Cara Tepat Mengatasi Rambut Berminyak

cara mengatasi rambut berminyak
cara mengatasi rambut berminyak (design by canva)

Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi rambut berminyak sangat penting untuk diketahui. Agar penampilan kita selalu bersih dan rapi. Biasanya rambut berminyak memunculkan banyak persoalan. Mulai dari rambut lepek, mudah kotor, berketombe, dan mudah mengalami kerontokan

Rambut berminyak juga dapat mengurangi penampilan, sehingga berimbas pada rasa percaya diri. Oleh sebab itu seperti halnya kulit berminyak, rambut berminyak juga membutuhkan perhatian ekstra. 

Meskipun demikian, bagi teman-teman yang memiliki tipe rambut berminyak, tidak perlu berkecil hati. Karena semua permasalah untukrambut berminyak bisa diatasi. Yang penting harus telaten dan rajin merawat rambut , agar maksimal hasilnya.

Penyebab Rambut Berminyak

Sebelum kita membahas cara yang tepat untuk merawat rambut berminyak, kita akan kupas terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan rambut berminyak. Untuk diketahui, di bagian kulit kepala manusia, terdapat kelenjar minyak.

Kelenjar minyak ini akan menghasilkan minyak alami atau sebum yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit rambut. Sayangnya terkadang kelenjar minyak ini bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak berlebih. Inilah yang dialami oleh orang-orang yang memiliki tipe rambut berminyak.

Dan biasanya tipe atau jenis rambut yang kita miliki sama dengan tipe atau jenis kulit kita. Maksudnya orang dengan tipe kulit normal biasanya memiliki jenis rambut normal. Demikian juga dengan orang yang memiliki jenis kulit kering atau berminyak, juga akan memiliki tipe atau jenis rambut kering atau berminyak juga. Penyebab rambut berminyak, ada bermacam-macam. Diantaranya adalah :

Faktor Genetik

Tipe atau jenis rambut yang kita miliki bersifat genetis. Jadi bagi teman-teman yang memiliki orang tua dengan tipe rambut berminyak, bisa jadi akan memiliki tipe rambut yang sama.

Kerja Hormon

Hormon ikut berperan terhadap produksi minyak yang dihasilkan kulit, termasuk kulit kepala. Pada usia tertentu misalnya saja usia remaja, produksi minyak sedang banyak-banyaknya. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kerja hormon. Hal yang sama juga terjadi pada perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

Sehingga tidak heran jika pada usia remaja  atau masa puber dan juga pada perempuan yang sedang mengalami mentruasi sering timbul keluhan kulit berminyak. Sehingga muncul banyak jerawat di muka dan ketombe di kulit kepala.

Menjadi Indikasi penyakit tertentu

Kulit kepala yang terlalu berminyak disertai munculnya bercak kemerahan dan ketombe yang sangat gatal bisa jadi menjadi indikasi penyakit kulit yang disebut dermatitis seboroik. Untuk dermatitis seboroik yang tidak parah, bisa ditangani dengan menggunakan sampo anti ketombe. Namun jika sulit untuk diatasi sebaiknya periksa ke dokter.

Perawatan rambut yang tidak tepat

Kulit rambut berminyak bisa juga dikarenakan kesalahan dalam melakukan perawatan rambut. Bisa karena salah memilih jenis sampo, terlalu sering atau justru jarang keramas. Sehingga bagaimana cara perawatan rambut yang kita lakukan, sangat berpengaruh kepada kondisi rambut kita.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Ada berbagai cara mengatasi rambut berminyak. Kita bisa memakai bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Atau jika ingin praktis, saat ini juga banyak  tersedia produk perawatan rambut yang khusus diformulasikan untuk rambut berminyak. Dan berikut hal-hal yang harus kita perhatikan untuk mengatasi rambut berminyak :

Sering berkeramas.

Bagi yang memiliki rambut berminyak, disarankan untuk mencuci rambut sehari sekali, dengan menggunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak. Biasanya shampoo untuk rambut berminyak mempunyai  formula yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi. Jika ingin praktis, gunakan dry shampoo karena tidak perlu dibilas dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Dry Shampoo ini dapat mengurangi keringat berlebih dan menghindarkan rambut dari lepek.

sampo tepat untuk rambut berminyak
sampo tepat untuk rambut berminyak (sumber : pixabay)

 Keramas menggunakan air dingin

Orang yang memiliki tipe rambut berminyak, sebaiknya berkeramas menggunakan air dingin. Jangan menggunakan air hangat karena dapat menstumulasi kelenjar minyak,

Gunakan cairan alami yang bersifat asam

Untuk mengurangi kadar minyak, sebelum berkeramas kita bisa mengolesi kulit kepala dengan air cuka atau air jeruk nipis. Air cuka dan air jeruk nipis ini dapat membantu menyeimbangkan kadar PH dan mengatasi ketombe.

jeruk nipis untuk mengatasi rambut berminyak
jeruk nipis (sumber : pixabay)

Jangan menggunakan conditioner pada akar rambut

Jika rambut kita berminyak, kita tetap bisa memakai conditioner. Hanya saja  conditioner  yang dugunakan jangan  diaplikasikan pada bagian akar rambut. Karena  justru akan menyebabkan rambut lebih berminyak. Namun gunakan conditioner pada bagian ujung dan tengah rambut saja. Dan pilih conditioner yang ringan.

Jangan sering memegang rambut

Sering  memgang rambut bisa memperburuk kondisi rambut. Karena kotoran yang ada di tangan bisa berpindah ke rambut. Sehingga sebaiknya cuci dulu tangan sebelum memegang rambut.

Gunakan lidah buaya sebagai masker rambut

Lidah buaya mengandung bahan alami yang dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut dan menyebabkan rambut menjadi sehat dan kuat.

lidah buaya untuk rambut berminyak
lidah buaya untuk masker rambut berminyak (sumber : pixabay)

Gunakan teh hijau untuk membilas rambut

Teh hijau memiliki zat tannin yang dapat menutrisi rambut, menyebabkan rambut subur, berkilau, dan mengurangi minyak pada kulit kepala.

air teh untuk mengurangi minyak pada rambut
rendaman daun teh untuk rambut berminyak (sumber : pixabay)

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut berminyak. Karena rambut adalah mahkota, maka kita harus telaten merawatnya. Dan disesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut yang kita punya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter