...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Friday, October 16, 2020

Ingin Dapat Domain Gratis? Pakai Paket Hosting Ini

Domain gratis

Sumber: Leon Seibert di Unsplash.com


Jika ingin memiliki website untuk usaha, kita hanya perlu domain dan hosting saja. Sehingga sudah pasti biayanya jauh lebih murah dibandingkan kalau kita harus membangun atau menyewa kantor fisik.


Domain dan hosting adalah dua hal yang secara bersamaan diperlukan jika kita ingin memiliki website. Domain dan hosting bisa dibeli secara terpisah atau bisa juga kita membeli paket khusus yang sudah menyertakan penggunaan domain secara gratis.


Paket yang ditawarkan biasanya memberikan beberapa opsi ekstensi domain yang bisa dipilih.


Walaupun pilihannya terbatas, namun paket semacam ini tetap saja jauh lebih ekonomis dibandingkan jika kita membeli domain dan hosting secara terpisah.


Hal ini tentu saja menguntungkan, terutama bagi teman-teman yang berniat membuat toko online maupun bagi yang ingin memperkenalkan portfolio usahanya.


Perkiraan Harga Ekstensi Domain Populer 

Sebelum membuat website, kita perlu tahu berapa kisaran harga dari setiap ekstensi domain yang akan digunakan agar kita dapat memilih sesuai budget dan kebutuhan.


Ekstensi yang masuk dalam kategori generic top-level-domain (gTLD) sekarang ada banyak jenisnya.


Masing-masing dijual dengan harga yang berbeda tergantung pada harga yang ditentukan oleh registry (penyedia layanan).


Namun secara garis besar, berikut gambaran biaya dari masing-masing ekstensi jika kita ingin membeli domain untuk membuat website. 

1. .COM 

Ekstensi domain .com adalah yang paling komersial di dunia website. Jika kita menyediakan budget lebih dan nama domain yang kita inginkan masih tersedia dalam bentuk .com, maka kita bisa menggunakan ekstensi .com.

Harga yang tersedia di DomaiNesia cukup terjangkau sekitar Rp 129.000, baik untuk biaya daftar, transfer, maupun perpanjang.

2. .ORG 

Salah satu TLD yang biasa dipakai oleh suatu organisasi adalah .org. Domain yang satu tersebut sudah lama dirilis di dunia website sejak 1985 dan masih banyak peminat sampai sekarang.

Domain tersebut ditawarkan dengan harga sekitar Rp 189.000 dan sering kali menjadi lebih terjangkau berkat adanya promo dari DomaiNesia.

3. .BIZ 

Para pebisnis yang berniat membuat website khusus bisnis, biasanya akan menggunakan jenis ekstensi berupa .biz.

Ekstensi tersebut merupakan singkatan dari business dan sangat cocok dipakai sebagai alternatif jika nama domain yang kita inginkan sudah tidak tersedia dalam bentuk .com.


Ekstensi tersebut bisa kita dapatkan dengan membayar Rp 279.000 untuk pendaftaran, transfer, dan perpanjangan.


4. .NAME 

Apabila teman-teman berniat membangun sebuah bisnis yang sifatnya pribadi, maka bisa menggunakan .name.

Domain tersebut juga biasa dipakai untuk website portfolio. Harga dari domain .name tersebut sekitar Rp 129.000, baik untuk website pendaftaran, transfer, dan perpanjangan.

5. .ID 

Domain yang menunjukkan eksistensi dari negara Indonesia adalah ID.

Domain tersebut dikeluarkan oleh PANDI dan dijaga keamanannya, sehingga bisa lebih terpercaya dan tidak dipakai untuk membuat website yang berisikan penipuan, perjudian, maupun pornografi. Jika berminat teman-teman hanya perlu membayar Rp 249.000, - 



Domain Gratis dengan Berlangganan Hosting di DomaiNesia 

Jika teman-teman ingin mendapatkan domain gratis, teman-teman dapat memanfaatkan penawaran dari DomaiNesia. Yakni dengan cara berlangganan hosting murah minimal paket Super.

Domain gratis tersebut bisa teman-teman nikmati dalam kurun waktu satu tahun pertama.


Setelah satu tahun berlalu, teman-teman baru membayar biaya sesuai dengan domain yang dipakai.


Adapun ekstensi domain yang masuk dalam kategori gratis pada paket :

1. .XYZ 

Domain xyz ini pertama kali dirilis pada 2014 dan pengembangnya adalah Daniel Negari.

Domain tersebut sudah lama menjadi alternatif dari .com yang juga memiliki banyak pengguna saat ini.


Teman-teman bisa menggunakan domain tersebut untuk membuat website yang berisikan tentang suatu tutorial dari awal sampai selesai yang diibaratkan dengan huruf x sampai z.

2. .ONLINE 

Salah satu jenis domain yang sudah mendunia adalah .online. Sebagian besar penggunanya berasal dari China, yakni sekitar 42% dari seluruh total pengguna .online yang tersebar di seluruh dunia.

Website ini juga  menggunakan berbagai bahasa, yakni sekitar 24 bahasa. Sehingga banyak masyarakat yang memahami tentang domain yang satu ini.

3. .SITE 

Sebuah website yang berisikan tentang profil suatu perusahaan cocok menggunakan akhiran .site.

Selain itu beberapa perusahaan sektor lain yang sering menggunakan domain .site adalah perusahaan berbasis digital dan teknologi.


Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 129.000 website aktif yang menggunakan domain ini.

4. .NET 

Domain alternatif yang dapat dipakai selain .com adalah .net. Teman-teman bisa mendaftarkan nama domain website dengan ekstensi ini jika menggunakan paket hosting minimal Super di DomaiNesia.

Sekarang ini website yang menggunakan ekstensi .net sudah ada lebih dari 13.4 juta. Bahkan, www.realestate.net pernah djual sampai dengan $300.000 pada tahun 2007. 

5. .WEBSITE 

Ekstensi domain yang bisa dipakai dengan tujuan fleksibel adalah .website. Apabila teman-teman sedang mencari nama domain dan tidak tersedia dalam bentuk .com, .id, maupun .co, maka bisa menggunakan .website sebagai alternatif.

Teman-teman bisa memanfaatkan domain tersebut secara gratis di satu tahun pertama pendaftaran dengan berlangganan hosting di DomaiNesia.


Selain dari ekstensi yang sudah disebutkan, sebenarnya masih ada lagi ekstensi lain yang gratis, yang secara detil dapat teman-teman lihat langsung di website DomaiNesia. 

Setidaknya untuk Paket Hosting Murah ada 2 paket yang memberikan fitur gratis domain yakni Paket Super dan Paket Monster.


Sedangkan untuk seluruh Paket Hosting Bisnis sudah menyediakan layanan gratis domain. Ada empat Paket Hosting Bisnis yang bisa dipilih yakni Paket Mikro, Paket Mega, Paket Giga, dan Paket Exa. 

Gimana, sudah siap membuat website untuk usaha anda? Yuk manfaatkan fasilitas domain gratis dari DomaiNesia.

Semoga informasi ini bermanfaat yaa...

 

14 komentar:

  1. Aku nanti mau ganti domain blogku, kak. Itu domain .com harganya Rp129.000 untuk perpanjangan tahun berikutnya apakah bertambah?

    ReplyDelete
  2. DomaiNesia emang ok banget sih. Paling terpercaya dan harganya pun relatif. Sempat mau bikin juga website bisnis cuma belum bisa kepegang sih jadi aku tunda dulu.

    ReplyDelete
  3. Pas banget kesasar ke sini. Memang lagi cari2 pilihan hosting. Bisa jadi DomaiNesia menjadi salah satu alternatif.

    ReplyDelete
  4. Pengin punya domain dot net, tapi berapa yaa sekarang? Di situ tertulis dijual jadi 300 dollar yang punya. Kalo kita beli di domainesia sekaligus perpanjangannya untuk tahun2 mendatang berapa duit yak?
    dot com tetep paling murah yaa.hihi

    ReplyDelete
  5. Nice info banget ini, secara bermain di dunia maya khususnya web harus banget cari info tentang paket hosting gratis seperti ini ya.. jadi referensi banget

    ReplyDelete
  6. Nice!! Jadi makin paham tentang domain & hosting nih

    ReplyDelete
  7. Jadinkeingey belum nemu hosting untuk dua buah website. Kudu dipelajari nih, siapa tahu cocok buat aku

    ReplyDelete
  8. Aku sih lebih milih (dot) com, udh mainstream dan populer. So far, info yg sangat menarik. Thanks

    ReplyDelete
  9. Itu yang gratis di tahun pertama, tahun berikutnya bayar berapa ya? Lagi nyari buat dua blogku yang belum TLD nih.

    ReplyDelete
  10. Wah tawarannya menarik juga nih jadi gratisan nih untuk domainnya ya... Informasi bermanfaat banget nih karena di era digital ini banyak yang membutuhkan informasi ini....

    ReplyDelete
  11. Lumayan banyak juga ekstensinya, daku yang kepikiran dulu malah pokoknya .com aja haha. Ternyata ada juga nih yang bikin tertarik

    ReplyDelete
  12. Info bagus nih tentang domain dan hosting soalnya blog aku pun belum pake domain dam hosting. 😁

    ReplyDelete
  13. Kalau lihat harganya, ternyata domain .id cukup lebih tinggi dibanding domain lainnya. Nah, kalau domain gratis cocok buat para UMKM saat ini agar bisa go online juga

    ReplyDelete
  14. Hmm ternyata harganya untuk bisa punya website sendiri tidak begitu mahal ya, bahkan ada yang gratis ternyata ya.

    ReplyDelete

 
Top