Pentingnya Menerapkan Kebiasaan Baik Untuk Hemat Listrik

pentingnya hemat listrik dalam rumah tangga
pentingnya hemat listrik (design by canva)

Cara untuk berhemat listrik perlu dipahami oleh semua orang. Agar masing-masing pribadi dapat menerapkan cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari. 

Jangan salah, hemat listrik adalah sesuatu yang penting. Selain dapat menghemat biaya, menghemat listrik juga membantu menjaga ketersediaan energi listrik. 

Mengapa demikian? Karena proses pembangkit tenaga listrik itu memerlukan bahan bakar berupa batu bara.  Dan batu bara ini merupakan bahan bakar fosil yang proses pembentukannya tidak mudah.  Perlu waktu berjuta-juta tahun lamanya. 

Sehingga jika kita ingin menjaga keberlangsungan tenaga listrik, kita harus membiasakan untuk berhemat. Selain itu, kebiasaan tersebut juga mengurangi terjadinya polusi udara. 

Manfaat Listrik Untuk Kehidupan

Saya masih ingat,  dulu ketika saya kecil listrik masih menjadi sesuatu yang mahal. Belum semua rumah bisa dialiri listrik. Selain itu, dulu juga sering dilakukan pemadaman listrik secara bergiliran.

Untung sekarang kondisi jauh lebih baik. Listrik hampir bisa dikatakan masuk di seluruh desa. Meskipun masih ada daerah yang belum dialiri listrik, tapi kecil persentasenya.  

Manfaat listrik untuk kehidupan sangat besar. Listrik mempermudah urusan kita. Mulai dari memasak, belajar, bekerja, dan semua teknologi yang kita gunakan  semua tergantung dari listrik. Bayangkan sehari saja kita hidup tanpa listrik, pasti akan sangat merepotkan. 

Siang akan terasa sangat gerah,  dan malam akan gelap tanpa cahaya. Belum lagi banyak aktivitas manusia yang akan terhenti karenanya.  Oleh karena itu kita harus dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya dan menjaga terus keberlangsungannya.  

jaringan listrik
jaringan listrik (sumber : pixabay)

Cara Berhemat Listrik

Bersumber dari katadata.id konsumsi listrik nasional terus meningkat dari waktu ke waktu. Di tahun 2015, kebutuhan listrik hanya 910 kilowat jam (kWh) per kapita. Namun pada tahun 2019 meningkat menjadi 1.084 kWh/kapita.

Padahal sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia adalah PLTA. Yang bahan bakarnya menggunakan batu bara, yang semakin lama menipis ketersediannya.  

Kita tentu tidak ingin mengalami krisis listrik ke depannya.  Oleh karena itu kita harus membiasakan untuk berhemat listrik. Misalnya saja dengan :

1. Mematikan lampu di siang hari

Di siang hari upayakan kita mengoptimalkan penerangan dari cahaya matahari. Selain lebih sehat, cara ini juga bisa menghemat penggunaan listrik. Kita juga mulai bisa secara betahap mulai menggunakan energi yang terbarukan.

2. Pilih lampu yang hemat daya

Saat ini banyak diproduksi lampu hemat daya yang memiliki daya penerangan yang tinggi.  Kita bisa menggunakan lampu jenis ini. Selain lebih hemat daya, lampu jenis LED ini juga ramah lingkungan. Sehingga cocok digunakan di rumah tangga untuk menghemat tagihan listrik juga. 

3. Cabut perangkat listrik yang tidak dipakai

Jika tidak digunakan, charger HP maupun magic com Hendaknya dicabut dari stop kontak.  Karena ini dapat memboroskan daya.  Mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan dari stop kontak juga akan membuat awet perangkat yang ada. 

4. Hemat air

Menghemat air juga salah satu cara menghemat listrik.  Gunakan air dengan bijak.  Tutup keran air setelah digunakan. 

5. Matikan AC jika tidak diperlukan

AC cukup digunakan saat benar-benar dibutuhkan.  Jika musim hujan atau cuaca dingin,  sebaiknya AC dimatikan.  Pilih juga AC yang memiliki teknologi hemat daya.

6. Kurangi pemakaian mesin cuci dan rajin bersihkan freezer

Mengurangi penggunaan mesin cuci bisa dilakukan dengan menjemur baju yang sudah dicuci dengan mesin cuci di bawah sinar matahari. Cara ini akan mengurangi penggunaan daya listrik untuk pengeringan. 

Selain itu,  bagi yang menggunakan freezer harus rajin dibersihkan. Agar bunga es tidak menumpuk yang menyebabkan konsumsi listrik menjadi besar.  Hal ini juga berlaku untuk penggunaan lemari es.  Gunakan lemari es mulai dari suhu yang rendah agar tidak banyak makan daya.

Manfaat Hemat Listrik

Banyak manfaat yang kita dapat jika kita membiasakan hidup hemat listrik. Selain tagihan listrik yang rendah,  hidup kita juga lebih sehat.  Karena rumah menjadi cukup terkena cahaya matahari.

Perlengkapan elektronik yang kita punya juga lebih tahan lama.  Dan kita juga akan terlindungi dari risiko terjadinya arus pendek karena alat elektronik yang tidak digunakan lupa dimatikan. 

Selain itu kita juga turut berkontribusi mengurangi polusi udara akibat pembakaran batu bara, dan turut mendukung berlangsungnya ketersediaan listrik di masa mendatang. 

Nah,  bagi yang bulan ini belum membayar tagihan listrik, bisa nih manfaatin promo listrik pln. Biar bisa dobel hematnya. Yuk,  buruan, manfaatkan... waktunya terbatas lho...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter