...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Friday, October 23, 2020

Tips dan Aturan Sewa Bus di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 tak kunjung usai, tapi bukan berarti teman-teman tidak bisa bepergian kemana pun, ya! Kita tetap bisa pergi, bahkan bisa menyewa bus tanpa rasa khawatir. Kok bisa? Langsung saja simak tips dan aturan sewa bus di masa pandemi berikut, yuk!


Sewa bus saat pandemi
Sewa bus saat pandemi (sumber :  pixabay)


Aturan Sewa Bus Di Masa Pandemi

Bagi beberapa orang, bepergian di masa pandemi tidaklah dianjurkan kecuali dalam kondisi mendesak. Alasan itulah kenapa kita dituntut untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti yang diterapkan oleh pemerintah jika hendak bepergian.


Tidak hanya kepada kita selaku orang pribadi saja, bahkan bus sekalipun memiliki aturan sewa bus di masa pandemi


Jika teman-teman kebetulan ingin menyewa bus dalam waktu dekat ini, silakan simak penjelasan atau prosedur di bawah ini yang harus ditaati pihak penyedia bus yang harus kita ketahui agar nantinya tidak salah pilih.


1. Bus harus disemprot disinfektan 


Baik sebelum maupun setelah digunakan, bus harus selalu disemprot disinfektan. Tujuannya tak lain untuk mensterilkan kursi, lorong, dan benda-benda lain di dalam bus yang berpotensi banyak disentuh oleh penumpang.


Dengan begini, bus tetap bersih, higienis, dan pastinya aman untuk digunakan oleh penyewa atau penumpang selanjutnya.


Jika ingin sewa bus, pastikan kalau busnya sudah disemprot disinfektan terlebih dahulu. Jika tidak, lebih baik cari perusahaan rental bus lain yang sudah menerapkan protokol kesehatan yang semestinya demi keselamatan penumpang di masa pandemi.


2. Dianjurkan menyediakan hand sanitizer


Di masa pandemi sekarang, setiap orang memang membawa hand sanitizer kemana-mana. Setelah memegang sesuatu, misalnya, tangan bisa langsung disemprot agar kembali steril. Terlebih lagi bila ingin memegang benda lain atau ingin makan.


Meski begitu, ada baiknya bila armada yang ingin disewa menyediakan hand sanitizer khusus di dalam bus. Jika kebetulan hand sanitizer milik penumpang habis atau ketinggalan, masih ada hand sanitizer cadangan. Dengan begini, kebersihan tangan terus terjaga dengan baik selama perjalanan.


3. Wajib melakukan pengecekan suhu tubuh


Hal ini sudah pasti menjadi salah satu aturan sewa bus di masa pandemi. Terlebih lagi terhadap driver yang hendak membawa penumpang bepergian ke tempat tujuan. Jika dibandingkan dengan penumpang, driver tentu lebih banyak bertemu dengan orang-orang di luar.


Kendatipun begitu, tak salah juga bila perusahaan juga ikut mengukur suhu tubuh penumpang satu per satu. 


Tujuannya untuk memastikan penumpang dalam keadaan prima sebelum bepergian, sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir sedikit mungkin.


4. Membatasi jumlah penumpang dalam bus


Aturan sewa bus di masa pandemi selanjutnya adalah membatasi penumpang. Cara ini dianggap ampuh untuk mengurangi rantai penyebaran Covid-19.


Dengan tidak berdekatan, maka virus lebih sulit menyebar dan menempel di tubuh penumpang lain.


Untuk batas maksimum penumpang di dalam bus biasanya ditentukan oleh perusahaan sewa bus yang bersangkutan. 


Hal ini didasarkan atas kebijakan dan anjuran dari pemerintah juga, sehingga penumpang tetap dalam keadaan sehat hingga di tempat tujuan.


5. Memberikan kenyamanan maksimal


Kenyamanan ini dimaksudkan untuk menunjang perjalanan, sehingga penumpang tidak bosan selama di jalan. 


Untuk meningkatkan kenyamanan ini, bus biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bagus. Sebut saja AC, DVD Player, sound system, TV LCD, soket listrik, dan WiFi.


Terutama di masa pandemi sekarang, dimana penumpang juga tidak dianjurkan untuk sering berkomunikasi di dalam bus. Maka dengan adanya fasilitas seperti ini, setidaknya penumpang tetap betah melakukan perjalanan.


Itulah dia tips dan aturan sewa bus di masa pandemi yang harus kita ketahui. 


PT. Serasi Autoraya (SERA) sebagai jasa penyedia sewa kendaraan melalui TRAC ikut mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu dengan menghadirkan cara mudah, cepat, dan aman saat sewa mobil melalui aplikasi TRAC To Go.


Aplikasi ini telah mengalami beberapa penyempurnaan oleh TRAC sendiri. Dengan fitur-fitur terbaru dan menarik, kita bisa merasakan betapa mudahnya menyewa mobil di masa pandemi ini. 


Aplikasi ini memang belum dirilis, jadi kita perlu menunggu bila penasaran dengan fitur-fiturnya, yang sudah pasti sangat membantu kita sebagai pengguna jasa sewa kendaraan.


Semoga informasi ini bermanfaat, stay healthy yaa...


15 komentar:

  1. iya setuju, kapasitas penumpang memang sebaiknya dikurangi agar penumpang ngga berdesak desakan dalam bus ya mak.. Cek suhu dan handsanitizer juga penting, dan nggak.lupa jg selalu pakai masker dalam bis yaaa

    ReplyDelete
  2. saat pandemi begini memang banyak peraturan dan protokol kesehatan yang harus diikuti untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama

    ReplyDelete
  3. Kalau menyewa bus kaya gini masih gak was-was aku karena perusahaan bisnya udah memenuhi protokol kesehatan. Aku masih bingung dengan bus umum itu loh maklum udah lama gak naik nisa sejak pandemi.
    Lebih baik sih kalau penumpangnya memang dibatasi ya untuk mencegah hal-hal yang gak diinginkan

    ReplyDelete
  4. Kalau semua bus menerapkan protokol seperti ini asik ya, jai rantai penyebaran virus covid bisa ditekan serendah-rendahnya. Apalagi kalau ditambah dengan fasilitas kayak colokan listrik, wifi dan hiburan. Perjalanan jadi makin betaaaah

    ReplyDelete
  5. Yang tetap harus di ingat adalah menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan, Di era Pandemi seperti sekarang mesti harus membiasakan. Berharap semoga wabah yang meresahkan segera berlalu dan kehidupan kembali membaik

    ReplyDelete
  6. Kangen banget bepergian naik bus. Mungkin banyak orang ragu ya untuk sewa bus di masa pandemi ini terkait dengan protokol kesehatannya. Tapi kalau di TRAC sih insya Allah semuanya diperhatikan banget dan terpercaya.

    ReplyDelete
  7. Saya udh lama banget nih nggak naik bus mbk, jadi kangen sebenarnya. hee
    Kalau di Bengkulu agak susah kalo mau sewa bus mbk, mudah2an setelah ada aplikasi jdi lebih mudah nantinya.

    ReplyDelete
  8. Terakhir naik bus itu tahun lalu dan sampai sekarang belum berani naik bus. Tapi kalau sewa bus buat private group gitu sepertinya lebih aman ya sekarang karena orang-orangnya kita kenal.

    ReplyDelete
  9. bus juga ada aturan khusus selama panemi ya, udah lama banget gak naik kenaraan umum sejak pandemi ini, ikutan nunggu aplikasi trac to go, sewa sewa jadi simpel

    ReplyDelete
  10. Repoott yaaa bepergian zaman now huhu.
    Kirain selama ini TRAC cuma nyewain mobil ternyata juga menyewakan bus ya? Bisa nih kapan2 kalau udah gak pandemi utk piknik anak2 sekolah atau piknik keluarga besar TFS

    ReplyDelete
  11. TRAC menyediakan sewa mobil melalui aplikasi TRAC To Go dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik ya. Salut.

    ReplyDelete
  12. Selama masa pandemi ini, peraturan ditegakkan demi kesehatan termasuk saat sewa bus. Semoga di kotaku tersedia juga aplikasi trac to go biar gampang kalau mau keluar daerah

    ReplyDelete
  13. benar mbak, kantor suamiku sudah 2x ini sewa bus buat acara dinas, dan emang melakukan semua yg mbak sebutkan diatas itu

    ReplyDelete
  14. Iya kalau aturannya dipatuhi kita jadi lebih tenang ya naik bus..teman sudah ada yang nawarin paket piknik Bali by bus tahun baru duh pengen, apa daya masih gawat situasinya..

    ReplyDelete
  15. kalau semua aturannya diterapkan, kita jadi tenang ya kalau bepergian naik bus. tapi kalau mobil penumpang di daerahku jarang menerapkan protokol kesehatan ini

    ReplyDelete

 
Top