream Anti Aging

Penggunaan cream anti aging tentu saja sangat berguna untuk menjaga agar kulit kita tetap awet muda.


Tanda-tanda kulit sudah memerlukan cream anti aging adalah ketika kulit terasa kasar, dan kusam. Sehingga penggunaannya cream anti aging ini sangat tergantung kondisi kulit dan juga aktivitas sehari-hari.


Perempuan usia 20+ yang banyak beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk mulai menggunakan cream anti aging. Karena lebih rentan mengalami penuaan dini akibat paparan sinar matahari, debu, maupun polusi.


Berkenalan dengan Crystallure by Wardah

Pemateri selanjutnya adalah Kak Gea, Product Specialist Crystallure by Wardah. Menurut Kak Gea, produk ini diformulasikan untuk kulit kering, dan berguna untuk mencegah premature aging (penuaan dini).


Terdiri dari 7 produk yang dikemas secara exclusive, Crystallure by Wardah bisa digunakan untuk usia 28 sampai dengan 50 tahun. 


Beauty class by Crystallure by Wardah
Kak Gea dari Wardah


Selain menjelaskan manfaat dari setiap produk Crystallure, Kak Gea juga memberikan tutorial tahapan penggunaan masing-masing produk sebagai berikut :


1. Supreme Double Action Micellar Gel

Merupakan produk yang digunakan untuk mengawali proses perawatan kulit, yakni pembersihan.


Produk ini memiliki PH seimbang, sehingga memberi efek 2x melembabkan. Dengan teknologi micellar double action, produk ini mampu membersihkan wajah dengan sekali usap. 


Micellar water gel crystallure by Wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah


Produk ini juga sekaligus mampu menghidrasi kulit berkat kandungan YouthGlow Active dan chamomile extract di dalamnya. 


Micellar Gel ini juga mengandung Gold Peptide Crystals yang berfungsi menyamarkan garis halus dan kerutan.


Untuk menggunakan produk ini, pastikan tangan kita sudah bersih. Letakkan produk secukupnya pada wajah, dan lakukan pijat ringan (massage) baru kemudian dibersihkan dengan menggunakan kapas.


2. Supreme Activating Booster Essence

Produk ini berfungsi untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Mengandung 10x Gold Peptide Crystal yang berfungsi menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah. 


Activated booster essence dari crystallure by wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah

Sedangkan YouthGlow Active dan MatrixKey Molecule yang terdapat di  dalamnya berfungsi untuk menjaga kelembaban, kekencangan, dan kekenyalan kulit kita. 


Produk ini selain melembabkan, juga berfungsi mempersiapkan kulit wajah untuk menerima skin care berikutnya agar lebih optimal hasilnya. 


Penggunaan produk ini dilakukan dengan meletakkan produk ini ke telapak tangan secukupnya, dan membaurkan secara merata kemudian menepukkan secara ringan ke seluruh wajah dan leher sehingga meresap sempurna. 


3. Supreme Revitalizing Oil Serum

Serum ini diperkaya dengan kandungan Gold Peptide Crystals, Youth Glow Active, dan 7 Botanical Oils. 

Kandungan yang terdapat di dalamnya akan bekerja secara efektif untuk memberi nutrisi ekstra pada kulit, serta menjaganya supaya tetap lembab dan kenyal.


Oil serum crystallure by Wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah


Menurut Kak Gea, serum yang diformulasikan dengan teknologi Active Delivery System ini ringan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan rasa lengket.


Untuk menggunakan produk ini, cukup teteskan produk di telapak tangan dan oleskan di wajah. 


Dengan menggunakan telunjuk, jari tengah dan jari manis, pijatkan serum ke wajah mulai dari tengah dagu, ke arah pinggir dan atas pipi bagian dalam. 


Pijatan dilanjutkan mulai dari ujung atas hidung hingga kening. Kemudian ke area seputar mata, mulai dari bagian bawah hingga kelopak.


4. Supreme Advanced Eye Serum

Mata adalah area yang paling cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan.  Dalam hal ini crystallure  by wardah mengeluarkan produk perawatan khusus mata berbentuk serum.


Eye cream by crystallure by wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah

Diaplikasikan dengan cara dipijat ringan, eye serum ini berfungsi menghilangkan kerutan halus di seputar mata.


5. Supreme Advanced Hydra Gel

Produk ini dipakai setelah serum. Fungsinya untuk mengunci kelembaban wajah. Pengaplikasiannya juga mudah. Cukup dioleskan secukupnya menggunakan spatula yang tersedia. 


Advance hydra gel crystallure by wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah

Kemudian pijat lembut wajah mulai dari bagian dalam ke arah luar, dan terakhir tepuk lembut seluruh area wajah untuk memastikan produk diserap dengan optimal.


6. Supreme Revitalizing Rich Cream

Cream pelembab ini bisa digunakan untuk yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Selain berfungsi untuk melembapkan kulit, cream ini dilengkapi dengan kandungan SPF35 PA+++ yang akan melindungi kulit dari sinar UV.


Pelembab dengan SPF dari Crystallure by Wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah

Jadi dalam hal ini kita bisa memilih pelembab yang kita gunakan, apakah Supreme Advanced Hydra Gel atau Supreme Revitalizing Rich Cream tergantung kebutuhan.


7. Supreme Activating Overnight Cream

Cream ini diformulasikan untuk penggunaan di malam hari. Selain mengandung Gold Peptide Crystals dan YouthGlow Active, cream ini juga memiliki kandungan  Grand Active Retinoid.


Night cream crystallure by wardah
Sumber : instagram Crystallure by Wardah

Zat turunan vitamin A ini dapat bekerja efektif untuk meningkatkan kehalusan kulit dan memyamarkan noda hitam tanpa mengiritasi kulit.


Bagi ibu-ibu yang sedang hamil, jika khawatir dengan efek zat ini untuk janin, bisa diskip dulu penggunaan produk ini.


Nah, demikian materi yang saya dapatkan dari webinar bersama Crystallure by Wardah dan Mom Blogger Community.


Secara keseluruhan materi yang diberikan sangat bermanfaat dan membuat saya lebih aware menjaga kulit wajah. Karena setiap perempuan tentu ingin terlihat awet muda dan menarik lebih lama.


Produk-produk dari Crystallure by Wardah ini sangat sesuai untuk saya yang berkulit kering. Saya ingin sekali mencoba rangkaian produk dari Crystallure by Wardah ini terutama Supreme Revitalizing Oil Serum dan Supreme Advanced Hydra Gel. 


Apakah teman-teman sudah pernah mencobanya? Yuk share pengalamannya...


14 komentar:

  1. Betul sekali meskipun di rumah aja kita tetap bisa merawat kulit dan wajah dengan produk wardah sehingga tampil cantik, bersih dan awet muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baru tahu juga kl di rumah tetap harus pakai sun screen

      Delete
  2. Saya belum pernah mencoba produk Wardah yang ini. Suka lihat kemasannya. Terlihat elegan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga, baru tahu dari webinar juga. Produk premium untuk mengatasi masalah tanda2 penuaan kulit

      Delete
  3. Saat hormon estrogen menurun produksinya, masuk masa menopause maka akan banyak yang bisa saja terjadi dengan cepat, termasuk pada urusan kulit wajah. Nah untungnya WArdah memperhatikan hal ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, masa menopause yang akan dialami semua perempuan menyebabkan byk persoalan. Selain masalah kulit juga masalah kesehatan dalam hal ini osteoporosis

      Delete
  4. Intinya kalau buat antiaging emang selalui membuat kulit jd lembab ya mbak?
    Soalnya kandungan air di wajah katanya jg jd gampang kurangnya kalau makin tua haha.
    Ini aku di rumah aja malah lbh enak merawat wajahnya soalnya kan gk perlu pakai kosmetik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb...karena itu kulit perlu dihidrasi. Nggak papa sih nggak pakai kosmetik dekoratif, tapi untuk produk skin care tetap harus digunakan. Minimal pembersihan, pelembaban, dan tabir surya. Begitu kemarin kata dokternya

      Delete
  5. Produk Wardah baru ini kayaknya bisa jadi pilihan. Soalnya kan pas buat aku yang butuh anti aging seperti ini

    ReplyDelete
  6. Apa cma aku yg berasa glowing pakai air wudhu wakaka.. Nggak deng betjanda 😝😝
    Saat dirumah aja nih kudunya kita melakukan perawatan to the max krn kan aktivitas dikurangi, bisa dong tampil glowing pakai wardah

    ReplyDelete
  7. Aku juga ikutan webinar ini dan bikin mupeng dooong. Secara ya produk premium dan bener-bener berkualitas

    ReplyDelete
  8. Wah ini produk terbarunya wardah ya mbak..
    Keren ya packagingnya, terlihat mewah gitu...
    Blm pernah nyoba aku

    ReplyDelete
  9. Wow keren banget nih acaranya, aku juga pakai wardah mba.. tapi yg brightening biasa.

    Kalau yg ini packing nya meeah banget ya. Jadi mupeng

    ReplyDelete
  10. Langsung salfok sama micellar watrnya. Tekstur micellar waternya kayak gel gitu ya? Biasanya micellar water kan cair jadi langsung dituang di kapas.

    Jatuh cinta sama packaging wardah cristalurre ini, kelihatan mewah banget. Mana lengkap banget pula produknya.

    ReplyDelete

 
Top