Cantik dan Produktif Dengan ASUS OLED

cantik dan prouktif dengan asus oled
cantik dan produktif dengan ASUS OLED (design by canva)

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti webinar yang membahas pengaruh radiasi blue light terhadap kesehatanBlue light adalah sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat digital. Seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. 

Awalnya sinar biru ini diciptakan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan untuk memudahkan dalam penggunaan. Namun ternyata radiasi sinar biru ini juga memiliki dampak kurang baik untuk kesehatan.

Sebagai seorang blogger yang dalam keseharian tidak pernah lepas dari layar laptop maupun gawai, saya pun jadi ingin tahu dampak negatif dari radiasi sinar biru (blue light) ini. Sehingga ketika saya memperoleh informasi adanya webinar yang membahas tentang masalah ini, saya pun tertarik untuk mengikuti. 

Dampak Radiasi Blue Light

Dari paparan narasumber diperoleh fakta, ternyata efek radiasi sinar biru tidak cuma berbahaya untuk mata, tetapi berdampak ke kulit juga. Bahaya radiasi blue light untuk kulit diantaranya adalah mengakibatkan terjadinya hiperpigmentasi dan dapat memicu produksi radikal bebas penyebab penuaan dini. Efek ini mirip dengan efek yang timbul akibat paparan sinar UV matahari. 

mata lelah salah satu akibat dari radiasi sinar biru
kelelahan pada mata akibat radiasi sinar biru (sumber : pixabay)

Sedangkan untuk mata, keluhan yang sering dialami akibat radiasi sinar biru adalah mata lelah, mata merah,  kering,  iritasi, dan pandangan menjadi tidak jelas. Kondisi ini sering diistilahkan sebagai Computer Vision Syndrome/Electronic Eye Pain

Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18 kali per menit.  Mekanisme tubuh ini berfungsi untuk membantu menyegarkan mata. Namun ternyata saat kita bekerja di depan komputer atau gawai, kemampuan mata untuk mengedip hanya tinggal setengahnya. Akibatnya mata menjadi kering, merah, berair, lelah, gatal dan pedih. 

Selain itu radiasi blue light ternyata juga bisa memberi dampak gangguan sulit tidur. Hal ini disebabkan karena blue light dapat merusak ritme biologis tubuh karena dapat mengganggu terbentuknya hormon melatonin yang membantu tubuh untuk tidur. 

Efek gangguan sulit tidur ini jika tidak ditangani bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk membuat regenerasi kulit menjadi terhambat, sehingga kulit terlihat tua.

Cara Mencegah Pengaruh Buruk Radiasi Blue Light

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak buruk paparan cahaya biru terhadap kita. Diantaranya adalah :

1. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Karena dampak dari blue light pada kulit sama dengan pengaruh paparan UV dari sinar matahari, maka untuk mencegahnya kita harus selalu menggunakan tabir surya saat bekerja di depan komputer. Agar kulit wajah terlindungi dari risiko terjadinya hiperpigmentasi atau fleks hitam.

2.  Menjaga jarak pandang dengan layar komputer

Jarak ideal mata dengan layar komputer yang disarankan adalah sekitar 30-40 cm. Posisi layar monitor sebaiknya lebih rendah dari mata, dan membentuk sudut 40°. 

3. Mengurangi intensitas menggunakan gadget

Idealnya, penggunaan gadget jangan lebih dari 2 jam agar kesehatan mata terjaga. Gunakan aturan 20-20-20. Yakni setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik. Agar mata dan otot mata tidak lelah akibat terlalu lama melihat dari jarak dekat. 

Ketentuan penggunaan gadget maksimal 2 jam ini yang susah untuk saya lakukan. Karena memang tuntutan pekerjaan mengharuskan saya harus berada lama di depan komputer.

4. Atur cahaya pada monitor

Untuk mengurangi efek dari blue light, kita bisa mengatur gelap terang pada layar komputer atau gawai yang kita gunakan. Cuma biasanya hal ini berimbas pada tampilan dan akurasi warna. Sehingga visual gambar yang kita lihat menjadi kurang jelas. 

5. Sering berkedip

Mekanisme tubuh sebenarnya sudah punya cara untuk melindungi mata, yakni dengan berkedip. Hanya saja karena terlalu fokus dan asyik bekerja, sering kita jadi lupa berkedip. 

Jika normalnya saat tidak bekerja kita berkedip 18 - 20 kali per menit,  maka saat kita menatap layar komputer atau gawai, kita hanya berkedip 7-10 kali saja. Mulai saat kita harus menyempatkan berkedip minimal 18 kali per menit.

6. Gunakan laptop yang memiliki teknologi ramah untuk mata. 

Nah, poin keenam ini yang tampaknya merupakan solusi terbaik. Sehingga saya kemudian fokus mencari laptop yang layarnya menggunakan teknologi yang aman untuk mata. Untungnya ketika tidak sengaja main-main ke akun youtube-nya Fiersa Besari saya memperoleh informasi ini.  

fiersa besari bukan lagu laptop biasa
Fiersa Besari, Bukan Lagu Laptop Biasa (sumber : Youtube)

Lewat tayangan vedeo "Bukan Lagu Laptop Biasa" saya jadi punya gambaran tentang laptop ASUS OLED yang memiliki keunggulan seperti yang saya cari. Ada lirik dari lagu Fiersa Besari yang menurut saya menarik dan membuat saya pengen tahu lebih banyak tentang ASUS OLED ini. Begini liriknya :

"Kita bisa produktif berkarya. Hidup sehat juga bahagia. Teknologi membuat semua lebih mudah. Raih tanganku dan percayalah, hidup ini akan lebih indah. Tinggalkan saja segala resah, beralihlah pada ASUS OLED.  Mantanmu membuatmu susah tidur, begitupun sinar biru menggempur, tenang ASUS tak kan timbulkan gangguan tidur".

Berkenalan dengan Teknologi Layar ASUS OLED

Kepedulian dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mencari produk laptop yang aman untuk mata tampaknya memang semakin tinggi. Adanya perubahan pola kerja dari offline ke online dan juga hybrid merupakan faktor yang turut melatarbelakangi. 

keistimewaan teknologi layar ASUS OLED
keistimewaan teknologi layar ASUS OLED (sumber : ASUS)

Hal ini tampak pada hasil riset yang  dilakukan oleh ASUS bekerja sama dengan Detik Network. Survey yang dilakukan terhadap lebih dari 500 responden yang memiliki latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda menunjukkan hasil 68.10% masyarakat paham bahaya radiasi blue light, dan 47,3% masyarakat menghabiskan waktu 5-10 jam di depan laptop. 

Tidak hanya itu, survey juga menunjukkan 80,2% masyarakat Indonesia mengatakan pengaruh kualitas detail warna dan visual pada layar laptop juga sangat penting. Hal ini dikarenakan selain untuk bekerja, laptop juga dipakai sebagai sarana hiburan untuk bermain games atau menikmati layanan video streaming

Sehingga kebutuhan akan laptop yang performanya prima namun aman untuk mata, menjadi sesuatu yang banyak dicari. Dan ASUS menjawabnya dengan menghadirkan jajaran Laptop  yang mengusung teknologi layar ASUS OLED. 

ASUS OLED ini memiliki berbagai kelebihan dibandingkan layar laptop pada umumnya. Sehingga cocok digunakan oleh siapa saja, baik itu pelajar, pekerja kantoran, profesional, maupun content creator. Beberapa keunggulan yang dimiliki teknologi ASUS OLED ini, diantaranya adalah :

1. Memiliki fitur Eye Care

Fitur ini dapat mengurangi paparan sinar biru hingga 70%. Sehingga aman digunakan dalam jangka waktu lama karena tidak merusak mata. Dengan fitur eye care ini, meskipun paparan radiasi cahaya biru dikurangi tapi kualitas reproduksi dan akurasi warnanya tetap terjaga. 

Sehingga tampilan visual yang dihasilkan tetap prima. Metode yang dimiliki ASUS OLED ini telah memperoleh sertivikasi Low Blue Light dan Flickrer Free dari TÜV Rheinland. 

2. Warna Lebih Kaya dan Akurat

Bagi para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, ASUS OLED memberikan solusinya. Kualitas visual yang dihasilkan sesuai dengan standar industri perfilman yaitu 100% DCI P-3. 

perbandingan tampilan warna antara layar LCD dan ASUS OLED
perbandingan tampilan gambar LCD dan ASUS OLED (sumber : ASUS)

Selain itu ASUS OLED juga sudah memperoleh sertifikasi dari PANTONE Validated Display sehingga warna yang dihasilkan tidak hanya kaya tapi juga akurat.

3. Tampilan Tetap Jernih Pada Tingkat Kecerahan Rendah

Meskipun berada pada tingkat kecerahan yang rendah, namun tampilan pada layar dengan teknologi ASUS OLED tetap jernih. Karena ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 

perbedaan tampilan LCD dan ASUS OLED pada tingkat kecerahan rendah
perbandingan tampilan pada tingkat kecerahan rendah (sumber : ASUS)

3D color gamut ini menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan. Dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibanding layar laptop pada umumnya.

4. Detil warna dan visual terbaik

Dengan teknologi layar ASUS OLED pengguna akan memperoleh pengalaman visiual terbaik. Jika layar pada laptop biasa masih menggunalan panel backlight, maka pada ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED yang sangat kecil. 

Setiap lampu LED ini dapat dimatikan secara penuh sehingga menghasilkan warna hitam sempurna dengan kontras warna tinggi, dengan rasio mencapai 1000.000 :1. Sehingga pengguna dapat menikmati detil warna dengan jelas.

Selain itu, ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi Display HDR 500 True Black dari VESA. Artinya pengguna ASUS OLED juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dalam bentuk HDR secara sempurna. 

5. Visual Jelas Tanpa Efek Blur

ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang kencang, yakni hingga 0,2ms. Atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya. Hal ini memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara tajam, dengan detil yang tinggi. 

tampilan visual gambar bergerak pada layar LCD dan ASUS OLED
tampilan gambar bergerak layar LCD dan ASUS OLED

Sehingga kita bisa menikmati pengalaman menonton setiap adegan dari film action dengan lebih prima. Termasuk ketika kita membaca teks berjalanpun tampilannya jelas tidak blur. 

6. Tersedia Untuk Pasar Indonesia

Nah, ini kabar gembiranya. Jajaran laptop ASUS dengan menggunakan teknologi layar OLED ini sudah hadir di Indonesia.  Mulai dari lini ZenBook hingga Vivobook. 

Laptop modern ASUS OLED ini sudah diperkuat oleh prosesor intel core generasi ke-11 terbaru (Tiger lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga.

Untuk pasar Indonesia, laptop dengan teknologi layar ASUS OLED yang paling terjangkau adalah VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang dibanderol di harga Rp. 8.599.000,-

Ingin tahu seperti apa kelebihannya? Yuk lanjut dibaca, teman-teman pasti langsung jatuh cinta dan ingin memilikinya.

VivoBook Ultra 15 OLED (K513), Perangkat Ampuh Untuk Semua

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) adalah salah satu jajaran laptop ASUS dengan teknologi layar ASUS OLED yang hadir di Indonesia. 

VivoBook Ultra 15 OLED
keunggulan VivoBook Ultra 15 OLED (K513)

Selain menawarkan berbagai kelebihan berkaitan dengan teknologi layar ASUS OLED yang digunakan, laptop dengan layar berukuran 15 inci ini memiliki berbagai keistimewaan lainnya. Diantaranya adalah :

Dilengkapi dengan Windows 10 Home

Windows 10 Home merupakan sistem operasi terbaru keluaran Microsoft yang sangat cocok untuk menunjang produktivitas kerja. Di dalamnya terdapat berbagai fitur seperti kompatibilitas dengan berbagai aplikasi kantoran hingga dukungan penuh terhadap berbagai aplikasi kreatif serta hiburan. 

Aplikasi tersebut bisa dipasang dengan mudah melalui Microsoft Store yang telah tersedia di Windows 10 Home. Selain itu Microsoft juga menyediakan solusi perlindungan menyeluruh pada Windows 10 Home. 

Selain dilengkapi dengan sistem keamanan terintegrasi yang selalu diperbarui melalui Windows Update, Windows 10 Home juga memiliki sebuah fitur bernama Windows Hello sehingga pengguna tidak perlu masuk menggunakan kata sandi, namun cukup dengan mengggunakan sidik jari.

Gratis Office Home & Student 2019 Seumur Hidup

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini sudah dilengkapi dengan Office Home & Student 2019 gratis dan seumur hidup, sehingga kita tidak perlu menginstal sendiri. Aplikasi Office yang diberikan lengkap dan 100% asli serta bisa langsung dinikmati. 

Adanya fasilitas aplikasi Office seumur hidup ini memungkinkan kita untuk bisa mengakses ke fitur yang kita kenal dan kita sukai. Selain itu kita  kita juga akan terus memperoleh pembaharuan keamanan rutin untuk melindungi perangkat, program, dan juga data yang kita miliki.

Memanjakan Mata

Seperti tadi telah dijelaskan sebelumnya, keungggulan utama dari VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini terletak pada layarnya yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED. 

Sehingga kualitas visual pada laptop ini adalah yang terbaik yang mampu menyajikan warna dengan sangat kaya dan akurat menggunakan standar warna seperti yang digunakan di industri perfilman. 

Laptop ini juga mendukung teknologi HDR, dan memiliki response time yang kencang sehingga menghasilkan detil gambar bergerak yang prima.

Lebih Sehat dan Produktif

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) menggunakan teknologi yang mampu mereduksi radiasi sinar biru hingga 70%. Akibatnya pengguna bisa bekerja di depan komputer lebih lama tanpa keluhan mata lelah. Selain itu, minimnya pancaran sinar biru yang dihasilkan juga aman untuk kesehatan kulit. Hal ini membuat pengguna betah bekerja sehingga semakin produktif.

Cocok Untuk WFH dan PJJ

Akibat pandemi, WFH dan PJJ menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. VivoBook Ultra OLED (K513) ini mempunyai spesifikasi yang cocok untuk kegiatan ini. Alasannya adalah :
  • Laptop ini dilengkapi dengan teknologi AI Noise Cancelling yang mampu mereda, suara bising sehingga sesi WFH dan PJJ berjalan dengan baik.
  • Sudah menggunakan WiFi 6 yang merupakan teknologi WiFi terbaru yang kencang dan stabil.
  • Dilengkapi dengan WiFi Smart Conect yang memungkinkan sistem memilih dan terkoneksi dengan router yang memiliki sinyal paling kuat secara otomatis. Sehingga pengguna akan mendapatkan sinyal WiFi terbaik.

Spesifikasi Modern

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) memiliki spesifikasi yang modern. Menggunakan prosesor 11th Gen Intel Core yang merupakan prosesor generasi terbaru  serta memiliki tingkat konsumsi daya yang lebih optimal. Hal ini membuat kita dapat bekerja lebih lama tanpa harus menghubungkan laptop ke sumber listrik. 

Selain itu VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dari HDD tradisional. Karena laptop ini dibekali memori DDR4 RAM serta telah menggunakan penyimpanan berupa PCIe SSD. Hal ini memungkinkan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dapat memuat dan menjalankan aplikasi secara lebih kencang.

Lebih Kencang dan Hemat Daya dengan AIPT

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini ramah lingkungan sebab memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan laptop ini telah dilengkapi dengan ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). 

Teknologi ini memungkinkan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) mendapatkan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi serupa. 

AIPT ini hadir dengan tiga profil pengaturan, dan untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol “Fn” dan “F”, sesuaikan dengan kebutuhan. 

Dapat di-Upgrade

Ketersediaan opsi upgrade pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513) membuat laptop ini cocok dijadikan sebagai investasi yang dapat memenuhi kebutuhan selama beberapa tahun ke depan. 

Apalagi laptop ini juga sudah dikonfirmasi akan mendapat update sistem operasi windows 11 tanpa biaya tambahan. Beberapa opsi upgrade yang ditawarkan untuk VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini salah satunya adalah upgrade kapasitas RAM melalui satu slot SO-DIMM DDR4. Selain itu, kita juga dapat menambah kapasitas penyimpanan menggunakan 2.5” SATA SSD atau HDD.

Penutup

Nah itulah berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Dengan kelebihan yang ada pada laptop ini membuat saya terpesona dan ingin memilikinya. 

Mumpung jelang tahun baru, boleh dong saya melantunkan doa dan harapan. Semoga di tahun 2022 nanti saya semakin produktif dalam berkarya ditemani Laptop VivoBook Ultra 15 OLED.

Karena kebetulan gadget yang saya gunakan untuk bekerja sudah lumayan tua. Dan yang pasti tidak menggunakan teknologi layar seperti ASUS OLED ini. Yuk, aamiinkan bareng-bareng ya...
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter