Mencapai Tidur Berkualitas Bersama Antangin Good Night

webinar_tidur_berkualitas
Webinar Kesehatan dan Produktivita Dimulai dari Tidur Berkualitas (doc.pri)

Tidur berkualitas sangat baik untuk kebugaran.  Karena secara langsung dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Namun sayangnya tidak semua orang dapat merasakan tidur berkualitas. Bisa karena memang mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia, bisa juga karena situasi yang menyebabkan sulit istirahat. 

Misalnya saja seperti yang dialami oleh ibu muda yang mempunyai bayi atau balita yang belum teratur jam tidurnya. Memang berdasar penelitian perempuan lebih rentan mengalami gangguan susah tidur dibandingkan laki-laki. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Mulai dari perubahan hormonal, kehamilan,  menopause, kecemasan atau stress,  hingga kebiasaan multitasking. 

Apapun penyebabnya,  gangguan sulit tidur ini harus dicarikan solusinya. Karena mempunyai efek tidak bagus untuk kesehatan. Selama pandemi ini, saya pun juga mengalami gangguan sulit tidur ini.  Kondisi yang tidak pasti membuat mata sulit terpejam. 

Melihat perkembangan covid belakangan ini yang semakin menjadi,  membuat rasa was-was meraja. Seolah-olah kita tinggal menunggu giliran untuk terkena.  


pengaruh_covid_terhadap_kualitas_tidur
covid, salah satu yang membuat kualitas tidur turun (tangkapan layar materi webinar)

Apalagi beberapa teman dan saudara yang berada di lingkaran terdekat,  sudah terkena covid.  Meskipun Alhamdulillah sudah sehat seperti sedia kala. Tidak ingin berlarut-larut dalam kondisi sulit tidur, saya pun ingin memperoleh solusinya. 

Untungnya saya memperoleh informasi Antangin Good Night bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis menyelenggarakan webinar pentingnya tidur berkualitas yang relate dengan permasalahan susah tidur yang saya hadapi. 


webinar_tidur_berkualitas
webinar bersama IIDN dan Antangin Good Night (doc.pri)

Apa saja informasi yang saya dapatkan dari webinar ini? Berikut saya tuliskan rangkumannya untuk teman-teman semua.

Webinar "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai Dari Tidur Berkualitas"

Webinar yang membahas tentang pentingnya tidur berkualitas ini berlangsung hari Jumat, 18 Juni 2021 lalu via media zoom, dan bisa diikuti melalui Youtube Deltomed Laboratories. Webinar ini menghadirkan dua orang nara sumber. Yakni Ibu Dr.  (Cand)  dr. Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia), dan Bapak Apt. Drs Victor .S. Ringoringo,  S. E, M.Sc. Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, dengan dipandu Mb Sara Neyriza.  

Sebelum webinar dimulai, dilakukan pooling untuk mengetahui kebiasaan tidur para peserta webinar. Dan hasilnya mengejutkan. Di mana rata-rata peserta webinar yang semua ibu-ibu mengalami permasalahan tidur.  Hasil rinci pooling yang dilakukan kemarin bisa dilihat di tabel berikut ini :


hasil_pooling_peserta_webinar
hasil pooling kualitas tidur peserta webinar (doc. Dian Ismyama)

Pentingnya Tidur Berkualitas

Sebagai nara sumber pertama, Dr.  (Cand) dr. Inggrid Tania,  M. Si, menjelaskan pentingnya tidur berkualitas. Tidur merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mendetoksifikasi racun dan regenerasi sel. Sehingga tidur yang cukup berhubungan langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi kondisi kesehatan termasuk memori atau ingatan.


pembicara_webinar_tidur_berkualitas
DR. (Cand) dr. Inggrid Tania, M,Si.

Saat kita tidur lelap, maka gelombang otak menjadi besar dan lamban. Akibatnya kerja otot menjadi rileks dan pelan, dan pernapasan dalam. Kondisi ini dapat membantu otak dan tubuh pulih kembali setelah seharian beraktifitas. 

Bisa dibayangkan seandainya kita memiliki masalah tidur. Otak yang menjadi pusat kinerja tubuh kita tidak punya cukup waktu untuk recovery. Pasti banyak masalah kesehatan yang tejadi. 


manfaat_tidur_untuk_otak
detoksifikasi saat tidur (sumber : materi webinar)


pengaruh_gangguan_tidur_untuk_tubuh
efek gangguan tidur bagi tubuh (sumber : materi webinar)

Kuantitas dan Kualitas Tidur

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Dalam hal ini dikenal istilah kualitas dan kuantitas tidur . 

kualitas_dan_kuantitas_tidur
kualitas dan kuantitas tidur (sumber : materi webinar)

Kualitas tidur adalah suatu kondisi yang dijalani oleh seseorang sehingga mendapatkan kesegaran dan kebugaran saat terbangun dari tidurnya. Kualitas tidur dicapai ketika kita bisa dengan mudah terlelap setelah 30 menit berbaring, tidak sering terbangun saat tidur, atau hanya terbangun satu kali,  setelah itu dengan mudah tidur kembali. Sehingga saat bangun di pagi hari tubuh terasa segar. 

Sedangkan kuantitas tidur merupakan jumlah jam tidur normal yang diperlukan seseorang sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Misalnya orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 7-9 jam. Sedangkan anak-anak membutuhkan waktu yang lebih banyak, sekitar 10-12 jam.  

Idealnya kualitas dan kuantitas tidur bisa terpenuhi semua. Yakni untuk orang dewasa bisa tidur minimal 7 jam. Namun jika secara kuantitas tidak bisa terpenuhi paling tidak kita bisa mencapai tidur berkualitas di tengah terbatasnya waktu istirahat yang kita miliki. 

Gangguan Tidur


masalah_gangguan_tidur
masalah gangguan tidur yang biasa terjadi (sumber : materi webinar)

Insomnia adalah gangguan tidur berkelanjutan,  yang disebabkan ketidakmampuan tubuh menjaga kualitas tidur dengan baik. Survey yang dilakukan terhadap 2944 responden di Indonesia di rentang usia 18 - 24 tahun menunjukkan lebih dari 2/3 masyarakat Indonesia mengalami kurang tidur. 


penyebab_gangguan_tidur
penyebab gangguan tidur (sumber : materi webinar)

Penyebab gangguan tidur sendiri ada beberapa macam,  bisa karena :

1. Sakit atau mengalami gangguan fisik

Seperti karena sakit gigi,  sakit kepala,  atau nyeri perut. Untuk gangguan tidur yang disebabkan gangguan fisik ini obat pereda nyeri bisa digunakan untuk mengatasinya. 

2. Issue medis,  seperti menderita sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan  pernafasan seseorang berhenti dan bisa berlanjut berulang kali. Faktor pemicu gangguan ini adalah karena penuaan dan obesitas. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria. 

Biasanya ditandai dengan dengkuran yang keras,  dan tubuh merasa lelah meskipun telah tidur lama. Jika mengalami gangguan tidur ini,  sebaiknya konsultasi ke dokter agar tahu cara penanganannya. 

3. Gangguan psikologi 

Seperti munculnya kecemasan atau depresi akibat beban kerja atau pikiran yang terforsir. Gangguan ini juga menyebabkan sulit tidur,  yang jika tidak ditangani membahayakan fisik dan mental. 

4. Gangguan lingkungan

Seperti lampu yang terlalu terang,  suara berisik, tempat tidur yang kurang nyaman, atau banyak nyamuk. Suasana yang tidak kondusif di sekitar kamar juga berpotensi menyebabkan gangguan sulit tidur. Untuk mengatasinya tentu saja dengan menghilangkan faktor pengganggunya.

5. Faktor genetik

Seperti narkolepsi. Pada orang yang mengalami gangguan tidur narkolepsi maka dia akan mengalami serangan mengantuk tiba-tiba di siang hari yang sangat mengganggu aktivitas hariannya. 

6. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia,  gangguan tidur akan lebih banyak dijumpai. Biasanya setengah dari lansia berumur di atas 65 tahun mengalami gangguan susah tidur. 

7. Pengaruh obat-obatan

Pemakaian obat-obatan seperti anti depresi,  obat darah tinggi,  dan obat yang mengandung kafein dapat menyebabkan gangguan tidur. Oleh sebab itu pengunaan obat-obatan semacam ini harus dengan pengawasan dari dokter atau ahli. 

8. Bekerja di malam hari

Aktifitas malam yang berlawanan dengan biological clock dapat menyebabkan gangguan tidur. Bekerja terlalu larut tatau lembur yang dilakukan biasanya berefek kepada kondisi sulit tidur yang tidak baik untuk kesehatan. 

Tips mengatasi gangguan tidur

Untuk mengatasi gangguan tidur ada berbagai cara. Yang terpenting kita harus tahu faktor penyebabnya. Karena penanganannya tergantung penyebabnya. Cara yang dilakukan diantaranya adalah memperbaiki kebiasaan tidur, terapi perilaku sebelum tidur, hingga pemberian obat tidur yang efek sampingnya harus terus dipantau.

Nah, berikut tips yang disarankan dr.  Tania untuk memperbaiki kualitas tidur :


tips_memperbaiki_kualita_tidur
cara untuk memperbaiki kualitas tidur  (sumber : materi webinar)

1. Lakukan meditasi

Meditasi merupakan cara untuk menenangkan diri. Dengan memfokuskanpl pikiran pada objek atau aktivitas yang menyenangkan yang membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Melakukan aktivitas meditasi selama 15 menit sebelum tidur, ditambah dengan penggunaan aroma terapi dipercaya dapat meningkatkan dan memerbaiki kualitas tidur.

2. Rajin berolah raga 

Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh,  rajin berolah raga juga memperbaiki kualitas tidur. Karena altivitas fisik minimal 30 menit di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan menurunkan hormon kortisol, yang membuat kita cepat tidur di malam hari. 

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, Magnesium adalah salah mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara optimal. Pada saat tidur,  magnesium membantu tubuh dan otak agar rileks dengan cara mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Untuk dapat mulai tertidur dan tetap terlelap, dibutuhkan otak dan tubuh yang rileks. Secara kimiawi, magnesium membantu proses ini. Itulah sebabnya magnesium dibutuhkan agar kita dapat tidur nyenyak. Magnesium banyak terdapat pada gandum utuh,  alpokat,  kacang-kacangan,  dan bayam. 

4. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks sehingga mudah beristirahat. 

5. Baca buku sebelum tidur

Membaca buku dapat membuat tubuh menjadi rileks jauh dari kecemasan. Mata lelah juga mempercepat proses tidur.  Namun hendaknya buku yang kita pilih untuk dibaca menjelang tidur adalah buku-buku yang ringan dan menghibur. 

6. Kurangi asupan kafein

Kafein adalah zat yang membuat kita selalu terjaga. Untuk orang yang memiliki gangguan susah tidur, sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Jika terpaksa harus mengkonsumsi usahakan waktunya tidak berdekatan dengan jam tidur.  Minimal 4 jam sebelum tidur.

7. Tidur di tempat gelap

Tidur di tempat gelap juga dianjurkan.  Karena akan memaksimalkan kerja dari hormon melatonin, yang berperan dalam mengatur pola tidur.  

8. Matikan TV, Komputer, dan benda elektronik lainnya

Mematikan televisi, komputer,  dan gawai jelang tidur sangat dianjurkan.  Karena pancaran sinar alat elektronik dapat menghambat hormon melatonin yang berpengaruh kepada kualitas tidur. 

9. Konsumsi herbal

Beberapa tanaman herbal dipercaya memiliki kandungan zat-zat yang memudahkan kita terlelap. Dalam hal ini,  dr. Inggrid Tania punya pembahasan tersendiri. Sebagai Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) tentu dr Inggrid Tania banyak mempelajari khasiat tanaman obat, termasuk tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tidur. 

Secara khusus, dr.  Inggrid Tania membahas 3 tanaman,  yakni passion flower yang memiliki habitat asli di Amerika,  Valerian yang banyak terdapat di Asia Barat dan Eropa,  juga Jahe yang merupakan tanaman asli Indonesia. 


herbal_untuk_mengatasi_gangguan_tidur
tiga tanaman untuk mengatasi gangguan tidur (sumber : materi webinar)

Untuk Passion flower, secara Farmakologi memiliki kandungan Alkaloid (harman, harmoline) yang mempunyai efek melemaskan otot dan sedatif (menenangkan). Sedangkan kandungan Flavonoid yang dikandungnya mempunyai efek antispasmodik, anti radang, dan sedatif.

Dengan kandungan zat-zat yang ada di dalamnya, maka Passion flower dapat menekan aktivitas sistem saraf pusat dengan cara meningkatkan kadar GABA (gamma-aminobutyric) dalam otak, dan mempunyai sifat menenangkan serta antinyeri. Sehingga dapat membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, sakit kepala, neuralgia, gangguan cemas/ ansietas dan insomnia.

Sedangkan akar tanaman Valerian memiliki kandungan minyak atsiri (camphene, borneol) dan Iridoid valepotriates, yang dapat menekan sistem saraf pusat dan mempunyai efek menenangkan, melemaskan otot yang tegang, serta menurunkan tekanan darah. 

Untuk tanaman jahe, memiliki kandungan volatil oil yang memberi efek melemaskan otot yang tegang, antinyeri, antiradang, termogenik (memproduksi kalor dengan meningkatkan laju metabolisme basal), diaforetik (merangsang pengeluaran keringat), karminatif (mengurangi gas dalam saluran cerna), mencegah muntah sehingga dapat membantu mengatasi gejala masuk angin.

"Oleh karena itu kombinasi dari tanaman passion flower, valerian dan jahe dapat memberikan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas", demikian pungkas dari dr. Inggid Tania mengakhiri paparannya.  

Mengatasi Gangguan Sulit Tidur Dengan Antangin Good Night

Sebagai pembicara kedua,  dihadirkan Bapak Apt. Drs Victor .S. Ringoringo,  S.E, M.Sc., Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories.

nara_sumber_dari_deltomed_laboratories
Bapak Apt. Drs Victor .S. Ringoringo,  S.E, M.Sc.

Dalam paparannya Bapak Victor menjelaskan pentingnya kualitas tidur untuk daya tahan tubuh menghadapi pandemi covid 19. Bapak Victor juga menjelaskan berbagai dampak yang terjadi jika kita kurang tidur. Di mana kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit. Hal ini berkaitan dengan sistem innate daya tahan tubuh. 

Saat orang sedang lelap tidur, Interleukin-1, Tumor Necrosis Factor (TNF), dan Natural Killer Cells (NKC) akan tinggi di dalam darah dan akan menurun ketika bangun. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. 

Deltomed Laboratories sangat menyadari hal ini. Sehingga dengan memanfaatkan kebaikan alam, Deltomed Laboratories mengeluarkan produk herbal antangin Good Night yang menggunakan kombinasi 3 bahan yang diyakini mampu mengatasi ganguan tidur,  seperti yang dijelaskan oleh dr. Tania. 

Yakni Passion flower, valerian dan jahe). Ketiga bahan tersebut dengan ditambah tanaman herbal lain yang terdapat dalam tablet herbal Antangin Good Night terbukti mampu meringankan gangguan sulit tidur dan membantu meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.  

komposii_antangin_good_night
kandungan herbal dalam Antangin Good Night (sumber : materi webinar)

Antangin Good Night ini telah memenuhi standard BPOM dari sisi kualitas,  efikasi (manfaat),  dan juga keamanan. Jika teman-teman ingin mencoba khasiat dari Antangin Good Night ini,  teman-teman bisa membelinya secara online di Deltomed Laboratories Official yang ada di Tokopedia, Shopee, Blibli,  Lazada,  dan Jd.Id. Bisa juga diperoleh di apotek dan toko obat ternama. 

antangin_good_night_untuk_memperbaiki_kualitas_tidur
tablet herbal antangin good night (sumber : materi webinar)

Harganya murah saja,  hanya Rp.  5000,- per strip isi 4 tablet.  Yuk, raih tidur berkualitas dengan mengkonsumsi Antangin Good Night 2 - 4 tablet 2 jam sebelum tidur. Jangan khawatir, tablet Antangin Good Night ini tidak menyebabkan ketergantungan. Dan karena produk ini herbal, maka produk ini aman digunakan untuk usia 12 tahun ke atas. 

Untuk aturan lengkap penggunaan, silakan baca informasi yang tercantum di kemasan ya. Jika teman-teman ingin tahu informasi detil mengenai produk ini, bisa follow juga akun instagram Antangin. Semoga artikel ini bermanfaat yaa, salam sehat selalu...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter