Pembukaan Tabungan Emas Di Pegadaian, Bagaimana Caranya?

cara pembukaan rekening tabungan emas di Pegadaian
Tata cara pembukaan rekening tabungan emas di Pegadaian

Apakah teman-teman sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembukaan tabungan emas di Pegadaian? Kalau begitu, teman-teman perlu memperhatikan dulu beberapa hal sebelum melakukan pembukaan tabungan emas.

A to Z Pembukaan Tabungan Emas

Pembukaan tabungan emas mungkin bisa jadi pilihan bagi yang ingin memiliki tabungan emas untuk investasi dengan dana yang terbatas. Tabungan emas memang punya sistem yang meringankan untuk setorannya.

Tetapi teman-teman harus paham dengan skema tabungan emas sebelum melakukan pembukaan tabungan emas. Terkadang orang masih sulit membedakan mana tabungan emas dan mana kredit emas.

Skema tabungan emas ada dua bentuk, yaitu kredit emas dan tabungan emas. Untuk kredit emas, kita perlu menyetor sejumlah uang tetap setiap bulan untuk jangka waktu yang dipilih.

Ketika jangka waktu berakhir, maka kita dapat membeli emas (dari toko perhiasan yang sama) dengan nilai yang setara dengan total uang yang disetorkan, termasuk jumlah bonus.

Konversi ini dilakukan pada harga emas yang berlaku pada saat jatuh tempo. Dalam kebanyakan kasus, toko perhiasan menambahkan cicilan satu bulan di akhir masa sebagai insentif tunai atau bahkan mungkin menawarkan barang hadiah.

Sedangkan tabungan emas tidak memiliki jumlah tetap uang yang harus disetorkan tiap bulannya. Artinya, teman-teman bebas untuk menabung berapa saja.

Tabungan emas juga cenderung lebih terjangkau karena bisa dimulai dari Rp10 ribu. Jadi, dengan Rp10 ribu teman-teman sudah bisa membeli emas dengan nominal yang sangat kecil.

Tetapi untuk pencetakannya baru bisa dilakukan setelah emas terkumpul minimal satu gram. Ini adalah hasil dari akumulasi tabungan menggunakan aplikasi yang ada. Selain itu kita juga perlu tahu apakah ada lagi biaya pencetakan atau tidak.

Meski begitu, melakukan pembukaan tabungan emas juga sangat menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan melakukan pembukaan tabungan emas.
  • Bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram.
  • Nasabah tidak perlu memberikan uang muka (DP), ketika ingin membuka tabungan emas.
  • Terjamin aman, karena disimpan oleh pihak bank atau lembaga seperti Pegadaian.
  • Emas yang dicetak nantinya bersertifikat PT Antam atau Pegadaian.
  • Emas bisa dijaminkan saat ada kebutuhan mendesak.
  • Jangka waktu yang dimiliki tabungan emas sifatnya fleksibel.

Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian

Salah satu tempat untuk melakukan pembukaan tabungan emas adalah Pegadaian. Sebelum melakukan pembukaan tabungan emas di Pegadaian, kita tentu harus tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi.

Ada beberapa syarat umum dan dokumen yang harus kita lengkapi sebaik mungkin, yang di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.
  • Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor)
  • Mengisi formulir pembukaan tabungan emas
  • Membayar biaya transaksi tabungan emas.
Dari segi biaya, ada dua biaya yang perlu kita ketahui. Yaitu biaya pembukaan rekening tabungan emas dan biaya transaksi tabungan emas. Untuk detail lengkapnya, berikut rinciannya.

1. Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas

Tabel Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas di Pegadaian(sumber : Pegadaian)

2. Biaya Transaksi Tabungan Emas

Tabel Biaya Transaksi Tabungan Emas di Pegadaian (sumber : Pegadaian)

Itu dia cara pembukaan tabungan emas di pegadaian. Setelah mengetahui tata cara berserta persyaratan yang diperlukan, sudah siapkah teman-teman membuka tabungan emas di pegadaian?

Selain tabungan emas, teman-teman pasti sudah tahu ada banyak tabungan lain yang bisa menjadi pilihan. Yang paling umum dan banyak digunakan adalah rekening tabungan di perbankan. 

Teman-teman yang ingin membuka rekening tabungan di perbankan, bisa mengajukannya melalui CekAja.com. Mengapa CekAja.com? Sebab, pengajuan di sini dilakukan secara online. Sehingga, kita bisa apply rekening tabungan kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, proses pengajuan ini cukup cepat, mudah, dan juga praktis. Ditambah, CekAja.com juga di awasi oleh OJK, jadi soal keamanan tak perlu dipertanyakan lagi.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pembukaan tabungan melalui https://www.cekaja.com/tabungan sekarang juga!
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter